P. 1
Energi Alternatif Arus Gelombang Laut 2

Energi Alternatif Arus Gelombang Laut 2

|Views: 104|Likes:
Published by saidhannaf
tugas PLH
tugas PLH

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: saidhannaf on May 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2013

pdf

text

original

1. Pengertian Sumber Energi Alternatif

10. Kelebihan dan Kekurangan Konversi Energi Gelombang Menjadi Listrik

2. Contoh Sumber Energi Alternatif
11. Peluang Indonesia dalam sistem konversi energi gelombang laut menjadi listrik

7. Skema cara kerja generator listrik tenaga ombak

3. Pengertian energi gelombang laut

8. TeknologiTeknologi Konversi Energi Gelombang Laut Konversi Energi Gelombang Laut

4. Perbandingan energi gelombang laut, angin dan matahari

5. Pengembangan energi listrik tenaga ombak di dunia

12. Keuntungan Memanfaatk - an Energi Gelombang Laut

9. Skema OWC

Pengertian Sumber Energi Alternatif Sumber energi alternatif adalah sumber energi yang bukan merupakan sumber energi konvensional (yaitu bahan bakar fosil seperti batubara. Kamus Oxford menempatkan sumber energi alternatif berkorelasi dengan lingkungan dan menyatakan bahwa istilah sumber energi alternatif mengacu pada sumber energi yang tidak merugikan lingkungan. minyak dan gas alam). .

Contoh Sumber Energi Alternatif • Air Gelombang laut Pasang surut air laut Energi panas laut • Matahari • Samudera • Angin • Biogas • Biomassa • Panas Bumi .

Lanjutan… • Berdasarkan penjelasan sebelumnya terdapat bermacam macam sumber energi alternatif. • Sumber energi yang memanfaatkan gelombang laut merupakan sumber energi yang tersedia bebas di bumi seperti halnya energi matahari dan angin. Energi gelombang laut merupakan energi yang tidak dapat diperbaharui . diantaranya adalah sumber energi alternatif yang menggunakan arus gelombang laut (ombak).

• Energi pasang surut • Energi panas laut. .Pengertian energi gelombang laut Energi yang dapat dimanfaatkan dari laut ada 3 jenis energi. Pembahasan akan terfokus pada energi gelombang laut. • Energi gelombang laut.

angin dan matahari http://smart-pustaka.com .blogspot.Perbandingan energi gelombang laut.

Pengembangan energi listrik tenaga ombak di dunia • Penggunaan teknologi yang ilmiah dan modern untuk pemanfaatkan energi gelombang laut dirintis oleh peneliti Jepang Yoshio Masuda pada 1940-an. Dia telah menguji berbagai konsep dari perangkat yang memanfaatkan energi gelombang laut. Ratusan unit alat pembangkit diuji coba untuk menghasilkan listrik yang bisa menyalakan lampu. Pada 1950. Masuda telah menghasilan konsep yang juga maju. .

Cara kerja konversi energi ombak menjadi energi listrik .

Lanjutan… Sistem pembangkit listrik terdiri dari chamber berisi udara yang berfungsi untuk menggerakkan turbin. Turbin tersebut didesain untuk bisa bekerja dengan generator putaran dua arah. kolom tempat air bergerak naik dan turun melalui saluran yang berada di bawah ponton dan turbin yang terhubung dengan generator Gerakan air naik dan turun yang seiring dengan gelombang laut menyebabkan udara mengalir melalui saluran menuju turbin. .

Renewable Energy Holdings. Oscillating Water Column Sistem (OWC) 4. Biopower Sistem 3. Archimedes Wave Swing System 5.Teknologi Konversi Energi Gelombang Laut 1. 2. Anaconda Bulge Wave Sistem .

Skema OWC .

SKEMA ARCHIMEDES WAVE SWING SYSTEM .

Skema Anaconda Bulge Wave System .

2.Kelebihan dan Kekurangan Konversi Energi Gelombang Menjadi Listrik Kelebihan : 1. 5. Proses mengkonversi energi listrik dari energi mekanik pada ombak mudah. Keuntungan lainnya adalah tidak perlu perancangan struktur yang kekuatannya berlebihan seperti turbin angin yang dirancang dengan memperhitungkan adanya angin topan karena kondisi fisik pada kedalaman tertentu cenderung tenang dan dapat diperkirakan. Energi ombak adalah energi yang dapat diperoleh tanpa dipengaruhi waktu. Energi ini juga mempunyai intensitas energi kinetik yang besar dibandingkan dengan energi terbarukan yang lain. . 4. Tidak menimbulkan polusi karena tidak menghasilkan limbah. 3.

3. sistem roda gigi. dan sistem generator yang dapat bekerja secara terus-menerus selama lebih kurang lima tahun. Tantangan teknis untuk para insinyur dalam desain sistem turbin. 2.Kekurangan : 1. Biaya instalasi dan pemeliharaannya yang cukup besar. sehingga tenaga ahli sangat diperlukan. Dampak terhadap ekosistem laut (hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi teknis ) 4. Diperlukan alat khusus yang memerlukan teknologi tinggi. .

potensi yang besar tersebut dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga ombak di Indonesia.Peluang Indonesia dalam sistem konversi energi gelombang laut menjadi listrik Untuk wilayah Indonesia. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki banyak pulau dan selat sehingga arus laut akibat interaksi Bumi-Bulan-Matahari mengalami percepatan saat melewati selat-selat tersebut. sumber energi ombak memiliki prospek bagus adalah energi arus laut. . Kemudian dengan luas laut di Indonesia yang mencapai 6 juta km2.

tidak perlu perancangan struktur yang kekuatannya berlebihan seperti turbin angin dirancang dengan memperhitungkan adanya angin topan karena kondisi fisik pada kedalaman tertentu cenderung tenang dan dapat diperkirakan. .Energi gelombang laut memiliki intensitas energi kinetik yang besar dibandingkan dengan energi terbarukan yang lain (energi angin).

. • Energi ini juga mempunyai intensitas energi kinetik yang besar dibandingkan dengan energi terbarukan yang lain.Keuntungan Memanfaatkan Energi Gelombang Laut • Untuk memperoleh gelombang laut yang dapat membangkitkan pembangkit listrik usaha memprediksi gelombang laut lebih mudah dari jika dibandingkan dengan energi angin dan matahari. • Pembangkit listriknya tidak membutuhkan bahan bakar sehingga tidak menghasilkan limbah.

Video tentang energi ombak .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->