Sistem Perekonomian Pancasila oleh

Arif Muhlish B.131.09.0354

Dalam pasal 33 Undang-Undang Dasar mengandung dua hal pokok. . yaitu tercantum pada bab XIV pasal 33. Ciri-ciri sistem ekonomi Indonesia atau sistem ekonomi pancasila dapat kita temui dalam pembukaan dan batang tubuh UndangUndang Dasar 1945. yaitu asa kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.Sistem perekonomian Indonesia sering disebut sistem ekonomi pancasila.

dan lain sebagainya. Contoh hajad hidup orang banyak yakni seperti air.4 ciri Sistem Ekonomi Pancasila 1. Yang menguasai hajat hidup orang banyak adalah negara / pemerintah. Modal atau pun buruh tidak mendominasi perekonomian karena didasari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia. bahan bakar minyak / BBM. pertambangan / hasil bumi. . Kedua pihak yakni pemerintah dan swasta hidup beriringan. berdampingan secara damai dan saling mendukung. Peran negara adalah penting namun tidak dominan. 4. 3. Masyarakat adalah bagian yang penting di mana kegiatan produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta dipimpin dan diawasi oleh anggota masyarakat. 2. dan begitu juga dengan peranan pihak swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi. Sehingga tidak terjadi kondisi sistem ekonomi liberal maupun sistem ekonomi komando.

Ciri-ciri sistem ekonomi pancasila.yang sering disebut pula sebagai demokrasi ekonomi secara garis besar ada empat sebagai berikut: .

dalam sistem ekonomi pancasila.usaha negara dan swasta tumbuh berdampingan secara seimbang. peranan negara penting.peranan swasta penting tetapi tidak dominan.1.tetapi tidak dominan maksudnya agar dapat dicegah timbulnya sistem ekonomi komando.maksudnya agar dapat dicegah tumbuhnya sistem liberal. .

sistem ekonomi tidak didominasi oleh modal dan tidak didominasi buruh. .2.sistem ekonomi didasarkan atas asas kekeluargaan menurut keakraban hubungan antarmanusia.

3. masyarakat memegang peranan penting maksudnya produksi dikerjakan oleh semua dan dibawah pimpinan atau pengawasan anggota-anggota masyarakat. .

air.4. negara menguasai bumi. .dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

sekaligus berfungsi mengarahkan perkembangan ekonomi Indonesia ke arah sistem ekonomi pancasila. .dalam sistem ekonomi inilah koperasi dikembangkan.sistem ekonomi berdasarkan atas silasila dalam pancasila.

serta pemusatan kekuatan ekonomi pada satu kelompok atau monopoli yang merugikan masyarakat.dalam sejarahnya.Dalam demokrasi ekonomi yang berdasarkan pancasila.sistem ekonomi liberal yang bebas di indonesia telah menimbulkan kelemahan posisi indonesia dalam ekonomi dunia. • sistem ekonomi komando artinya negara beserta aparatur ekonomi negara bersifat dominan. .mendesak. • sistem ekonomi liberal yang bebas artinya. • persaingan tidak sehat.harus dihindarkan ciri-ciri negatif seperti berikut ini.dan mematikan potensi serta daya kreasi unit-unit ekonomi swasta.sistem ekonomi yang menumbuhkan eksploitasi atau pemerasan terhadap manusia dan bangsa lain.

. Beberapa prinsip dasar yang ada dalam SEP tersebut antara lain berkaitan dengan prinsip kemanusiaan. nasionalisme ekonomi.Sistem Ekonomi Pancasila (SEP) merupakan sistem ekonomi yang digali dan dibangun dari nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat Indonesia. demokrasi ekonomi yang diwujudkan dalam ekonomi kerakyatan. dan keadilan.

jeda waktu terjadinya satu krisis ekonomi ke krisis ekonomi berikutnya ternyata semakin pendek.Karakteristik Krisis Ekonomi Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terjadi peningkatan inovasi aktivitas dan metoda transaksi ekonomi. Sejalan dengan perkembangan tersebut. .

Hal ini diperparah oleh kecenderungan peningkatan pengangguran akibat penurunan permintaan mesin perang. Krisis ekonomi dan perang selalu membawa kontraksi ekonomi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuka peluang sektor swasta untuk menciptakan inovasi finansial yang seringkali justru menjadi sumber krisis. pemerintah cenderung menggunakan kebijakan inflationary. Pada beberapa kali krisis disebabkan oleh kesalahan kebijakan pemerintah. dan kembalinya tentara dari medan perang. pemerintah cenderung menerapkan tight monetary policy untuk mengendalikan inflasi.Benang merah yang bisa ditarik dari berbagai krisis tersebut: • • Krisis umumnya disebabkan oleh overestimation dari pelaku ekonomi bahwa perekonomian akan terus berkembang secara mulus (tingkat bunga rendah. Permasalahan menjadi semakin serius ketika pemerintah cenderung tertinggal dalam mengatur inovasi baru di sektor finansial ini. namun selebihnya terjadi akibat kecepatan perkembangan pasar di luar kendali dan ketidakberdayaan pemerintah mengejar kecepatan aktivitas di sektor ekonomi. sementara pada pasca perang. tingkat pendapatan meningkat. dll) dan ini memberikan dasar bagi penciptaan keuntungan dari aktivitas spekulasi. Pada saat perang. namun di sisi lain selalu membawa perubahan struktural dengan munculnya peraturan maupun lembaga baru sebagai reaksi terhadap krisis dan perang. • • • . Umumnya krisis terjadi pasca perang atau terkait dengan pendanaan perang. harga rumah meningkat.

Mekanisme Pasar vs Peran Pemerintah Pada dataran teoritis maupun empiris. . maka peran pemerintah dalam perekonomian diperlukan. penyediaan barang publik dan upaya menjaga kelestarian common goods. para ekonom sepakat bahwa mekanisme pasar tidak selamanya menciptakan alokasi yang paling efisien. Ketika market failur terjadi. hal ini disebut dengan market failure atau kegagalan pasar. Dalam ilmu ekonomika. Pasar tidak pernah bisa menyelesaikan masalah eksternalitas.

Tentunya. kompleksitas perumusan dan implementasi sistem ekonomi alternatif tersebut semakin memuncak sejalan dengan seberapa jauh perbedaan sistem yang baru relatif terhadap sistem yang lama. Tak bisa dipungkiri bahwa akan terjadi dialektika pada dataran teoritis/filosofis maupun pada tataran implentasinya. Tugas seperti ini tentunya bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam sekejap mata. .Alternatif Sistem Ekonomi Tugas yang berat untuk merumuskan alternatif sistem ekonomi yang mampu meminimasi krisis ekonomi ataupun sistem ekonomi yang cukup tangguh menghadapi dampak krisis ekonomi.

Untuk mengatasi hal ini diperlukan dua tim perumus yang bekerja secara simultan dan saling berkomunikasi secara intensif. dan juga perubahan tantangan yang muncul.Jika bangsa ini memang bertekat bulat untuk mencari alternatif sistem ekonomi yang sesuai dengan jati diri dan budaya bangsa. maka pekerjaan berat ini harus dilakukan sekarang dan mungkin diperlukan waktu puluhan tahun untuk menyelesaikannya. tentunya banyak shock yang akan terjadi pada perekonomian. Selama proses ini. banyak kebijakan dan struktur ekonomi yang mungkin berubah. yaitu: .

menetapkan tujuan jangka panjang dan strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Tim ini merumuskan berbagai landasan pemikiran filosofis. Tim Jangka Panjang.1. . Tim ini berorientasi untuk merumuskan sistem ekonomi dan outcome yang akan diinginkan dicapai dalam jangka panjang (300-400 tahun ke depan).

Tim ini dibutuhkan untuk menciptakan transisi yang diharapkan mulus antara sistem ekonomi yang sekarang ini digunakan dengan sistem ekonomi alternatif yang akan digunakan. Orientasi tim ini adalah untuk mengatasi berbagai masalah untuk kurun waktu 30-40 tahun ke depan. Tim Jangka Pendek. Diperlukan berbagai penyesuaian selama masa transisi ini. .2. dan tentunya waktu yang diperlukan mungkin berkisar antara 20-30 tahun.

patut disadari bahwa kedaulatan ekonomi tidak bersifat mutlak. Konsekuensinya adalah bahwa apapun strategi yang digunakan. Meski demikian. .Tujuan utama dari sistem ekonomi alternatif adalah untuk meningkatkan economic sovereignity (kedaulatan ekonomi) bangsa Indonesia . karena kemutlakan kedaulatan ekonomi bisa menjerumuskan bangsa kepada sikap chauvinisme. harus bertujuan untuk meningkatkan kedaulatan ekonomi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful