DIREKTORAT PEMBINAAN WIDYAISWARA LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA 2010

NASKAH AKADEMIK PERUBAHAN PERMENPAN NO. PER/66/M.PAN/6/2005
1. 2.

3.

Kurang mengakomodir diklat teknis yang tidak berjenjang Kurang mengakomodir kegiatan mengajar dan melatih untuk diklat yang melebihi satu jenjang dibawahnya. Kurang mengakomodir instansi yang memiliki TUPOKSI membina masyarakat melalui lembaga Diklat

Penentuan Spesialisasi ajar Widyaiswara banyak yang belum jelas 5. Belum terstandarisasinya Tim Penilai Instansi/Daerah 6. Adanya perbedaan persepsi antara Widyaiswara, Tim Penilai Instansi/Daerah dengan Tim Penilai Pusat
4.

14 TAHUN 2009 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL WIDYAISWARA DAN ANGKA KREDITNYA PERATURAN BERSAMA KEPALA LAN DAN KEPALA BKN TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN MENGENAI JABATAN FUNGSIONAL WIDYAISWARA DAN ANGKA KREDITNYA PERATURAN KEPALA LAN .KEBIJAKAN PEMBINAAN JABATAN FUNGSIONAL WIDYAISWARA PERMENPAN No.

2.PERATURAN KEPALA LAN : 1. PETUNJUK TEKNIS JABFUNG WIDYAISWARA DAN ANGKA KREDITNYA PEDOMAN TATA KERJA DAN TATA CARA TIM PENILAI ANGKA KREDIT JABFUNG WIDYAISWARA .

WI Utama IV/D juga diberi kewajiban untuk mengumpulkan maintenance (25 dari sub unsur B dan C) (Pasal 14) 2 Kegiatan Pengembangan dan Pelaksanaan Diklat harus sesuai dengan jenjang 3 Pemeliharaan hanya untuk WI Utama IV/ E .POKOK-POKOK PERUBAHAN No 1 PERMENPAN 66 Tidak mengakomodir mendidik /melatih NON PNS PERMENPAN 14 Mengakomodir secara terbatas mendidik/melatih NON PNS (Pasal 9) Kegiatan Pengembangan dan Pelaksanaan Diklat lebih dari 1 jenjang dibawahnya dapat diakomodir setelah disertifikasi (Pasal 11) Selain WI Utama IV/E.

No 4 PERMENPAN 66 WI mengajukan DUPAK pada saat dirasa sudah mencukupi untuk naik pangkat PERMENPAN 14 WI mengajukan DUPAK setiap 1 tahun sekali (Pasal 16) 5 TPP menilai DUPAK WI mulai Angka Kredit Widyaiswara IV/b IV/C atau > 700 yang akan atau > 550 ke atas dihitung oleh menjadi utama TPP dan ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional Widyaiswara (Pasal 17) Tim Penilai Angka Kredit terdiri dari Widyaiswara Tim Penilai Angka Kredit terdiri dari unsur teknis yang membidangi kediklatan. dan pejabat widyaiswara (Pasal 18) 6 . unsur kepegawaian.

No 7 PERMENPAN 66 Tidak di atur PERMENPAN 14 Membuka kesempatan pejabat eselon II dan I yang berusia di atas 50 tahun untuk mengisi formasi WI yang melaksanakan tugas pokok pada DIKLATPIM Tingkat II dan Tingkat I (Pasal 26 ayat 6) Persyaratan untuk menjadi WI Utama harus mencapai AK kumulatif yang dipersyaratkan dan terdapat formasi serta telah melaksanakan orasi ilmiah (Pasal 28) 8 Persyaratan untuk menjadi WI Utama harus mencapai AK kumulatif yang dipersyaratkan dan telah melaksanakan orasi ilmiah .

(Pasal 29) Untuk dapat di angkat dalam jabatan setingkat lebih tinggi.POKOK-POKOK PERUBAHAN No 9 PERMENPAN 66 Tidak diatur PERMENPAN 14 WI yang telah mengumpulkan AK Kumulatif yang dipersyaratkan untuk naik ke jenjang utama namun tidak ada formasi maka diberlakukan skema pemeliharaan (20 per tahun dari sub unsur B dan C). selain memenuhi angka kredit kumulatif yang telah ditetapkan wajib mengikuti Diklat Kewidyaiswaraan (Pasal 30) 10 Belum jelas di atur .

POKOK-POKOK PERUBAHAN No 11 PERMENPAN 66 Pengangkatan kembali ke dalam Jabatan WI setelah dibebaskan sementara karena ditugaskan secara penuh diluar jabatan WI 1 tahun sebelum BUP PERMENPAN 14 2 tahun sebelum BUP (Pasal 32) .

TRANSISI 1. .PAN/6/2005. Perhitungan angka kredit untuk kegiatan dari unsur utama dan unsur penunjang sampai dengan tanggal 31 Desember 2009 menggunakan lampiran I Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/66/M.

Kenaikan pangkat sampai dengan per 1 Oktober 2010 dapat dipertimbangkan dengan menggunakan persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/66/M.TRANSISI 2. .PAN/6/2005.

.TRANSISI 3. Widyaiswara yang belum disertifikasi tetap melaksanakan kegiatan sesuai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya dan diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan sertifikasi paling lambat sampai dengan tahun 2014.

Periode Sidang TPP Tahun 2010 Januari (berkas DUPAK diserahkan pada tanggal 10 Desember tahun sebelumnya) 2. . Juli (berkas DUPAK diserahkan pada tanggal 10 Juni) 4. April (berkas DUPAK diserahkan pada tanggal 10 Maret) 3. Oktober (berkas DUPAK diserahkan pada tanggal 10 September) 1.

Penjenjangan Diklat Struktural Jenjang Diklat Tinggi Diklat Struktural 1. III Diklatpim Tk. Diklatpim Tk . II Diklatpim Tk. I 2. IV Prajabatan Menengah Lanjutan Dasar . Diklatpim Tk.

RANCANCAN JUKNIS .

UNSUR KEGIATAN DAN SUB UNSUR KEGIATAN UNTUK KENAIKAN JENJANG JABATAN WIDYAISWARA 17 .

PENDIDIKAN PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN DIKLAT PENGEMBANGAN PROFESI 2. UNSUR UTAMA.UNSUR-UNSUR KEGIATAN WIDYAISWARA: 1. B. C. UNSUR PENUNJANG 18 . terdiri dari: A.

PENDIDIKAN 1.1. Mengikuti Diklat Fungsional dan memperoleh Surat Tanda Pendidikan dan Pelatihan (STTPP). Pendidikan sekolah dan memperoleh gelar/ijazah. dan Mengikuti Diklat Prajabatan Gol. III dan memperoleh STTPP. 19 . UNSUR UTAMA A. 2. 3.

6.B. 8. Penganalisisan kebutuhan diklat Penyusunan kurikulum diklat Penyusunan bahan diklat sesuai spesialisasinya Pelaksanaan diklat atau mengajar dan melatih sesuai spesialisasinya Pemeriksaan jawaban ujian Diklat sesuai spesialisasinya Pembimbingan peserta Diklat pada Diklat Struktural sesuai spesialisasinya Pengelolaan Program Diklat di instansinya pengevaluasian program diklat 20 . 4. PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN DIKLAT 1. 5. 7. 3. 2.

Penganalisisan Kebutuhan Diklat SK Tim b. Laporan hasil AKD d.1. Surat Pernyataan Telah Melaksanakan Kegiatan c. Max 1 kali dalam 1 tahun a. .

. Penyusunan Kurikulum Diklat SK Tim b. Surat Pernyataan Telah Melaksanakan Kegiatan c. Laporan yang berisi kurikulum Diklat d.2. Sudah pernah dilaksanakan a.

3. c. d. Penyusunan Bahan Diklat Sesuai Spesialisasinya a. b. Bahan ajar Diklat (Hand Out/bahan bacaan) GBPP/RBPMD dan SAP/RP Bahan Tayang Modul .

4. Pelaksanaan Tatap Muka di Depan kelasa Diklat Sesuai Spesialisasinya a. b. c. Surat Tugas Surat Pernyataan Telah Melaksanakan Kegiatan Jadwal Diklat .

Laporan hasil pelaksanaan memeriksa jawaban ujian Diklat . Surat Tugas b. Surat Pernyataan Telah Melaksanakan Kegiatan c. Pemeriksaan Jawaban Ujian Diklat Sesuai Spesialisasinya a.5.

Pembimbingan peserta Diklat pada Diklat Struktural sesuai spesialisasinya a. c.6. Membimbing peserta Diklat dalam penulisan KK pada Diklat Struktural Membimbing peserta Diklat dalam PKL/OL/SL pada Diklat Struktural Menjadi moderator/narasumber pada seminar/lokakarya/diskusi dalam kelas pada Diklat Struktural . b.

Pengelolaan Program Diklat di Instansinya a.7. Sebagai Penanggung Jawab Pengelola Program di instansinya Sebagai Anggota Pengelola Program di instansinya . b.

. Laporan a.8. Surat Pernyataan Telah Melaksanakan Kegiatan c. Pengevaluasian Program Diklat Surat Tugas b.

PENGEMBANGAN PROFESI Pembuatan KTI yang terkait lingkup kediklatan dan/atau pengembangan spesialisasinya 2. Pelaksanaan Orasi Ilmiah sesuai spesialisasinya 1. . Pembuatan peraturan/panduan dalam lingkup kediklatan 4.C. Penerjemahan/penyaduran buku dan bahan ilmiah lainnya selain buku yang terkait lingkup kediklatan dan/atau pengembangan spesialisasinya 3.

Naskah a. . diterbitkan. Non Buku c.1. dan diedarkan secara nasional b. Pembuatan KTI yang terkait lingkup kediklatan dan/atau pengembangan spesialisasinya Buku dengan ISBN.

Majalah Ilmiah 3.Non Buku Jurnal Ilmiah 2. Buku Proceeding 4. Surat Kabar 5. . Website 1.

Diakui oleh instansi yang bersangkutan 1. .Naskah Disajikan dalam pertemuan ilmiah 2. Didokumentasikan di perpustakaan instansi/lembaga 3.

. Penerjemahan/penyaduran buku dan bahan ilmiah lainnya selain buku yang terkait lingkup kediklatan dan/atau pengembangan spesialisasinya Menerjemahkan /menyadur buku 2. Menerjemahkan/menyadur bahan selain buku 1.2.

Produk perundang-undangan Panduan Kediklatan .3. Pembuatan peraturan/panduan dalam lingkup kediklatan a. b.

Pelaksanaan Orasi Ilmiah sesuai spesialisasinya .4.

Peran serta dalam seminar/lokakarya Keanggotaan dalam Organisasi Profesi Keanggotaan dalam Tim Penilai Angka Kredit Widyaiswara Pembimbingan kepada Widyaiswara jenjang dibawahnya Perolehan gelar kesarjanaan yang tidak sesuai spesialisasinya Perolehan Piagam Kehormatan/Tanda Jasa . D. E. C. B.PENUNJANG A. F.

id .ditbin-widyaiswara.http://www.or.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful