BAB I PENDAHULUAN

Apa sesungguhnyan yang membuat beberapa doa terlihat lebih berkuasa daripada yang lain? Mengapa Petrus memiliki keyakinan yang teguh seperti yang ditulis dalam Kisah Para Rasul 3 tentang bagaimana ia mengangkat seorang pria lumpuh sejak lahir "dan segera kakinya dan tulang pergelangan menerima kekuatan"? Jawaban adalah Otoritas rohani. Tentunya setiap orang percaya merindukan sebuah kehidupan yang penuh kuasa dan berkemenangan, sebuah pelayanan yang disertai otoritas Allah dalam meneguhkan pemberitaan Injil dengan mujizat dan tanda-tanda ajaib. Bersumber dari mana otoritas dan bagaimana karakteristik otoritas yang penuh kuasa seperti yang dipraktekan para rasul dalam pelayanannya. Sebuah pemahaman yang tepat tentang otoritas mengharuskan kita untuk membuat dua perbedaan-perbedaan dasar antara otoritas dunia dan otoritas Allah yang sering disebut dengan otoritas rohani serta perbedaan sumber otoritas dunia dan otoritas rohani. Otoritas dunia didasarkan pada satu posisi yang secara resmi diakui dalam sebuah organisasi atau sekelompok orang yang memiliki tujuan untuk memerintah dan terbatas pada satu sistem serta tidak bersifat tetap. Dengan demikian otoritas yang bersumber dari dunia, di dalam konteks apapun, merupakan mandat yang berjenjang. Tidak ada otoritas tertinggi dalam dunia, kecuali satu, otoritas rohani ! Otoritas rohani yang bersumber langsung dari Allah sang pencipta alam semesta, yang tidak terbatas kuasanya dengan tujuan untuk Kerajaan Allah dan tidak tergantikan serta didelegasikan kepada semua orang percaya yang sekaligus memiliki pengaruh dan kendali atas dunia.
1

authority dianggap sebagai bagian dari kekuasaan. Dalam Weberian sociology. Pemahaman yang benar akan otoritas adalah sesuatu yang sangat penting untuk dimengerti baik oleh pemegang otoritas maupun orang-orang yang berada di bawah otoritas. Menurut Weber Kata authority diturunkan dari kata bahasa Latin "auctoritas". 2 . wewenang Hak melakukan tindakan atau hak membuat peraturan untuk memerintah orang lain.BAB II PEMAHAMAN MENGENAI OTORITAS Ada banyak ditemukan orang-orang sering berbicara mengenai otoritas tanpa memiliki pengertian yang benar mengenai otoritas itu sendiri. Pengertian Otoritas Beberapa pengertian atau arti dari otoritas yang diambil dari beberapa sumber (kamus) yag resmi. antara lain: • Kamus Besar Bahasa Indonesia Otoritas memiliki arti: Kekuasaan yang sah yang diberikan kepada lembaga dalam masyarakat yang memungkinkan para pejabatnya menjalankan tugasnya • Hak untuk bertindak Kekuasaan. Pemahaman yang salah mengenai otoritas akan berdampak pada penyalahgunaan otoritas itu sendiri dan dapat menimbulkan banyak masalah di dalam penerapan sebuah sistem yang ada. kata ini biasanya digunakan di dalam hukum Roma untuk menghadapi orangorang yang menentang pemerintahan atau keputusan pemerintah.

A conclusive statement or decision that may be taken as a guide or precedent. or judge. especially a government or body of government officials: land titles issued by the civil authority.Otoritas dianggap sebagai kuasa yang terlegitimasi dan terlindungi secara hukum untuk menjalankan kekuasaan atas diri orang lain. yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi atau memerintah orang lain • Menurut Education Yahoo Dictionary Otoritas memiliki beberapa pengertian. menegakkan hukum bahkan mengadili. exact obedience. e. Power assigned to another. memutuskan. d. The power to enforce laws. menegakkan hukum atau menghukum seseorang. c. grounds: On what authority do you make such a claim? f. determine. a reference book often cited as an authority. An accepted source of expert information or advice: a noted authority on birds. g. One that is invested with this power. command. memiliki mandat untuk melakukan hal itu. Anugerah kuasa atau mandat 3 . authorization: Deputies were given authority to make arrests. Otoritas hanya bisa berjalan baik jika seseorang mau menerima arahan tersebut Orang atau kelompok yang memiliki hak atau kuasa untuk memerintah. Power to influence or persuade resulting from knowledge or experience: political observers who acquire authority with age. seperti berikut ini: a. • Kamus Barons Otoritas memiliki arti : Kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengarahkan supaya pekerjaan dapat terlaksana dengan baik. Justification. Otoritas dianggap sebagai hak atau kuasa yang terjustifikasi untuk memerintah. A quotation or citation from such a source: biblical authorities for a moral argument. b.

4 .- Seseorang yang memiliki derajat pengetahuan atau keahlian di dalam sebuah komunitas. memerintah. menghukum atau mempengaruhi orang lain bahkan sampai kepada memaksakan kehendak. Kuasa untuk mempengaruhi. menegakkan hukum. memutuskan sesuatu. Berdasarkan beberapa pengertian di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa otoritas adalah mandat atau hak atau kuasa yang ada atau diberikan kepada seseorang atau kelompok untuk mengatur. mengadili. untuk menciptakan ketaatan. otorisasi. mengatur orang lain. • Kamus American Heritage Otoritas adalah kuasa untuk menegakkan hukum. kemampuan memerintahkan atau menghakimi.

Dengan demikian otoritas-otoritas yang melekat dalam diri seseorang itu memiliki asal atau sumbernya.BAB III SUMBER – SUMBER OTORITAS Setiap otoritas yang dimiliki seeorang atau kelompok tidak datang dari dirinya sendiri. Otoritas yang bersumber dari Allah disebut juga otoritas rohani atau spiritual authority. Akad di tanah Sinear dan selanjutnya ditambah dengan kota-kota besar di negeri Asyur. Perkataan gibbor dihadapan Tuhan dalam ayat diatas seperti mengungkapkan bahwa Nimrod seorang hamba Tuhan yang hidup dihadapanNya.” Nimrod adalah orang yang mulamula sekali berkuasa (memiliki otoritas) di bumi.. A. Erekh. Kerajaannya dimulai dari Babel. namun otoritas yang ada itu dimandatkan dengan disertai pertanggungjawaban.. yakni otoritas yang bersumber dari Allah dan dari dunia. OTORITAS DUNIA Otoritas yang bersumber dari dunia diperoleh dari manusia. sedangkan otoritas dunia berasal dari segala sesuatu yang berada di luar Allah. Otoritas Nimrod cukup besar karena kerajaannya cukup luas. namun Ray Prinzing dalam buku Whispers of the Mysteries. seorang pemburu yang gagah perkasa dihadapan Tuhan.Seperti Nimrod. Didalam ayat ini tertulis. “. menemukan bahwa Strongs Concordance mengungkapkan fakta mengenai kata Ibrani untuk gibbor dihadapan mempunyai 5 . Tetapi kita perlu melihat jenis otoritas yang dimiliki Nimrod. Sumber Otoritas Sumber otoritas terbagi dalam 2 kategori. kedaulatan dunia dan dari roh jahat. Kejadian 10 : 8-11 menolong kita untuk menjelaskan tentang otoritas dunia . hal 14.

kata Ibrani untuk gibbor dihadapan secara literal berarti memberontak. Sama halnya dengan kejatuhan Iblis. Dengan otoritas ini seseorang dapat melakukan sihir untuk memperdaya manusia (Simon. Otoritas tersebut dilakukan semata-mata karena ia memegang jabatan atau posisi. Dengan penjelasan ini kita dapat simpulkan bahwa jenis otoritas yang dimiliki Nimrod adalah otoritas dunia.arti yang sangat bervariasi. kekuasaannya berhenti. nama Nimrod berarti ia yang membuat semua orang memberontak melawan Tuhan. Demikian juga. Beberapa otoritas yang diperoleh seseorang yang bersumber dari dunia atau diluar Allah. antara lain : 1. Kis 8:9). Dalam Kejadian 10 : 9. selama itu juga ia masih memiliki otoritas. seperti juga misalnya dalam Bilangan 16 : 2. Otoritas Dari Roh Jahat Otoritas ini diperoleh seseorang karena kesediaannya mengabdikan diri kepada Setan. Pada organisasi kemiliteran dan pemerintahan pemimpin yang memiliki wewenang ini sangat kuat kuasanya. segera setelah ia mengundurkan diri dari posisi. 6 . Otoritas dari roh jahat ini selalu bertentangan dan memberontak kepada otoritas Allah bahkan cenderung meniru karakteristik otoritas Allah. Kejatuhan Iblis adalah hasil dari pemberontakan melawan Allah otoritas (Yesaya 14:12-15). tenung (Kis 16:16). dan lain-lain 2. kejatuhan manusia adalah hasil dari manusia bergabung dengan Iblis dalam pemberontakan terhadap otoritas Allah (Kejadian 3:1-6). Otoritas karena Jabatan Otoritas ini diperoleh karena posisi dan jabatan struktural dalam organisasi. Selama organisasi mempertahankan posisinya. yaitu otoritas yang ia peroleh diluar otoritas Allah. Jadi otoritas yang dimiliki Nimrod bukan berasal dari Tuhan karena ia sendiri adalah seorang yang memberontak dan melawan Tuhan. Dan didalam Jewish Encyclopedia.

Otoritas jenis ini bermanfaat untuk bidang-bidang tertentu yang memerlukan keahlian khusus. Otoritas Hubungan Diperoleh karena sang pemimpin telah memberikan perhatian. pengalaman dan tingkat ‘ketokohan’ seseorang. Otoritas Usia Didapat karena usia yang lanjut.Otoritas semacam ini sama sekali obyektif. ditolong dan diperlengkapi oleh pemimpin. wewenang jenis ini didapat dari kebijaksanaan. Otoritas Keahlian dan Kecakapan Otoritas ini bersumber dari keahlian. status sosial ekonomi dan latar belakang keluarga (bangsawan / darah biru) yang lebih baik daripada orang lain. pengangkatan seorang sekretaris karena keahliannya dalam bidang administrasi. Tidak semua orang berusia lanjut dengan sendirinya akan mendapatkan otoritas jenis ini. Akibatnya 7 . penghargaan dan telah menjalin persahabatan erat dengan pengikutnya. kepercayaan. Ikatan hubungan yang kuat terjalin antara pemimpin dan pengikut karena para pengikut merasa telah diberdayakan. 5. pemberdayaan. 6. Otoritas karena Latar Belakang Istimewa Otoritas ini didapat karena seseorang memiliki latar belakang pendidikan formal. Selain karena usia lanjut. ahli pertumbuhan gereja menolong denominasi tertentu untuk berkembang. Dalam budaya timur seseorang yang berusia lanjut hampir secara otomatis akan dihargai lebih dari orang muda. tidak melekat pada manusia itu sendiri. 4. 3. kecakapan dan pengetahuan atau informasi yang dimiliki seseorang. Contoh: ahli komputer didatangkan untuk membuat program komputer kantor gereja. dll. hikmat.

Pemimpin mempengaruhi orang dengan cara hidupnya. dan kuasa-Nya dalam mengatur kehidupan manusia menurut rencana dan kehendak-Nya agar manusia dapat hidup di dalam kemuliaan-Nya. Otoritas Allah seringkali disebut sebagai otoritas rohani. yang memiliki wewenang jauh lebih tinggi dari seluruh otoritas yang bersumber dari dunia. Orang-orang mengikuti pemimpin ini karena sang pemimpin telah teruji integritasnya. sebagaimana untuk pertama kali Allah memberikan otoritas kepada Adam untuk berkuasa atas bumi (Kejadian 1:26) Otoritas rohani bersumber dari Allah yang adalah sumber dari segala otoritas yang ada. tuntutan. yang merupakan unsur dari sifat Allah yang tidak dapat berubah. OTORITAS ALLAH Otoritas yang bersumber dari Allah adalah satu-satunya otoritas dan kekuasaan yang sesungguhnya.adalah pengikut dengan kesadaran dan kerelaan sendiri memberikan wewenang itu kepada pemimpinnya. Wewenang jenis ini tidak terjadi dalam semalam tapi tercipta selama bertahun-tahun. 8 . universal dan kekal atas semua ciptaan-Nya. Semua jenis otoritas tersebut bersumber dari dunia. Seseorang yang memiliki atau menerima otoritas dunia belum tentu memiliki otoritas rohani namun setiap orang yang memiliki otoritas rohani memiliki kekuasaan untuk memerintah. Memimpin melalui teladan. 7. Otoritas yang tertinggi milik Tuhan yang menciptakan langit dan bumi. Otoritas yang bersumber dari dunia berbeda dengan otoritas yang berasal dari Allah. memimpin melalui gaya hidup. Otoritas Allah meliputi hak. B. jujur dalam keuangan. Otoritas Karakter Sumber otoritas ini berasal dari sifat-sifat atau karakter dan cara hidup si pemimpin. dan memiliki kemurnian moral yang tinggi. memberi pengaruh dan kendali atas dunia.

Otoritas Allah dalam Perjanjian Lama Dalam sejarah di era Perjanjian Lama. yang kemudian didelegasikan kepada para rasul-Nya dan kepada semua orang percaya. kepada para nabi dan para imam. baik untuk mengajarrkan hukum Taurat dan memerintah sesuai dengan hukumhukum yang diberikan Allah. Dalam pelayanan-Nya di muka bumi kita melihat otoritas yang dipakai Yesus adalah otoritas rohani yang Ia terima dari Allah yang adalah Bapa-Nya. otoritas Kristus adalah riil karena diserahkan oleh Bapa dan atas perintah Bapa pula Ia melakukan segala pekerjaan-Nya. "Tetapi ketika orang banyak melihat hal itu. Otoritas Allah dalam Perjanjian Baru Otoritas Allah dalam Perjanjian Baru dinyatakan melalui Yesus Kristus sebagai Anak Allah. Namun Yesus berkata bahwa : baik firman-firmanNya dan pekerjaanpekerjaanNya diberikan padaNya oleh Bapa (Yoh 14:10. 9 . dan menyampaikan pesan dari Allah. Sebagai manusia dan Mesias. Diberikan oleh Bapa Otoritas Kristus adalah otoritas yang dengan sendirinya ada di dalam diri Yesus sebagai anak tunggal Allah yang diutus ke dunia. kita menemukan bagaimana Allah memberikan dan mendelegasikan otoritas-Nya kepada raja-raja yang dipilih-Nya.11). Masing-masing diberikan otoritas untuk melakukan tugasnya sesuai dengan kepentingan dari Allah sipemberi otoritas. OTORITAS KRISTUS 1. Otoritas yang melekat dalam diri-Nya berasal dari Allah sendiri. mereka semua dipenuhi ketakutan dan memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian kepada manusia" (Mat 9:8). Mereka yang menerima otoritas dari Allah menjadi “utusan atau wakil Allah” di bumi untuk membawa suara kenabian. Setiap otoritas yang diberikan Allah haruslah dipertanggungjawabkan kepada Allah. Kuasa Kristus itu adalah otoritas yang dipakai Yesus untuk berbicara dan melayani yang membuat banyak orang tercengang.

Kekuasaan atas Sakit Penyakit (Mar 5:41) 6. Pengampunan Dosa (Luk 5:24) 5. Kekuasaan atas roh jahat (Mar 1:27) 3. Karakteristik Otoritas Kristus dinyatakan melalui: 1. roh jahat dan apapun yang ada. Otoritas Kristus ini diberikan kepada seorang rasul yang adalah pribadi yang diutus dan ditugaskan sebagai duta Kristus yang diperlengkapi dengan otoritas atau kekuasaan dari Tuhan untuk mewakili Allah dan bertindak dengan otoritas dan wahyu Tuhan guna penyelamatan dan pemulihan kembali hubungan manusia dengan Allah.2. Paulus menerangkan dalam Filipi 2:10-11 bahwa di dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang dibawah bumi. 10 . Kekuasaan atas Alam (Luk 8:24) 4.” bagi kemulian Allah. Bapa! Otoritas Kristus melampaui otoritas manusia. dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan. alam. Meliputi Sorga Dan Bumi Otoritas Kristus adalah otoritas tertinggi yang meliputi segala kuasa yang ada di sorga dan di bumi (Mat 28:18). Pengajaran-Nya (Mat 7:28-29) 2. Kekuasaan atas Alam Maut (Mat 16:19) OTORITAS RASULI Otoritas Rasuli adalah otoritas Kristus yang didelegasikan kepada rasul-rasul-Nya yang berhubungan dengan pemberitaan Injil dan menyebarluaskan Injil sampai ke ujung bumi. dunia. sistem.

Otoritas Sebagai Duta-Duta Dari Kristus (Yoh 17:18) 4. Otoritas Di Dalam Kerajaan Allah (Roma 8:17) 11 . Otoritas Di Atas Kuasa Dari Musuh (Luk 10:19) 2.OTORITAS ORANG PERCAYA Otoritas orang percaya adalah otoritas yang kita terima dari Kristus sebagi orang percaya untuk tugas-tugas pelayanan di muka bumi ini. Otoritas orang percaya meliputi: 1. Otoritas Terhadap Setan (Roma 16:20) 3.

menegakkan hukum. memerintah. sesungguhnya juga merupakan orang yang berada di bawah otoritas. Pemahaman yang benar akan otoritas dan sumber otoritas akan menolong seseorang yang menerima otoritas untuk melakukan tugasnya dan mempertanggungjawabkan kepada sipemberi otoritas dengan baik. seorang pemilik otoritas. Sedangkan orang yang memiliki otoritas rohani juga memiliki pengaruh dan kendali atas dunia karena otoritas ini bersumber dari otoritas tertinggi milik Tuhan pencipta alam semesta yang tidak dapat dibatasi oleh apapun. mengadili. Ditinjau dari sumber otoritas maka dapat disimpulkan bahwa orang yang memiki otoritas dunia belum tentu memiliki otoritas rohani karena otoritas dunia itu terbatas pada satu sistem dan kekuasaannya juga terbatas serta dapat dikalahkan dan digantikan. baik otoritas yang bersumber dari dunia maupun dari Allah. tak terkalahkan dan tak tergantikan serta kekal atas dunia ciptaan-Nya. Bila kita mencermati berdasarkan jalur atau hierarkhi kekuasaan.BAB IV KESIMPULAN Pengertian otoritas adalah mandat atau hak atau kuasa yang ada atau diberikan kepada seseorang atau kelompok untuk mengatur. menghukum atau mempengaruhi orang lain untuk pencapaian tujuan dari pemberitaan otoritas itu sendiri. memutuskan sesuatu. 12 .

4. 13 . Sonny Eli Zaluchu. Diktat Kuliah. Internet. Robinson. 1998.DAFTAR PUSTAKA 1. Gereja Impian. Cara Mendapatkan Kuasa : Jakarta. Jimmy Oentoro. Yayasan Pekabaran Injil “Immanuel”. Stuart. 2010. 3. 2. STTIH 2012. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.