P. 1
Hasil Identifikasi Batuan Secara Fisik

Hasil Identifikasi Batuan Secara Fisik

|Views: 50|Likes:
Published by Suyati Ningsih

More info:

Published by: Suyati Ningsih on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2013

pdf

text

original

Hasil Identifikasi Batuan Secara Fisik

1. Andalusit Al2(O/SiO4) Warna Cerat/ goresan Belahan Kekerasan :jingga kehitaman dengan terdapat pengotor hehitaman. : putih :tidak rata :keras tidak bisa di gores dengan kuku

Kelarutan dalam asam :Kilap Bentuk Kristal :tidak memiliki kilap logam :-

Gambar 1 : andalusit yang diamati

Berdasarkan literature yang di peroleh adalah kekerasan 7-7,5 skala mohs, berat jenis 3,16-3,20, warna merah, hijau, kecoklatan. Andalusit adalah suatu polimorf dengan dua mineral yang lain; kianit dan silimanit. Suatu polimorf adalah suatu mineral bahwa ilmu kimia yang sama hanya suatu struktur hablur yang berbeda dengan yang lain, atau yang lain, mineral. Suatu variasi yang unik dari andalusit disebut "chiastolite". Itu berisi tanah liat coklat atau hitam dan/atau material yang inclusioned mengandung zat arang di dalam kristal. Pemasukan-pemasukan ini diatur di dalam bentukbentuk simetris yang reguler. Biasanya mereka adalah dalam wujud suatu salib atau X.

§ Mineral-mineral Dihubungkan adalah kordirit. : putih. dapat di gores dengan kuku. biotit. § Kristal-kristal ketransparanan bersifat bening kepada translusen. § Perpecahan adalah baik dalam dua arah. Cerat yang diperoleh baik saat identifikasi maupun literature adalah sama yaitu putih. pemasukan-pemasukan (jika masa kini) dan kekerasan Perbandingan antara data dan literature adalah pada warna batuan. warna. coklat dan hijau.638. Dalam identifikasi belahan yang di peroleh tidak rata hal ini sesuai dengan literature yaitu dalam 2 arah.5 mosh § Bobot Jenis adalah kira-kira 315+ (di atas rata-rata) § Lapisan adalah putih. § Sistem Hablur adalah Orthorhombic. Indeks bias adalah 1. merah. Dolomite CaMg(CO3)2 Warna Cerat/ goresan :putih kekeruhan dengan pengotor kuning. saat dilakukan identifikasi fisik di dapat warna jingga kehitaman sedangakan dalam literature berwarna puti merah . feldspar-feldspar.5 mosh dan tidak memiliki kilap logam melainkan kilat kaca. § Kekerasan adalah 7. § Karakteristik lain: pemasukan-pemasukan gelap menghasilkan bentuk silang membentuk di dalam variasi.Karakteristik Fisik Andalusite: § Warna adalah putih. 2.632-1. § Tempat Yang Terkemuka termasuk Andalusia. AS dan Negeri China. coklat. 2/m2/m2/m § Kebiasaan-kebiasaan Kristal termasuk kristal-kristal seperti prisma/aneka warna dengan suatu potongan melintang yang bujur sangkar yang diakhiri oleh suatu pinakoid. jeruk dan hijau. Andalusit termasuk dalam batuan keras berdasar literatur kekerasannya mencapai 7. California. kianit dan silimanit. Spanyol. Kilau adalah seperti kaca. § Indikator Terbaik adalah kebiasaan kristal. kwarsa. . § Retak adalah splintery ke(pada subconchoidal). Austria. chiastolite. juga raksasa dan berisi butir kecil.

Bentuk Kristal :- Gambar 2: Dolomit yang diamati Berdasarkan literature diperoleh data CaMg(CO3)2 merupakan mineral yang mempunyai warna putih-pink. sistem kristal heksagonal.Belahan Kekerasan : rata :keras Kelarutan dalam asam :Kilap :sedikit mengkilap logam yang artinya lebih dominan pada kilap non logam yang disebut kilap kaca. pecahan subkonkoidal. belahan sempurna. . cerat putih. juga dapat terbentuk pada lingkungan laut akibat proses dolomitisasi batugamping dan proses metamorfik (dolostone protoliths). Terbentuk dari proses hidrotermal pada suhu yang rendah berupa urat. kilap kaca.

2H2O Warna Cerat/ goresan Belahan Kekerasan :putih susu : putih.Gambar 3: dolomite hasil literatur 3. Gips CaSO4. : rata :keras Kelarutan dalam asam :Kilap Bentuk Kristal :tidak memiliki kilap logam :- Gambar 4: gips yang diamati . dapat di gores dengan kuku.

Sebagai mineral evaporit. Gipsum umumnya mempunyai sifat lunak. namun terdapat warna lain tergantung kepada mineral pengontrolnya. 1959 ) yaitu :   Endapan danau yang berasosiasi dengan belerang Endapan pirit di daerah batu gampingan Pembentukan yang mula-mula hanya kecil seperti jarum. yang disebut Gips anhidrid (gips tampa air). dan apabila membentuk batu padat terdapat 2 kemungkinan yaitu : . lempung. dan selenit.35. . Gipsum umumnya berwarna putih.8 gr/l pada 00C yang meningkat menjadi 2.2H2O. molekul air yang terikat itu mulai dapat menguap.31 – 2. batupasir. Gipsum dapat diklasifikasikan berdasarkan tempat terjadinya (Berry. ketika salinitas makin bertambah.Berdasarkan literature Gips merupakan batuan sedimen. satin spar. serpih merah. endapan gypsum berbentuk lapisan di antara batuan-batuan sedimen batugamping. kemudian menyatu. berasosiasi dengan belerang. pejal. yang terbentuk dari proses kimia di alam dengan bantuan kapur dan sulfat. terbentuk sekitar fumarol volkanik. namun terdapat variasi warna lain. Rumus kimia Gips alam yang lengkap adalah CaSO4 . Gipsum terbentuk dalam kondisi berbagai kemurnian dan ketebalan yang bervariasi. Klasifikasi gypsum ( berry. umumnya bewarna putih.2H2O) mempunyai kelompok yang terdiri dari gypsum batuan. abu-abu. gipsit alabaster. hal ini tergantung mineral pengotor yang berasosiasi dengan gypsum. Gipsum (CaSO4. efflorescence pada tanah atau goa-goa kapur. merah jingga. serta sering pula berbentuk endapan lensa-lensa dalam satuan-satuan batuan sedimen.1 gr/l pada 400C. tapi menurun lagi ketika suhu semakin tinggi. dan akan menguap secara keseluruhan sehingga tinggal berumus CaSO4.Bewarna putih pudar ( gips putih / gips alba ) . Gipsum merupakan garam yang pertama kali mengendap akibat proses evaporasi air laut diikuti oleh anhidrit dan halit. 1959). seperti warna kuning. penudung oksida besi (gossan) pada endapan pirit di daerah batu gamping. yaitu: endapan danau garam. berat jenis 2. tudung kubah garam.5 – 2 (skala mohs). memadat selunak kuku jari. Bila hablur batuan ini terkena panas mulai diatas 45°C. dan hitam. maka terjadi senyawa baru yang membentuk CaSO4. kekerasan 1.Berupa batuan bening berlapis-lapis yang dapat dibelah tipis (gips maria). kelarutan dalam air 1. dan garam batu.

Daftar pustaka: (http://kk.blogspot.convdocs.org/docs/index-105085.com/2011/11/mineral-andalusite.com/2012/10/petrologi-seluk-beluk-batuan_8582.html). (http://semangatgeos.html?page=3). .id/data/Gipsum/ulasan.diakses tanggal 1 mei 2013. diakses tanggal 1 mei 2013.esdm.blogspot.asp?xdir=Gipsum&commId=15&comm=Gi psum). (http://geoenviron.html). diakses tanggal 1 mei 2013.go.tekmira. diakses tanggal 1 mei 2013. (http://www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->