Metode Kangguru Untuk Merawat Bayi Prematur.Oleh Dr.

suriviana Minggu, 12-Juni-2005, 06:13:00 METODE KANGURU UNTUK MERAWAT BAYI PREMATUR Metode kanguru atau perawatan bayi lekat ditemukan sejak tahun 1983, sangat bermanfaat untuk merawat bayi yang lahir dengan berat badan rendah baik selama perawatan di rumah sakit ataupun di rumah. Metode kanguru mampu memenuhi kebutuhan asasi bayi berat lahir rendah dengan menyediakan situasi dan kondisi yang mirip dengan rahim ibu, sehinggga memberi peluang untuk dapat beradaptasi baik dengan dunia luar. KEUNTUNGAN YANG DI DAPAT DARI METODE KANGURU BAGI PERAWATAN BAYI : -Meningkatkan hubungan emosi ibu – anak -Menstabilkan suhu tubuh , denyut jantung , dan pernafasan bayi -Meningkatkan pertumbuhan dan berat badan bayi dengan lebih baik -Mengurangi strea pada ibu dan bayi -Mengurangi lama menangis pada bayi -Memperbaiki keadaan emosi ibu dan bayi -Meningkatkan produksi asi -Menurunkan resiko terinfeksi selama perawatan di rumah sakit -Mempersingkat masa rawat di rumah sakit APA SAJA KRITERIA BAYI UNTUK METODE KANGURU: -Bayi dengan berat badan ≤ 2000 g -Tidak ada kelainan atau penyakit yang menyertai -Refleks dan kordinasi isap dan menelan yang baik -Perkembangan selama di inkubator baik -Kesiapan dan keikut sertaan orang tua, sangat mendukung dalam keberhasilan. CARA MELAKUKAN METODE KANGURU: -Beri bayi pakaian, topi , popok dan kaus kaki yang telah dihangatkan lebih dahulu -Letakkan bayi di dada ibu, dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu dan pastikan kepala bayi sudah terfiksasi pada dada ibu. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk , kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongak. -Dapat pula memeakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu , dan bayi diletakkan diantara payudara ibu, baju ditangkupkan, kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di perut ibu agar bayi tidak terjatuh. -Bila baju ibu tidak dapat menyokong bayi , dapat digunakan handuk atau kain lebar yang elastik atau kantong yang dibuat sedemikian untuk menjaga tubuh bayi.

infoibu.com http://www. sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuhnya pun lebih baik. 2003). Bagi orang tua. Selain itu. Mekanisme Kerja Perawatan Metode Kanguru Pada dasarnya mekanisme kerja Perawatan Metode Kanguru adalah sama seperti perawatan canggih dalam inkubator yang berfungsi sebagai termoregulator memberikan lingkungan yang termonetral bagi setiap neonatus melalui aliran panas konduksi dan radiasi.5-37. dan kenaikan berat badannya menjadi lebih cepat. Manfaat Metode Kanguru Secara klinis. Pertumbuhan dan perkembangan motorik pun menjadi lebih baik. pemantauan bayi . dapat digantikan oleh ayah atau orang lain. makan dan mengobrol. defined as skin-to-skin contact between a mother and her newborn. dan ekonomis. Lingkungan termoral adalah lingkungan suhu agar bayi dapat mempertahankan optimal (36. lebih jarang menangis.SuriViana . mempererat ikatan batin antara ibu dan anak.com/mod. posisi ibu setengah duduk atau dengan jalan meletakkan beberapa bantal di belakang punggung ibu. Pada waktu tidur . terutama bagi BBLR yang persediaan atau sumber kalorinya sangat terbatas. Perawatan bayi lekat atau metode kanguru ini sederhana. sehingga bisa dilakukan oleh setiap ibu atau pengganti ibu di rumah ataupun di Puskesmas.www. bayi.. 02 Mei 2009 Konsep Dasar Metode Kanguru Pengertian Metode Kanguru Kangaroo mother care (KMC). cara pamberian asi . cara ini mencegah bayi kedinginan. praktis.-Ibu dapat beraktivitas dengan bebas. Bayi dapat tidur dengan nyenyak dan lama. © Dr. terutama dalam mencegah kematian BBLR (Luize. duduk .5 0C) dengan mengeluarkan energi/kalori yang minimal. -Dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan persiapan ibu. and early discharge from hospital. dengan cara ini detak jantung bayi stabil dan pernapasannya lebih teratur.infoibu.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=62 Sabtu. serta mempersingkat masa perawatan secara keseluruhan. frequent and exclusive or nearly exclusive breastfeeding. posisi bayi . dan kebersihan ibu dan bayi. efektif. lebih tenang. 2000). Pengaliran . jalan. -Bila ibu perlu istirahat . hal ini turut menumbuhkan rasa percaya diri dan kepuasan bekerja. has been proposed as an alternative to conventional neonatal care for low birthweight (LBW) infants (Conde-Agudello et all. Cara ini juga mempermudah pemberian ASI. Pengaliran panas melalui konduksi adalah identik kontak kulit ibu-bayi seperti dalam inkubator konduksi panas dari badan inkubator ke kulit bayi. dapat bebas bergerak walau berdiri .

panas melalui radiasi adalah udara hangat di dalam inkubator seperti udara hangat dalam/antara selimut/baju kanguru dan bayi. Segera setelah lahir b.37. setelah 10-15 menit . Membersihkan daerah dada dan perut dengan cara mandi dengan sabun 2-3 kali sehari. c. Ibu bertindak seperti ibu kanguru yang mendekap bayinya dengan tujuan mempertahankan suhu bayi stabil dan optimal (36. Memakai kain baju yang dapat direnggang 2. Pelaksanaan Metode Kanguru dapat dilakukan pada waktu: a. tetapi cukup dibersihkan dengan kain bersih dan hangat b. Bayi perlu memakai tutup kepala atau topi dan popok selama penggunaan metode ini.50C . Membesihkan kuku dan tangan c. Sangat awal. Prinsip metode ini adalah menggantikan perawatan bayi baru lahir dalam inkubator dengan meniru kanguru. Selama pelaksanaan Metode Kanguru ibu tidak memakai BH e.50C . Sehingga Perawatan Metode Kanguru harus terus menerus dilakukan bergantian oleh bapak. ibu. Usahakan kulit bayi kontak langsung dengan kulit ibunya terus menerus. Baju yang dipakai harus bersih dan hangat sebelum dipakai d. Proses hantaran panas tersebut berlangsung terus-menerus selama dibutuhkan oleh BBLR baik dalam inkubator maupun dalam Perawatan Metode Kanguru. ikat kain selendang di sekeliling atau mengelilingi ibu dan bayi. tante dan neneknya (Usman. Bayi jangan dimandikan. Metode ini dihentikan jika bayi telah mencapai bobot badan minimal 2500 g dan suhu tubuh optimal 370C. Metode dan Waktu Pelaksanaan Tahapan penggunaan Metode Kanguru menurut Perinasia meliputi : 1.37. dan mampu menetek. Persiapan ibu. oleh karena itu Perawatan Metode Kanguru hanya dikerjakan selama dibutuhkan oleh neonatus sampai bayi bisa mandiri tanpa harus dirawat dalam inkubator. Suhu optimal ini diperoleh dengan kontak langsung kulit bayi dengan secara terusmenerus. Posisi bayi vertikal ditengah payudara atau sedikit ke samping kanan/kiri sesuai dengan kenyamanan bayi serta ibu.50C). Setelah bayi dimasukkan ke dalam baju. dan bayi bisa menetek kuat. Bayi yang dapat bertahan dengan cara ini adalah yang keadaan umumnya baik. b. d.50C). Bagian bawah baju diikat dengan pengikat baju atau kain f. Saat ibu duduk atau tidur posisi bayi tetap tegak mendekap ibu e. yaitu sekitar BB mencapai 2500 gram. suhu tubuhnya stabil (36. a. Persiapan bayi a.2001).

Sehingga dengan kontak langsung kulit ibu bayi ini kebutuhan dasar dari bayi berupa kehangatan.com/2007/11/konsep-dasar-metode-kanguru. Produksi ASI adekuat b. Bayi tumbuh dan berkembang optimal c. Bayi dapat menetek kuat seperti normalnya http://ferryefendi.blogspot. . Menengah. ASI.html. http://fandizal.50C) b. Metoda ini dapat juga dilakukan untuk bayi sehat.html METODE KANGGURU PENGERTIAN Metode kangguru adalah sebuah metode perawatan bayi baru lahir dengan cara meletakkan bayi didada ibu ( skin to skin ) untuk menyalurkan kehangatan pada si bayi.blogspot. Bayi mengenakan penutup kepala.c. setelah 7 hari perawatan e. baju ibu berfungsi sebagai penutup badan bayi. Awal. Suhu tubuh bayi stabil dan optimal (36.com/2009/05/konsep-dasar-metode-kanguru. Lambat. Bayi diletakkan diantara kedua payudara ibu dengan posisi tegak/vertikal saat ibu berdiri dan duduk atau tengkurap/miring saat ibu berbaring/tidur. yaitu kisaran suhu lingkungan sehingga bayi dapat mempertahankan suhu tubuhnya tetap normal dengan metabolisme basal minimum dan kebutuhan oksigen terkecil. Dalam metode ini. kontak kulit antara ibu dan bayi yang berlangsung sejak dini secara terus menerus dan berkesinambungan kalau mungkin selama 24 jam. setelah bayi bernafas sendiri tanpa O2 f. Tujuannya kontak kulit ke kulit antara ibu dan bayi dapat menurunkan hilangnya panas melalui konduksi dan radiasi serta bertujuan untuk mempertahankan neutral thermal environment/NTE. Setelah keluar dari perawatan inkubator Kriteria keberhasilan Perawatan Metode Kanguru adalah: a. setelah umur 24 jam d. kasih sayang dan perlindungan bisa dipenuhi. Kenaikan berat badan stabil a.50C -37.

dan kebersihan ibu dan bayi. posisi bayi . Kalau ibu tidak sempat bisa fungsinya sementara diganti oleh keluarga lain. makan dan mengobrol. pemantauan bayi . kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di perut ibu agar bayi tidak terjatuh. dapat bebas bergerak walau berdiri . bayi. CARA MELAKUKAN METODE KANGURU: -Beri bayi pakaian. -Dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan persiapan ibu. baju ditangkupkan. Paling tidak berasal dari keluarga terdekat seperti ibu. Selama dalam perawatan. maka metode Kanguru dilakukan secara bertahap. dukungan dari staf perawatan sangat diperlukan agar ibu dan keluarga mau dan menerima metode ini. Metode ini dihentikan penggunaannya apabila bayi sudah tidak menghendaki lagi yaitu umur kehamilannya sekitar 37 minggu atau berat badannya 2500 gram. topi . Dukungan terhadap ibu yang menggunakan metode Kanguru sangat diperlukan. dan bayi diletakkan diantara payudara ibu. rewel kalau diletakkan pada posisi Kanguru. duduk . dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu dan pastikan kepala bayi sudah terfiksasi pada dada ibu. dapat digunakan handuk atau kain lebar yang elastik atau kantong yang dibuat sedemikian untuk menjaga tubuh bayi. suami dan mertua. dapat digantikan oleh ayah atau orang lain. posisi ibu setengah duduk atau dengan jalan meletakkan beberapa bantal di belakang punggung ibu. kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongak. -Bila ibu perlu istirahat .Untuk nutrisi Kanguru lebih didasarkan pada pemberian ASI eksklusif. Pada waktu tidur . popok dan kaus kaki yang telah dihangatkan lebih dahulu -Letakkan bayi di dada ibu. Bayi dan ibu bisa pulang lebih awal dalam posisi ini. . Bayi yang dirawat di NICU mengingat keadaan bayi. paling tidak selama 1 jam (agar tidak mengganggu waktu istirahatnya bayi) sebelum terus menerus selama 24 jam. Pada usia tersebut biasanya bayi mulai gelisah. Pemberian susu tambahan dimungkinkan apabila pertambahan berat badanya 20 gram/hari. ASI eksklusif memang menjadi harapan tetapi bukan merupakan keharusan dalam metode Kanguru. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk . cara pamberian asi . -Dapat pula memeakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu . jalan. -Ibu dapat beraktivitas dengan bebas. Lamanya bayi dalam posisi Kanguru kalau mungkin 24 jam terus menerus. -Bila baju ibu tidak dapat menyokong bayi . Bayi dipulangkan setelah berhasil melakukan penyesuaian terhadap metode Kanguru (beberapa jam atau beberapa hari) tanpa memandang berat lahir maupun usia kehamilannya.

Karena di inkubator ia hanya sendiri sedangkan dengan perawatan metode kangguru ia nyaman bersama ibunya seperti waktu dalam kandungan. Begitu juga dengan denyut jantung. KRITERIA BAYI UNTUK METODE KANGURU: -Bayi dengan berat badan ≤ 2000 g . kadar kortisol (hormon stress) nya lebih rendah dibanding bayi yang diletakkan di inkubator. dan pernafasan bayi -Meningkatkan pertumbuhan dan berat badan bayi dengan lebih baik -Mengurangi strea pada ibu dan bayi -Mengurangi lama menangis pada bayi -Memperbaiki keadaan emosi ibu dan bayi -Meningkatkan produksi asi -Menurunkan resiko terinfeksi selama perawatan di rumah sakit -Mempersingkat masa rawat di rumah sakit -Mempercepat kenaikan berat badan bayi Umumnya berat bayi naik 30 gram/ hari. dengan perawatan metode kangguru bisa naik sampai 50 gram/hari. -Menstabilkan denyut jantung dan pernapasan Bayi premature suka berhenti bernafas karena otaknya belum matang. denyut jantung . Karena makanan yang masuk tidak dipakai untuk menghangatkan tubuhnya dan bisa dipakai untuk menaikkan berat badan.KEUNTUNGAN YANG PERAWATAN BAYI : DI DAPAT DARI METODE KANGURU BAGI -Meningkatkan hubungan emosi ibu – anak -Menstabilkan suhu tubuh . otomatis waktu tidurnya akan lebih panjang. -Memperpanjang waktu tidur Karena si bayi merasa tenang dalam dekapan ibunya. dengan perawatan metode kangguru ini ia terstimulasi terus untuk bernapas karena mendengar napas ibunya. -Menciptakan suasana nyaman dan mengurangi stress pada bayi Bayi yang diberikan perawatan metode kangguru .

Meningkatkan pertumbuhan dan berat badan bayi dengan lebih baik 4. • nutrisi secara kangguru: ASI dini dan eksklusif • Dukungan secara kangguru: Jangan memisahkan ibu dan bayi. Mengurangi lama menangis pada bayi 6. gerakan ekstremitas (tangan dan kaki) berlebihan. http://reyhan-zz. Meningkatkan produksi ASI 8. Menstabilkan suhu tubuh . Mengurangi stress pada ibu dan bayi 5. Pengertian • Posisi kangguru : Kontak antara ibu dan bayi dari kulit ke kulit. saudara atau petugas kesehatan.com/2009/10/metode-kanggurudoc. Atau bila dilakukan KMC bayi menangis.-Tidak ada kelainan atau penyakit yang menyertai -Refleks dan kordinasi isap dan menelan yang baik -Perkembangan selama di inkubator baik -Kesiapan dan keikut sertaan orang tua. Dapat dimulai segera setelah lahir atau setelah bayi stabil. denyut jantung . dapat digantikan ayah. misalnya sering bergerak. dan pernafasan bayi 3. Meningkatkan hubungan emosi ibu dan bayi. sangat mendukung dalam keberhasilan. Mempersingkat masa rawat di rumah sakit Lama dilakukannya metode KMC (metode kangguru) 1. KMC atau yang kita kenal dengan metode kangguru dapat dilakukan dirumah sakit atau di rumah setelah bayi pulang. Bila ibu lelah dan ingin beristirahat. Dilakukan sampai bayi berat badan 2500gr atau mendekati 40 minggu atau sampai bayi merasa tidak nyaman lagi dengan metode tersebut.html METODE KANGGURU PENTING BUAT BAYI 18:21 Diposkan oleh Bidan Shop Kangoroo mother care (KMC) adalah kontak kulit diantara ibu dan bayi secara dini. KEUNTUNGAN YANG DI DAPAT DARI METODE KANGURU BAGI PERAWATAN BAYI : 1. bayi diberi pakaian hangat dan topi dan diletakkan di boks bayi dalam ruangan yang hangat. terus menerus dan dikombinasi dengan pemberian ASI eksklusif. Menurunkan risiko terinfeksi selama perawatan di rumah sakit 9.blogspot. . Memperbaiki keadaan emosi ibu dan bayi 7. berikan ASI peras dengan menggunakan salah satu alternatif cara pemberian minum. 2. Tujuannya agar bayi kecil tetap hangat. Bayi tetap bisa dirawat dengan metode kangguru meskipun belum bisa menyusu. 2. Bila tidak ada yang bisa menggantikan.

duduk. popok dan kaus kaki yang hangat. Tutupi bayi dengan pakaian ibu ditambah dengan selimut yang hangat. Bila ibu tidak dapat menyusui. http://www. perawat.blogspot. jalan. .2003 http://bidanshop.com/2009/12/metode-kangguru-penting-buat-bayi_31. Posisi KMC ideal untuk menyusui bayi 2.Bila baju ibu tidak dapat menahan berat bayi. 4. atau kantong yang dibuat sedemikian rupa untuk menjaga tubuh bayi.Dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu. kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak keatas (ekstensi). topi. kamar harus hangat. 3. Pada waktu tidur. dan lihat apakah kepala bayi sudah ada di depan dada ibu. atau kapan saja bayi menginginkan. Bagaimana dengan aktifitas ibu 1. 05 Desember 2009 Metode Kangguru Mengurangi Angka Kematian Bayi . Berilah bayi pakaian. . 3.kangaroomothercare. Bayi diletakkan diantara payudara ibu.com Buku panduan manajemen masalah bayi baru lahir untuk dokter. bidan di rumah sakit rujukan dasar. 2. metode kangguru ini dapat dilaksanakan dengan cara posisi ibu setengah duduk atau dengan meletakkan bantal di belakang punggung ibu. Pantau jumlah ASI yang diberikan oleh ibu. Bila bayi sudah tidak nyaman lagi dengan metode kangguru. kain lebar yang elastik. . Letakkan bayi di dada ibu: . Bagaimana dengan nutrisi dan pertumbuhan bayi 1. Pakaian dan posisi ibu dan bayi 1.3. . beri ASI peras dengan menggunakan salah satu alternatif cara pemberian minum. jangan sampai bayi dehidrasi dan berikan ASI tanpa jadwal dalam arti kapanpun bayi bisa minum ASI. . Ibu dapat bebas bergerak walau berdiri.Pada waktu udara dingin. tidak perlu cemas hanya saja cara menyusui dan perlekatan yang benar perlu dipelajari. Ibu dapat melakukan pemberian ASI.html Sabtu.Tidak perlu baju khusus bila baju yang ibu kenakan sudah cukup hangat dan nyaman selama kontak bayi dengan kulit ibu. maka ibu sebaiknya menyapih bayi.Dapat pula memakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu. makan bahkan mengobrol. 2. Baju ditangkupkan kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di perut ibu agar bayi tidak terjatuh.Posisikan bayi dalam “frog position” yaitu fleksi pada siku dan tungkai. ibu dapat menggunakan handuk atau kain. dan sebagai penggantinya dapat melakukan kontak kulit lagi pada waktu bayi sehabis mandi.

Metode ini memang menggunakan prinsip seperti kangguru. cara lain untuk mengurangi angka kematian bayi adalah dengan memberikan informasi yang mendalam mengenai perawatan bayi yang benar serta memberikan pelayanan kesehatan yang baik mulai dari desa-desa. Salah satu cara untuk mencegah bayi meninggal akibat berat badan rendah adalah dengan menggunakan metode kangguru. Kematian bayi dalam hal ini yang berusia 0 sampai 1 tahun di Indonesia masih terbilang tinggi dibandingkan dengan negara-negara tetangga." ujar Dr Badriul hegar SpA(K) dalam acara talkshow "Di Balik Kematian Bayi dan Balita dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2009" di JCC. Pelaksanaan metode ini sebaiknya diikuti oleh pemberian ASI eksklusif sebagai asupan nutrisinya.000 gram. Jika ibu terpaksa harus melepaskan posisi ini. mengalami gangguan pernapasan sebesar 27 persen dan masalah nutrisi sebesar 10 persen. Selain dengan menggunakan metode kangguru. Karenanya peran ayah juga menjadi sangat penting untuk membantu keberhasilan metode ini.500 gram saat ini sedang dicoba. para ahli meneliti selama 10 tahun dan didapatkan hasilnya kematian bayi akibat berat badan rendah turun sekitar 30 sampai 50 persen dengan metode kangguru ini. Tapi dengan metode kangguru hal ini bisa dikurangi." ujar Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini.Jakarta. Berapa lama bayi tersebut berada dalam posisi kangguru kemungkinan selama 24 jam. Sebuah penelitian pernah dilakukan di Afrika Selatan. Jumat (4/12/2009). sedangkan untuk berat badan 1. Dan sekitar 50 persennya meninggal sebelum mencapai usia 1 bulan. Banyak faktor yang menyebabkan bayi tersebut meninggal. sebaiknya digantikan terlebih dahulu dengan orang lain misalnya sang ayah. Di Indonesia diperkirakan satu bayi lahir meninggal setiap enam menitnya. Metode ini bisa membantu bayi untuk tetap merasa nyaman dan hangat karena bayi dengan berat badan rendah sangat rentan terkena hipotermia. salah satunya akibat memiliki berat badan yang rendah. yakni dengan cara menggendong sang bayi menggunakan kain untuk tetap berada dalam dekapan sang ibu kemanapun ibu itu pergi. agar bayi tersebut tetap merasa hangat dan nyaman. Jakarta. "Tiga penyebab utama bayi meninggal adalah akibat berat badan rendah sebesar 29 persen. . "Metode ini sudah bisa dilakukan untuk bayi yang memiliki berat badan rendah saat lahir yaitu 2.

Diharapkan dengan begitu Indonesia bisa berhasil mencapai program MDGs yaitu mengurangi angka kematian bayi dan balita. http://miracle4all.com/2009/12/metode-kangguru-mengurangi-angka.html .blogspot. Serta bayi tersebut bisa menikmati haknya untuk tetap hidup dan berkembang.