MAKALAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA “Perspektif Sumber Daya Manusia” Tugas makalah ini dipersentasikan di kelas B3 untuk

dijadikan bahan tugas makalah Mata Kuliah : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN Dosen Pengampuh : Dr. Hj. Nurul Azizah, M.Pd.I, M.A

Disusun Oleh : 1. Mohammad Nur Hidayatullah 2. Imam Wahyono 3. Zaenal Abidin

PROGRAM PASCASARJANA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER 2013
1

Namun. Kemampuan teknologi juga merupakan unsur penunjang penting dalam menggerakan perusahaan. Jadi. 2 . karena dengan adanya kelengkapan teknologi dan kecanggihan teknologi akan memudahkan berjalannya suatu perusahaan. memimpin dan mengendalikan. Manajemen SDM dianggap tidak terlalu penting dalam sebuah organisasi. Sering kali terjadi aksi demonstrasi terjadi dikarenakan kurangnya perhatian sebuah perusahaan terhadap kesejahteraann karyawannya.BAB PENDAHULUAN Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Oleh karena itu. Mereka sebagai tenaga kerja acap kali dianggap seperti mesin yang hanya diminta untuk bekerja dan menjalankan perintah. Maka. pengorganisasian. berdasarkan hal tersebut penulis dalam makalah ini akan menjabarkan definisi manajemen sumber daya manusia. karena manusia merupakan penggerak terpenting dalam perusahaan. Apapun bentuk serta tujuannya. sebuah organisasi / perusahaan memberlakukan sistem kontrak dengan karyawan. dan merupakan hak mutlak perusahaan untuk meneruskan atau memutuskan kontrak kerja pada saat yang mereka sepakati berakhir. mengurus SDM berdasarkan visi perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara optimal. manusia merupakan faktor strategis dalam semua kegiatan institusi/organisasi. fungsi. Maju dan tidaknya perusahaan tergantung pada pengelolaan sumber daya manusia ini dapat dilakukan dalam suatu perusahaan itu atau oleh suatu departemen tertentu. Dari keempat sumber tersebut aspek yang terpenting yaitu manusia. organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. MSDM juga menjadi bagian dari Ilmu Manajemen (Management Science) yang mengacu kepada fungsi manajemen dalam pelaksanaan proses-proses perencanaan. staffing. Dimana mereka hanya bekerja sesuai dengan perjanjian yang mereka tanda tangani. kesejahteraan dan kebutuhannya tidak dipedulikan. Karenanya. terkadang untuk mengantisipasi hal tersebut. urgensi dan prinsipnya. Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) berarti mengatur.

B. Memelihara SDM serta menyangkut MSDM internasional. pimpinan dan pengendalian kegiatankegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan pendapat para ahli bahwa fungsi manajemen sumber daya manusia meliputi : Perencanaan organisasi. Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu pendayagunaan. pengorganisasian. Pengerahan SDM. pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja. kompensasi. pengelolahan individu anggota organisasi atau kelompok karyawan. Menurut Henry Simamora Manajemen Sumber Daya manusia adalah sebagai pendayagunaan. penilaian. pengembangan. karyawan dan masyarakat. Membangun kinerja Individu dan Organisasi. evaluasi pekerjaan. pekerjaan dan orang. Menurut Mutiara S.BAB PEMBAHASAN A. Menurut Achmad S. fungsi sumber daya manusia adalah tugas-tugas yang dilakukan oleh MSDM dalam rangka menunjang tugas manajemen (perusahaan) 3 . pendayagunaan. Memberikan Imbalan pegawai. pengemebangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya. Rucky Manajemen Sumber Daya manusia adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis. Panggabean Manajemen Sumber Daya manusia adalah proses yang terdiri dari perencanaan. pemberian balas jasa. promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Gouzali Saydam. pengembangan. pengadaan. Hasibuan Manajemen Sumber Daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan. pengembangan. penilaian. Adapun menurut para pakar Manajemen Sumber Daya manusiamengungkapkan sebagai berikut : Menurut Melayu SP.

perilaku. Pengendalian karyawan meliputi kehadiran. integrasi dan koordinasi dalam bagan organisasi (organization chart). pelaksanaan pekerjaan dan menjaga situasi lingkungan pekerjaan. pengarahan. 4 . Apabila terdapat penyimpangan atau kesalahan. delegasi wewenang. hubungan kerja. pengendalian. Pengarahan dilakukan pimpinan dengan menugaskan bawahan agar mengerjakan semua tugasnya dengan baik. karyawan dan masyarakat. pengintegrasian. pengadaan. agar mau bekerja sama dan bekerja efektif dan efisien dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan. kerja sama. kompensasi. pemeliharaan. Menurut Hasibuan. c) Pengarahan Pengarahan (directing) adalah kegiatan mengarahkan semua karyawan. pengembangan kompensasi. d) Pengendalian Pengendalian (controlling) adalah kegiatan pengendalian semua karyawan agar mentaati peraturan-peratuaran perusahaan dan bekerja sesuai dengan rencana. kedisiplinan dan pemberhentian. karyawan dan masyarakat. Perencanaan dilakukan dengan menetapkan program kepegawaian. pengorganisasian. pengendalian. Program kepegawaian yang baik akan membantu tercapainya tujuan perusahaan. pengembangan. Adapun fungsi-fungsi dari Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai berikut : a) Perencanaan Perencanaan SDM (human recources planing) adalah perencanaan tenaga kerja secara efektif serta efisien agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam membantu terwujudnya tujuan. kedisiplinan dan pemberhentian karyawan.menjalankan roda organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan sebelumnya. Program kepegawaian meliputi pengorganisasian. Dengan organisasi yang baik akan membatu terwujudnya tujuan secara efektif. Organisasi hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan. kedisiplinan. diadakan tindakan perbaikan dan penyempurnaan rencana. b) Pengorganisasian Pengorganisasian adalah kegiatan untuk mengorganisasi semua karyawan dengan menetapkan pembagian kerja. pengarahan. fungsi manajemen sumber daya manusia terdiri dari perencanaan. pemeliharaan. pengintegrasian. pengadaan.

Manajemen SDM merupakan bagian dari manajemen umum yang mengfokuskan diri pada SDM. Pengadaan tenaga kerja terdiri dari: 1) Perencanaan sumber daya manusia 2) Analisis jabatan 3) Penarikan pegawai 4) Penempatan kerja 5) Orientasi kerja 5 . karyawan dan masyarakat luas. menuju terciptanya efektifitas. Peranan manajemen sumber daya manusia adalah mempertemukan atau memadukan ketiga kepentingan tersebut yaitu perusahaan. Menurut Anwar Prabu Mangkunegara. yaitu: a. Aspek lain dari manajemen sumber daya manusia adalah peranannya dalam pencapaian tujuan perusahaan secara terpadu. efisiensi. Adapun fungsi-fungsi manajemen SDM seperti halnya fungsi manajemen umum. terdapat enam fungsi operatif manajemen sumber daya manusia.Menurut Veithzal Rivai (2005. tetapi juga memperhatikan kebutuhan karyawan dan pemilik tuntutan masyarakat luas. h 14) Sudah merupakan tugas manajemen SDM untuk mengelola manusia seefektif mungkin agar diperoleh suatu satuan SDM yang merasa puas dan memuaskan. Fungsi Manajerial 1) Perencanaan (planning) 2) Pengorganisasian (organizing) 3) Pengarahan (directing) 4) Pengendalian (controling) b. Fungsi Operasional 1) Pengadaan tenaga kerja 2) Kompensasi 3) Pengintegrasian 4) Pemeliharaan 5) Pemusatan hubungan kerja Fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia mungkin akan dijumpai ada beberapa perbedaan. Manajemen sember daya manusia tidak hanya memperhatikan kepentingan perusahaan. produktifitas dan kinerja perusahaan. yaitu: a.

rekrutmen dan seleksi calon tenaga kerja. Integrasi mencakup: 1) Kebutuhan karyawan 2) Motivasi kerja 3) Kepuasan saja 4) Disiplin kerja 5) Prestasi kerja e. MSDM juga menjadi bagian dari Ilmu Manajemen (Management Science) yang mengacu kepada fungsi manajemen dalam pelaksanaan proses-proses perencanaan. pengorganisasian. pelatihan.b. mengurus SDM berdasarkan visi perusahaan agar tujuan usahanya dapat dicapai secara optimum. memimpin dan mengendalikan. Pengembangan tenaga kerja mencakup: 1) Pendidikan dan pelatihan 2) Pengembang 3) Penilaian prestasi kerja c. pendisiplinan serta penilaian kerja untuk perbaikan kinerja merupakan tugas setiap manajer maka 6 . Urgensi Manajemen Sumber Daya Manusia Urgensi manajemen sumber daya manusia dalam berwirausaha yaitu: 1) MSDM berarti mengatur. Karena sebagian atau seluruh tugas tentang penempatan personalia yang tepat untuk tugas yang tepat. yang mencakup analisis tugas atau jabatan. Pemeliharaan tenaga kerja mencakup: 1) Komunikasi kerja 2) Kesehatan dan keselamatan kerja 3) Pengendalian konflik kerja 4) Konseling kerja f. pelatihan. penilaian dan pengembangan SDM. orientasi. pemberian imbalan. staffing. d. C. pemberian imbalan. promosi. 2) Fungsi MSDM yaitu personalia dalam usaha dalam perusahaan. orientasi. Pemberian balas jasa mencakup: 1) Balas jasa langsung terdiri dari: Gaji atau Upah dan Insentif 2) Balas jasa tidak langsung: Keuntungan dan Pelayanan atau kesejahteraan. Pemisahaan tenaga kerja mencakup: Pemberhentian kerja. Karenanya.

penggabungan komputer dengan komunikasi. Kemampuan SDM ini merupakan competitive advantage dari perusahaan. terutama dalam telekomunikasi. 7 . entry tariff dsb. CAM dan robotika. Dengan demikian. maka MSDM melibatkan banyak aspek. bank yang beroperasi dengan biaya yang relatif lebih rendah (sangat kompetitif). 3) Aspek MSDM demikian strategis dan demikian luasnya. CAD.scope MSDM mencakup seluruh tugas tentang SDM yang diemban oleh setiap manajer.perubahan lingkungan yang berlangsung cepat. proteksi dan monopoli yang semakin berkurang menyebabkan munculnya berbagai perusahaan baru dalam bidang telekomunikasi. di mana fungsi perusahaan adalah mengerahkan seluruh sumber daya atau kemampuan internal untuk menghadapi kepentingan pasar sebagai faktor eksternal utama. penerbangan. 4) Peran strategis MSDM dalam usaha atau bisnis dapat dielAaborasi dari segi teori sumber daya. Sumber daya sebagaimana disebutkan di atas. Perubahan ini disebabkan antara lain :  Berbagai kemajuan teknologi yang berlangsung sangat cepat pada 10-20 tahun terakhir. strategi bisnis adalah mendapatkan added value yang maksimum yang dapat mengoptimumkan competitive advantage. Jelaslah bahwa para manajer harus mengaitkan pelaksanaan MSDM dengan strategi usaha untuk meningkatkan kinerja. adalah SDM strategis yang memberikan nilai tambah (added value) sebagai tolok ukur keberhasilan bisnis. Tantangan manajer masa kini adalah merespons perubahan-perubahan eksternal agar faktor-faktor lingkungan internal perusahaan menjadi kuat dan kompetitif. pergeseran Manajer masa kini dituntut untuk cepat menyesuaikan diri terhadap perubahan. persaingan yang semakin mendunia. oleh pemerintah. 5) Kecenderungan global: Perubahan. dari segi sumber daya.  Pengaruh deregulasi atau berkurangnya pengaturan harga.  Pengaruh globalisasi: perusahaan manufaktur Amerika Serikat memanfaatkan buruh murah di negara-negara berkembang. mengembangkan budaya korporasi yang mendukung penerapan inovasi dan fleksibilitas. terutama dengan faktor-faktor lingkungan internal organisasi (kekuatan dan kelemahan) serta lingkungan eksternal (peluang dan ancaman). produksi manufaktur multinasional.

) yang bertujuan antara lain untuk kerjasama ekonomi.pihak lain. mulai dari yang paling mudah dan sederhana sampai cara yang paling canggih. sehingga makin bermanfaat bagi organisasi dan pihak . Pemanfaatan SDM perlu dimulai dari tahap pengadaan. Prinsip MSDM sebagai berikut : 1) Prinsip kemanusiaan 2).  Perubahan sistem sosio. maka tentu saja hasilkan tidak akan seperti yang kita harapkan 8 . NAFTA. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kinerjanya. Prinsip-prinsip Manajemen Sumber Daya Manusia Prinsip pemanfaatan SDM yang terbaik adalah prinsip satisfaction yaitu tingkat kepuasan yang dirasakan sendiri oleh pekerja yang menjadi pendorong untuk berprestasi lebih tinggi. Prinsip The right man is the right place Dalam hal ini para manajer harus bisa melihat kemampuan atau kompetensi karyawannya sehingga bisa menempatkan dalam posisi yang pas.politik seperti Rusia yang menjadi kapitalis. diskriminasi tenaga kerja yang semakin longgar. joint-venture dan bahkan divestasi dan menutup usaha. Pergeseran-pergeseran yang telah disebutkan di atas berdampak kepada semakin banyaknya pilihan bagi konsumen. berdirinya asosiasi-asosiasi regional (EU. agar dapat bersaing dan sustainable sesuai tuntutan perubahan. Pemanfaatan SDM dapat dilakukan dengan berbagai cara. mengarah kepada workforce diversity. bertambahnya tenaga usia tua dan tenaga kerja wanita. usaha atau bisnis harus responsif. Demografi tenaga kerja global yang berubah. reformasi di Indonesia yang meruntuhkan orde baru mestinya membawa paradigma baru di dunia usaha. liberalisasi dan deregulasi perdagangan. siklus hidup produk menjadi lebih pendek dan terjadi fragmentasi pasar. cepat bereaksi dan cost-effective. Prinsip demokrasi 3). Apabila karyawan kita tidak punya kompetensi yang sesuai. RRT yang menjadi negara industri. APEC dll. Fenomenafenomena tersebut menimbulkan ketidak pastian sebagai tantangan terhadap tugas manajer. Menjawab tantangan ini. D. terjadinya mergers. dengan prinsip the right man on the right job.

Disiplin ini berhubungan erat dengan wewenang. Prinsip efektifitas 9). Prinsip produktivitas kerja 10). Perintah yang datang dari manajer lain kepada serorang karyawan akan merusak jalannya wewenang dan tanggung jawab serta pembagian kerja. Oleh karena itu. maka disiplin akan hilang. Pelaksanaan kesatuan pengarahan (unity of directiion) tidak dapat terlepas dari pembaguan kerja. Wewenang dan tanggung jawab harus seimbang. Oleh karena itu. karyawan perlu diarahkan menuju sasarannya. disiplin. Karyawan harus tahu kepada siapa ia harus bertanggung jawab sesuai dengan wewenang yang diperolehnya. Prinsip kesatuan arah Dalam melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawabnya. Dalam pelaksanaan kerja bisa saja terjadi adanya dua perintah sehingga menimbulkan arah yang berlawanan. 7). Kesatuan pengarahan tergantung pula terhadap kesatuan perintah. karyawan harus memperhatikan prinsip kesatuan perintah sehingga pelaksanaan kerja dapat dijalankan dengan baik. Prinsip Disiplin Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab. Apabila wewenang tidak berjalan dengan semestinya.4). perlu alur yang jelas dari mana karyawan mendapat wewenang untuk pmelaksanakan pekerjaan dan kepada siapa ia harus mengetahui batas wewenang dan tanggung jawabnya agar tidak terjadi kesalahan. Prinsip kesatuan komando Dalam melakasanakan pekerjaan. Setiap pekerjaan harus dapat memberikan pertanggungjawaban yang sesuai dengan wewenang. serta kesatuan perintah. Prinsip efisiensi 8). Prinsip wewenang dan tanggungjawab Setiap karyawan dilengkapi dengan wewenang untuk melakukan pekerjaan dan setiap wewenang melekat atau diikuti pertanggungjawaban. Oleh karena ini. pemegang wewenang harus dapat menanamkan disiplin terhadap dirinya sendiri sehingga mempunyai tanggung jawab terhadap pekerajaan sesuai dengan wewenang yang ada padanya 11). Prinsip Equal pay for equal work 5). makin kecil wewenang makin kecil pula pertanggungjawaban demikian pula sebaliknya 9 . Kesatuan pengarahan bertalian erat dengan pembagian kerja. 6). wewenang dan tanggung jawab.

pengorganisasian. pemberian kompensasi. 10 . Urgensi adanya MSDM yaitu karena MSDM berarti mengatur. KESIMPULAN Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan perencanaan. pemberian balas jasa. dan dapat menambah pengetahuan bagi rekan-rekan mahasiswa. Demi penyempurnaan makalah. pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan. staffing dan personalia dalam organisasi. mengurus SDM berdasarkan visi perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara optimum. pengembangan. meningkatkan kinerja. dan pemberhentian. Fungsi adanya MSDM yaitu perencanaan tenaga kerja. SARAN Penulis berharap makalah ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca khususnya para pembaca agar tergugah untuk terus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam usahanya. pengembangan tenaga kerja. B. penulis berharap kritik dan saran yang konstruktif. pemeliharaan. pemeliharaan tenaga kerja. pengintegrasian. penilaian prestasi kerja. mengembangkan budaya korporasi yang mendukung penerapan inovasi dan fleksibilitas. dan pemisahan tenagakerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.BAB PENUTUP A. pengkoordinasian.

Bumi Aksara. Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. 11 . Cetakan ketiga belas. Djambatan. Pengembangan. Jakarta  Hariandja.DAFTAR PUSTAKA  Siagian. Cetakan kedua. Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengadaan. Manajemen Sumber Daya Manusia : Suatu pendekatan Mikro (Dalam Tanya Jawab). Jakarta.  Saydam. Gouzali. (2000). Pengkompensasian. PT Grasindo. (2006). Marihot Tua Efendi. Cetakan ketiga. (2005). Jakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful