P. 1
Pengobatan Ala Islam (Makalah) Bekam!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Pengobatan Ala Islam (Makalah) Bekam!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

|Views: 478|Likes:
Published by Faisal Affandi

More info:

Published by: Faisal Affandi on May 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2015

pdf

text

original

1

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG Seperti yang kita ketahui di era globalisasi ini dunia kesehatan emakin maju dan berkembang. Teknik dan cara pengobatan modern semakin banyak ditemukan, dan terkadang teknik dan cara pengobatan tersebut cenderung membahayakan bagi tubuh manusia. Namun manusia saat ini tidak terlalu mempedulikan efek yang ditimbulkan itu, mereka lebih cenderung dibutakan oleh kemutakhiran dan kecanggihan dari teknikteknik pengobatan modern tersebut. Kebanyakan manusia sekarang mulai melupakan teknik-teknik pengobatan secara agama yang sudah ada sejak zaman dahulu, terutama umat muslim. Sejak zaman rasulullah pengobatan secara agama sudah dikenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan Rasullullah sendiri menerapkan pengobatan secara agama tersebut pada dirinya sendiri. Pengobatan secara agama sudah barang tentu aman diterapkan dalam proses penyembuhan suatu penyakit, karena pengobatan secara agama memiliki tingkat resiko yang lebih rendah dibandingkan pengobatan modern yang kini banyak ditemui. Dilihat sepintas tampaknya pengobatan secara agama tidak memberi manfaat apapun, bahkan pengobatan seperti ini lebih terkesan kuno, irrasional, dan mengada-ngada apabila dibandingkan dengan obat-obat medis modern yang memakai obat-obatan sintetik serta pembedahan yang memerlukan biaya yang mahal. Seperti yang kita ketahui kini segala sesuatu yang berbau “barat” yang didominasi oleh orang nasrani dan yahudi tampak indah menyenangkan, dan menyembuhkan, hal ini merupakan salah satu upaya mereka menjauhkan umat muslim dari AlQuran, yang diketahui apabila umat muslim berpegang teguh pada Al-

2

Quran umat muslim akan menguasai dunia dan Berjaya, seperti yang dialami umat islam pada abad 8 hingga 12 masehi. Oleh karena itu kami sebagai umat muslim yang kini sedang duduk di bangku perkuliahan di bidang kesehatan merasa tergerak hatinya untuk membahas dan memperkenalkan kembali pengobatan ala agama khususnya bekam yang sudah banyak dilupakan keberadaannya. B. TUJUAN 1. Tujuan umum Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai pengobatan ala agama. 2. Tujuan khusus a. Mampu mendeskripsikan pengertian dari pengobatan bekam. b. Mampu menjelaskan sejarah pengobatan bekam. c. Mampu menjelaskan tentang jenis-jenis bekam. d. Mampu menjelaskan waktu yang disunahkan untuk berbekam. e. Mampu menjelaskan prosedur pelaksanaan bekam. f. Mampu mendeskripsikan diagnose penyakit berdasarkan reaksi pigmen setelah dibekam. g. Mampu menjelaskan larangan-larangan saat berbekam. h. Mampu menyebutkan dasar melakukan bekam.

3 .

Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al Qur'an yaitu " Asysyifa " yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh. Al Qur'an juga mengisyaratkan tentang pengobatan juga menceritakan tentang keindahan alam semesta yang dapat kita jadikan sebagai sumber dari pembuat obat-obatan . korma. . telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa . serta tempuhlah jalan-jalan yang telah digariskan Tuhanmu dengan lancar. seperti zaitun." Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu. Terdapt penjelasan dalam Al-Quran " Dan kami menurunkan Al Qur'an sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang yang mu'min "( Al-Isra : 82 ).sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman " ( Yunus : 57 ). Di alamnya terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan " ( An-Nahl : 69 ).4 BAB II ISI A. Dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. sesungguhnya pada hal-hal yang demikian terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orangorang yang mau memikirkan ( An-Nahl : 11 ) Dan makanlah oleh kamu bermacam-macam sari buah-buahan. KONSEP PENGOBATAN ALA AGAMA ISLAM Banyak ayat Al Qur'an yang mengisyaratkan tentang pengobatan karena Al Qur'an itu sendiri diturunkan sebagai penawar dan Rahmat bagi orang -orang yang mukmin ." Hai manusia . anggur dan buah-buahan lain selengkapnya .

seketika itu Beliau sembuh. Metoda Pengobatan Nabi Muhammad SAW Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul yang diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umat-Nya tidak lepas tingkah lakunya dari Al Qur'an karena beliau dijadikan sebagai suri tauladan yang baik untuk semua manusia.5 1. Hal ini dilakukan untuk menyembuhkan penyakit serta dapat juga sebagai pencegahan terjangkitnya penyakit. Firman Allah :" Sesungguhnya pada diri Rasul itu ada terdapat suri tauladan yang baik untuk kamu . Ketika Rasullulloh sakit maka datang Malaikat Jibril mendekati tubuh beliau yang sangat indah kemudian Jibril membacakan salah satu doa sambil ditiupkan ketubuh Nabi.bagi orang-orang yang mengharapkan Rahmat dan hari kemudian dan yang banyak yang memuja Allah " ( Al Ahzab : 21) . a. Kata Imam Ali :" Sesungguhnya semua tingkah laku Nabi Muhammad SAW adalah Al Qur'an ". Ada tiga cara yang dilakukan Nabi dalam Ruqyah: . Ruqyah Ruqyah atau yang kita kenal dengan jampi-jampi merupakan salah satu cara pengobatan yang pernah diajarkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammmad SAW. Bekam Bekam atau Hijamah adalah salah satu metode pengobatan ala Islam yang dikenalkan oleh Nabi Muhammad saw. Hijamah dalam Bahasa Arab berarti melepaskan darah kotor yang ada di dalam tubuh. b.inilah doanya " BismIlahi arqiika minkulli syai-in yu'dziika minsyarri kulli nafsin au-ainiasadin Alloohu yasyfiika bismIlahi arqiika ".

Al Falaq dan Al Ikhlas kemudian ditiupkan pada dua telapak tangannya lalu diusapkan keseluruh badan.Inilah doanya.maka beliau membaca doa kemudian air liurnya ditempelkan pada tangan kanannya.6 1) Nafats Nafats yaitu membaca ayat Al Qur'an atau doa kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian diusapkan keseluruh badan pasien yang sakit. Dalam satu riwayat bahwasanya Nabi Muhammmad SAW apabila beliau sakit maka membaca "Al-muawwidzat" yaitu tiga surat Al Qur'an yang diawali dengan kata " A'udzu " Yaitu : surat An Nas."allahumma robbinnas adzhabilbas isyfi antasy-syafii laa syifa-a illa syifa-uka laa yugodiru saqoman ". 3) Meletakkan tangan pada salah satu anggota badan Nabi Muhammad SAW pernah memerintahkan Utsman bin Abil Ash yang sedang sakit dengan sabdanya: " Letakkanlah tanganmu pada anggota badan yang sakit kemudian bacalah "Basmalah 3x dan A'udzu bi-izzatillah waqudrotihi minsyarrima ajidu wa uhajiru 7x" c. Doa Mukjizat . lalu diusapkan pada luka orang itu. 2) Air liur yang ditempelkan pada tangan kanannya Di riwayatkan oleh Bukhari-Muslim : Bahwasanya Nabi Muhammad SAW apabila ada manusia tergores kemudian luka .

Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa Arab : Hijama yang berarti pelepasan darah kotor. (2) . Dengan melakukan penghisapan / vakum maka terbentuklah tekanan negatif di dalam cawan/kop sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) dan toksin. ada shahabat datang kepada Nabi SAW memberitahukan anaknya sedang sakit. Cantuk dan Kop istilah yang dikenal oleh orang Indonesia. kemudian Nabi menyuruh orang itu meminumkan anaknya madu asli sambil membaca doa. menghilangkan perlengketan/adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah “bersih” ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer. B. Selain itu ada berapa istilah yang dipakai dalam bentuk terapi yang satu ini. Di antaranya Hijamah isttilah dalam bahasa Arab. Dengan Memakai Madu Sebagaimana Ayat diatas bahwa madu Allah jadikan sebagai obat maka Rasululloh menggunakan madu untuk mengobati salah satu keluarga shahabat yang sedanga sakit . Gua-sha dalam bahasa Cina.Dalam satu riwayat. Bekam istilah Melayu. Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa bekam bekerja dengan cara merangsang atau mengaktifkan : (1) sistem kekebalan tubuh. d. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping.Antara lain :" Allahumma isyfi abdaka yan-ulaka aduwwan aw yamsyi laka ila sholaah " . BEKAM 1.7 Banyak do'a-do'a untuk kesembuhan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat-Nya. Pengertian bekam Bekam atau hijamah adalah teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. dan dalam bahasa Melayu dikenal dengan istilah Bekam. Cupping istilah dalam bahasa Inggris. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.

Ini menyebabkan terjadinya perbaikan mikrosirkulasi pembuluh darah. Yang terpenting adalah dilepaskannya corticotrophin releasing factor (CRF).8 Pengeluaran Enkefalin. reumatik arthritis. Berbekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam mengobati berbagai kelainan penyakit seperti hemophilia. . (4) Penyempitan dan pelebaran pembuluh darah serta (5) “the gates for pain” pada Sistim Syaraf Pusat (CNS) yang berfungsi mengartikan sensasi rasa nyeri. Dilatasi kapiler juga dapat terjadi di tempat yang jauh dari tempat pembekaman. Zat-zat ini menyebabkan terjadinya dilatasi kapiler dan arteriol. Sedangkan sebagian rangsang lainnya akan diteruskan melalui serabut aferen simpatik menuju ke motor neuron dan menimbulkan reflek intubasi nyeri. CRF selanjutnya akan menyebabkan terbentuknya ACTH. jaringan bawah kulit ( sub kutis). sciatica. slow reacting substance (SRS). hipertensi. Apabila dilakukan pembekaman pada titik bekam. serta traktus spinothalamicus kearah thalamus yang akan menghasilkan endorphin. back pain (sakit punggung). maka akan terjadi kerusakan mast cell dan lain-lain pada kulit. Akibat kerusakan ini akan dilepaskan beberapa mediator seperti serotonin. serta flare reaction pada daerah yang dibekam. fascia dan ototnya. gout. Corticosteroid ini mempunyai efek menyembuhkan peradangan serta menstabilkan permeabilitas sel. Akibatnya timbul efek relaksasi (pelemasan) otot-otot yang kaku serta akibat vasodilatasi umum akan menurunkan tekanan darah secara stabil. (3) Pelepasan neurotransmitter. Penelitian lain menunjukkan bekam pada titik tertentu dapat menstimulasi kuat syaraf permukaan kulit yang akan dilanjutkan pada cornu posterior medulla spinalis melalui syaraf A-delta dan C. bradikinin. corticotrophin dan corticosteroid. serta zat-zat lain yang belum diketahui. histamine. serta releasing factors lainnya oleh adenohipofise.

dengan . Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sejarah Bekam Hijamah atau bekam atau banyak istilah lain yang sudah dikenal sejak dulu yaitu Kerajaan Sumeria kemudian sampai berkembang ke Babylonia. anxietas (kecemasan) serta penyakit umum lainnya baik bersifat fisik maupun mental.9 migraine. Perjalanan yang jauh dan cukup melelahkan. membuat kondisi tubuh mereka tidak nyaman. Pada zaman China Kuno. Pada satu masa 40 juta lintah diimpor ke Negara Perancis untuk tujuan itu. Beliau menggunakan kaca berupa cawan atau mangkuk tinggi. Kini pengobatan ini dimodifikasi dengan sempurna dan mudah pemakaiannya sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif. Lintah-lintah itu dilaparkan tanpa diberi makan. dan dengan besi panas. dan Persia." (Hadist Bukhari) 2. orang-orang di Eropa menggunakan lintah sebagai alat untuk hijamah. pisau hijamah (bekam). sebagaimana dijelaskan dalam hadist Bukhari : Dari Ibnu Abbas r. mereka menyebutnya sebagai Perawatan Tanduk karena tanduk menggatikan kaca. Saba. ia tidak berupaya lagi untuk bergerak. Pada kurun abad ke-18 atau abad ke-13 H. di mana kehidupan mereka mempunyai aktivitas bergadang yang tidak saja antar suku tapi juga menjangkau ke berbagai bangsa. Jadi. Selain itu sumber lain mengatakan kalau Bekam mulai terkenal pada zaman Mesir Kuno. Rasulullah bersabda : "Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas. lalu dengan sendirinya akan jatuh dan mengakhiri “upacara” hijamahnya. vertigo. Setelah kenyang.a. Mesir. maka mereka berupaya untuk mengurangi rasa sakit di bagian anggota tubuhnya yang dirasa sakit. bila disangkutkan pada tubuh manusia dia akan terus menghiap darah tadi dengan efektif. Pada zaman Rasulullah SAW.

Pembedahan Melalui Vena Pembedahan vena adalah pengeluaran darah dari seluruh tubuh yang akan mengalir balik ke jantung. dan menjaga metabolisme tubuh.10 mengeluarkan cairan-cairan darah yang mempengaruhi keseimbangan atau metabolisme tubuhnya. Akan tetapi. Pada zaman dahulu. cara tersebut memberikan dampak yang positif terhadap anggota tubuh yang dirasakan tidak nyaman. Hippocrates (460-377 SM). Lintah akan berhenti menghisap darah apabila tubuhnya sudah tidak mampu menampunga darah lagi dan lintah tersebut akan mati dengan sendirinya. merawat. Tindakan ini merupakan metode pembersihan darah yang tidak saja memberikan kenyamanan. Lintah ditempelkan pada permukaan kulit untuk kemudian menghisap darah yang dianggap mengganggu peredaran darah dari seluruh tubuh. merupakan salah satu caara untuk penyembuhan penyakit dengan cara pelepasan / pengeluaran darah dari anggota tubuh. dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini sangat membantu kerja jantung dalam proses pembersihan darah. keseimbangan. karena memberi rangsangan kepada tubuh untuk memproduksi sel darah baru. c. Celsus (53 SM-7 M). terapi ini menggunakan lintah yang ditempelkan pada organ tubuh yang sakit atau titik-titik tertentu yang terjadi pembekuan darah. Ada empat cara pengeluaran darah yang dilakukan. Penyedotan dengan lintah Meskipun cara ini mendekati dengan pembedahan permukaan kulit. Alhasil. Aulus Cornelius Galen(200-300 M) adalah manusia yang memopulerkan cara pelepasan . metode-metode seperti itu banyak dilakukan karena merupakan cara pelepasan darah yang sangat penting dalam menjaga. Pembedahan Melalui Arteri Pembedahan arteri adalah pengeluaran darah bersih yang diproduksi jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh. b. a. Pembedahan ini sangat baik membantu metabolisme tubuh.

penyedap. Pembedahan Permukaan Kulit Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia dan paling banyak berkumpulnya toksid / racun. tidak jarang pasien pingsan. 3.11 darah di zamannya. Auricular (telinga). Jenis – Jenis Bekam a) Bekam Kering (Dry Cupping) Bekam kering atau bekam angin (Hijamah Jaaffah). Dalam melakukan pengobatan tersebut. Byzantium. Yang semuanya sangat membahayakan tubuh manusia. atau bagian tubuh yang dirasakan sakit. dan higienis serta mengikuti kaidah-kaidah yang telah diilmiahkan. jumlah darah yang keluar cukup banyak. yaitu menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Sehingga memudahkan setiap orang untuk melakukan terapi ini. juga penyakit- . Sehingga. Pembedahan selalu dilakukan pada lengan. efektif. Greek. serta pencemaran udara. Itali. Bekam kering ini berkhasiat untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik. badan. Endapan-endapan racun yang berasal dari makananyang mengandung zat pewarna. yang dikenal dengan Al Hijamah atau bekam. pengawet. Perkembangan sains dan teknologi menjadikan cara pengobatan ini lebih praktis. d. di atas Occipital (bagian belakang kepala). dan para rahib yang meyakini akan keberhasilan khasitanya. pemanis. Oleh karena itu. metode ini sangat dikenal dan dianjurkan sejak zaman Rasulullah saw hingga saat ini. Inilah salah satu cara detoksifikasi yang sangat berkesan dan tidak ada efek samping. maka cara inilah yang paling popular dalam pengeluaran toksid. bagian depan kepala. dan pertisida untuk penyemprot hama bagi tanaman / sayuran. Cara ini juga sering dilakukan orang-orang Romawi. Sisa-sisa racun tersebut banyak berkumpul di permukaan bawah kulit.

d) Bekam Cepat (Flash Cupping) atau Bekam Tarik Yaitu metode bekam dengan cara tarik lepas – tarik lepas secara cepat pada bagian kulit yang sukar dibekam. namun lebih aman karena tidak merusak pori-pori sebagaimana kerokan. karena darah kotor berhimpun dan lebih terangsang (darah sedang pada puncak . Metode ini serupa dengan Guasha (cina). Dan selama 3 jam setelah di-bekam. b) Bekam Basah (Wet Cupping) Bekam basah (Hijamah Rothbah). Area ini biasanya di sekitar wajah dan dahi. dan maksimal 9 menit. 4. Penghisapan tidak lebih dari 7 kali hisapan. Jarak waktu pengulangan bekam pada tempat yang sama adalah 3 minggu. lalu di sekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. kemudian kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam (lancet). c) Bekam Seluncur (Sliding Cupping) Yaitu metode bekam yang mana gelas bekam diseluncurkan di atas permukaan kulit yang rata (tidak tebal ototnya). Kulit yang dibekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari. scrapping (inggris) atau kerokan (jawa). lalu dibuang darah kotornya. kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air. Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit. atau apabila dibekam gelas cenderung jatuh.12 penyakit penyebab kenyerian punggung. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih. yaitu pertama kita melakukan bekam kering. Waktu Berbekam Sebaiknya berbekam dilakukan pada pertengahan bulan. Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah.

13 gejolak). Pemilihan waktu bekam adalah sebagai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan dan penjagaan diri terhadap penyakit.” (Shahih Sunan Abu Dawud. Imam asy-Syuyuthi menukil pendapat Ibnu Umar. karya Imam al-Albani) 2. ia berkata: “Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda: ‘Berbekamlah pada hari ke-17 dan ke-21. Maka disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak makan-makanan berat 2-3 jam sebelumnya. ke-19. II/732. dan ke-21." (Diriwayatkan oleh Ahmad). Ia biasa berbekam pada hari ke-17. sanad shahih) 4. 19 dan 21 (tahun Hijriyah).” (Shahih Sunan at-Tirmidzi. maka ia akan sembuh dari segala macam penyakit. Anas bin Malik radhiallaahu 'anhu menceritakan bahwa : "Rasulullah SAW biasa melakukan hijamah pada pelipis dan pundaknya. Syaikh al-Albani (II/204)) 3. karya alHaitsami (III/388)) . Dari Ibnu Abbas RA.” (HR. Ia melakukannya pada hari ketujuhbelas. sehingga darah tidak akan mengalami hipertensi yang dapat membunuh kalian’. ke-19. Adapun untuk pengobatan penyakit. dia bercerita: ” Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam biasa berbekam di bagian urat merih (jugular vein) dan punggung. Ibnu Majah. Ahmad. Abu Dawud. maka harus dilakukan kapan pun pada saat dibutuhkan. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berbekam pada hari ke-17. Dalam hal ini Imam Ahmad melakukan bekam pada hari apa saja ketika diperlukan. kesembilanbelas atau keduapuluhsatu.” (Kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaa-idil Bazar. 1. Dari Anas bin Malik radhiallaahu 'anhu. Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallaahu 'anhu. bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong itu adalah paling baik karena dalam hal itu terdapat kesembuhan. dan pada hari ke-21. Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya sebaik-baik bekam yang kalian lakukan adalah hari ke-17. Tirmidzi. Dari Abu Hurairah radhiallaahu 'anhu.

dilakukan sejajar dengan garis tubuh). panjang sayatan 0. tindakan ini sekaligus berfungsi sebagai Anestesi (pembiusan) lokal. Cara Bekam Cara melakukan Bekam : a) Mempersiapkan semua peralatan yang sudah disterilkan dengan alat sterilisator standar. Salahsatu tanda bahwa sayatannya baik adalah sesaat setelah disayat. dan tidak diakhir bulan karena bisa jadi cairan-cairan tubuh mengalami pengurangan. Iodin) c) Dilanjutkan dengan penghisapan kulit menggunakan “kop/gelas” bekam. tipis dan tidak boleh terlalu dalam. d) Dengan menggunakan pisau bedah standar kemudian dilakukan syartoh /penyayatan (jumlah sayatan 5-15 untuk satu titik tergantung diameter kop yang dipakai. 5. Oleh karena itu diperintahkan melakukan bekam pada pertengahan bulan ketika cairancairan tubuh bergolak keras dan mencapai puncak penambahannya karena bertambahnya cahaya di bulan”. Diutamakan mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan dan jangan melakukan penghisapan lebih dari 4 titik bekam sekaligus. Lama penghisapan selama 5 menit. .3-0. kulit tidak mengeluarkan darah akan tetapi setelah disedot dengan alat maka darahnya baru keluar.5 cm.14 Ibnu Sina di dalam kitabnya Al-Qaanun mengatakan : “Diperintahkan untuk tidak berbekam di awal bulan karena cairan-cairan tubuh kurang aktif bergerak dan tidak normal. kekuatan penghisapan pada setiap pasien berbeda-beda. b) Mulai dengan do’a dan mensterilkan bagian tubuh yang akan dibekam dengan desinfektan (misalnya.

h) Ucapkan Alhamdulillah dan rasakan keajaiban “mukjizat” medis bekam. Diagnosis Penyakit Dengan Bekam Diagnosa bekam/cupping dapat dilihat dari warna pigmen kulit setelah pembekaman. sehingga penyakitnya dapat didiagnosa. Di dalam buku “Canon of Internal Medicine” dikatakan. dan penyakit menular lainnya.15 e) Lakukan penghisapan kembali dan biarkan “darah kotor” mengalir di dalam kop selama 5 menit. 6. Umumnya bekas bekam akan hilang setelah 2-5 hari. “Kondisi organ internal (organ dalam) dapat diketahui dengan cara mengobservasi (mengamati) gejala-gejala eksternal dan tanda-tanda fisik. ODHA.” Reaksi pigmen pada kulit bekas bekam adalah sebagai berikut : a) Bekas bekam yang muncul berwarna ungu kegelapan atau hitam. b) Bekas bekam yang muncul berwarna ungu disertai plaque (bercakbercak). g) Bersihkan bekas luka dan oleskan minyak habbatus sauda yang steril. Tidak boleh dilakukan pengulangan sayatan. f) Bersihkan dan buang darah yang tertampung dalam kop dan jika perlu bisa lakukan penghisapan ulang seperti tadi. Kop/alat bekam tidak boleh digunakan untuk pasien lain pada penderita hepatitis. i) Setiap pasien dianjurkan untuk memiliki alat bekam sendiri. pada umumnya hal ini menandakan terjadinya gangguan/ . pada umumnya hal ini mengindikasikan kondisi defisiensi (kekurangan) pasokan/suplai darah dan channel/saluran (pembuluh) darah yang tidak lancar yang disertai dengan keberadaan darah statis (darah beku).

hal ini mengindikasikan kondisi lemak di dalam darah yang tinggi disertai dengan adanya panas patogen. c) Bekas bekam yang muncul berbentuk bintik-bintik ungu yang tersebar dengan tingkatan warna yang berbeda (ada yang tua dan ada yang ungu muda). e) Bekas bekam yang muncul berwerna merah gelap. hal ini mengindikasikan kondisi adanya wind (lembab) patogen dan gangguan gas patogen. h) Munculnya uap air pada dinding bagian dalam gelas bekam. Hal ini menandakan kelainan “Qi” dan darah statis. Larangan dalam Bekam a) Tidak dianjurkan melakukan bekam terhadap penderita diabetes atau perdarahan . f) Bekas bekam yang muncul berwarna agak pucat/putih dan tidak hangat ketika disentuh. d) Bekas bekam yang muncul berwarna merah cerah. g) Adanya garis-garis pecah/ruam pada permukaan bekas bekam dan rasa sedikit gatal. 7. Adanya darah tipis pada blister merupakan reaksi gas panas toksin.16 kelainan gumpalan darah yang berwarna keunguan dan adanya darah statis (darah beku). biasanya hal ini menunjukkan terjadinya defisiensi “Yin”. menggambarkan kondisi gangguan gas yang parah pada tubuh. defisiensi “Qi” dan darah atau rasa panas yang dahsyat yang diinduksi oleh defisiensi “Yin”. i) Adanya blister (lepuhan/lecat) pada bekas bekam. hal ini mengindikasikan terjadinya defisiensi cold (dingin) dan adanya gas patogen. menandakan kondisi adanya gas-gas patogen pada daerah tersebut.

Dasar Anjuran dan Perintah ber-Bekam a) Hadist Ibnu Abas : . muntah l) Tidak dianjurkan melakukan bekam pada wanita hamil 3 bulan pertama 8.17 b) Tidak dianjurkan melakukan bekam pada pasien berfisik lemah c) Tidak dianjurkan melakukan bekam pada penderita infeksi kulit yang merata d) Tidak dianjurkan melakukan bekam pada orang tua yang fisiknya lemah e) Tidak dianjurkan melakukan bekam yang mengeluarkan darah terhadap anak-anak penderita dehidrasi f) Tidak dianjurkan melakukan bekam terhadap penderita penyakit kanker darah g) Tidak dianjurkan melakukan Bekam pada penderita yang sering mengalami keguguran kandungan h) Tidak dianjurkan melakukan bekam pada penderita penyakit gila i) Tidak dianjurkan melakukan bekam pada penderita hepatitis saat kondisi parah (A dan B) j) Tidak dianjurkan melakukan bekam terhadap penderita penyakit kuning k) Hindari pembekaman langsung setelah mandi. makan.

maka kan terwujud kesembuhan dengan izin Allah ta’ala. Simpulan . c) Hadist Al-Bashriyyin Ini (Bekam) adalah sebaik-baik cara pengobatan yang digunakan manusia. d) Hadist Ibnu Hibban dan Hakim Berobatlah wahai hamba-hamba Allah.. Muslim Setiap penyakit ada obatnya. Apabila obat tepat mengenai penyakit. sesungguhnya Allah tidak menciptakan suatu penyakit kecuali menciptakan obat baginya. BAB III PENUTUP A. b) Hadsit Hasan Ghorib Rasululloh SAW suatu ketika bercerita tentang malam ketika Beliau di-Isra’ kan bahwa beliau tidak berlalu pada satu kelompok malaikatpun kecuali mereka menyuruh Beliau dengan mengatakan “Perintahkanlah umatmu untuk ber-bekam!”. dan kay dengan api.18 Kesembuhan itu terdapat pada 3 hal yakni minum madu.diketahui oleh yang mengetahuinya dan tidak diketahui oleh yang tidak mengetahuinya e) HR. sayatan alat bekam. Sesungguhnya aku melarang umatku dari kay.

Jenis-jenis bekam meliputi Bekam Kering (Dry Cupping).19 Allah SWT menciptakan penyakit beserta obatnya. yang merupakan anjuran maupun peninggalan Rasulullah. B. Bekam Cepat (Flash Cupping) atau Bekam Tarik. antara lain bekam. sehingga selagi kita masih bisa menggunakan cara-cara yang baik. Walaupun hanya pengobatan tradisional namun dalam melakukan bekam juga ada larangan-larangan yang harus diperhatikan. Saran Sebagai umat muslim kita menjunjung tinggi Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT yang senantiasa meneladani sikap-sikapnya. Bekam sudah ada sejak zaman dahulu. Kita sebaiknya mampu meneladani. dan kamis. Bekam Seluncur (Sliding Cupping). waktuwaktu yang tepat untuk melakukan bekam telah diriwayatkan dalam hadist. Perkembangan bekam yaitu Pembedahan Melalui Arteri. Kita sebagai umat muslim seharusnya bangga memiliki teknik pengobatan sendiri. mengapa kita harus bingung dengan pengobatan- . doa mukzizat. ruqyah. selasa. adapun nama lain dari bekam yaitu hijamah. Dalam melakukan bekam tidak boleh dengan sembarang waktu. dan menggunakan madu. penyedotan dengan lintah. yang selalu menekankan mengenai sterilitas alat maupun tubuh yang akan dibekam. Cara melakukan bekam hamper sama dengan proses pembedahan dalam medis. Adapun cara pengobatan yang dianjurkan dalam islam dan dianjurkan oleh Rasullullah SAW ada beberapa. dan pembedahan Permukaan Kulit. Begitu juga dalam hal pengobatan ala agama yang dianjurkan oleh Rasulallah SAW. salah satunya adalah Bekam. waktu-waktu yang tepat tersebut antara lain hari senin. Kini bekam mulai dikembangkan dengan berbagai jenis. pembedahan Melalui Vena. Bekam Basah (Wet Cupping). meneruskan atau melestarikan ajarannya.

20 pengobatan zaman sekarang yang kebanyakan masih belum jelas asal-muasalnya dan baik tidaknya untuk diri kita. .

penerjemah . Sunardi.—Solo : Al-Qowam. Umar. Muraja’ah. Abu Umar Basyir. Hawin Murtadlo.21 BAB IV DAFTAR PUSTAKA Bekam: Sunnah Nabi dan Mukzizat Dalam Medis : Syihab Al-Badri. 2005 . dr. dr. wadda’ A. penulis. Editor Medis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->