TUGAS DEFINISI ADMINISTRASI KESEHATAN MASYARAKAT MENURUT PARA AHLI

OLEH:

ANDI BALLADHO ASPAT COLLE J1A112162 KELAS C

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI 2012

Administrasi kesehatan masyarakat adalah rangkaian semua organorgan Negara rendah dan tinggi yang bertugas menjalankan pemerintahan pelaksanaan dan kepolisian. Administrasi kesehatan masyarakat adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Administrasi kesehatan masyarakat adalah tata usaha yang mencakup setiap pengaturan yang rapi dan sistematis serta penentuan fakta-fakta tertulis dengan memperoleh pandangan yang menyeluruh serta hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta lain. Dr. Maidin Alimin (2004). Menurut Munawardi Reksohadiprowiro. asosiasi hanya pada kegiatan tata usaha saja. Administrasi kesehatan masyarakat adalah suatu proses pengaturan kegiatan dan atau pelayanan kesehatan di dalam masyarakat. yaitu mencatat dan atau melaporkan jumlah kasus. . Menurut Azrul Azwar. jumlah pengeluaran obat atau pekerjaan rutin diloket karcis sebuah balai pengobatan. 2. 7. Administrasi kesehatan masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat terus menerus dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Menurut Wijana. Dalam bukunya ”Pengantar Ilmu Administrasi Kesehatan” tahun 1979. Menurut Prof. Siangan. Menurut Koentjaraningrat. Definisi Administrasi Kebijakan Kesehatan Menurut Para Ahli Di Indonesia 1. 6. mengatakan banyak orang yang jika membicarakan tentang administrasi kesehatan.I. Administrasi kebijakan kesehatan masyarakat adalah administrasi yang diterapkan pada upaya kesehatan guna memperoleh suatu keadaan yang sehat. 5. 3. 4. Menurut Sondang P. Soekidjo Notoatmodjo.

Administrasi kesehatan adalah suatu upaya yang menerapkan unsurunsur administrasi secara efisien dan efektif terhadap sumber daya yang tersedia untuk menghasilkanuaya program yankes guna menanggulangi masalah kesehatan yang ada. . Menurut SP. namun yang jelas memang tidak dapat dipisahkan. pekerjaan Perkantoran . Perlu dibedakan pengertian Administrasi dalam arti sempit (Tata usaha.office work) dan Administrasi dalam arti luas (manajemen keseluruhan: Asas manajemen. 9. Siagian (1973). proses manajemen.8. 10. pelaksanaan dan pengendalian serta pengawasan dan tanggung jawab penyelenggara pembangunan kesehatan sehingga administrasi kesehatan masyarakat tidak hanya melayani pengobat kesehatan masyarakat tapi masih banyak hal yang harus dilakukan. Menurut Yayan Suarli (2009). Menyatakan bahwa administrasi kesehatan masyarakat adalah kegiatan perencanaan. fungsi manajemen dan kelembagaan. Menurut Dharminto. Manajemen dan administrasi sering dipersamakan .

Menurut Stephen J. Menurut Leonard D. Koordinasi dan mengadakan Pengawasan). “administrasi kesehatan masyarakat adalah pembimbingan. commanding. 2. “administrasi kesehatan masyarakat adalah kumpulan fungsi-fungsi organisasi yang memiliki tujuan utama untuk menjamin efisiensi dan efektivitas serta menentukan perubahan esensial fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dimasa depan”. Menurut Willaw H.Terry. Knezeich Public healt administration is a collection of functions that the organization has the main objective to ensure efficiency and effectiveness and to determine changes assential facilities to meet the future needs of the community.II. 4. Public health administration is coaching. . coordinating and controling (Perencanaan. 5. Memberi Komando. organizing. Newman (1963). Menurut Henri Fayol Administrasi dapat dirumuskan sebagai berikut: planning. Menurut Robert D. “administrasi kesehatan masyarakat adalah suatu proses yang umum dalam semua usaha-usaha suatu kelompok baik dalam usaha umum atau pribadi”. Public health administration is a common process in all business ventures of a group either public or private enterprises. The accomplishing of a predetermined objectives through the effort other people atau manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan dengan menggunakan orang lain. leadership and supervisory effets of a group of people towards the achievement of common goals.White (1958). kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok individu kearah pencapaian tujuan bersama”. 3. Definisi Administrasi Kebijakan Kesehatan Menurut Para Ahli Luar Negeri 1. Pengorganisasian.

dari pengawasan tingkah laku serta kebebasan manusia”. 10. Public health administration is as decision-making to the implementation of those decisions to achieve the goals set. Menurut Dwight Waldo dalam bukunya ”The Study of Public Administrasi” (1995) Public health administration is rationalo cooperation activities are reflected in the grouping of activities under the function performed. “mendefinisikan administrasi kesehatan masyarakat sebagai suatu kelompok individuindividu yang terorganisasi serta berfikir tentang diri mereka sendiri sebagai suatu kelompok yang berbeda”. Menurut Mac Iver dan Page Public health administration is a system of custums and manner of authority and cooperation from beetwen the various behavior groups and and classifications monitoring human habits. 9. Stoner Administration is science and art are learning teamwork in an organization to achieve a common goal. dari wewenang dan kerja sama antara berbagai kelompok dan penggolongan. Menurut Robert D. “Disebutkan bahwa administrasi kesehatan masyarakat ialah kegiatan kerja sama secara rasional yang tercermin pada pengelompokkan kegiatan menurut fungsi yang dilakukan”. Menurut Smith.Calkins dalam bukunya “The Are Of Administration and the art of science “ (1959). . “Administrasi adalah suatu ilmu dan seni yang mempelajari kerja sama kelompok dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu”. Stanley dan Shores. Menurut Mary Parker Follet & James F. 8. 7. “menyebutkan administrasi kesehatan masyarakat sebagai pengambilan keputusan dengan pelaksanaan dari keputusan tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”. Public health administration is as a the group of individuals who are organized and think of themselves as a distinct group. “Mengatakan bahwa administrasi kesehatan masyarakat adalah suatu sistem dari kebiasaan dan tata cara.6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful