KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT RENDAH

Materi perkuliahan :

PELAT – LANTAI ( “ FLOOR PLATE “ )

berat sendiri) yang bekerja secara tetap dalam waktu lama • Bahan pelat-lantai : Kayu.Pelat-Lantai . rata. Beton dan Baja . berat lapis tegel. perabot.Kegunaan Pelat-lantai : * Memisahkan ruang bawah dan ruang atas * Untuk meletakkan kabel listrik dan lampu pada ruang bawah * Meredam suara dari ruang atas atau ruang bawah * Menambah kekakuan bangunan pada arah horizontal Perencanaan Pelat-lantai : • Pelat harus kaku. lurus dan waterpas • Pertimbangan dan perhitungan adanya beban tetap ( penghuni.Pelat – lantai adalah lantai yang tidak terletak di atas tanah langsung .Pelat di dukung oleh balok-balok yang bertumpu pada kolom-kolom bangunan .

8 (t/m3) / jenis kayu kelas II Keuntungan Pelat-lantai kayu :  Harga relatif murah. 8/14.  Ukuran papan antara 20 – 30 cm. menghemat ukuran pondasi Kerugian Pelat-lantai kayu :  Hanya untuk konstruksi bangunan sederhana dengan beban ringan  Buka peredam suara yang baik  Sifat bahan “permeable”(rembes air)  Mudah terbakar  Tidak dapat dipasang tegel  Dimakan bubuk/serangga dan mudah rusak oleh cuaca yang berubah-ubah.5 m  Berat jenis kayu 0. bentang balok 3 – 3. . pekerjaan cepat selesai  Beratnya ringan.PELAT – LANTAI KAYU Bahan papan kayu disatukan menjadi kesatuan yang kuat  Membentuk bidang yang luas dan kuat untuk di injak. 10/14. beaya bangunan rendah  Mudah dikerjakan.6 – 0. dengan ketebalan 2 – 3 cm  Jarak balok-balok pendukung antara 60 – 80 cm  Ukuran balok : 8/12.

• Pelat dengan ketebalan lebih 25 cm  tulangan rangkap atas bawah • Jarak tulangan sejajar min. satu kesatuan antara komponen tersebut. korosi.5 cm dan maks.PELAT LANTAI BETON Pelat lantai beton bertulang : di cor di tempat bersama-sama dengan balok lantai dan kolom  terjadi hubungan yang kuat. • Tulangan harus terbungkus beton setebal 1 cm  menghindari terjadinya karat. Tulangan pelat lantai beton bertulang dipasang bersilangan :  Menahan momen tarik dan lenturan  Tulangan harus dikaitkan dengan tulangan balok beton Syarat-syarat beton bertulang ( SN I Beton 1991 ) • Tebal pelat lantai min. 2. 12 cm. 7 cm • Tulangan harus bersilangan Ø 8 mm dari baja lunak / baja sedang. 20 cm atau dua kali tebal pelat terkecil. campuran kedap air 1 pc : 1 ½ ps : 2 ½ kr + air . • Campuran beton 1 pc : 2 ps : 3 kr + air. untuk plat atap min. atau kebakaran.

lapisan kedap air Dapat dipasang tegel untuk keindahan lantai Bahan kuat dan awet 1. 3. 4 x 4  pengaturan jarak kolom dan balok portal. 2. Bentangan Plat-lantai : 3 x 3.Keuntungan plat lantai dari beton : Mampu mendukung beban besar Media isolasi suara yang baik Tidak dapat terbakar. jika perlu di tambah balok-anak 400 Balok Induk 800 Balok Anak Balok Induk 400 Kolom Tengah Balok Induk Kolom Hanya Tepi 300 300 Kolom Tepi 300 300 .3 x 5. 3 x 4½.3 x 4. 3½ x 4. 4. 5.

2.* Plat-lantai beton dapat dibuat menerus / menjadi satu dengan plat luifel dengan balok penumpu sebagai pembatasnya * Tinggi tiap lantai dengan adanya balok  lebih tinggi dari ukuran tinggi orang ( minimal 2.25 m Hindari beban terpusat Balok pengikat balok anak .25 m ) Min.