KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil’alamin Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman dan islam dan atas kehendaknyalah telah selesainya pembuatan makalah ini sesuai dengan target tanpa hambatan yang berarti. Dalam pembuatan makalah ini banyak yang turut serta memberikan bantuan baik moral maupun material, sehingga sangat membantu kelancaran penyelesaian penulisan makalah ini. Oleh karena itu penulis merasa perlu untuk mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada semua pihak yang terkait pada civitas akademik STKIP Setia Budhi rangkasbitung ini terutama kepada yang terhormat : 1. 2. Seluruh dosen dan pembimbing yang telah banyak memberikan arahan kepada penyusun hingga terselesaikannya makalah ini. Semua mahasiswa STKIP Setia Budhi rangkasbitung penulis menyadari bahwa makalah ini masih terdapat kehilapan dan kekurangannya, maka dari itu kritik dan saran demi menyempurnakan lebih lanjut sangat penulis harapkan. Akhir kata semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi yang berminat untuk melancarkan. Amin.

Bayah, Januari 2009

Penyusun

................ 1 Pengertian peradaban mesir kuno .......... D. D................................... iii BAB I PENDAHULUAN..DAFTAR ISI Hal JILID.................... B......................................................................... 1 Perumusan masalah ....................................... C....... ii DAFTAR ISI..... 5 Pengertian bahasa mesir .... i KATA PENGANTAR................ 3 BAB III PENUTUP.............................. A.................................................................................. A................... C.. 1 A.............. 1 Tujuan penulisan .................... E.................................................................. 7 BAB II PEMBAHASAN... 1 Metode penulisan ............................................. B... 5 Pengertian misteri bahasa mesir kuno .......................... F................................. B................... 6 Pengertian sungai nil ................................ 7 ..... 4 Pengertian splinx ..................... 6 Kesimpulan .............. ................... Latar Belakang Masalah ...................... 7 Saran .................................... 3 Pengertian piramida dalam sejarah ........

Perumusan masalah Dari latar belakang masalah tersebut diatas dapat kiranya dirumuskan masalah sebagai berikut : 1. 3. Kepustakaan . Tujuan penulisan Tujuan dan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut : 1. Latar Belakang Masalah Manusia bisa mengetahui tentang peradaban mesir kuno dari peradaban mesir kuno tersebut terdapat peradaban pada jaman dahulu misal piramida. 5. Metode penulisan Sebagai alat untuk mempermudah pengumpulan data. penulisan menggunakan metode sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui/tau keadaan mesir kuno Apa saja yang ada dari peradaban mesir kuno Apa saja yang harus dilakukan D. 6. sungai nil dan Universitas Al-Alhar B. bahasa mesir misteri bahasa pada mesir kuno. C. Menjelaskan tentang piramida dalam sejarah mesir kuno Menjelaskan makan sphinx Menjelaskan bahasa mesir kuno Menjelaskan tentang misteri bahasa pada mesir kuno Menjelaskan arti dari sungai nil dan peranannya. 2. 2. Menjelaskan pengertian peradaban mesir kuno dan perkembangannya. 3. 4.BAB I PENDAHULUAN A.

Untuk membuat makalah ini lebih walid secara ilmiah maka penulis melengkapi penulisan ini dengan studi kepustakaan. . Studi kepustakaan yaitu sebuah studi yang melengkapi penulisan dengan menggunakan landasan teoritis sehingga makalah ini mampu berguna bagi pihak – pihak yang ingin mengutip topik yang sesuai dengan bahasa ini.

pesisir pantai laut merah.BAB II KAJIAN TEORITIS A. hingga jabel barkal di katarak ke empat nil. Irigasi teratur terhadap lembah nil Eksploitasi mineral dari lembah dan wilayah gurun disekitarnya Perkembangan awal sistem tulisan dan literatur independen Organisasi proyek kolektif Perdagangan dengan wilayah aprika timur dan tengah serta mediterania timur. Peradaban Mesir Kuno Mesir kuno adalah suatu peradaban kuno di bagian timur laut afrika peradaban ini terpusat sepanjang pertengahan hingga hilir sungai nil yang mencapai kejayaannya pada sekitar abad ke 2 SM. Pada beberapa jaman tertentu. serta. ditandai terutama oleh : 1. Walaupun hal ini bukanlah pendudukan asing pertama terhadap mesir periode kekuasaan romawi menimbulkan suatu perubahan politik dan agama secara terhadap dilembah nil. sewaktu kekaisaran romawi awal menaklukan dan menyerang wilayah mesir potelemi sebagai bagian propinsi romawi. peradaban mesir meluas hingga bagian selatan levant. Daerahnya mencakup wilayah delta nil di utara. Peradaban mesir kuno berkembang selam kurang lebih tiga setengah abad. pada masa yang disebut sebagai periode kejayaan baru. Dimulai dengan unifikasi awal kelompok – kelompok yang ada di lemabh nil sekitar 3150 SM. 6. Aktivitas militer yang menunjukan karakteristik kuat hegemoni kerajaan dan dominasi wilayah terhadap kebudayaan tentangga pada beberapa periode berbeda. gurun timur. 2. politik dan ekonomi yang mencapai konsensus sosial melalui sistem yang rumit di . 5. Peradaban mesir kuno di dasari atas kontrol keseimbangan yang baik antara sumber daya alam dan manusia. 3. yang secara efektif menandai berakhirnya perkembangan peradaban independen mesir. 4. semenanjung sinai serta gurun barat. Pengelolaan kegiatan – kegiatan ini dilakukan oleh elit sosial.

Manusia mengalami kesulitan untuk membuat konstruksi kubah. Bangsa – bangsa mesir kuno maupun bangsa maya di kenal menggunakan bangunan piramida sebagai makam raja – raja masa dahulu serta sarana ibadah (pemujaan) selain ada dugaan sebagai tempat penimbunan (gedung) pangan sejak jaman Nabi Yusuf ketika persiapan menghadapi musim palektik atapun tempat penyimpanan harta. Beragam UFO dengan analisis alasan tentang digunakannya mirip kontruksi piramida piramida.dasari kepercayaan agama di bawah sosok penguasa setengah dewa (semi – devine) yang biasanya laki – laki melalui suatu suksesi dinasti B. maupun candi – candi diantaranya yang mirip dengan konstruksi piramida adalah candi sukuh bahkan candi brobudur bisa dikatakan merupakan bentuk kontruksi piramida yang di modifikasi. Kontruksi kubah sendiri baru digunakan pada masa romawi dengan kontruksi pelengkung pada bangunan betonnya dan romawi timur yang disempurnakan pada masa peradaban islam. . Pengertian Piramida Dalam Sejarah Dalam sejarah konstruksi bangunan piramida digunakan sudah sejak lama. Ada yang menyebutnya sebagai bangunan warisan terdapat bangunan ditemukan di Mars yang berada satu lintang derajat di bumi ada pula yang mengatakan peninggalan peradaban atlantis dan sebagian lagi mengatakan bahwa kontruksi piramida digunakan dengan alasan bahwa pada peradaban lampau. Di beberapa daerah indonesia. dikenal bangunan yang memiliki konstruksi mirip piramida diantaranya punden berundak yang dikatakan sebagai prototipe piramida. Oleh karena itu digunakanlah kontruksi piramida untuk mempermudah.

bahasa mesir kuno dan kiroglif mesir kuno. Setelah kerajaan mesir kuno runtuh. F. bahasa semit dan bahasa beja. D.C. maka terdapat seorang penjelajah yang menganggap bahwa bahasa mesir ini merupakan suatu “teka – teki” yang sulit di pecahkan. membuatnya menjadi bahasa tertulis. Sphinx Sphinx patung singa berkepala manusia diyakini merupakan kepala cheops. E. selama berabad-abad setelah penaklukan islam atas mesir. Catatan tertulis dengan bahasan mesir dari tahun 3200 SM. Serta menjadi bahasa ibu untuk beberapa orang. Berabad – abad telah berlalu dengan tekhnologi yang lebih maju. maka “teka – teki” tersebut lebih mudah dipecahkan. Bahasa nasional mesir saat ini adalah bahasa arab yang menggantikan bahasa koptik secara bertahap sebagai bahasa sehari – hari. Bahasa ini bertahan sampai abad ke 5 masehi dalam bentuk bahasa demotik dan sampai abad ke 17 masehi dalam bentuk bahasa koptik. Koptik masih digunakan sebagai bahasa liturgi oleh gereja ortodoks koptik dan gereja katolik koptik. Memiliki panjang 3 meter dan tinggi 20 meter melambangkan watak gagah laksana singa dan kepribadian lembut laksana manusia. Sungai Nil . Batu ini ditulis dengan bahasa yunani kuno. Bahasa Mesir Bahasa mesir adalah bahasa Afro-Asia yang sangat erat hubungannya dengan bangsa barber. Misteri Bahasa Mesir Kuno Bahasa mesir kuno terbuat dari sebuah perjanjian yang disebut dengan batu rosetta.

650 km atau 4.132 mil dan membelah tak kurang dari sembilan negara yaitu : ethiopia. Karena sungai nil mempunyai sama arti dalam sejarah bangsa mesir (terutama mesir kuno) maka sungai nil identik dengan mesir. Sungai nil mempunyai peranan sangat penting dalam peradaban kehidupa sejarah bangsa mesir sejak ribuan tahun yang lalu. burundi. sudan dan tentu saja mesir. sebagai hasal sedimentasi disepanjang pertaniannya daerah dan alran sungainya. kenya. rwanda. . Sungai nil mengalir sepanjang 6. uganda. mesir Dengan adanya tanah subur ini menjadikan penduduk mesir mengembangkan peradaban perkembangan sejak ribuan tahun yang lalu. zaire.Sunagi nil adalah dari dua sungai terpanjang di bumi. Salah satu sumbangan dari sungai mil adalah kemampuannya dalam enghasilkan tanah subur. tanzania.

Saran 1.BAB III PENUTUP A. 3. Bagi manusia hendaknya mampu mengetahui keadaan mesir pada jaman dahulu (kuno) Hubungan antara seorang dosen dengan mahasiswa haruslah terjalin dengan baik . 3. Kesimpulan Dari uraian tersebut diatas. Bagi seorang mahasiswa dalam menjalankan tugasnya sebagai pelajar hendaknya mampu mencari landasan materi 2. B. 2. Kita mengetahui bahwa pengguna piramida yang ada pada bangsa – bangsa mesir kuno selain dari pada piramida bangunan raja – raja terdahulu dan sarana ibadah dijadikan sebagai tempat penyimpanan harta pada musim paceklik. dapatkah kiranya penulis simpulkan berikut 1. Supaya mengetahui peradaban mesir kuno dan perkembangan. Sungai nil adalah sungai terpanjang di dunia dan mempunyai peranan sangat penting.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful