P. 1
surveilans epid 3

surveilans epid 3

|Views: 6|Likes:
HHFHFYYRYJGJGJGHIUJHTY56UHGFDRTRYUHJBNVGFDER4T56YUGHVBFDRE4T56TYHGVBFDRE56YUHJBNVGFRT56YUHJGFRT56YUHJMBNGFT. G
HHFHFYYRYJGJGJGHIUJHTY56UHGFDRTRYUHJBNVGFDER4T56YUGHVBFDRE4T56TYHGVBFDRE56YUHJBNVGFRT56YUHJGFRT56YUHJMBNGFT. G

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Lisa Hidayati Dainir on May 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

SURVEILANS EPIDEMIOLOGI PTM

Kelompok 3 Lisa Hidayati Syafrima Melguciana Putri Rahmatika (1010333033) (1010333051) (1010333042) Sevra Agitya Ade Revoliza (1010333024) (1010333015) .

.Surveilans Epidemiologi PTM Pengertian pengamatan secara terus-menerus terhadap perkembangan kasus penyakit tidak menular tertentu yang terpilih serta faktor resiko perilaku dan lingkungan yang berhubungan dengan penyakit tidak menular .

sumber data ..Continue...Laporan dari fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah maupun swasta . penyelidikan langsung ke lapangan (masyarakat) .....Laporan dari jajaran departemen kesehatan yang secara aktif memonitor suatu keadaan kesehatan..Survei. . penelitian.

... Surveilans pasifs . surveilans epidemiologi disini terdiri atas 2 bagian: 1. Surveilans aktif 2.Continue..

...Penyakit Tidak menular (PTM) itu sendiri apa...?????? .

Penyakit non infeksi 3. Penyakit degeneratif 5.Ada beberapa istilah menyangkut dengan PTM ini: 1. Penyakit perilaku . Penyakit kronis 2. New comunicable disease 4.

macam (multikausal). bahkan tidak jelas.Karakteristik PTM • Penularan penyakit tidak melalui satu rantai penularan penyakit • Masa inkubasi yang panjang dan laten • berlansungnya penyakit berlarut. .larut (kronis) • Banyak mmenghadapi kesulitan diagnosis • Mempunyai variasi yang luas • Memerlukan biaya yang tinggi dalam upaya pencegahan maupun penanggulangannya • Factor penyebabnya bermacam.

Menurut Dapat – Tidaknya Resiko itu diubah : a. . Misalnya : kebiasaan merokok. Changeable Risk Factors • Faktor resiko yang dapat berubah. Genetik b. Unchangeable Risk Factors • Faktor resiko yang tidak dapat diubah Misalnya : Umur.Faktor-faktor Resiko 1. Olah raga.

– Established Risk Factors = FR yg. Misalnya : Rokok sebagai factor resiko terjadinya kanker paru. Menurut Kestabilan Peranan Faktor Resiko : – Suspected Risk Factors = Faktor Resiko yg. Dicurigai Yaitu : Factor resiko yang belum mendapat dukungan ilmiah / penelitian dalam peranannya sebagai factor yang berperan dalam kejadian suatu penyakit.continue 2. . Misalnya : Merokok menyebabkan terjadinya kanker leher rahim. Yaitu : Factor resiko yg TELAH mendapat dukungan ilmiah / penelitian dalam peranannya sebagai factor yang berperan dalam kejadian suatu penyakit. Telah Ditegakkan.

Continue... Dengan mengetahui faktor resiko dalam terjadinya penyakit maka dapat digunakan untuk: • Prediksi untuk meramalkan kejadian penyakit misalnya perokok berat mempunyai resiko 10 kali lebih besar untuk terserang Ca Paru dari pada bukan perokok • Penyebab Kejelasan dan beratnya suatu faktor resiko dapat ditetapkan sebagai penyebab suatu penyakit dengan syarat telah menghapuskan faktor-faktor pengganggu (Confounding Factors) .

.. maka dapat diambil tindakan untuk pencegahan terjadinya penyakit tersebut...Continue. • Diagnosis Dapat membantu dalam menegagkan diagnose • Prevensi Jika suatu faktor resiko merupakan penyebab suatu penyakit tertentu.

gaya hidup dan factor lainnya. .Pencegahan PTM Pencegahan primordial Upaya ini dimaksudkan member kondisi pada masyarakat yang memungkinkan penyakit itu tidak mendapat dukungan dari kebiasaan.

misalnya: Kampanye kesadaran masyarakat Promosi kesehatan Pendidikan kesehatan masyarakat – Pencegahan khusus. misalnya: Pencegahan keterpaparan Pemberian kemopreventif .Pencegahan PTM Pencegahan tingkat pertama Meliputi: – Promosi kesehatan masyarakat.

Pencegahan PTM Pencegahan tingkat kedua Diagnosis dini. misalnya perawatan rumah jompo. perawatan rumah orang sakit. misalnya kemoterapi atau tindakan bedah Pencegahan tingkat ketiga Meliputi rehabilitasi. . misalnya dengan melakukan Pengobatan. Upaya pencegahan PTM ditujukan kepada faktor resiko yang telah diidentifikasi.

.Pencegahan PTM Screening penyakit tidak menular Screening atau penyaringan adalah usaha untuk mendeteksi/mencari penderita penyakit tertentu tanpa gejala dalam masyarakat atau kelompok tertentu melalui suatu test/pemeriksaan. yang selanjutnya didiagnosa dan dilanjutkan dengan pengobatan. yang secara singkat dan sederhana dapat memisahakan mereka yang kemungkinan besar menderita.

. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi 2...... 1. keracunan .jenis PTM.. Penyakit karena Kelainan Kelenjar Getah Bening dan Hormon 5.. Penyakit karena kecelakaan 6.. Penyakit Keturunan 4..... Alergi 3..

Thank you… .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->