PROPOSAL

BANTUAN IRIGASI PEDESAAN / PLA

KELOMPOK TANI MUKTI ASIH
DESA KULUR KECAMATAN MAJALENGKA

KABUPATEN MAJALENGKA

TAHU 2009

KELOMPOK TANI MUKTI ASIH

atas Perhatian dan kerjasamanya kami haturka banyak terimakasih. Ketua Sekretaris TOTO IKA TARMIKA Mengetahui . maka kami Kelompok Tani MUKTI ASIH memberanikan diri untuk mengajukan permohonan yang sebagai mana tersebut pada pokok surat di atas. Assalamu’alaikum WR. Wb Salam sejahtera teriring do’a semoga segala aktivitas kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT.MA / VI/ 2009 Juni 2009 : Peromohonan Bantuan Irigasi Pedesaan Kepada Yth. Majalengka . 480 097 590 . Demikian surat dari kami. 02 Blok Sabtu Desa kulur Kec. Perihal Lampiran : : 02 / KT.DESA KULUR KECAMATAN MAJALENGKA KABUPATENAMAJALENGKA Alamat : Rt. Dalam rangka kegiatan pertanian diarahkan untuk tercapainya berbagai tujuan diantaranya mencakup Peningkatan Produksi Beras Nasional ( P2BN ) dan demi tewrcapanya Visi dan Misi Kabupaten Majalengka. Kepala Desa Kulur Pulahta Kec. Bapak Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka Di Majalengka Assalamu’alaikum Wr. 05 Rw.Majalengka Nomor Kulur.WB. Majalengka DJODJO SANTOSO YAYA SUHARYA NIP.

kami ucapkan banyak terima kasih. Demikian atas perhatiannya. Desa berwawasan lingkungan dan berbasis pedesaan. Halini menjadi landasan pemikiran kami sebagai Kelompok Tani Asih wilayah Kulur Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.KATA PENGANTAR Mengacu kepada Kebijakan Pemerintah yang setiap tahunnya selalu menitik beratkan pada upaya peningkatan produksi pada sektor pertanian khususnya produktifitas pada tanaman padi serta terciptanya pertanian yang tangguh. Maka dari itu kelompok tani kami sangat mengharapkan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka berupa bangunan Irigasi Pedesaan. Mukti berorientasi di agribisnis. yang mengakibatkan terhambatnya pola tanam dan berkurangnya produksi yang dihasilkan oleh kelompok kami. untuk berperan aktif dalam upaya peningkatan produksi dan pendapatan petani. Juni 2009 Kelompok Tani Mukti Asih Ketua TOTO . semoga aktifitas kami akan mendapat dukungan dari semua pihak. Kelompok Tani Mukti Asih dalam system irigasi pedesaan saluran pengairan tidak berfungsi secara oftimal yang disebabkan oleh rusaknya jaringan irigasi. Kulur .

Terbentuknya kelembagaan kelompok I. Untuk keragaman pola tanam yang tepat waktu I. PENDAHULUAN I. Meningkatnya produksi pertanian khususnya padi di Desa Kulur Kecamatan Majalengka b. Terfasilitasinya kebutuhan pengairan pedesaan c. Seiring dengan proram pembangunan pertanian khususnya pada sektor tanaman pangan yang ada di wilayah kami ( Kelompok Tani Mukti Asih ) Desa Kulur. Mencakup Peningkatan Produksi Beras Nasional ( P2BN ).kami mengajukan permohonan bantuan “ Pembangunan Irigasi Pedesaan “ dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan produksi beras. Sehubungan dengan hal tersebut di atas. Mengembangkan kelembagaan Kelompok Tani melalui sisitem pengairan yang baik d.1 Latar Belakang Program pembangunan di sektor pertanian pada saat ini lebih di arhkan untuk tercapainya brbagai tujuan diantaranya. Meningkatkan pendapatan petani e. masih dihadapkan dengan kesulitan dalam masalah irigasi pengairan karena rusaknya jaringan irigasi yang ada. Untuk memberikan kemudahan bagi para petani dalam system pengairan b. Peningkatan Pendapatan dan Tarap Hidup Masyarakat Tani serta Memperluas Lapangan Kerja dalam mengolah sumber daya alam yang tersedia dengan berlandaskan agribisnis.3 Sasaran a. I.2 Tujuan Meningkatkan Produktivitas padi melalui : a.4 Dasar Pemikiran .I. Pengaturanb pola tanam dan percepatan tanam c.

GAMBARAN UMUM KEADAAN WILAYAH II.1 Keadaan Wilayah Desa kulur berada sebalah selatan Kantor Kecamatan Majalengka Jarak dari Ibukota Kabupaten + 13 Km. sebalah barat dengan Kelurahan II. Secara administratif letak Desa Kulur berbatasan sebelah utara dengan Kelurahan Cigasong. POTENSI Luas (Ha) . Sindangkasih. sebelah selatan dengan Desa Cibodas.Yang menjadi dasar pemikiran Kelompok Tani “ Mukti Asih “ dalam mengajuka permohonan bantuan pembangunan Irigasi Pedesaan ini adalah : a. Untuk memberikan kemudahan bagi para petani dalam pengaturan air dan pengaturan pola tanam. Hutan Rakyat Jumlah Sumber: Monografi Desa Kulur 2008 Keadaan topografi Desa Kulur III. Tegalan b.2 Potensi Desa Kulur berdasarkan penggunaannya Wilayah berikut: memiliki lahan seluas ha dengan rincian sebagai No Uraian 1 Sawah irigasi pedesaaan 2 Daratan a. Tidak berfungsinya secara oftimal jaringan irigasi b. sebelah timur dengan Desa Kawunggirang. II. Pemukiman c.

ha Saluran yang akan disadap adalah saluran Panjang saluran Sadap air Luas yang diirigasi Bendungan Tinggi bendungan Lebar bendungan IV. Semoga program ini dapat terlaksana sesuai dengan harapan.Luas sawah yang dikelola Kelompok Tani seluas dengan pola tanam tahunan. PENUTUP : : : : : : Demikian porposal ini dibuat berdasarkan aspirasi dari anggota Kelompok Tani “ Mukti Asih “ dengan harapan mendapatkan dukungan dari semua pihak. Kulur. padi – padi – padi. Juni 2009 Ketua Sekretaris Mengetahui : Kepala Desa Kulur PPL Wilayah Kulur . Amiin.

Ketua b.Pulahta Kec.Seksi Usaha Keuangan Mikro : : : : Mukti Asih : : : : : : : : 4. Kepengurusan a. Seksi Usaha Tani b. Tahun Pendirian 2. Majalengka SUSUNAN PENGURUS DAN KEANGGOTAAN KELOMPOK TANI MUKTI ASIH Pelindung Pembina Penasehat 1. Nama Kelompok Tani a. Nama Kelompok b.Seksi Unit Pengolahan Hasl c. Bendahara 3.Seksi Unit Usaha Pemasaran d. Keanggotaan . Seksi-seksi a.Sekretaris c.

Kelompk Tani Mukti Asih : .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful