Aplikasi Laser Aplikasi Laser di Bidang Medis di Bidang Medis

Definisi Laser

Laser adalah alat yang dapat memancarkan cahaya pada daerah infrared,visible atau ultraviolet. Cahaya yang dipancarkan oleh laser dihasilkan oleh stimulasi emisi radiasi dari medium yang ada di laser, emisi radiasi tersebut dikuatkan sehingga menghasilkan cahaya yang mempunyai sifat monokromatis,koheren, tearah dan cerah

LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation)

Laser merupakan suatu gelombang elektromagnetik yang dapat berinteraksi dengan biological tissue dengan efek samping bergantung dari daya dan paparan yang diterima oleh jaringan biologi tersebut.

Beberapa laser menghasilkan berkas yang sangat kuat sehingga dapat membakar lubang kecil di dalam selembar besi dalam waktu kurang dari satu detik. Laser dapat mengubah atau membangkitkan berkas cahaya yang lemah dan membuatnya menjadi berkas yang kuat. .

dan meneruskan sebagian cahaya Sumber energi baik mekanis.Komponen_komponen Laser    Media Laser.mempunyai dua cermin yaitu cermin yang memantulkan seluruh cahaya. dapat berupa benda padat. Media ini menentukan panjang gelombang dan klasifikasi laser. Rongga optik atau pipa laser. kemis maupun optik yang digunakan untuk memompa atom pda media laser ke tingkat yang lebih tinggi .cair dan gas.

Diagram Komponen Laser .

Jenis jenis Laser Laser Gas Dye laser Laser Excimer Solid-state laser Semiconductor material la .

Laser neodymium-yag memancarkan cahaya inframerah pada 1.064 nanometer (nm). .Solid-state laser material Solid-state laser material telah dikuatkan terdistribusi dalam matriks padat (seperti ruby atau neodymium: yttrium-aluminium garnet laser yag).

.

• • • • Sebuah laser solid-state adalah laser yang menggunakan medium gain yang merupakan padat. dan telah menjadi jauh lebih umum karena biaya laser semikonduktor rendah dan memiliki daya yang tinggi. baik menggunakan flashlamp atau lampu busur . atau dioda laser. Solid state media penguat biasanya dipompa oleh optik. Umumnya. Diode solid-state laser cenderung jauh lebih efisien. media aktif laser solid-state terdiri dari kaca atau kristal. .

hene. merupakan laser gas yang paling umum) memiliki output utama dari lampu inframerah. CO2 laser memancarkan energi jauh dr inframerah. dan digunakan untuk memotong material keras.LASER GAS Laser Gas (helium dan heliumneon. .

Laser He-Ne .

• • • Sebuah laser gas adalah laser di mana sebuah arus listrik dibuang melalui gas untuk menghasilkan cahaya koheren. Helium-neon laser atau HeNe laser dapat dibuat untuk berosilasi pada lebih dari 160 panjang gelombang yang berbeda dengan menyesuaikan Q rongga puncak pada panjang gelombang yang diinginkan. • • • . Laser gas pertama yaitu Helium-neon Laser (HeNe). Hal ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan respon spektral cermin atau dengan menggunakan elemen dispersif ( prisma Littrow ) dalam rongga. Unit beroperasi pada 633 nm sangat umum di sekolah dan laboratorium karena biaya rendah dan kualitas balok yang sempurna. Laser gas adalah laser tcahaya pertama dan laser pertama yang beroperasi pada prinsip konversi energi listrik ke output sinar laser.

seperti klorin dan fluorin. Ketika elektrik dirangsang. kripton atau xenon.Laser Excimer Laser Excimer (nama ini berasal dari istilah excited dan dimers) menggunakan gas reaktif. dicampur dengan gas inert seperti argon. . molekul pseudo (dimer) laser menghasilkan cahaya dalam kisaran ultraviolet.

• • • • Sebuah laser excimer biasanya menggunakan kombinasi gas mulia ( argon . atau xenon ) dan gas reaktif ( fluor atau klor ). mereka dapat membentuk molekul sementara terikat dengan diri mereka sendiri (dimer) atau dengan halogen (kompleks ) seperti fluor dan klor. Di bawah kondisi yang sesuai stimulasi listrik dan tekanan tinggi. pseudo. Ketika dalam keadaan tereksitasi (disebabkan oleh debit listrik atau energi tinggi sinar elektron. yang hanya dapat eksis dalam keadaan energi dan dapat menimbulkan Laser cahaya di jangkauan ultraviolet . kripton .molekul yang disebut excimer (atau dalam kasus halida gas mulia. Laser excimer cocok untuk bahan presisi micromachining organik (termasuk polimer tertentu dan plastik). . yang menghasilkan pulsa energi tinggi). atau operasi halus seperti operasi mata lasik . exciplex ) diciptakan.

LASER EXCIMER .

DYE LASER Dye laser menggunakan pewarna organik kompleks. . seperti rhodamine 6g. dalam larutan cair atau suspensi sebagai media penguat.

DYE LASER .

.

• • Sebuah laser dye adalah laser yang menggunakan pewarna organik sebagai media penguat . sedangkan bandwidth yang sempit diperoleh membantu mengurangi kemungkinan kerusakan pada jaringan sekitarnya. Mereka digunakan untuk mengobati port-noda anggur dan gangguan pembuluh darah. biasanya sebagai cairan. laser ini diterapkan di beberapa daerah termasuk dermatologi di mana mereka digunakan untuk membuat warna kulit lebih merata. dan batu ginjal. serta sejumlah aplikasi lain. pewarna dapat diganti dengan jenis lain untuk menghasilkan panjang gelombang yang berbeda dengan laser yang sama. Berbagai panjang gelombang yang memungkinkan sangat cocok dengan garis penyerapan jaringan tertentu. Dibandingkan dengan gas dan solid state media penguat. Dalam kedokteran. Selain itu. meskipun hal ini biasanya membutuhkan mengganti komponen optik lainnya. seperti melanin atau hemoglobin . bekas luka . pewarna biasanya dapat digunakan untuk berbagai panjang gelombang yang lebih luas dan bandwidth yang sempit. . Mereka dapat disesuaikan dengan berbagai tinta untuk penghapusan tato.

Perangkat elektronik yg menggunakan ini umumnya sangat kecil dan menggunakan daya yang rendah. laser yg tidak solid-state. Mereka dapat dibangun menjadi array yang lebih besar. seperti sumber penulisan dalam beberapa printer laser atau CD player.Semiconductor laser Kadang-kadang disebut dioda laser. .

Dioda Laser .

Laser ini sangan cocok untuk prosedur minor jaringan lunak. dan struktur hanya mendukung mode optik tunggal dalam arah tegak lurus terhadap lapisan. dalam arah vertikal. Panjang gelombang 800 nm . Umumnya. kedokteran gigi terutama telah menemukan kegunaan baru untuk laser dioda. . Dalam bidang kedokteran. maka waveguide dapat mendukung beberapa mode optik melintang . di mana baik hemostasis diperlukan. dan laser dikenal sebagai "multimode". jika waveguide lebih lebar dibandingkan dengan panjang gelombang cahaya.980 nm memiliki tingkat penyerapan yang tinggi untuk hemoglobin dan dengan demikian membuat mereka ideal untuk aplikasi jaringan lunak. cahaya yang terkandung dalam lapisan yang sangat tipis. Pada arah melintang.• • • • Beberapa sifat penting dari dioda laser ditentukan oleh geometri rongga optik.

Jenis laser untuk kecantikan    Fractional CO2 Nd YAG Q Switched Nd YAG .

diatas bibir (kumis). di lengan dan tungkai. area bikini. .Nd YAG  Teknik laser ini sangat baik digunakan untuk menghilangkan bulu-bulu atau rambut yang yang tumbuh pada areaarea tertentu seperti di ketiak.

Laser Nd YAG Click to edit Master subtitle style .

.

tanda lahir berupa bercak hitam keabuan/kecoklatan dan juga dapat menghilangkan tattoo pada tubuh.Q Switched Nd YAG  Laser pigmen (Q-switch Nd:YAG laser) digunakan untuk mengatasi kelainan pigmentasi pada kulit karena photoaging seperti. .

Q switched Nd YAG .

. mencerahkan kulit serta mengatasi masalah kulit seperti keriput.Fractional CO2    Merupakan laser yang menggunakan teknologi fractional carbon dioxide (SmartXide DOT) untuk mengatasi masalah jaringan parut (skar) dan kerut-kerut karena penuaan kulit. jerawat. pigmentasi. Sinar laser yang dihasilkan oleh alat ini secara akurat melakukan pengangkatan kulit lapis perlapis dan mampu merangsang pembentukan kolagen baru dengan cara memberi panas hanya pada kedalaman dan area kulit yang tertimpa sinar laser (teknologi SmartXide DOT). Biasa digunakan untuk peremajaan kulit. kutil dan bekas luka. tumor jinak.

Laser CO2 .

Click to edit Master subtitle style .

Aplikasi Laser CO2 burning

Gambar di atas adalah efek relatif dari laser CO2 dan Nd:YAG pada suatu jaringan. Perhatikan bahwa potongan yang dihasilkan oleh laser CO2 lebih besar dan dalam dibandingkan oleh laser Nd:YAG. Namun necrosis yang dihasilkan oleh laser CO2 lebih besar dibandingkan oleh laser Nd:YAG. Necrosis yang

besar dapat berarti pengendalian

Contoh kasus operasi menggunakan Laser CO2
 

Pemotongan cakar pada Kucing Beberapa pemilik Kucing yang selalu di rumah biasanya menyukai jika Kucing peliharaannya tidak memiliki cakar sehingga tidak merusak sofa, tempat tidur, atau perabot lainnya. Gambar berikut ini menunjukkan proses pemotongan cakar

 

Tumor mulut Pada Anjing maupun Kucing, tumor dapat terjadi. Gambar di bawah ini adalah gambar Anjing yang memiliki tumor pada rahangnya, yang disebut

mandible.

 

Bisul bernanah pada Iguana Laser dapat digunakan pada berbagai spesies, di bawah ini adalah contoh kasus pengirisan sisik Iguana karena memiliki bisul bernanah.

Pemotongan Cakar Pada Kucing .

Tumor Mulut Pada Kucing .

Bisul Bernanah Pada Iguana .

Laser Brain Tumor Washington University neurosurgeons used an MRI-guided laser probe to treat hard-to-reach brain tumors .

   Laser beam bisa mematikan tumor pada otak. Menggunakan probe yang diletakkan pada posisi sembilan puluh derajat. Menggunakan mesin MRI untuk mengawal pensil dengan diameter tertentu pada small burr hole. . Dan akan mematikan sel tumor pada suhu 140 derajat farenheit.

Berbagai pilihan probe laser BTL (hingga 400mW) untuk lapisan jaringan permukaan dan dalam. Ensiklopedi online dengan protokol yang sudah ditetapkan sebelumnya berdasarkan riset medis bertahuntahun. 3.Keunggulan Laser 1. . 2. Hemat waktu: area perawatan lebih luas menggunakan kluster laser BTL berdaya tinggi (hingga 1800mW).

Manfaat Laser di Bidang Medis Kesehatan Mata Kecantikan Mengatasi Nyeri Penyembuhan Kesehatan Luka Gigi .

Laser untuk Kecantikan .

“Cantik itu relatif Jelek itu mutlak” .

 Cara Kerja  Sinar laser yang ditembakkan pada kulit atau area yang bermasalah akan diserap oleh sel kulit tertentu dan kemudian diubah menjadi panas pada area tersebut.  Fungsi  Menstimulasi pembentukan sel kolagen baru yang menjaga kekenyalan kulit .

.

Kulit tampak lebih cerah tanpa noda hitam . tato dan keloid pigmented.Laser Pigmen • • • Laser treatment ini digunakan untuk terapi kelainan pigmentasi. efektif mengatasi noda hitam atau flek baik yang kecil maupun yang besar seperti tanda lahir. Sangat cepat dan efektif hasilnya langsung terlihat. tanda lahir. . Laser ini bekerja tanpa rasa sakit. mengontrol produksi pigmen dalam kulit.

Proses penggunaan Laser Pigmen untuk menghilangkan tato pada kulit .

Kulit lebih sehat dan segar bercahaya. Perawatan ini bekerja mengangkat sel kulit mati pada epidermis dan merangsang pembentukan kolagen di lapisan dermis. . Efektif mengecilkan pori-pori dan membuat tekstur kulit lebih halus.Laser Peel • • • Proses peeling dengan menggunakan laser ini efektif mengatasi pori-pori besar dan kulit yang sangat berminyak. Memberikan hasil yang nyata tanpa efek samping.

Click icon to add picture Proses penggunaan Laser Peel untuk kecantikan pada wajah  Foto salah satu korban yang sukses dengan Laser Peel .

Perawatan ini efektif untuk menjaga keremajaan kulit. Setelah perawatan. . menghilangkan kerutan tanpa operasi dan tanpa efek samping sehingga tidak mengganggu aktivitas.Laser Collagen Remodelling  Laser treatment dengan specific light sources ini berfungsi memperbaiki kondisi kulit. kulit langsung terlihat cerah.

Proses penggunaan laser Colagen Remodelling .

kini Anda bisa mengatasi berbagai masalah kerutan pada wajah.Laser Resurfacing / Erbium – Yag Laser ini bekerja memanaskan lapisan dermis. Dengan teknologi yang semakin berkembang. Sehingga kulit baru terbentuk lebih halus dan lebih kencang. dan menstimulasi produksi serat kolagen baru. khususnya pada kulit sekitar mata dan .

Salah satu korban yang sukses dengan Laser Resurfacing.  Click to edit the outline text format  Second Outline Level  Third Outline Level  Fourth Outline Level  Fifth Outline Level .

mampu bekerja efektif tanpa merusak lapisan kulit di sekelilingnya.Laser Vascular    Laser treatment ini digunakan untuk terapi kelainan vascular atau pembuluh darah. Laser treatmen ini efektif mengatasi . Bekerja merangasang pembentukan kolagen di lapisan dermis kulit. Dengan menggunakan sinar intense yang lembut.

Laser Vascular Salah contoh korban yang sukses menghilangkan varises dengan Laser Vascular .

Laser untuk Mengatasi Nyeri .

 Mekanisme Terapi Laser   Terapi laser menciptakan reaksi biokimia dalam jaringan tubuh untuk perbaikan sel. Energi sinar laser akan menstimulasi sel yang rusak untuk menghasilkan suatu zat yang disebut adenosine triphospate (ATP).meningkatkan sirkulasi darah. yang akan dipergunakan sel tersebut untuk mempertahankan fungsi normal dan meningkatkan perbaikan . dan mengurangi reaksi peradangan dan pembengkakan.

BUKAN TONG FANG .

 Proses Terapi Nyeri   Waktu yang dibutuhkan untuk terapi laser bergantung dari luas area tubuh yang diterapi. Namun pada umumnya berlangsung sekitar 10 sampai dengan 20 menit. pasien akan merasakan sensasi rasa hangat pada daerah yang diterapi. keluhan nyeri akan berkurang atau menghilang. . Setelah terapi selesai. Selama proses terapi laser.

Obati Sakit Leher dan Atasi Nyeri Leher. .

Nyeri karena peradangan sendi pada bahu. Nyeri pada tumit dan telapak kaki. Nyeri karena jepitan saraf di pergelangan tangan (Carpal tunnel Syndrome). panggul. Dapat dipakai untuk        Sakit kepala Nyeri di leher dan punggung. Nyeri otot karena terkilir. atau aktivitas otot yang berlebihan. pergelangan tangan dan kaki. rahang. cidera. lutut. Peradangan tendon (tendinitis). .

LASER pereda nyeri Click to edit Master subtitle style .

Kelebihan ● Alami ● Sangat efektiv ● tidak ada efek samping berarti .

Specifications       Laser medium: GaAIAS-Semiconductor Daya : 500mW Panjang gelombang utama : 810nm Panjang gelombang probe : 650nm Temperatur : 5℃~ 40℃ Kelembapan primer: ≤ 80% .

Therapeutic effects     Meningkatkan produksi ATP Meningkatkan metabolisme sel Memperlancar predaran darah Menghilangkan pembengkakan .

.

.

.

.

.

Laser untuk Penyembuhan Luka .

  Penyinaran dilakukan tanpa menyentuh kulit. proses penyembuhan luka pada . Dari hasil terapi yang dilakukan menggunakan laser GaAlAs dengan daya sebesar 5 mWatt. Penggunaan laser GaAlAs didasarkan pada daya keluaran yang dihasilkan relatif kecil berkisar antara 3-5 mWatt.

.

Laser untuk Kesehatan Mata .

Menurut catatan dari Gading Laser Sight Centre. hipermetropia. mencakup hingga bagian depan mata dengan menggunakan excimer laser . dan astigmatis Menurut Rico Hallen Lasik (Laser Assisted Insitu Keratosmileusis) adalah prosedur yang mengubah bentuk kornea secara permanen. Jakarta Lasik (Laser Assisted Insitu Keratosmileusis) adalah salah satu teknik tindakan bedah refraksi yang menggunakan laser sebagai alat bantu koreksi kelainan refraksi (pembiasan) pada miopia.

Tahapan Tindakan LASIK  Step 1 Suatu cincin pengisapan memusat di atas kornea mata dari mata .

Step 2: . .Proses ini menghasikan suatu penutup parsial di dalam kornea mata dengan ketebalan yang sama.Penutup diciptakan dengan meninggalkan sebagian dari kornea mata belum dipangkas untuk menyediakan suatu engsel. .

Step 3: Penutup cornea dibalik/dibuka sehingga bagian kornea mata dapat terlihat dengan jelas .

Step 4: Excimer laser kemudian digunakan untuk memindahkan jaringan dan membentuk kembali pusat dari kornea mata. .

Step 5: Pada langkah terakhir. penutup dapat dikembalikan ke dalam posisi aslinya .

Sehingga energi yang di emisikan sebesar: E = hf = hc/λ .Cara Kerja Sinar Laser Dalam Lasik  Lasik meggunakan Laser dalam alat yang disebut ultraviolet excimer laser alat ini menggunakan panjang gelombang (λ) 193 nm dalam pembedahan lasik.

Cara Kerja Sinar Laser Dalam Lasik .

hipermetropi atau astigmatis.Cara Kerja Sinar Laser Dalam Lasik Konfigurasi untuk mesin laser pada alat excimer laser    Kerapatan energi dapat diatur pada workpiece Dengan frekuensi dan energi tertentu. . Laser digunakan untuk memindahkan sejumlah jaringan pada kornea mata Banyaknya jaringan yang dipindahkan tergantung dari tingkat kerusakan sistem refraksi mata pada miopi.

UV Excimer laser Testimonial equipment:  Panjang gelombanng 193nm  Pulsa/frekuensi 10 / 250 Hz .

dan hipermetropi) Operasi singkat Tanpa rasa sakit Tidak memerlukan rawat inap Tidak perlu disuntik. astigmatisma. tapi cukup menggunakan anastesi melalui tetes mata Penyembuhan berjalan relatif cepat dan penglihatan pun cepat membaik Memiliki tingkat keberhasilan hingga 90% (Prof Ion Constable dari Lions Eye Institute Australia) Sangat sedikit orang yang mengeluh kembali setelah melakukan operasi ini .Keuntungan Lasik         Dapat menghilangkan ketergantungan pada pemakaian kacamata atau lensa kontak bagi penderita kelainan refraksi (miopi.

sekitar 15-20 juta untuk satu kali operasi Pasien tetap sadar selama operasi berlangsung Dapat terjadi kemungkinan kelebihan atau kekurangan refraksi Setelah operasi mata mungkin saja terasa berpasir dan sensitif terhadap cahaya Dua minggu setelah operasi tidak diizinkan untuk berenagna atau melakukan aktifitas ekstrim yang bisa membuat mata iritasis Bila operasi tidak berjaln sempurna pasien bisa saja kehilangan penglihatannya .Kekurangan Lasik       Biaya operasi mahal.