P. 1
Genosida

Genosida

|Views: 9|Likes:
Published by Adit Awb

More info:

Published by: Adit Awb on May 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/29/2014

pdf

text

original

Genosida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Genosida atau genosid adalah sebuah pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau kelompok dengan maksud memusnahkan (membuat punah) bangsa tersebut. Kata ini pertama kali digunakan oleh seorang ahli hukum Polandia, Raphael Lemkin, pada tahun 1944 dalam bukunya Axis Rule in Occupied Europe yang diterbitkan di Amerika Serikat. Kata ini diambil dari bahasa Yunani γένος genos ('ras', 'bangsa' atau 'rakyat') dan bahasa Latin caedere ('pembunuhan').

Genosida merupakan satu dari empat pelanggaran HAM berat yang berada dalam yurisdiksi International Criminal Court. Pelanggaran HAM berat lainnya ialah kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan perang, dan kejahatan Agresi. Menurut Statuta Roma dan Undang-Undang no. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, genosida ialah Perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama dengan cara membunuh anggota kelompok; mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota kelompok; menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang menciptakan kemusnahan secara fisik sebagian atau seluruhnya; melakukan tindakan mencegah kelahiran dalam kelompok; memindahkan secara paksa anak-anak dalam kelompok ke kelompok lain.[1] Ada pula istilah genosida budaya yang berarti pembunuhan peradaban dengan melarang penggunaan bahasa dari suatu kelompok atau suku, mengubah atau menghancurkan sejarahnya atau menghancurkan simbol-simbol peradabannya.

Hukuman akan dijatuhkan setelah melalui proses peradilan. . ras. hak kebebasan dan hak kesamaan. yaitu hak hidup. Membunuh anggota kelompok 2.Pengertian Apa Itu Kejahatan Genosida Posted on 14. Norma hukum sangat tegas. Apabila seseorang dituduh bersalah dan dapat dibuktikan pengadilan. jika dilakukan dengan cara : 1.15 by Rizal ical Pengertian Hak Asasi . Mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggotaanggota kelompok 3.19 by Rizal ical Pengertian Apa Itu Kejahatan Genosida – Kejahatan Genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa. etnis dan kelompok agama. Suatu tindak kejahatan dapat dikatakan kejahatan genosida. orang tersebut baru dapat dijatuhi hukuman Pengertian Hak Asasi Posted on 00. kelompok. baik seluruh atau sebagiannya 4. Menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik. bagi siapa yang melanggar hukum akan memperoleh sanksi hukum.Hak asasi adalah hak-hak dasar (pokok) yang dibawa manusia sejak lahir. sebagai anugerah dari Tuhan. Memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran didalam kelompok Pengertian Norma Hukum Posted on 18.09 by Rizal ical Pengertian Norma Hukum – Norma Hukum adalah norma yang dibuat oleh pemerintah atau pejabat yang berwenang. Itulah Pengertian Hak Asasi yang sebenarnya.

yaitu : Hak asasi di Indonesia berada dibawah naungan Komnas HAM 1. memilih dalam pemilu. ialah hak untuk ikut serta dalam politik. pemeriksaan. 4. Demikian Pengertian Hak Asasi yang memaparkan bahwa setiap manusia memiliki hak-hak tertentu untuk dirinya sendiri dan berhak untuk mengatur kehidupannya sendiri. membeli. Home » Kewarganegaraan » Pengertian Demokrasi . 3. menjual dan memanfaatkannya. 5. penggeledahan. kebebasan menyatakan pikiran dan kebebasan bergerak. Hak asasi politik.Hak asasi dibagi menurut 3 macam hak tersebut dan berkembang lagi menjadi beberapa macam. kebebasan memeluk agama. Hak asasi ekonomi. mengembangkan pendidikan dan kebudayaan. Hak asasi sosial budaya. Hak asasi untuk memperoleh pengakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan. hak untuk dipilih. Hak asasi untuk memperoleh perlakuan dan tata cara peradilan dan perlindungan yang adil dan sama. yaitu hak untuk memiliki sesuatu. penyidikan dan pembelaan. Hak asasi pribadi. 6. hak masuk dan ikut dalam parpol. yaitu hak untuk memilih pendidikan. serta hak untuk mengembangkan Demokrasi bangsa. yaitu hak yang sama dikenakan sanksi / hukuman dan duduk dalam pemerintahan negara. mendirikan dan mengembangkan parpol. yang meliputi kebebasan pendapat. 2. misalnya dalam penangkapan.

Mengutamakan tujuan dengan menghalalkan segala cara. 6. Segala sesuatu ditentukan dan dikuasai oleh negara. Demokrasi sendiri terbagi dalam beberapa macam yaitu : Demokrasi Pancasila adalah Demokrasi yang di anut Bangsa Indonesia 1. 3. Jadi.51 by Rizal ical Pengertian Demokrasi . Demokrasi yang mementingkan aspirasi dan suara rakyat. aspirasi dan suara hati nurani rakyat. Indonesia. pimpinan tunggal. Difokuskan pada kepentingan. sehingga sistem tersebut yaitu dari rakyat. Demokrasi Proletar. demokrasi menjadi kabur.Demokrasi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani "Demos" yang berarti rakyat dan "kratein" yang berarti pemerintahan. Demokrasi Tituler. Pengambilan keputusan . Demokrasi pancasila adalah jenis demokrasi yang dianut bangsa kita. Gaya fragmentaris (campuran modern dan lama) 4. Demokrasi Liberal. oleh rakyat dan untuk rakyat.Pengertian Demokrasi Posted on 22.dari 6 macam demokrasi tersebut. Mengarah otoriter. Demokrasi Pancasila. Demokrasi ini berarti kebebasan manusia untuk kepentingan manusia. Demokrasi Totaliter. Pengertian Demokrasi adalah "sistem pemerintahan yang dipegang oleh rakyat atau rakyat diikut sertakan dalam sistem pemerintahan negara. 5. 2. Pengertian Demokrasi . Demokrasi Terpimpin.

dilakukan oleh wakil-wakil di MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat). . dengan musyawarah mufakat / voting.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->