Modul Praktikum Adobe Audition 3.

0

MODUL 2 MENGOLAH SUARA DENGAN ADOBE AUDITION 3.0
A. TUJUAN  Praktikan mampu melakukan pengeditan suara menggunakan Adobe Audition 3.0

B. ALOKASI WAKTU 4 JS (4 x 45 menit)

C. PETUNJUK
Awali setiap aktivitas dengan do'a, semoga berkah dan mendapatkan kemudahan. Pahami tujuan, dasar teori, dan latihan-latihan praktikum dengan baik dan benar. Kerjakan tugas-tugas praktikum dengan baik, sabar, dan jujur. Tanyakan kepada asisten/ guru apabila ada hal-hal yang kurang jelas.

D. DASAR TEORI Mengolah Suara dengan Adobe Audition 3.0

A

dobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang mudah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas

pengolahan suara. Dengan Adobe audition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programming stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah. Latihan berikut akan memandu Anda untuk mengenal Adobe Audition yang dimulai dari lingkungan Edit Waveform View.
SMK Negeri 12 Malang 1

memainkan. mengubah dan mengedit satu waveform. Gambar 2.Modul Praktikum Adobe Audition 3. Memainkan file suara Untuk memulai latihan bukalah sembarang dokumen yang ada pada PC Anda menggunakan menu File > Open. SMK Negeri 12 Malang 2 . Juga. Tampilan Splash Screen Adobe Audition E. Mengenal tampilan Edit View Anda dapat menggunakan Edit View untuk merekam. Tampilan Edit View 2. AKTIFITAS KELAS PRAKTIKUM 1.0 Gambar 1. Anda dapat menambah efek suara hingga mengurangi noise.

Secara horisontal Anda dapat menggunakan tombol Horisontal Zoom dan secara vertikal dengan tombol Vertical Zoom di bagian panel zoom. 3. Open File di Adobe Audition Karena stereo maka pada Waveform Display akan terlihat bentuk waveform yang terdiri dari dua bagian.0 Gambar 3. Gambar 4. Bagian atas menunjukkan channel kiri dan bawah berarti channel kanan. Secara umum Anda dapat mengontrol tampilan waveform secara horisontal dan vertikal.Modul Praktikum Adobe Audition 3. dan Playback cursor akan berjalan dari kiri ke kanan. SMK Negeri 12 Malang 3 . Tampilan Gelombang Audio Anda dapat mendengarkan suara seluruh waveform dengan menekan tombol Play. Menggunakan Zoom Berikut latihan yang tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana mengatur tampilan waveform agar dapat melihat waveform secara lebih detil.

Panel Zoom Setelah itu gunakan Time Ruler di bagian bawah layar atau Display Range Bar di bagian atas layar untuk menggeser tampilan waveform secara horisontal. Gambar 6. SMK Negeri 12 Malang 4 . Tekan tombol Play lagi untuk memainkan sebagian waveform.Modul Praktikum Adobe Audition 3. Tampilan Horizontal Zoom Gambar 7.0 Gambar 5. Tampilan Vertical Zoom 4. Maka akan terlihat blok dengan warna lain. Menyeleksi Waveform Berikutnya Anda dapat menyeleksi sebagian waveform dengan klik tombol kiri dan drag ke kanan atau kiri.

Menyeleksi gelombang seluruhnya SMK Negeri 12 Malang 5 . Arahkan pointer ke bagian atas channel kiri untuk memilih channel kiri saja. Gambar 10. Gambar 9. Anda dapat pula menyeleksi seluruh waveform dengan double klik.Modul Praktikum Adobe Audition 3.0 Gambar 8. atau bagian bawah channel kanan untuk memilih channel kanan saja. Menyeleksi gelombang secara keseluruhan Anda dapat pula menyeleksi sebagian waveform pada salah satu channel dengan cara sama. klik pada bagian tengah antara channel kiri dan kanan. Menyeleksi gelombang pada satu channel Dan untuk dapat memilih semua channel lagi.

Paste berguna untuk menambahkan data dari internal clipboard pada insertion point atau menggantikan bagian waveform yang terseleksi. yaitu Cut. Gambar 12. Maka bagian waveform yang terseleksi akan hilang. Copy berguna untuk memindahkan bagian waveform yang terseleksi ke dalam internal clipboard. Melakukan Editing Dasar Setelah Anda dapat menyeleksi waveform. Paste 6 SMK Negeri 12 Malang . Tampilan gelombang setelah di Cut 7. Gambar 11.0 5. bedanya Mix Paste akan mencampur antara waveform yang terseleksi atau mulai insertion point dengan data internal clipboard. 6. Copy. dan perhatikan panjang waveform setelah dipotong. kini Anda dapat berlatih untuk melakukan editing dasar. Cut berguna untuk memotong bagian waveform yang diseleksi dan memindahkannya ke dalam internal clipboard. Tampilan gelombang sebelum di Cut Dan kemudian gunakan menu Edit > Cut. Cut Anda dapat menyeleksi sebagian waveform. misalnya bagian akhir. Mix Paste hampir sama dengan Paste. Dan tekan tombol Play untuk mendengarkan hasilnya.Modul Praktikum Adobe Audition 3. Paste dan Mix.

Menyeleksi area gelombang Sebelumnya tentukan titik tertentu atau bagian gelombang yang terseleksi dimana sebagai tempat gelombang akan di Paste. Kemudian menggantikan bagian waveform yang terseleksi dengan data dari internal clipboard dengan menu Edit > Paste. Dan tekan tombol Play untuk mendengarkan hasilnya. Maka akan muncul Mix Paste Dialog di mana Anda dapat mengatur setting pencampuran waveformnya. Tampilan gelombang hasil Paste 8. SMK Negeri 12 Malang 7 .000. Gambar 14. Mix Paste Untuk mencoba Mix Paste Anda dapat membatalkan perintah terakhir dengan menu Edit > Undo.Modul Praktikum Adobe Audition 3.0 Berikutnya Anda dapat memindahkan data dari internal clipboard pada satu titik tertentu atau menggantikan bagian waveform yang terseleksi. Anda dapat memindahkan pointer ke posisi ke 0:04. Kemudian tekan tombol Play untuk mendengarkan hasilnya. Gambar 13. Tekan tombol Play untuk mendengarkan bagian yang terseleksi. Kemudian akhiri dengan menekan tombol OK. Kemudian gunakan menu Edit > Paste. Kemudian gunakan menu Edit > Mix Paste.

Modul Praktikum Adobe Audition 3. Tampilan Konfigurasi Mix Paste Gambar 16. Tampilan gelombang setelah Mix Paste SMK Negeri 12 Malang 8 .0 Gambar 15.

Buatlah gambar-gambar dibawah ini (print screen sebelum dan sesudah pengeditan)     membuka file suara mengcopy file suara memotong file suara melekatkan potongan file suara 4. Zoom To Selection. 3.ses Tugas 2 Edit sebuah lagu menjadi berdurasi 30 detik. LATIHAN 1. G.0 F. (print screen masing-masing fungsi yang sudah disebutkan). dan Zoom Out Vertically. Zoom In To Left Edge of Selection.Modul Praktikum Adobe Audition 3. Simpan pekerjaan anda dengan nama tugasmod02. Buatlah file suara baru. “Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna. TUGAS PRAKTIKUM Tugas 1 1.” ~ Einstein SMK Negeri 12 Malang 9 . Zoom Out Full Both Axes. Amati apa yang terjadi jika dilakukan Zoom In Horizontally. Coba lakukan penghilangan/ mendelete sebagian dari gelombang audio! (print screen sebelum dan sesudah gelombang didelete). Bukalah program Adobe Audition 2. 2. Zoom In to Right Edge of Selection. Zoom Out Horizontally. Zoom In Vertically. Gunakan Panel Zoom.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful