Modul swa intruksional anatomifisologi, Cambridge Comm.

Limited Penerbit buku kedokteran EGC modul1 dan 2

5/11/2013

1

1. serebelum. saraf perifer adalah serabut saraf (akson) yang keluar dari SSP yang menjalar ke seluruh tubuh.Sebutkan klasifikasi system saraf dari segi anatomi ?  Dari segi anatomi saraf dibedakan sistem saraf pusat (SSP) dan Sistem saraf perifer. 2  5/11/2013 . Kumpulan Badan sel saraf.yang terdapat didalam rongga otak. batang otak dan medulla spinalis.  SSP terdiri dari serebrum. Merupakan akson yang panjang.

4. 2. terdiri dari 12 pasang saraf yang keluar dari batang otak. Sebutkan jenis saraf perifer ! 1. Saraf spinal. Saraf kranial. tdd 31 pasang saraf yang keluar dari medulla spinalis dan bertugas mempersarafi batang tubuh dan anggota gerak. 3 5/11/2013 . tugasnya mempersarafi sebagian besar kepala dan leher.

5.Apakah pleksus saraf gerak. ?  ialah tempat saraf spinal saling berpotongan 5/11/2013 4 .

saluran cerna.Sebutkan pembagian saraf berdasarkan fungsinya.. ialah system saraf yang mengatur anggota gerak dan dinding tubuh. 2. ginjal. !   1. Dapat dikendalikan oleh kehendak. paru. Tidak dapat dikendalikan oleh kehendak makhluk hidup. ialah system saraf yang mengatur organ tubuh bagian dalam seperti jantung.Sistem saraf somatik atau disebut saraf volunteer. 5 5/11/2013 .Sistem saraf otonom (SSO) atau disebut saraf involunter.

Dari badan sel ini keluar serabut saraf yang mengandung protoplasma yang terbungkus dengan membran sel. protoplasma dan organel. lengkap dengan inti sel.Sebutkan anatomi dari sel saraf !  Sel saraf atau disebut dengan neuron terdiri dari badan sel. 6 5/11/2013 .7. yang panjang disebut akson dan yang pendek disebut dendrit.

sedangkan dendrit menerima impuls dari luar masuk kedalam badan sel.Apa perbedaan fungsi akson dan dendrit ?  Akson berfungsi menghantarkan impuls menjauhi badan sel. 5/11/2013 7 .8.

9. Semua Perangsangan/penghambatan sel saraf baik yang berasal dari kulit. 8 5/11/2013 .Apakah impuls itu ?   Impuls adalah aliran listrik yang menjalar sepanjang serabut saraf yang ditimbulkan oleh perubahan kadar ion Na/K sepanjang membran sel serabut saraf. mata. telinga akhirnya akan menyebabkan perubahan konsentrasi Na/K didalam dan diluar membran sel saraf.

Jadi jika rusak tidak ada gantinya.10.Bagaimana kalau badan sel saraf seseorang rusak ?  Badan sel saraf tidak dapat membelah setelah kelahirannya. Jumlah neuron seseorang semenjak kelahirannya semakin berkurang. 5/11/2013 9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful