P. 1
Korsleting Listrik

Korsleting Listrik

|Views: 71|Likes:

More info:

Published by: Zachary Pradana Goodbyenightmare on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2013

pdf

text

original

NAMA KELAS NIM

: M. ANAM ARIF N : PTE-B : 125514036

MASALAH

Sering kita mendengar kata korleting atau biasa disebut hubung singkat. Korsleting adalah terjadinya hubungan antara kutub postif dengan negatif untuk arus DC ataupun hubungan fasa dengan fasa ataupun netral pada arus AC tanpa melalui tahanan guna sehingga mengakibatkan arus meningkat dan menjadi besar.

Korsleting atau hubung singkat biasa kita dengan menjadi penyebab kebakaran, itu karena besarnya arus yang melewati suatu penghantar kan membesar dan mengkibatkan panas yang berlebihan sehingga akan timbul api yang dapat membakar isolasi ataupun bahan-bahan yang berada disekitar pengahantar tersebut. Penyebab terjadinya korleting antara lain dapat disebabkan oleh isolator dari penghantar yang kurang baik sebagai akibat instalasi yang kurang baik, isolator yang telah getas atau sudah tidak memiliki daya isolator yang cukup baik, atau tingkat kelebapan lingkungan yang sangat tinggi dan beberapa penyebab lainnya.

Penyebab lain adalah dari kelalaian manusia sendiri contohnya seperti penggunaan peralatan listrik atau kable listrik yang melewati daya atau kuat hantar arus yang ditentukan mengakibatkan kabel menjadi panas sehingga mengakibatkan isolator kabel menjadi getas atau terbakar sehingga hubungan fasa antar fasa akan terjadi. Hal lain adalah modifikasi sekering atau fuse yang mengakibatkan fuse atau sekering tidak akan bekerja pada arus tertentu sehingga mengakibatkan arus yang meningkat tidak dapat diputuskan oleh fuse atau sekering sehingga arus yang besar terus akan merusak isolator penghantar.

sesuaikan dengan daya sambung jangan pernah lebihkan atau dikurangi. yang telah terjamin kwalitasnya dan berlebel resmi. Jauhkan listrik dari jangkauan anak-anak dari saklar atau stok kontak. karena anak-anak memegang listrik tanpa mengetahui akibatnya. Secara legal instalatir mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan instalasi. Lebih baik anda menjagajaganya lebih jauh sebelumnya.  Biasakan mengunakan material listrik seperti kabel atau stop kontak dan steker. toko. yaitu:  Percayakan pemasangan instalasi rumah/bangunan anda pada instalatir yang terdaftar sebagai anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) dan terdaftar di PLN. tapi . Jangan melihat dari murahnya harga barang tersebut tetapi tidak tahan panas dan mudah meledak.    Jangan biarkan sok kontak menumpuk pada satu sumber listrik(sekering). sering kita melihat rumah. akan berakibat sangat fatal dan mudah terjadi kebakaran. gudang juga pasarpasar. mall dan lainya terbakar akibat terjadinya konsleting listrik. dan langsung perbaiki atau ganti. Kabanyakan orang menganggap hal tidak terlalu penting yang akhirnya menyesal karena sudah terlambat menjaganya. Jadi jangan pernah anggap sepele terhadap aliran listrik yang berada disekitar ruangan anda. Disini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam menjaga konsleting listik dirumah anda dan coba mulai memperhatikannya dari sekarang.PEMECAHAN MASALAH Listrik sangat bahaya apabila terjadi konsleting. Karena itu sangat bahaya terkena benda cair. Periksa setiap kabel listrik yang terkelupas atau terbuka.

 Jangan menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat karena sambungan seperti itu akan terus menerus menumpuk menjadi panas panas yang akhirnya dapat mengakibatkan korsleting listrik. dan bunga api inilah yang memicu kebakaran. Gantilah instalasi rumah/bangunan anda secara menyeluruh minimal lima tahun sekali. Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air bila masih ada arus listrik. tindakan itu juga tergolong tindak kejahatan yang dipidanakan. PLN telah memasang MCB yang terpadu dengan kWh dan OA Kast yang berfungsi sebagai pembatas bila pemakaian beban melebihi kapasitas daya sekaligus sebagai pengaman bila terjadi hubungan arus pendek.  Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik.  Belajarlah memperhatikan lingkungan sekitar anda yang berdekatan aliran listrik atau kabel-kabel yang mendekati dan menyentuk jaringan listrik dan jangan pernah coba-coba menyantol listrik dari aliran yang salah dan mengitakatik KWH bila tidak paham juga yang paling sering terjadi jangan coba mencuri aliran listrik secara tidak sah karena berakibat sangat fatal.  Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel.  Anda juga perlu mengetahui bahwa hubungan arus pendek atau korsleting adalah kontak langsung antara kabel positif dan negatif yang biasanya dibarengi dengan percikan bunga api. matikan segera listrik dari kWh meter.  Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya. pekerjaan pemeriksaan dan penggantian sebaiknya dilakukan oleh instalatir anggota AKLI dan terdaftar di PLN.  Jika sering putus jangan menyambungnya dengan serabut kawat yang bukan fungsinya karena setiap sekring telah diukur kemampuan menerima beban tertentu. bila ada isolasi yang terkupas atau telah menipis agar segera dilakukan penggantian.carilah yang memang bisa menjaga kekuatan sumber arus listrik pada barang tersebut dan terjamin serta memiliki sertifikat Sistim Pengawasan Mutu (SPM) yang berlabel tulisan. .  Hindari pemakaian listrik secara illegal karena disamping membahayakan keselamatan jiwa.

Lebih baik anda menjaga-jaganya lebih jauh sebelumnya. Karena itu sangat bahaya terkena benda cair. Beberapa cara apabila terjadi korsleting listrik antara lain : 1.KESIMPULAN Korsleting atau hubung singkat biasa kita dengan menjadi penyebab kebakaran. karena anak-anak memegang listrik tanpa mengetahui akibatnya. Penyebab terjadinya korleting antara lain dapat disebabkan oleh isolator dari penghantar yang kurang baik sebagai akibat instalasi yang kurang baik. Percayakan pemasangan instalasi rumah/bangunan anda pada instalatir yang terdaftar sebagai anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) dan terdaftar di PLN. Jauhkan listrik dari jangkauan anak-anak dari saklar atau stok kontak. Oleh karena itu kita harus berhati-hati apabila kita menggunakan listrik. . sesuaikan dengan daya sambung jangan pernah lebihkan atau dikurangi. 3. isolator yang telah getas atau sudah tidak memiliki daya isolator yang cukup baik. 4. 2. dan langsung perbaiki atau ganti. Secara legal instalatir mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan instalasi. atau tingkat kelebapan lingkungan yang sangat tinggi dan beberapa penyebab lainnya. itu karena besarnya arus yang melewati suatu penghantar kan membesar dan mengkibatkan panas yang berlebihan sehingga akan timbul api yang dapat membakar isolasi ataupun bahan-bahan yang berada disekitar pengahantar tersebut. Periksa setiap kabel listrik yang terkelupas atau terbuka. Jangan biarkan sok kontak menumpuk pada satu sumber listrik(sekering).

bila ada isolasi yang terkupas atau telah menipis agar segera dilakukan penggantian. dan bunga api inilah yang memicu . Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik. Jika sering putus jangan menyambungnya dengan serabut kawat yang bukan fungsinya karena setiap sekring telah diukur kemampuan menerima beban tertentu. matikan segera listrik dari kWh meter. Gantilah instalasi rumah/bangunan anda secara menyeluruh minimal lima tahun sekali. tapi carilah yang memang bisa menjaga kekuatan sumber arus listrik pada barang tersebut dan terjamin serta memiliki sertifikat Sistim Pengawasan Mutu (SPM) yang berlabel tulisan. Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel. Jangan menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat karena sambungan seperti itu akan terus menerus menumpuk menjadi panas panas yang akhirnya dapat mengakibatkan korsleting listrik. pekerjaan pemeriksaan dan penggantian sebaiknya dilakukan oleh instalatir anggota AKLI dan terdaftar di PLN. 11. Belajarlah memperhatikan lingkungan sekitar anda yang berdekatan aliran listrik atau kabel-kabel yang mendekati dan menyentuk jaringan listrik dan jangan pernah coba-coba menyantol listrik dari aliran yang salah dan mengitakatik KWH bila tidak paham juga yang paling sering terjadi jangan coba mencuri aliran listrik secara tidak sah karena berakibat sangat fatal. 12. 10. Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya. Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air bila masih ada arus listrik. 6. yang telah terjamin kwalitasnya dan berlebel resmi. Anda juga perlu mengetahui bahwa hubungan arus pendek atau korsleting adalah kontak langsung antara kabel positif dan negatif yang biasanya dibarengi dengan percikan bunga api. 7.5. 8. 9. Biasakan mengunakan material listrik seperti kabel atau stop kontak dan steker. Jangan melihat dari murahnya harga barang tersebut tetapi tidak tahan panas dan mudah meledak.

.kebakaran. 13. PLN telah memasang MCB yang terpadu dengan kWh dan OA Kast yang berfungsi sebagai pembatas bila pemakaian beban melebihi kapasitas daya sekaligus sebagai pengaman bila terjadi hubungan arus pendek. Hindari pemakaian listrik secara illegal karena disamping membahayakan keselamatan jiwa. tindakan itu juga tergolong tindak kejahatan yang dipidanakan. kita harus berhat-hati bila kita sedang menggunakan listrik. Untuk itu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->