RPP Kimia Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA : Struktur Atom dan Sistem periodik Unsur Satuan Pendidikan Mata

Pelajaran Kelas / Semester Materi Pembelajaran Alokasi Waktu : : : : : Kimia Kelas X / Semester I Stuktur Atom dan Sistem Periodik Unsur 2 x 45 menit

I

Standar Kompetensi

:

Memahami struktur atom, sifat – sifat periodik unsur dan ikatan kimia.

II

Kompetensi Dasar

:

Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat- sifat unsur, massa atom relatif , dan sifat – sifat periodik unsur dalam table periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

III Indikator

:

A. Kognitif 1. Produk: a. Menjelaskan perkembangan tentang struktur atom atau teori atom. b. Menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan. 2.Proses

1

a. Melaksanakan tugas kelompok untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing – masing teori atom berdasarkan data percobaan. Jenis keterampilan jenis sains yang ditargetkan: 1) Melaksanakan diskusi, 2) Melakukan analisis materi, dan 3) Menyimpulkan hasil diskusi. b. Mempresentasikan hasil tugas kelompok . B. Psikomotor 1. Memperhatian selama pembelajaran 2. Keaktifan dalam bertanya 3. Keaktifan dalam diskusi 4. Membuat kesimpulan pada akhir diskusi. 5. Mempresentasikan hasil diskusi

C. Afektif 1. Karakter a. jujur b. bertanggung jawab, dan c. teliti 2. Keterampilan sosial a. bertanya b. menyumbang ide atau berpendapat c. menjadi pendengar yang baik d. berkomunikasi IV. Tujuan Pembelajaran A. Kognitif

2

B. dan teliti. Keterampilan sosial: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. tanggung jawab. 3 . b. dan berkomunikasi. paling tidak siswa menunjukkan kemajuan karakter diri berkaitan dengan kejujuran. Afektif 1. menjadi pendengar yang baik. kan diperoleh materi terkecil yang tidak dapat dibelah lagi. Materi Ajar Teori atom telah mulai berkembang mulai beberapa abad sebelum masehi. Psikomotor Disediakan beberapa buku – buku Kimia SMA C. Bagian terkecil yang tidak dapat dibelah lagi tersebut dinamakan atomos. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. Secara berkelompok siswa dapat menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan dengan mengerjakan soal LP 1 : sesuai dengan kunci jawaban. 2. Secara mandiri siswa dapat menjelaskan perkembangan tentang struktur atom atau teori atom dengan mengejakan LKS : Produk sesuai dengan kunci jawaban. meliputi: bertanya.a. Demokritus (464 SM) berendapat bahwa suatu materi bersifat diskontinu. menyumbang ide atau berpendapat. V. paling tidak siswa menunjukkan kemajuan dalam prilaku sosial. artinya jika suatu materi dibelah-belah secara terus-menerus.

melaikan terdiri dari berbagai partikel sub atom. Teori Atom Dalton (1803-1807) John Dalton adalah seorang guru berkebangsaan Inggris. Atom yang dari unsur yang berbeda punya sifat-sifat an massa yang berbeda. Dia mengemukakan teori atom berdasarkan Hukum Kekekalan Massa (dikemukakan oleh Antonie Lavoisier) dan Hukum Perbandingan Tetap ( dikemukakan oleh Joseph Proust). 4) Senyawa terbentuk ketika atom-atom dari dua jenis unsur atau lebih bergabung dengan perbandingan tertentu. 3) Atom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain. Model atom Dalton Postulat-postulat atom Dalton sebagai berikut : 1) Tiap-tiap unsur kimia disusun atas partikel-partikel kecil yang tidak dapat dipecah lagi yang disebut atom. tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan..J. b. Gambar 1. Reaksi kimia hanya merupakan penataan ulang atom-atom. 2) Walau punya sifat unsur yang sama namun setiap atom punya nomor massa yang berbeda. 2) Atom-atom dari suatu unsur adalah identik. Sedangkan kekurangan isi teori atom Dalton adalah: 1) Atom bukanlah suatu materi yang tidak dapat dibagi. Teori Atom J.a. Thomson 4 . Kelebihan dari teori atom Dalton adalah bahwa teori ini memberikan rincian dan penjelasan yang lebih lengkap dari pernyataan Demokritus.

J. Thomson adalah bahwa J. Teori Atom Ernest Rutherford Pada tahun 1911. Jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negative sehingga atom bersifat netral. 5 . Atom itu sendiri sebagian besar merupakan ruang kosong. Jumlah muatan positif = Jumlah muatan negatif Gambar 2. Thomson telah dapat menjelaskan muatan atom. bagaimana electron bergerak di dalam atom. Kekurangan dari teori atom J. Dengan penemuannya terhadap electron yang bermuatan negatif telah menggambarkan bahwa atom bukan materi terkecil.J. Thomson.Model atom Thomson menggambarkan bahwa atom merupakan suatu bola yang bermuatan positif. elektron (bagian atom yang bermuatan negatif) tersebar merata di dalam bola tersebut.J.J Thomson adalah belum ada menjelaskan mengenai jalur lintasan elektron. c. Sementara itu. Hasil eksperimen ini menyempurnakan teori atom J. Rutherford bersama kedua mahasiswanya melakukan percobaan dengan menembak lapisan tipis emas dengan menggunakan partikel – α. Rutherford mengemukakan model atomnya sebagai berikut : 1) Sebagian besar massa dan seluruh muatan positif yang terdapat dalam atom terpusat di wilayah yang sangat kecil yang disebut inti atom. Atom Thomson Kelebihan dari teori atom J. Muatan-muatan negatif tersebut tersebar seperti kismis pada roti kismis.

Lintasan yang ditempati bergantung dengan energi yang dimiliki elektron tersebut. Atom itu sndiri secara keseluruahan bersifat netral. Ia memilih hidrogen sebagai model teorinya. fisikawan asal Denmark adalah orang yang pertama kali mengembangkan teori struktur inti atom dan menggambarkan tingkat energi elektron di dalam atom untuk menjelaskan spectra atom. Model atom Rutherford Kelebihan teori atom Rutherford adalah telah memperkenalkan adanya muatan positif dan muatan negative. d. 6 . belum dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke inti atom karena hal itu bertentangan dengan hukum fisika klasik. Teori Neils Bohr Neils Bohr.2) Besarnya muatan positif adalah berbeda antara satu atom dengan atom lainya. 2) Elektron berada pada lintasannya dan tidak bleh berada diantara dua lintasan. Gambar 3. Bohr merumuskan sebagai berikut : 1) Elektron bergerak pada orbit melingkar mengelilingi inti tanpa mengalami reaksi pemancaran atau penyerapan energi (kondisi stasioner) maka energinya akan tetap. Selain itu juga telah dapat menjelaskan keberadaan inti dalam suatu atom. 3) Banyaknya electron di sekitar inti atom sama dengan banyaknya muatan positif pada inti atom. Kekurangan teori atom Rutherford adalah belum menjelaskan bagaimana elektron tersusun di sekeliling inti atom.

Guru bertanya kepada siswa 5 Menit Kegiatan Belajar Waktu Ket tentang. Gambar 4. b. sejumlah paket energi tertentu (kuanta) akan dihasilkan atau dibutuhkan. Pendahuluan a. Kegiatan Inti  Presentasi depan kelas Guru mempresentasikan materi dengan 5 Menit 2 Menit 3 Menit menggunakan berbagai Media Pembelajaran 7 . Selama elektron mengalami proses transisi ini.3) Elektron dapat berpindah naik dan turun dari satu orbit ke orbit lainnya. Kekurangan teori atom Bohr adalah ketepatannya yang tinggi hanya untuk atom yang bernomor atom kecil seperti eksperimennya terhadap hidrogen. Kegiatan Pembelajaran: No 1. bentuk dasar atom. Atom Bohr Kelebihan teori atom Bohr adalah menggambarkan struktur atom serta tingkat energi electron di dalam atom. Memberi motivasi belajar tentang teori atom c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 2. VII. Apersepsi. selain itu posisi elektron tidak dapat ditentukan secara pasti.

ras dan agama. suku. Model dan Metode Pembelajaran: Model Pembelajaran: GI (Grop Investigation) Metode Pembelajaran : Ceramah. Yang tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang dengan memperhatikan kemampuan.  Menunjuk salah seorang siswa merepleksikan materi yang telah dibahas bersama hasil diskusinya 5 Menit 30 Menit 5 Menit 15 Menit  Memberikan LKS individual untuk mengukur 20 Menit kemampuan pemahaman siswa dan sebagai dasar penghargaan kepada kelompok Selesai 90 menit VI. Alat : LKS dan LCD 8 . diskusi VII. Kegiatan Penutup  Tiap kelompok melaporkan secara tertulis. tanya jawab. Pembentukan team. dan LKS VIII. Bahan : Buku Kimia SMA kelas X semester 1. Dan diberikan LP 1 sebagai pedoman kerja kelompok  Diskusi kelas dengan bimbingan guru dan menyimpulkan hasil diskusi 3.

Penggalan 2 1. keterampilan sosial.IX. Menyajikan informasi berupa 1 2 3 4 2 3 4 oleh latihan soal tentang perkembangan 9 . proses. Mendiskusikan kelemahan dan kelebihan masingmasing teori atom berdasarkan data percobaan. psikomotor. Inti Penilaian oleh Pengamat Kegiatan Penggalan 1 1. B. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk. Proses Belajar Mengajar A. Memotivasi siswa dengan contoh nyata yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari 2. Media Pembelajaran : Powerpoint X. 1. Pendahuluan Penilaian Kegiatan Pengamat 1 1. dan karakter.

Penilaian oleh Pengamat Kegiatan Model atom. Membimbing siswa menjawab yang diberikan cara siswa mengatakan belum soal telah dengan meminta jujur bila dapat memahaminya. 4. 2. Mengorganisasikan siswa kelompokkelompok kooperatif membagikan latihan soal untuk setiap Setiap kelompok. 3. kelompok dan dalam 1 2 3 4 terdiri dari 4 – 5 siswa. Membimbing siswa mengidentifikasika n variabel respon dengan cara 10 .

Penggalan 3 5. 6. 7.Penilaian oleh Pengamat Kegiatan menunjuk untuk menyumbang ide siswa 1 2 3 4 dan meminta siswa lain pendengar menjadi yang baik saat temannya menyampaikan idenya. 11 . Membimbing kelompok. Meminta masingmasing dalam kelompok bertanggung jawab atas siswa setiap agar kelompok terselesaikannya tugas itu. Membimbing siswa mempresentasikan tugas dengan bertanggung jawab dan teliti.

Penilaian oleh Pengamat Kegiatan 8. Ditekankan perlunya mendengarkan pendapat teman dengan kinerja 1 2 3 4 dalam tugas ini. Membimbing kelompok 12 . 11.Membimbing kelompok. evaluasi dengan Melakukan formatif cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan tugasnya kelompok dan lain menjadi pendengar yang baik agar dapat menanggapi saat diminta guru. 10. Melakukan evaluasi formatif asesmen psikomotor Penggalan 4 9.

13 .Penilaian oleh Pengamat Kegiatan berkomunikasi untuk menyampaian pendapat menarik kesimpulan dengan mengacu pada dalam 1 2 3 4 buku kimia SMA. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasika n kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. 13. Memberikan penghargaan kepada dan yang baik baik kegiatan individu kelompok berkinerja dan amat dalam belajar mengajar tersebut. 12.

Pengamat 2 3 4 XI. Penerbit erlangga 3. Departemen pendidikan. Sumber Pembelajaran 1. Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian Daftar Pustaka Prautami. Departemen pendidikan. LP 3: Psikomotor 6. KTSP 2006. BSE 2. LP 2: Proses 5. LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter 7. Aspirasi:Surakarta Michael Purba. KTSP 2006. Buku kimia kelas X . Kimia untuk SMA/MA kelas X. 4. BSE 14 .C. Buku kimia untuk SMA/MA Kelas X. Buku kimia untuk SMA Kelas X. Buku kimia untuk SMA/MA Kelas X. Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat kesimpulan. Erlangga: Jakarta. dilengkapi Kunci LP 1. Penutup Penilaian oleh Kegiatan 1 1. LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial 8. LP 1: Produk.

No. lampu reklame. 3. Sebutkan beberapa produk yang menggunakan prinsip tabung katode? 3. 30 15 . Gambarkan hasil penembakan lempeng logam tipis yang dikenai sinar alfa? 4. oleh karena itu: a. Gambarkan 4 model atom? 2. 1. lampu tabung pada layar TV. 3) Partikel yang diteruskan adalah partikel yang melalui ruang hampa dan jauh dai inti atom. Jelaskan minimal 2 postulat teori atom Bohr beserta gambarnya? dan kelemahan teori atom Bohr? II. Data yang diperoleh dari hasil percobaan adalah: 1) Partikel alfa yang dipantulkan adalah yang menabarak inti atom 2) Partikel alfa yang dibelokkan adalah yang mendekati inti dan terjadi gaya tolak inti. Inti atom ditemukan oleh E.LEMBAR KERJA SISWA 1. Lampu neon. Rutherford melalui percobaan hamburan sinar alfa. Data yang diperoleh dari percabaan tersebut adalah? b. 20 semua itu bergantung pada jenis gas yang tekandung dalam tabung tersebut. Kunci Jawaban Jawaban Skor 20 2.

Jawaban Postulat teori atom N. Lintasan yang ditempati bergantung dengan energi yang dimiliki elektron tersebut.No. sejumlah paket energi tertentu (kuanta) akan dihasilkan atau dibutuhkan. 3) Elektron dapat berpindah naik dan turun dari satu orbit ke orbit lainnya. 16 . 4. KTSP 2006. Kelemahan dari atom bohr adalah tidak dapat menentukan posisi elektron dengan dengan pasti. Erlangga: Jakarta. Bohr: 1) Elektron bergerak pada orbit melingkar mengelilingi inti tanpa mengalami reaksi pemancaran atau penyerapan energi (kondisi stasioner) maka energinya akan tetap. Skor 30 Jumlah Skor 100 Daftar Pustaka Michael Purba. Selama elektron mengalami proses transisi ini. 2) Elektron berada pada lintasannya dan tidak bleh berada diantara dua lintasan. Buku kimia kelas X .

Kelompok (1) mencari bunyi dasar postulat atom dalton serta mencari kelebihan dan kekurangan dari atom dalton serta menggambarkan dengan sepurna bentuk atom dalton.Thomson. Kelompok (2) mencari bunyi postulat atom JJ. Rutherford serta mencari kelebihan dan kekurangan dari atom dalton serta menggambarkan dengan sepurna bentuk atom E. 2. Kelompok (4) mencari bunyi postulat atom N. 3.Thomson serta bentuk alat dan percobaan JJ.LP 1: PRODUK Produk Soal Diskusi Kerjakan selama tugas ini selama 30menit. Kelompok (3) mencari bunyi postulat atom E. Thomson serta mencari kelebihan dan kekurangan dari atom dalton serta menggambarkan dengan sepurna bentuk atom JJ. Rutherford. 1. Bohr serta mencari kelebihan dan kekurangan dari atom dalton serta menggambarkan dengan sepurna bentuk atom N. 4. 17 . Bohr. Rutherford serta bentuk alat dan percobaan E.

Tiap-tiap unsur kimia disusun atas partikel-partikel kecil yang tidak dapat dipecah lagi yang disebut atom.. Sedangkan kekurangan isi teori atom Dalton adalah: 1) Atom bukanlah suatu materi yang tidak dapat dibagi. Reaksi kimia hanya merupakan penataan ulang atom-atom. Atom yang dari unsur yang berbeda punya sifat-sifat an massa yang berbeda. Kelompok 2 Model atom Thomson menggambarkan bahwa atom merupakan suatu bola yang bermuatan positif. Senyawa terbentuk ketika atom-atom dari dua jenis unsur atau lebih bergabung dengan perbandingan tertentu. Atom-atom dari suatu unsur adalah identik. c. Atom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain. melaikan terdiri dari berbagai partikel sub atom. 2) Walau punya sifat unsur yang sama namun setiap atom punya nomor massa yang berbeda. b. Muatan-muatan negatif tersebut tersebar 18 . 2. d.Kunci LP 1 : Produk 1. Kelebihan dari teori atom Dalton adalah bahwa teori ini memberikan rincian dan penjelasan yang lebih lengkap dari pernyataan Demokritus. Kelompok 1 a. elektron (bagian atom yang bermuatan negatif) tersebar merata di dalam bola tersebut. Sementara itu. tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan.

Kekurangan teori atom Rutherford adalah belum menjelaskan bagaimana elektron tersusun di sekeliling inti atom. Kelompok 4 19 . Dengan penemuannya terhadap electron yang bermuatan negatif telah menggambarkan bahwa atom bukan materi terkecil.seperti kismis pada roti kismis.J Thomson adalah belum ada menjelaskan mengenai jalur lintasan elektron. Kelebihan dari teori atom J. Kekurangan dari teori atom J. Jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negative sehingga atom bersifat netral. Thomson telah dapat menjelaskan muatan atom. Thomson adalah bahwa J.J. 3. Selain itu juga telah dapat menjelaskan keberadaan inti dalam suatu atom. 3. Sebagian besar massa dan seluruh muatan positif yang terdapat dalam atom terpusat di wilayah yang sangat kecil yang disebut inti atom.J. Banyaknya electron di sekitar inti atom sama dengan banyaknya muatan positif pada inti atom. 4. Besarnya muatan positif adalah berbeda antara satu atom dengan atom lainya. belum dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke inti atom karena hal itu bertentangan dengan hukum fisika klasik. bagaimana electron bergerak di dalam atom. Kelompok 3 1. 2. Atom itu sendiri sebagian besar merupakan ruang kosong. Atom itu sndiri secara keseluruahan bersifat netral. Kelebihan teori atom Rutherford adalah telah memperkenalkan adanya muatan positif dan muatan negative.

Elektron bergerak pada orbit melingkar mengelilingi inti tanpa mengalami reaksi pemancaran atau penyerapan energi (kondisi stasioner) maka energinya akan tetap. 2. Elektron dapat berpindah naik dan turun dari satu orbit ke orbit lainnya. Erlangga: Jakarta. Selama elektron mengalami proses transisi ini. KTSP 2006. Kelebihan teori atom Bohr adalah menggambarkan struktur atom serta tingkat energi electron di dalam atom. selain itu posisi elektron tidak dapat ditentukan secara pasti. Buku kimia kelas X . Kekurangan teori atom Bohr adalah ketepatannya yang tinggi hanya untuk atom yang bernomor atom kecil seperti eksperimennya terhadap hidrogen. Aspirasi:Surakarta Michael Purba. KTSP 2006. Daftar Pustaka Prautami. sejumlah paket energi tertentu (kuanta) akan dihasilkan atau dibutuhkan. Elektron berada pada lintasannya dan tidak bleh berada diantara dua lintasan. Kimia untuk SMA/MA kelas X. Lintasan yang ditempati bergantung dengan energi yang dimiliki elektron tersebut.1. 3. 20 .

3.Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian Indikator Produk: LP dan Butir Soal LP 1: Produk Kunci LP dan Butir Soal LP 1: Produk Butir 1. Secara kelompok siswa dapat Butir 1. 2. 4 menjelaskan teori atom Dalton sampai teori atom Bohr mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban 2. 4 soal LP 2: Proses: Dipercayakan kepada RTK 1. 3.siswa LP 3: Psikomotor dapat menjelaskan tentanf teori atom Dalton sampai teori atom Bohr Karakter: Jujur. 2.Disediakan latihan soal. 4. 4 menentukan kelebihan dan kekurangan teori atom dengan kunci LP 1: Produk Proses: 1. Secara kelompok siswa dapat Butir 1. 2. 6. 3. 4 1. Disediakan Butir 1. 2. hati-hati. 3. 7. 4. 5. tanggung jawab. 10. 9. 2. 3. 11 Penilai/Guru melaksanakan diskusi untuk menentukan kelebihan dan tugas kekurangan dari teori atom Dalton Bohr. LP 4: Karakter: dan teliti RTK 1. judgement SMA. siswa dapat 8. 2. 3. Kunci LP Psikomotor 3: Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada 21 . sampai teori atom Psikomotor: 1.

22 . menyumbang ide atau Sosial: RTK 1. Keterampilan Sosial LP 5: Keterampilan Seluruh RTK itu Bertanya. 4 minimal memperoleh berpendapat. menjadi pendengar penilaian yang baik.Judgement Penilai/Guru. komunikasi. 2. Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru. 3.

6. Siswa Guru 2011 ( ) ( ) 23 . Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan. Siswa diminta untuk menyampaikkan hasil diskusi 3. 5. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini. Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini. Format Asesmen Kinerja Proses Skor No Rincian Tugas Kinerja Maksimum Skor Asesmen Oleh Siswa sendiri 1 2 3 4 5 6 Mengindentifikasi variable control Mengidentifikasi variabel respon Keterampilan bertanya siswa Berdiskusi Membuat kesimpulan Membuat penerapan Skor Total 15 15 25 25 10 10 100 Guru Banjarmasin. Siapkan alat dan bahan untuk tugas 2.LP 2 : PROSES Prosedur 1. Siapkan alat dan bahan untuk TUGAS 4.

Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini. Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini. Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan. Format Asesmen Kinerja Psikomotor Skor Asesmen oleh Siswa sendiri Guru No Rincian Tugas Kinerja Skor Maksimum 30 30 40 1 2 3 Perhatian selama proses pembelajaran Keaktifan dalam Tanya jawab Keterampilan dalam mengerjakan soal dan latihan Skor Total 100 Banjarmasin. 5. 2011 Siswa Guru ( ) ( ) 24 .LP 3: PSIKOMOTOR Prosedur: 1. Siapkan buku Kimia SMA 2. 4. Tugasi siswa untuk mengerjakan soal 3.

Pengamat 2011 ( ) Sumber: Purba. Kimia untuk SMA Kelas X. 25 . Michael.LP 4 : KARAKTER Format Pengamatan Perilaku Berkarakter Siswa: Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini. 2007. Jakarta : Erlangga. beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini: A = sangat baik (deskripsi?) C = menunjukkan kemajuan B = Memuaskan D = memerlukan perbaikan Kelas: Tanggal: No 1 2 3 Rincian Tugas Kinerja (RTK) Jujur Tanggungjawab Teliti A B C D Keterangan Banjarmasin.

Jakarta : Erlangga. 2007. Michael.LP 5: KETERAMPILAN SOSIAL Format Pengamatan Keterampilan Sosial Siswa: Petunjuk: Kelas: Tanggal: Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini. 26 . beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini: A = sangat baik C = menunjukkan kemajuan No Rincian Tugas Kinerja (RTK) 1 2 3 4 Bertanya Menyumbang ide atau pendapat Menjadi pendengar yang baik Komunikasi Banjarmasin. Kimia untuk SMA Kelas X. Pengamat 2011 A B B = Memuaskan D = memerlukan perbaikan C D Keterangan ( ) Sumber: Purba.