P. 1
Pengaruh Radiasi Gelombang Elektromagnetik

Pengaruh Radiasi Gelombang Elektromagnetik

|Views: 46|Likes:
Published by Susanti
Pengertian dan Pengaruh Radiasi Gelombang Elektromagnet pada kehidupan sehari-hari
Pengertian dan Pengaruh Radiasi Gelombang Elektromagnet pada kehidupan sehari-hari

More info:

Published by: Susanti on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/12/2013

pdf

text

original

PENGARUH RADIASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK TERHADAP KESEHATAN MANUSIA I.

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Kata radiasi dikalangan masyarakat dianggap kata yang menyeramkan karena dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan dan keselamatan manusia. Semakin berkembangnya IPTEK manusia semakin banyak menggunakan alatalat elektronika dalam kehidupan sehari-hari misalnya ponsel, televisi, radio, laptop dll. Alat tersebut sebenarnya adalah sumber dari radiasi gelombang elektromagnetik. Radiasi tidak hanya berasal dari alat-elektronika tetapi juga bisa ditimbulkan dari panas matahari dan cahaya lampu. Radiasi pada dasarnya adalah suatu cara perambatan energi dari sumber energi ke lingkungannya tanpa membutuhkan medium. Spektrum gelombang elektronika yang kita ketahui mencakup tentang frekuensi yang lebar. Gelombang radio, sinyal televisi, sinar radar, cahaya tampak, sinar x, sinar gamma merupakan contoh dari gelombang elektromagnetik. Tubuh manusia akan tersinari oleh frekuensi gelombang elektromagnetik. Tingkat paparan gelombang elektromagnetik dari berbagai frekuensi ini berubah secara signifikan sejalan dengan perkembangan teknologi yang dapat membahayakan bagi kesehatan manusia. Banyak kalangan mengatakan bahaya paparan radiasi gelombang elektromagnetik bagi penggunanya. Berdasarkan hal diatas akan dijelaskan secara garis besar gelombang elektromagnetik dan pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.

B. TUJUAN 1. Mengetahui sejauh mana pengaruh radiasi gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan manusia.

II.

RUMUSAN MASALAH 1. Bagaimana pengertian gelombang elektromagnetik dan besaran-besaran gelombang elektromagnetik ?

yang saling tegak lurus. dan A adalah luas permukaan yang ditembus oleh suatu radiasi dengan satuan m 2. Pengertian gelombang elektromagnetik besaran-besaran yang dimiliki gelombang elektromagnetik. Gelombang yang lengkap itu sendiri terdiri atas satu bukit dan satu lembah. P adalah besar daya yang diterima dengan satuan W. dimana I adalah besar intensitas radiasi dengan satuan W/m2. Gelombang elektromagnetik memiliki beberapa besaran diantaranya yaitu panjang gelombang (λ). Besaran lainnya yaitu kecepatan gelombang dimana memiliki rumus v=λ. ultra ungu (violet). dan gelombang radio. infra merah. Adapun kebalikan dari frekuensi adalah periode (T). Gelombang elektromagnetik merupakan perpaduan antara gelombang yang dihasilkan oleh dua energi. gelombang televisi. jika frekuensi suatu gelombang besar. Jadi dari hal diatas jika frekuensinya tinggi dan panjang gelombanggya rendah akan terjadi radiasi gelombang elektromagnetik yang tinggi pula. yaitu energi listrik dan energi magnet. yaitu panjang satu gelombang yang lengkap. maka panjang gelombangnya semakin kecil dan begitupun sebaliknya. PEMBAHASAN 1.f dan f=1/T. selanjutnya berturut-turut adalah sinar X. Besaran selanjutnya adalah frekuensi (f). gelombang mikro (radar). Radiasi yang dikeluarkan oleh sebuah gelombang elektromagnetik tergantung pada besar kecilnya frekuensi yang dimilikinya. cahaya tampak. jika jarak sumber radiasi . Gelombang elektromagnetik dengan frekuensi yang besar juga memiliki energi yang besar. Bagaimana pengaruh radiasi gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan manusia? III. Dari persamaan di atas dapat diketahui bahwa frekuensi gelombang berbanding terbalik dengan panjang gelombangnya. Artinya.2. yaitu banyaknya gelombang yang diperlukan per satuan waktu yang dinyatakan dengan Herzt (Hz) atau sekon. jarak dan waktu. yaitu waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran. Intensitas energi yang diradiasikan oleh gelombang diperoleh dengan menggunakan persamaan I=P/A. Gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi paling besar adalah sinar gamma. Sinar x atau sinar gamma disebut radiasi ionisasi karena dapat mengionisasi molekul pada jalur yang dilaluinya.

a. b. suara akan ditulis dalam sebuah kode tertentu ke dalam gelombang radio dan selanjutnya diteruskan melalui antena ponsel menuju base station terdekat dimana kita melakukan panggilan.1 m Tesla untuk medan magnet. PLN melakukan pengukuran kuat medan listrik dengan alat Elektromagnetic Field Meter. 2. perubahan pada jaringan mata. . dimanapun kita melakukan panggilan. Alat elektronika menstransmisikan energi melalui saluran transmisi dengan menyalurkannya lewat udara. dan keperluan lainnya. gangguan pada reproduksi. tumor. Ambang batas kekuatan medan magnet yang tidak membahayakan tubuh manusia sebesar 5 kV/m untuk medan listrik dan 0. Efek yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia yaitu:  Efek fisiologis Efek yang ditimbulkan adalah gangguan pada organ-organ tubuh manusia berupa. kepala pening.  Efek psikologis Efek yang ditimbulkan adalah stress dan ketidaknyamanan karena penyinaran radiasi berulang-ulang. termasuk retina dan lensa mata. keletihan menahun. hilang ingatan. Ponsel Manusia telah menemukan peralatan yang menghasilkan energi elektromagnetik untuk berkomunikasi. Saluran Transmisi Tenaga Listrik (PT. sensor. Gelombang radio inilah yang menimbulkan radiasi gelombang elektromagnetik. pening. Adapun pengaruh dari SUTET tehadap kesehatan manusia yaitu sekumpulan gejala hipersensivitas yang dikenal dengan electrical sensitivity yaitu berupa sakit kepala. Salah satu alat elektronika yang banyak digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi yaitu ponsel.dengan suatu materi saling berdekatan maka inetensitas radiasi yang didapat juga akan tinggi pula. deteksi. kanker otak dan pendengaran. 2006) Dalam pembangungan sarana ketenagalistrikan akan memberikan dampak radiasi gelombang elektromagnetik secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan manusia. PLN. Ponsel adalah alat komunikasi dua arah yang menggunakan gelombang radio atau dikenal dengan radio frequency (RF).

pening. gangguan pada reproduksi.IV. kanker otak dan pendengaran. KESIMPULAN 1. termasuk retina dan lensa mata. 2006) Penyakit yang ditimbulkan dari radiasi saluran transmisi tenaga listrik yaitu sekumpulan gejala hipersensivitas yang dikenal dengan electrical sensitivity yaitu berupa sakit kepala. perubahan pada jaringan mata. Ponsel Penyakit yang ditimbulkan dari radiasi ponsel yaitu gangguan pada organorgan tubuh manusia berupa. perubahan pada jaringan mata. gangguan pada reproduksi. 2. keletihan menahun. Radiasi Gelombang elektromagnetik merupakan perpaduan antara gelombang yang dihasilkan oleh dua energi. Dampak bagi kesehatan manusia diantaranya yaitu gangguan pada organ-organ tubuh manusia berupa. dan stress b. PENUTUP Alat-alat elektronika yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang ada disekitar manusia selain memberikan manfaat bagi manusia tetapi dapat menimbulkan suatu radiasi. kanker otak dan pendengaran. yaitu energi listrik dan energi magnet. Saluran Transmisi Tenaga Listrik (PT. Hal yang berpengaruh terhadap radiasi gelombang elektomagnetik yaitu frekuensi serta dengan suatu materi. tumor. dan stress. termasuk retina dan lensa mata. PLN. hilang ingatan. jarak dan waktu antara sumber radiasi V. yang saling tegak lurus. Pengaruh radiasi gelombang elektromagnetik bagi kesehatan manusia a. . hilang ingatan. Penggunaan alat-alat yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik yang salah dan dalam jangka waktu yang lama dapat terkena dampak buruk dari paparan radiasi gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan manusia. Radiasi ini berupa radiasi gelombang elektromagnetik yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. tumor.

Sistem reproduksi. Hipersensitivitas yang bermanivestasi timbulnya berbagai gejala / keluhan panyakit. berupa gangguan pada pembentukan sperma. Juni 1993. Jakarta: PT Bineka Cipta. terutama reproduksi pria. IEEE Spectrum. 2000. sarana kerja.43 Kobb. M. IEEE Spectrum.VI. Dasar-Dasar Proteksi Radiasi. Fischetti. sehingga mengganggu persyarafan organ tubuh. pengobatan. Kehadiran medan listrik dan medan magnet disekitar keidupan manusia tidak dapat dirasakan indera manusia. kecuali jika intensitasnya cukup besar dan terasa pada orang yang hiper-sensitive saja. terutama terjadinya leukemia (kanker darah) maupun lymphoma malgnum (kanker kelenjar getah bening yang ganas). Sistem indokrin. terutama gangguan terhadap irama jantung. The Cellular Phone Scare. Sumber radiasi dapat berupa alat-alat listrik berenergi tinggi oleh sebab itu semakin banyak orang memakai listrik untuk melakukan aktifitas sehari-hari maka semakin banyak pancaran radiasi elektromagnetik. Perspektif dari jurnal lain: Kehidupan manusia tidak terlepas dari energi listrik. Anies. 1993. baik di rumah tangga. DAFTAR PUSTAKA Akhadi. dan kegiatan lainnya. . Sistem kardiovaskuler. Juni 1993. Personal wireless. 2006. 1993. Sistem saraf dengan degenerasi saraf. Jakarta:PT Elex Media Komputindo. Potensi Gangguan Kesehatan Akibat Radiasi Elektromagnetik SUTET. dengan akibat antara lain insomnia maupun irama sirkadian. berupa perubahan melatoin. B. hal. Gangguan kesehatan akibat radiasi gelombang elektromagnetik yaitu gangguan terhadap pembentukan sel-sel darah.Z. M.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->