KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan berkat-Nya, sehingga penulis dapat memperoleh kekuatan dan hikmat kebijaksanaan dalam menyelesaikan penulisan Skripsi ini. Adapun judul Skripsi ini adalah “Sengketa Korea Utara – Korea Selatan Sebagai Suatu Kejahatan Terhadap Kemanusiaan Menurut Pasal 7 Statuta Roma 1998”. Penulisan Skripsi ini merupakan salah satu syarat akademik untuk memperoleh gelar Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado. Disadari bahwa terlaksananya penulisan Skripsi ini tidak sedikit kendalakendala yang penulis temui, namun berkat kerja keras dan bantuan dari berbagai pihak yang terus mendukung, maka penulisan Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik. Untuk itu pada kesempatan ini dengan kerendahan hati penulis hendak mengucapkan terimah kasih kepada para pihak yang telah membantu penulis dalam penyelesaian Skripsi ini, khususnya kepada yang terhormat: 1. Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado, DR. Donald Rumokoy, SH, MH. 2. Dekan/Ketua Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado, Ibu Merry E. Kalalo, SH, MH. 3. Para Pembantu Dekan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado, masing-masing:

iii

MH selaku Dosen Pembimbing Skripsi II. MH selaku Pembantu Dekan Bidang Telematika dan E-Government Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado. iv . MH selaku Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado. MH selaku Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado. SH. Para Dosen Pembimbing dalam penyusunan Skripsi ini. 4. maupun materi Skripsi sehingga dapatlah Skripsi ini dirampungkan. • Bapak Henry Ch. Seluruh Staf Dosen pada Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado yang mengasuh dan membimbing penulis sejak menginjakkan kaki di Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado. masingmasing: • Bapak Ronny Luntungan. SH. Mamahit. SH. MH selaku Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ratulangi Manado. SH. • Ibu Godlieb N. MH selaku Dosen Pembimbing Skripsi I • Bapak Harold Anis. dan • Bapak Eddy Pijoh.• Bapak Lendy Siar. berkat petunjuk dan pengarahan mereka. SH. Memah. SH selaku Dosen Pembimbing Skripsi III 5. SH. baik menyangkut teknis penulisan. Hukum Universitas Sam • Bapak Frans Maramis.

Christo. 5. dan semua teman-teman angkatan 2007 terimah kasih untuk dukungannya. Hermes. 4. Papa (Israel Kapoh) yang selalu memberikan dukungan doa dan materi yang sangat berharga bagi penulis dalam penyelesaian Skripsi ini. Seluruh Rekan-rekan mahasiswa yang tergabung dalam Biro Kerohanian Kristen (BKK) dan Asian Law Student Association (ALSA). Frengki. Teman-teman KKNT Angkt-89 Posko Kamangta (Rendy. Reivo. Ela. dan Riko) terimah kasih dukungannya. Wisnu. Andre. Mama (Lily Engka) yang selalu memberi dukungan doa dan semangat kepada penulis dalam penulisan Skripsi ini. Patrick. Kakak-kakak senior dan Adik-adik junior yang tak bisa disebutkan satu persatu terimah kasih dukungannya. Steve. Seluruh Staf Tata Usaha yang telah membantu penulis dalam penyelesaian administrasi. 8. Kakak-ku Gerry Kapoh dan Adik-ku Yunni Kapoh yang selalu memberikan dukungan dan doa kepada penulis dalam penyelesaian Skripsi ini. Vega. Grago. v . Lia. 7. Okta. Yizhar. Saudara-saudaraku yang tak bisa disebutkan satu persatu. Terimah kasih juga penulis sampaikan kepada pihak-pihak dibawah ini yang sudah memberikan banyak motivasi dan semangat kepada penulis: 1. Valen.6. 3. 2. Anta. Jover. 6. Teman-teman seperjuanganku di bangku kuliah Reyfel. yang selalu memberikan dukungan.

untuk itu penulis memohon maaf atas segala kekurangan dan dengan kerendahatan hati penulis menerima segala koreksi dan masukan demi kesempurnaan skripsi ini. Besar harapan penulis agar Skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pecinta hukum dan keadilan. Dan Akhirnya tak ada gading yang tak retak. dalam segala tugas dan kehidupan sehari-hari. Teman-teman Pemuda dan Remaja Jemaat GMIM Karunia Sea Satu dan semua anak-anak prampatan CHT. Manado. Tuhan memberkati kita semua. Kapoh vi . terimah kasih untuk dukungannya.9. begitupun dengan Skripsi ini disadari jauh dari sempurna. April 2011 Penulis Erickson M.