TUGAS 1 AKUNTANSI KEUANGAN

SEMESTER 3
NAMA : HAJRAWATI KELAS :AK-B NIM : 4511013104

dan menyediakan pasar sekuritas serta pasar kredit yang efisien dan likuid untuk membeli serta menjual sekuritas dan memperoleh serta menjamin pinjaman. Penggunaan sumber daya secara efisien juga menentukan apakah sebuah bisnis akan sukses dan tumbuh. Fakta ini menempatkan beban berat pada profesi akuntansi. Akuntansi dasar akrual (accrual basis accounting)adalah untuk menjamin agar perusahaan mencatat kejadian yang mengubah laporan keuangan sebuah entitas pada periode terjadi. informasi yang didasarkan atas akuntansi akrual umumnya menyediakan indikasi yang lebih baik tentang kemampuan saat ini dan masa depan perusahaan untuk menghasilkan arus kas yang menguntungkan dibanding informasi yang semata-mata didasarkan atas pengaruh keuangan dari peneriamaan dan pengeluaran kas.AKUNTANSI KEUANGAN DAN STANDAR AKUNTANSI Akuntansi dan Alokasi Modal Karena sumber daya yang terbatas. Tujuan Pelaporan Keuangan Tujuan pelaporan keuangan adalah untuk menyediakan (1) informasi yang berguna bagi kebutusan invenstasi dan kredit. sebagai akibatnya. Tantangan yang dihadapi Akuntansi Keuangan Salah satu penyebab keberhasilan ini adalah karena laporan keuangan dan pengunkapan yang berhubungan mampu melaporkan serta mengiorganisir informasi keuangan dalam bentuk yang bermanfaat dan handal. profesi akuntansi berupaya mengembangkan seperangkat standar yang diterima umum dan dipraktekkan secara universal. Tanpa standarstandar semacam ini. . Proses alokasi modal yang efektif sangat penting bagi kesehatan sebuah perekonomian. klaim terhadap sumber daya tersebut dan perubahannya. dan pemakai laporan keuangan harus dapat memahami praktek-praktek akuntansi serta pelaporan unit dari setiap perusahaan. maka manusia siap mengawetkan dan menggunakan secara efektif. Kebutuhan untuk Membuat Standar untuk memenuhi kebutuhan ini.(2) informasi yang berguna dalam menilai arus kas masa depan. bukan pada periode ketika etitas mengeluarkan atau menerima kas . dan untuk memenuhi tanggun jawab pelaporan pidusiarin. disajikan laporan keuangan bertujaun-umum (general-purpose financial statement). setiap perusahaan akan membuat standar-standar mereka sendiri. merangsang produktivitas. dan (3) informasi mengenai sumber daya perusahaan. mendorong inovasi.

” Pengawasan SEC SEC memiliki mandar untuk menetapkan prinsip-prinsip akuntansi. SEC juga telah mengindikasi dalam laporannya kepada kongres bahwa “SEC percaya bahwa inisiatip penetapan dan perbaikan standar akuntansi harus tetap berada pada sektor swasta. Artinya. dan (2) FASB harus beroperasi secara trasparang didepan publik melalui sistem “proses yang memuaskan (due procces) “dalam rangka menyediakan peluang yang memadai bagi semua pihak yang berkepentingan untuk mengucapkan kepentingan mereka. sektor swasta harus mendengar secara seksama pandanganpandangan SEC. yang berada dibawah pengawasan SEC. . FINANCIAL ACCOUNTING STANDAR BOARD (FASB) Proses yang Memuaskan Dalam menetapkan standar akuntansi keuangan : (1) FASB harus responsip terhadap dan sudut pandang dari seluruh komunitas ekonomi. Pemerintah federal membentuk securities and exchange commission (SEC) untuk membantu mengembangkan dan menstandardisasi informasi keuangan yang disajikan kepada pemegan saham. dan lembaga keuangan serta pasar saham pada khususnya. Sebagian besar perusahaan yang menerbitkan sekuritas kepada publik atau diperdagankan pada bursan saham wajib menyampaikan laporan keuangan yang telah diaudit kepada SEC. ketika sektor swasta gagal menyelesaikan masalah akuntansi secepat yang diinginkan SEC. Namun. Karena itu.PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PENETAPAN STANDAR Securities and exchange commission (SEC) Pelaporan keuangan eksternal dan auditing dikembangakn sejalan dengan pertumbuhan ekonomi industri dan pasar modal. dan menyangkut akuntansi untuk transaksi. persekutuan antara SEC dengan sektor swasta akan menegang. Hal ini tejadi dalam perdebatan terkini tentang akuntansi untuk penggabungan usaha serta aktiva tidak berwujud. Persekutuan Publik/swasta SEC mewajibkan perusahaan yang menyampaikan laporan registrasi untuk mematuhi GAAP. ketika pasdar saham runtuh pada tahun 1929 dan perkonomian nasional mengalami Depresi Besar (Great Depression). SEC merupakan sebuah badan federal. bukan hanya propesi akuntan publik. Selain itu. muncul tuntutan untuk meningkatkan peraturan pemerintahan tentang bisnis pada umumnya. “namun. sektor swasta merupakan pembuat dan pihak yang menerapkan standar.

Perubahan peran AICPA AICPA telah memempin pengembangan prisip-prinsip dan peraturan akuntansi . ISU-ISU DALAM PELAPORAN KEUANGAN Penetapan Standar dalam Lingkungan Politik Barangkali. Standar ini mengelompokkan sumber utama dari GAAP sebagai berikut: Standar. Dia kemudian . Interpretasi (interpretations) memiliki otoritas yang setara dengan standar memerlukan suara yang sama dengan suara yang dibutuhkan untuk menerbitkan sebuah standar. kekuatan yang paling besar mempengaruhi pengembangan standar akuntasi adalah kelompok pemakai yang terdiri dari pihak-pihak yang sangat berkepentingan atau dipengaruhi oleh standar. PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI YANG DITERIMA UMUM Prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum (GAAP) memiliki “dukungan otoritatif yang substansial. Standar akuntansi yang diterbitkan oleh FASB dipandang sebagai prinsip-prinsip yang diterima umum. iterpretasi. peraturan dan produser akuntansi.Jenis-jenis Ketetapan Standar. AICPA juga meregulasi profesi akuntansi. selain itu. dan posisi staf standar. Goverment accounting standars board (GASB) Laporan keuangan yang dibuat oleh pemerintah lokal dan negara bagian tidak dapat diperbandingkan dengan laporan keaungan yang dibuat oleh organisasi bisnis swasta. Standar Akuntansi Internasional Mantan sekretaris Treasury Lawrence Summer mengindikasikan bahwa satusatunya inopasi yang paling penting yang membentuk pasar modal adalah gagasan mengenai prinsip-prinsip akutansi yang diterimah umum. FASB juga mengeluarkan interpretasi yang merupakan modifikasi atau perluasan dari standar yang ada. APB opinions. Pendirian govermental accounting standars board (GASB) di warnai konropeksi.” Secara umum. anggotanya membuat laporan Rule 203 dari kode ini melarang seorang anggota mengekspresikan pendapatb bahwa laporan keuangan telah sesauai dengan GAAP jika laporan tersebut menyimpang secara material dari prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum. Lebih dari organisasi profesi manapu. dan accounting research bulletins AICPA. Interpretasi. serta membentuk dan menerapkan praktek-praktek akuntansi. Kedua jenis interpretasi tersebut kini dipandang sebagai pendukung otoritatif bagi tujuan penetapan GAAP. Banyak pihak percaya bahwa hanya boleh ada satu badan pembuatan standar-FASB. dan posisi staf FASB.

dan tekanan rekan kerja.mengatakan bahwa kita memerlukan prinsip akuntasi yang sama secara internasional. tekanan pribadi. Sensivitas etika dan proses pemilihan alternatif ini bisa di perumit oleh tekanantekanan yang mungkin berbentuk tekanan waktu. Etika dalam Lingkungan Akuntansi Keuangan Konsentrasi perusahaan yang ditunjukkan pada.” dan “kinerja jangka pendek” telah menempatkan akuntan dalam lingkungan yang berisi konflik dan tekanan. .” “menghadapi tantangan persaingan. tekanan klien. “ memaksimumkan bottom line. tekanan kerja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful