GLOBALISASI

GLOBALISASI       Definisi Globalisasi Perkembangan Globalisasi Teori Globalisasi Macam-macam Globalisasi Dampak Globalisasi Menentukan Posisi terhadap Implikasi Globalisasi .

Palmer . Scholte.massification percepatan. gambar dan informasi keuangan Tom G. pasar. solidaritas) menjadidisembedded dari spasial mereka konteks (terutama negara-bangsa) karena.Definisi Globalisasi Menurut beberapa para ahli. dan perluasan arus transnasional orang. budaya. difusi flexibilisation. identitas. hak. . Emanuel Ritcher. namun menjadi semakin tergantung satu sama lain. Globalisasi sebagai “penyusutan atau penghapusan negaradiberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang semakin terintegrasi dan kompleksproduksi dan pertukaran yang telah muncul sebagai akibat. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing. Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. nilai. Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional.produk. politik. globalisasi tersebut dartikan secara berikut . Beerkens. norma. ideologi. Keterkaitan seluruh dunia antara negara-bangsa menjadi dilengkapi dengan globalisasi sebagai sebuah proses di mana pengaturan sosial dasar (seperti kekuasaan. kewarganegaraan.

.Definisi Globalisasi Kata “Globalisasi” berasal dari kata global yang artinya universal. merupakan suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata. sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol.

Awal abad 21 globalisasi mencapai puncaknya .Perkembangan Globalisasi . .Tahap berikutnya eksplorasi dunia secara besarbesaran oleh bangsa Eropa. Portugis. Terjadinya revolusi industri dan meningkatnya hubungan di dunia.Benih-benih globalisasi telah tumbuh semenjak manusia mengenal perdagangan antar negara yang terjadi sekitar tahun 1000-1500 M. Perdagangan dari Cina dan India mulai memasuki negara lain dengan melalui jalur darat dan laut. Spanyol. . dan Belanda.

Mereka berpendapat bahwa fenomena ini adalah sebuah mitos semata atau jika memang ada terlalu dibesar-besarkan. Menurut aliran ini apa yang sekarang terjadi adalah perkembangan kapitalisme internasional 3. . 2.Teori Globalisasi Tiga gol Pemikiran mengenai Globalisasi : 1. Para Transformalis Berada di antara para globalis dan tradisionalis. Para Tradisionalis Tidak percaya bahwa globalisasi tengah terjadi. Para Globalis Percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan. Namun mereka juga berpendapat bahwa sangat bodoh jika kita menyangkal keberadaan konsep ini. Mereka setuju bahwa pengaruh globalisasi telah sangat dilebih-lebihkan oleh para globalis.

Macam Globalisasi Disini hanya menyertakan 2 macam. sebagai berikut :  Globalisasi Perekonomian Globalisasi Kebudayaan  .

Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik .Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri .Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang .Produksi global dapat ditingkatkan . diantaranya : .Keburukan globalisasi ekonomi .Menghambat pertumbuhan sector industry .Sektor keuangan semakin tidak stabil .Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi .Kebijakan globalisasi ekonomi .Macam Globalisasi Globalisasi Perekonomian Dibawah ini ada beberapa kebijakan dan keburukan globalisasi ekonomi.Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara .Memperburuk neraca pembayaran .

Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional -Penyebaran prinsip multikebudayaan(multiculturalism). . film. .Macam Globalisasi Globalisasi Perekonomian Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan : . dn lain-lain.Bertambah banyaknya event-event berskala global. seperti pakaian. seperti Piala Dunia. .Berkembangnya mode yang berskala global.Semakin banyaknya imigrasi dari suatu Negara ke Negara lain .Berkembangnya turisme dan pariwisata . dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya.

Dampak Globalisasi  Aspek Negatif & Positif Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara  .

Aspek Positif    Pola hidup yang serba cepat Pesatnya perkembangan informasi Pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah .

Aspek Negatif  Beralihnya masyarakat agraris menjadi masyarakat industri modern Perubahan dari kebersamaan menjadi individualis Masuknya pola hidup budaya barat   .

Pengaruh Globalisasi Terhadap kehidupan Bernegara   Pengaruh Teknologi Pengaruh pasar bebas terhadap negara berkembang .

Dalam Bidang Politik d.Menentukan Posisi Terhadap Implikasi Globalisasi Suatu bangsa menentukan posisi mereka terhadap pengaruh globalisasi. Dalam Bidang Ekonomi b. misal : a. diterapkan dalam berbagai aspek. Dalam Bidang Hukum e. Dalam Bidang Teknologi c. Dalam Bidang Lingkungan Hidup .

serta sifat ingin selalu instant pada diri seseorang 4.Kesimpulan 1. serta melalui interaksi yang terjadi dimasyarakat.Bahwa proses terjadinya globalisasi dalam aspek social terjadi dengan cara secara langsung maupun tidak langsung. memberikan sikap hidup yang global dan menumbuhkan wawasan. 3. Globalisasi merupakan suatu proses pada berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata.Bahwa dampak yang ditimbulkan era globalisasi pada aspek social yaitu terjadi perubahan cirri kehidupan masyarakat desa yang tadinya syarat dengan nilai-nilai gotong royong menjadi individual. identitas rasional serta menciptakan pemerintahan yang transparan dan demokratis.Bahwa penanggulangan pada dampak era globalisasi pada spek social diantaranya diadakannya pembanguna kualitas manusia. pemberian life skill. 2. . sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol.

Terima Kasih .