METODE PENGAJARAN

Andi Mariani (G 551120181)

Penggunaan metode yang tepat dan bervariasi akan dapat dijadikan sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar . Sebagai Alat Motivasi Ekstrinsik Metode berfungsi sebagai alat perangsang dari luar yang dapat membangkitkan minat belajar seseorang.A. KEDUDUKAN METODE DALAM BELAJAR MENGAJAR 1.

adalah harus mampu menguasai teknik penyajian (metode mengajar). Metode sebagai Strategi Pengajaran Tidak semua siswa memiliki daya serap dan kemampuan konsentrasi belajar yang sama. Salah satu langkah memiliki strategi tersebut. sehingga perlu strategi pengajaran yang efektif efisien dan mengena tujuan yang diharapkan.2. .

Ketika tujuan dirumuskan. maka metode yang digunakan haruslah disesuaikan dengan tujuan (metode dan tujuan tidak saling bertolak belakang) Guru sebaiknya menggunakan metode yang dapat menunjang KBM. Sebagai Alat untuk Mencapai Tujuan Tujuan : cita-cita yang ingin dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. . sehingga dapat dijadikan sebagai alat yang efektif untuk mencapai tujuan pengajaran.3.

Nilai Strategi Metode Terkadang bahan pelajaran yang guru berikan. Pemilihan dan Penentuan Metode 1. menjadikan kelas menjadi kurang bergairah dan kondisi anak didik menjadi kurang kreatif. . Penentuan metode yang tidak sesuai dengan tujuan pengajaran. kurang memberikan motivasi kepada anak didik bila penyampaiannya menggunakan strategi yang kurang tepat. Nilai strategis metode dalam KBM adalah dapat mempengaruhi jalannya KBM. dilihat dari kondisi kelas dan peserta didik.B.

Lanjutan. 2. Efektivitas penggunaan metode dapat terjadi bila ada kesesuaian antara metode & semua komponen pengjaran yang telah diprogramkan dalam satuan pengajaran sebagai persiapan tertulis. Cukup banyak bahan pelajaran yang terbuang percuma karena penggunaan metode yang mengabaikan hal2 seperti kebutuhan siswa. dan situasi kelas.. . fasilitas.. Efektifitas Penggunaan Metode Selain strategi penyampaian. kefektifan metode juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam penggunaan metode.

. Pentingnya Pemilihan dan Penentuan Metode Salah satu kegiatan yang harus guru lakukan adalah melakukan pemilihan & penentuan metode yang bagaimana yang akan dipilih untuk mencapai tujuan pengajaran. Kegagalan guru mencapai tujuan pengajaran akan terjadi jika pemilihan dan penentuan metode tidak dilakukan dengan pengenalan karakteristik (kelebihan dan kekurangan) dari masing-masing metode pengajaran.Lanjutan. 3.. Hal ini didasari karena adanya metode2 tertentu yang tidak bisa dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. .

intelektual. b.. haruslah didukung sepenuhnya oleh metode yang tepat. Faktor yg Mempengaruhi Pemilihan Metode a. Anak Didik Perbedaan individual anak didik pada aspek biologis. & psikologis mempengaruhi pemilihan & penentuan metode yang mana sebaiknya guru ambil untuk menciptakan lingkungan belajar yang kreatif demi tercapainya tujuan pengajaran yang telah dirumuskan secara operasional. .Lanjutan.. Tujuan Kemampuan yang ingin dicapai dalam tujuan pembelajaran. 4.

Lanjutan. e. dan pengalaman mengajar adalah permasalahan intern guru yang dapat mempengaruhi pemilihan dan penentuan metode mengajar. Situasi Situasi KBM yang guru diciptakan tidak selamanya sama dari hari ke hari. latar belakang pendidikan. sehingga menjadi sangat penting bagi guru untuk menentukan & memilih metode yang sesuai dengan setiap kondisi agar KBM menjadi efektif. . Fasilitas Keberhasilan suatu metode mengajar akan terlihat jika faktor lain mendukungnya.. c. Salah satunya adalah fasilitas.. d. Guru Kepribadian.

Pelaksaannya belum ditunjang oleh kurikulum yang berlaku di Indonesia Kesulitan dalam pemilihan topik yang sesuai dengan kebutuhan siswa. . Membina siswa dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan. sikap.C. Memperluas pemikiran siswa dalam masalah kehidupan b. Metode Proyek Kelebihannya: a. Kekurangannya: a. dan keterampilan di kesehariannya. b. Macam-macam Metode Mengajar 1.

Siswa lebih percaya atas kebenaran berdasarkan percobaan. Kekurangannya: a. Fasilitas peralatan & bahan yang tidak selalu mudah diperoleh. Lebih sesuai dengan bidang sains & teknologi b. . c. c. Tidak semua percobaan memberikan hasil yang diharapkan. Hasil percobaan dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran manusia.Lanjutan … 2. b. Metode Eksperimen Kelebihannya: a. Mendorong siswa lebih kreatif menemukan terobosan2 baru yang bermanfaat.

merangsang siswa dalam aktivitas belajar individual atau kelompok. menimbulkan kebosanan siswa akibat seringnya memberi tugas yang menoton. membina tanggung jawab dan disiplin siswa. Metode Tugas dan Resitasi Kelebihannya: Dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian siswa.Lanjutan … 3. . Kekurangannya: Tidak semua siswa terlibat aktif dalam tugas kelompok.

Metode Diskusi Kelebihannya: Merangsang kreativitas siswa. memperluas wawasan. perlu persiapan yang matang serta perlu waktu untuk siswa yang bersifat pemalu dan otokratif. Kekurangannya: Memerlukan banyak waktu. . mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain.Lanjutan … 4.

fasilitas yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik. Metode Demonstrasi Kelebihannya: Proses pengajaran lebih menarik. siswa dirangsang aktif mengamati. Kekurangannya: Memerlukan keterampilan guru secara khusus. menyesuaikan teori dengan kenyataan yg diamati. . siswa lebih mudah memahami secara konkrit apa yg dipelajari. dan memerlukan waktu yang cukup panjang.Lanjutan … 5.

..TERIMA KASIH ...