P. 1
Cara - Cara Photoshop CS 5

Cara - Cara Photoshop CS 5

|Views: 16|Likes:
Published by Basmal Elticho

More info:

Published by: Basmal Elticho on May 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2014

pdf

text

original

HDR TONING

Fitur HDR Toning memungkinkan anda menerapkan rentang yang lebih luas dari kekontrasan warna dan rentang exposure yang lebih tinggi dari sebuah gambar tanpa bersusah payah membuat sebuah foto HDR dengan menggabungkan beberapa foto dengan objek yang samanya menggunakan berbagai exposure yang berbeda pada saat pemotretan.Untuk menggunakan fitur ini berikut langkah-langkahnya : 1. Masukan gambar yang akan di edit ke dalam lembar kerja photoshop. 2. Kemudian klik menu Image  Adjustment  HDR Toning untuk meningkatkan kekontrasan gambar dengan efek seperti gambar HDR. 3. Seketika gambar akan berubah menjadi lebih kontras,selanjutnya lakukan pengaturan bagian Edge glow , Tone and Detail , dan Color untuk mendapatkan yang lebih detail.Jika sudah tekan tombol OK. 4. Fitur HDR Toning selanjutnya mengubah gambar yang bias biasa saja menjadi seperti gambar HDR dengan kekontrasan tinggi.

SELECTIVE COLOR
Color Selective merupakan teknik yang digunakan oleh perangkat scanner high end dan program mesin separasi lainnya untuk mengubah proses jumlah pada masing-masing komponen warna dasar dalam foto.Anda dapat mengubah proses jumlah warna dalam setiap warna dasar tertentu tanpa memengaruhi warna primer lainnya. Untuk menggunakan fitur ini berikut langkah-langkahnya : 1. Masukan gambar yang akan di edit ke dalam lembar kerja photoshop. 2. Kemudian lakukan koneksi pada warna tertentu dengan klik menu Image  Adjustment  Selective Color. 3. Lalu pilih salah satu warna yang ingin anda pada kotak drop down Colors. 4. Kemudian geser slider warna-warna ke kiri atau ke kanan untuk mengatur keseimbangan kepekatan warna tersebut hingga ….%.Jika sudah tekan tombol OK. 5. Warna dasar gambar yang telah di tingkatkan membuat warna menjadi lebih kontras dan lebih tajam.

MATCH COLOR
Fitur Match Color digunkan untuk menyesuaikan warna antar foto,slayer,atau pun area seleksi baik pada gambar yang sama maupun pada gambar yang berbeda.Fitur ini juga digunakan untuk mengatur pencahayaan dan rentang warna dan menetralisir color cast dalam sebuah gambar. Untuk menggunakan fitur ini berikut langkahlangkahnya : 1. Masukan gambar yang akan di edit ke dalam lembar kerja photoshop. 2. Kemudian lakukan penyesuaian warna dengan menu Image  Adjustment  Match Color. 3. Lalu geser slider Luminance , Color Intensity dan Fade ke kanan untuk menambah intensitas pencahayaan,intensitas warna dan fade pada kotak dialog Match Color.Jika sudah tekan tombol OK. 4. Hasilnya akan tmpak seperti pada gambar berikut ini.Gambar yang telah mengalami penyesuian tidak begitu berbeda dengan gambar aslinya namun terlihat llebih cerah dan tajam.

DESATURATE
Fitur Desaturate digunakan untuk mengonvensi gambar berwarna ke gambar grayscale namun gambar grayscale tersebut tetap dalam mode warna yang sama.Dengan begitu nilai kecerahan setiap pixel tidak berubah. Untuk menggunakan fitur ini berikut langkahlangkahnya : 1. Masukan gambar yang akan di edit ke dalam lembar kerja photoshop. 2. Kemudian ubahlah gambar menjadi grayscale dengan menekan menu Image  Adjustment  Desaturate.

3. Seketika gambar akan berubah menjadi grayscale dengan nilai kecerahan setiap pixel yang sama.

VARIATIONS
Fitur Variations memungkinkan anda mengatur keseimbangan warna,kontras,dan saturasi gambar dengan menampilkan thumbnails atau alternative kepada anda.Fitur ini sangat berguna nutk mencari gambar yang terbaik yang tidak membutuhkan ketepatan pengaturan warna. Untuk menggunakan fitur ini berikut langkah-langkahnya : 1. Masukan gambar yang akan di edit ke dalam lembar kerja photoshop. 2. Kemudian lakukan warna dan pencahayaan gambar dengan klik menu Image  Adjustment  Variations 3. Selanjutnya muncul tampilan thumbnails berbagai alternative gambar yang dapat digunakan untuk mengedit gambar secara praktis. 4. Pada kotak bagian atas anda dapat mengatur alternative thumbnails yang akan di tampilkan dalam kotak dialog dengan memilih salah satu tombol radio Shadows , Midtones , Highlights , atau Saturation . 5. Lalu pada kotak bagian bawah anda dapat meningkatkan kepekatan warna gambar dengan menambahkan warna Green , Yellow , Red , Magenta , Blue , atau Cyan.Klik salah satu opsi warna,maka gambar yang ada di tengah-tengah (Current Pick) akan berubah sesuai dengan warna yang anda pilih.Ulangi langkah yang sama untuk mendapatkan gambar yang lebih pekat.

6. Lantas pada kotak disamping kanan anda dapat meningkatkan kecerahan gambar dengan memilih salah satu opsi pencahayaan Darker atau Lighter

REPLACE COLOR
Fitur Replace Color adalah fitur sederhana yang digunakan untuk mengganti warna tertentu pada gambar anda dapat mengubah warna pada daerah tertentu dengan warna lain. Untuk menggunakan fitur ini berikut langkah-langkahnya : 1. Masukan gambar yang akan di edit ke dalam lembar kerja photoshop. 2. Kemudian ubahlah warna pada bagian tertentu dari gambar klik menu Image  Adjustment  Replace Color. 3. Pada kotak dialog Replace Color yang muncul gunakan Eyedropper Tool unutk memilih daerah pada gambar yang akan diubah warnanya. 4. Kemudian lakukan pengaturan dengan menggeser slider : a. Hue , geser slider hue ke kiri atau kekanan unutk mengubah warna daerah yang anda pilih.

b. Saturation , geser slider saturation ke kanan atau ke kiri untuk menambahkan kepekaan warna pada daerah yang dipilih. c. Lightness , geser slider lightnes untuk meningkatkan kecerahan pencahayaan pada daerah yang di pilih. Jika sudah , aktifkan pengaturan tersebut dengan menekan tombol OK.

5. Maka warna pada daerah yang anda pilih akan berubah.

SHADOWS / HIGHLIGHTS
Shadows / Highlights adalah fitur yang digunakan untuk memperbaiki foto dengan gambar siluet karena cahaya dari belakang yang sangat kuat atau mengoreksi subjek yang kelebihan cahaya atau flare karena terlalu dekat dengan lampu flash/blitz kamera.Pengaturan ini juga berguna mencerahkan daerah dan bayangan yang di dalam sebuah gambar yang dinyatakan cukup terang. Untuk menggunakan fitur ini berikut langkah-langkahnya : 1. Masukan gambar yang akan di edit ke dalam lembar kerja photoshop. 2. Lakukanlah koreksi dengan klik menu Image  Adjustment  Shadows / Highlights. 3. Selanjutnya , geser slider Amount ke kiri atau ke kanan untuk menambahkan atau mengurangi kepekaan warna dan cahaya pada bagian Shadows dan Highlights. 4. Jika anda ingin mendapatkan pengaturan yang lebih lengkap.Klik kotak cek Show More Options , maka anda akan mendapatkan 3 pengaturan yaitu Shadows , Highlights dan Midtones serta opsi pengaturan lainnya seperti Midtones Contrast , opsi Black Clip dan opsi White Clip untuk menagatur kontras gambar secara keseluruhan dan color conection untuk mengatur saturasi di dalamnya.

5. Jika sudah , tekan tombol OK untuk mengaktifkan pengaturan tersebut. 6. Maka gambar sebelumnya terlihat kelebihan cahaya akan berubah menjadi lebih lembut dengan cahaya yang seimbang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->