Makalah

ILMU PENDIDIKAN
(Pendidikan Islam di Indonesia)

DI S U S N OLEH SHALICHIN MUSTAFA FAJRI

FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH BANDA ACEH 1434 H / 2013 M

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis Dapat menyusun makalah ini tepatpada waktunya. Makalah ini membahas tentang “Alam Semesta dan Tata Surya” Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.

Banda Aceh,

Maret 2013

Penulis

Alam Semesta dan Tata Surya |

i

......................... BENDA-BENDA LAIN DALAM TATA SURYA ......DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ................................................. DAFTAR ISI ...........1 Latar Belakang ............................................................................................ BUMI ................... F.................. 1............................ E........................................... B...................................................... ASAL-USUL TATA SURYA .................................... BAB II PEMBAHASAN A........................................ D.... 16 16 17 Alam Semesta dan Tata Surya | ii ............................................. ABSTRAK ..............2 Rumusan Masalah ............................................................................................................................................. i ii iii 1 2 2 3 6 7 10 13 14 BAB III PENUTUP A................................................................................................ 1............................................................ B....................... DAFTAR PUSTAKA..................................................... BAB I PENDAHULUAN 1................... BAGIAN-BAGIAN TATA SURYA ............................................................................................. ALAM SEMESTA ....................... SUSUNAN TATA SURYA................................................... SARAN .... C....................................................................... KESIMPULAN .........3 Tujuan ..........................

dan sebagainya. dikelilingi oleh kelompok-kelompok bintang yang sangat dekat satru dengan lain (Cluster) dan juga dikelilingi oleh gumpalan-gumpalan kabut gas pijar yang lebih kecil dari pusatnya (nebula) dan tebaran ribuan bintang. satelit. Matahari merupakan pusat tata surya kita ini.000 = 150 juta km.BAB I PENDAHULUAN A. Galaksi merupakan kumpulan bintang-bintang yang jumlahnya tidak kurang 100 Milyar termasuk diantaranya matahari. Oleh karena itu kita wajib menjaga dan melestarikan bumi agar anak cucu kita bisa menikmatinya. Latar Belakang Terdapat banyak sekali benda-benda di alam semesta ini. Perhitungan jarak sebagaimana dijelaskan di atas. bintang. dapat digambarkan sebagai berikut . Keseluruhan itu termasuk matahari selanjutnya disebut Galaksi. Mulai dari planet. galaksi. dan komet. Dalam 1 detik cahaya dapat menempuh jarak sejauh 300. Berdasarkan hasil pengamatan para astronom dengan menggunakan teropong binokular atau teleskop yang mutakhir bahwa di alam semesta ini terdapat bintangbintang beredar mengikuti suatu pusat berupa kabut gas pijar yang sangat besar. menurut para ahli ternyata galaksi itu jumlahnya banyak. dan galaksi tetangga bhima sakti yang berhasil dapat dilihat oleh para astronom adalah galaksi andromeda. Alam semesta mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia ataupun sebaliknya. Manusia hidup di planet bumi. meteor.000 km sedang jarak bumi ke matahari = 8 . dsb. Bumi menyediakan segala kebutuhan hidup manusia seperti udara. Alam Semesta dan Tata Surya | 1 . Kumpulan bintang-bintang di dalam galaksi bentuknya menyerupai lensa cembung yang pipih atau cakram dengan garis tengah sepanjang 100 tahun cahaya dan tebalnya 10 tahun cahaya. air. dan galaksi dimana bumi kita berinduk diberi nama galaksi Milky way atau Bhima Sakti. Berarti jarak bumi dengan matahari = 500 x 300. Posisi matahari sebagai pusat tata surya berada pada jarak 30 tahun cahaya dari pusat galaksi. 1/3 menit cahaya atau 500 detik cahaya.

Mengenal Planet Bumi C. Untuk mengetahui planet Bumi Alam Semesta dan Tata Surya | 2 . Untuk menjelaskan tentang Bagaimana susunan Tata Surya 2.B. Untuk menjabarkan Apa saja bagian-bagian dari tata surya 3. Untuk menjelaskan asal-usul tata surya 5. Apa saja yang menjadi bagian dari tata surya? 3. Benda-benda lain dalam tata surya 4. Tujuan 1. Asal-usul tata surya 5. Bagaimana Susunan Tata Surya? 2. Untuk menjelaskan benda-benda yang terdapat dalam tata surya 4. Rumusan Masalah 1.

Yang disebut alam semesta. Jagat raya terdiri atas galaxi-galaxi atau sistem bintang yang jumlahnya ribuan. Berikut ini adalah pandangan-pandangan yang dikemukakan oleh mereka yang mempelajarinya. Setelah ada pengamatan dan pemikiran yang lebih teliti dan maju oleh orang-orang sesudah zaman itu. Istilah Semesta atau Jagad Raya dapat digunakan dalam indra kontekstual yang sedikit berbeda. Pada zaman dahulu orang Yunani mengira bahwa langit itu sangat dekat dengan bumi dan bumi dianggap sangat kecil bila dibandingkan dengan langit tadi. melahirkan beberapa pandangan. tidak terhingga. dunia. b. yang menunjukkan konsep-konsep seperti kosmos. Pengertian Alam Semesta. tetapi ada batasan-batasannya yang belum dapat diketahui. Jagat raya diduga bentuknya melengkung dan dalam keadaan memuai. ALAM SEMESTA 1. dan lain-lain. Dewa tersebut diantaranya dewa Holios yang diakui sebagai dewa Matahari. seluruh ruang dan waktu. Asal Usul Alam Semesta. 1) Pandangan Orang Yunani Kuno. sedang dewa Zeus diakui sebagai dewa Guntur. jagat raya atau antariksa yaitu ruangan yang meluas ke segala arah.BAB II PEMBAHASAN A. Alam Semesta dan Tata Surya | 3 . dan segala bentuk materi serta energi. Mengenai bagaimana asal usul alam semesta. Ptolomeus. Alam Semesta juga dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dianggap ada secara fisik. Pandangan-pandangan tersebut kemudian berkembang sesuai dengan kemajuan serta perkembangan zaman. seperti Pythagoras. maka anggapan tersebut lama kelamaan tidak diikuti lagi oleh masyarakat. atau alam. Mereka mengira bahwa bumi itu diatur oleh beberapa dewa. Aristoteles.

Venus. Aristoteles juga tidak percaya dengan dongeng para pendeta yang menceritakan bahwa dewa Helios dan dewa-dewa lain bersemayam di gunung Olympus. langit Yupiter dan langit Saturnus. Aristoteles juga mengajarkan kepada para pengikutnya bahwa semua benda-benda langit beredar mengelilingi bumi. langit Mars. seorang ahli filsafat yaitu Aristoteles mencoba menerangkan bahwa benda-benda langit melakukan peredaran. 100 tahun setelah Aristoteles. Setelah 200 tahun setelah Pythagoras. Ia juga berpendapat bahwa di atas bumi terdapat lapisan-lapisan langit berjumlah delapan. Namun ia tidak dapat menjelaskan apa yang menggerakkan benda-benda langit tersebut serta apa yang membuat benda-benda tersebut dapat melayang dan tidak pernah jatuh. kemudian di atasnya lagi terdapat langit matahari. Langit yang terendah dan terdekat dengan bumi yaitu langit bulan yang beredar mengelilingi bumi dan “terikat” pada bumi. planet-planet dan bintang-bintang semuanya beredar mengelilingi bumi. 3) Pandangan menurut Aristoteles.2) Pandangan menurut Pythagoras. Mars dan planet-planet lain. Ia menyusun sebuah teori tentang cakrawala yang juga disebut kosmos. yang mana masing-masing langit terdiri dari Kristal (kaca) yang tembus cahaya. Akhirnya ia dijuluki sebagai seorang Atheis dan kemudian ia diusir dari negaranya sampai ia meninggal di negeri asing. Ia mencoba menerangkan tentang peredaran Bulan. Dia beranggapan bahwa bumi itu berbentuk bulat sehingga dapat dikatakan bahwa bumi itu tidak berujung pangkal. Di atas langit tersebut terdapat langit Merkurius dan langit venus. 4) Pandangan menurut Ptelomeus. Pythagoras yang lahir 2500 tahun yang lalu. Akibatnya para pendeta marah dengan pandangan Aristoteles yang dianggap merusak agama. oleh karena itu teori ini disebut sebagai teori Alam Semesta dan Tata Surya | 4 . Aristoteles berpendapat bahwa matahari. muncullah seorang ahli filsafat yaitu Ptolomeus. Sedangkan pada langit-langit ke delapan terdapat bintangbintang. beranggapan bahwa bumi bukanlah merupakan suatu padang yang luas.

geosentris. Kosmogoni yang mempelajari asal-usul alam semesta tadi telah diperluas menjadi Kosmologi yang tidak hanya mempelajari asal-usul dan evolusi alam semesta. Namun setelah 200 tahun Ptolomeus meninggal. yaitu distribusi atau penyebaran materi-materi yang sangat luas di antariksa dengan pergerakan yang sangat cepat di alam semesta. 6) Pandangan menurut Galileo Galilei. melainkan sebuah bola besar dengan empat buah pengiringnya. Pada tanggal 7 januari 1610. tetapi diperluas meliputi isi alam semesta dan organisasinya. Namun sekarang. 7) Pandangan Modern terhadap Asal-Usul Alam Semesta. akibatnya ia dihukum (dipenjara) oleh Pengadilan Gereja sampai ia meninggal. yang bersangkutan akan dihukum. kedokteran dan ilmu mesin. dengan menggunakan teleskop ia menemukan bahwa Yupiter bukan hanya sebuah titik cahaya. gereja memiliki kekuasaan yang sangat besar. Ia juga membenarkan teori Copernicus. Dari hasil penyelidikannya ia menarik kesimpulan bahwa hanya bulan yang benar-benar mengelilingi bumi. Pada masa itu. Dasar pengamatan tentang kosmologi bersumber pada dua hal. Karena penemuannya bertentangan dengan pandangan gereja. 5) Pandangan menurut Copernicus. oleh para ahli astronomi modern. Galileo galilei hidup pada zaman setelah ditemukan teleskop. Dahulu ilmu yang mempelajari tentang asal-usul alam semesta dinamakan Kosmogoni. Bertahun-tahun ia menyelidiki tentang bintang-bintang dan planet-planet. tetapi semuanya beredar mengelilingi matahari. maka ia merahasiakan penemuannya tersebut. Selain itu ia juga menemukan jalur hitam di permukaan bulan yang diduga sebagai laut atau samudra. Namun ia sangat menggemari astronomi. sehingga pendapat-pendapat yang bertentangan dengan gereja. yang merupakan alat yang sangat penting bagi pengamatan benda-benda langit. Copernicus adalah anak seorang uskup agama Khatholik. Alam Semesta dan Tata Surya | 5 . Ia disekolahkan ke Italia untuk belajar teologi. farmasi. sedangkan planet-planet lain tidak. kebenaran teorinya baru diakui oleh gereja Kristen.

Objek yang berjarak lebih dekat dari matahari (sumbu semi-mayor-nya lebih kecil) memiliki tahun waktu yang lebih pendek. sementara komet dan objek-objek sabuk Kuiper biasanya memiliki beda sudut yang sangat besar dibandingkan ekliptika. asteroid dan objek sabuk Kuiper kebanyakan orbitnya berbentuk elips. Orbit planet-planet bisa dibilang hampir berbentuk lingkaran. tetapi sejauh ini tidak satu teori pun telah diterima. dengan beberapa perkecualian.[5] Yupiter dan Saturnus. sebuah bintang deret utama kelas G2 yang mengandung 99. Beberapa upaya telah dicoba untuk menentukan korelasi jarak antar orbit ini (hukum Titus-Bode). sedangkan komet. Pada orbit elips. Untuk mempermudah representasi. Venus terletak sekitar sekitar 0. semakin besar jarak antara objek itu dengan jalur edaran orbit sebelumnya. Alam Semesta dan Tata Surya | 6 .B. Semua objek Tata Surya bergerak tercepat di titik perihelion dan terlambat di titik aphelion. Jarak terdekat antara objek dengan matahari dinamai perihelion.3 SA dari Yupiter. sedangkan jarak terjauh dari matahari dinamai aphelion. Hukum Gerakan Planet Kepler menjabarkan bahwa orbit dari objek-objek Tata Surya sekeliling matahari bergerak mengikuti bentuk elips dengan matahari sebagai salah satu titik fokusnya. mencakup kira-kira 90 persen massa selebihnya. sedangkan Saturnus adalah 4. semakin jauh letak sebuah planet atau sabuk dari matahari.86 persen massa dari sistem dan mendominasi seluruh dengan gaya gravitasinya.33 satuan astronomi (SA) lebih dari Merkurius[d].5 SA dari Uranus. SUSUNAN TATA SURYA Komponen utama sistem Tata Surya adalah matahari. jarak antara objek dengan matahari bervariasi sepanjang tahun. dan Neptunus terletak 10. kebanyakan diagram Tata Surya menunjukan jarak antara orbit yang sama antara satu dengan lainnya. Planet-planet dan objek-objek Tata Surya juga mengorbit mengelilingi matahari berlawanan dengan arah jarum jam jika dilihat dari atas kutub utara matahari. yang umumnya dinamai ekliptika. Hampir semua objek-objek besar yang mengorbit matahari terletak pada bidang edaran bumi. Sebagai contoh. Semua planet terletak sangat dekat pada ekliptika. terkecuali Komet Halley. dua komponen terbesar yang mengedari matahari. Pada kenyataannya.

Sedang menurut teori konstaksi Helmholz panas itu karena menyusutnya bola gas Matahari. Panas Matahari sebagai sumber kalor memiliki suhu jutaan derajat celcius yang dipancarkan berupa cahaya dengan tekanan udara ratusan juta atmosfer. atau bulan. Dr. Bothe menyatakan panas itu berasal dari reaksi nuklir yang disebut reaksi hidrogen helium sintetis. planet ini tidak memiliki Alam Semesta dan Tata Surya | 7 . hampir 93 % panas Matahari terserap oleh bagian merkurius yang menghadap Matahari sehingga suhunya sangat panas. Empat planet terbesar juga memliki cincin yang berisi partikel-partikel kecil yang mengorbit secara serempak. Menurut J.R. Hampir semua satelit alami yang paling besar terletak di orbit sinkron. sedangkan bagian yang tidak menghadap Matahari dingin sekali (sehingga tidak ada air dan udara). Planet Merkurius Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari dengan diameter 4878 km. dengan satu sisi satelit berpaling ke arah planet induknya secara permanen. C. Meyer Panas Bumi berasal dari batu meteor yang jatuh dengan kecepatan tinggi pada permukaan Matahari. Matahari terdiri dari bagian inti yang dilapisi oleh tiga lapisan kulit yaitu kulit fotosfer. Beberapa benda ini memiliki ukuran lebih besar dari planet. 2. kromosfer. BAGIAN-BAGIAN TATA SURYA 1. Jarak tempuh cahaya Matahari yang sampai ke Bumi membutuhkan waktu 8 menit 20 detik. Kebanyakan adalah benda pengorbit alami yang disebut satelit. Apabila reaksi nuklir di matahari berjalan terus menerus pastilah energi itu akan habis dan suatu saat matahari akan kehilangan energinya dan lenyap dari jagad raya ini. Matahari Matahari merupakan anggota tata surya yang paling besar dengan diameter 100 kali lebih besar dengan Bumi. di samping sebagai pusat peredaran juga Matahari merupakan sumber energi di lingkungan tata surya. Ledakan nuklir yang ditimbulkan oleh matahari bisa mencapai 40-50 kali besar Bumi. dan korona.Hampir semua planet-planet di Tata Surya juga memiliki sistem sekunder. Jarak Matahari Bumi adalah 150 juta kilometer.

arah rotasi Bumi sama dengan arah revolusinya. Gerak Rotasi Bumi: Gerak berputar pada porosnya disebut dengan gerak rotasi. oleh karenanya dapat dilihat dari Bumi dengan cahaya yang terang (sering disebut bintang timur karena selalu terbit mendahului Matahari di sebelah timur dan disebut pula bintang kejora yang suka bersinar pada sore hari). Panas di Venus adalah 48200C. kala rotasi Bumi 24 jam dan kala revolusinya 365.satelit (bulan) dan diperkirakan tidak ada kehidupan. 4. a. Venus menyerap cahaya Matahari sekitar 20 % tidak memiliki satelit. ukurannya hampir sama dengan venus.103 Km ini terselubung dengan awan putih yang sangat tebal sehingga dapat memantulkan cahaya Matahari ke Bumi. Sekali berevolusi membutuhkan waktu 88 hari. b. Sebagai akibat rotasi Bumi munculah gejala berikut : 1) Gerak semu harian dari Matahari. dan separuh lainnya mengalami kegelapan (malam). Planet Bumi Planet Bumi terletak pada urutan ke tiga dari Matahari. Tycho Brahe dan Keppler tentang heliosentris dimana Bumi Alam Semesta dan Tata Surya | 8 . Gerak Revolusi Bumi: Sebagaimana pembuktian Kopernicus oleh ilmuan Galilleo Gallilei. 3. Bumi dilapisi atmosfer dengan suhu dan penerimaan cahaya Matahari yang ideal sehingga dapat tersedia air dan gas (subtansi kehidupan). bintang-bintang dan benda-benda langit lainnya terbit di timur dan terbenam di barat. bulan. yang seakan-akan Matahari. 2) Pergantian siang dan malam. jarak Bumi terhadap Matahari sekitar 150 juta km. yakni dari barat ke timur.25 hari. di mana separuh dari bola Bumi menerima sinar Matahari (siang). satu kali rotasi menempuh 360 derajat selama 24 jam ( 1 hari ). Inilah sebabnya mengapa Matahari terbit dari timur dan terbenam di barat. Jarak Matahari dengan planet ini diperkirakan adalah 58 juta kali. kala revolusinya 225 hari dan kala rotasi 247 hari. Planet Venus Planet berdiameter 12.

Planet Saturnus Planet ini memiliki masa jenis yang sangat lebih kecil dari air sehingga akan terapung di atas air. Mars memiliki kala revolusi 1.5 LU) 2) Perubahan lamanya siang dan malam 3) Terlihatnya rasi bintang dari bulan ke bulan 5. 7. Diameternya 138. Planet Yupiter Yupiter merupakan planet terbesar.berevolusi mengelilingi Matahari dalam satu revolusi = 1tahun = 365. sehingga revolusi Bumi mengakibatkan: 1) Pergantian empat musim di daerah sebelah utara garis balik utara (23.48 juta km dengan garis tengah 6272 km. 6. Planet ini berupa gas yang terdiri dari metana dan amoniak. ada beberapa laporan hasil pemotretan satelit bahwa planet ini mengandung oksigen sekalipun dalam jumlah kecil. Di planet Mars dilaporkan sering terjadi badai pasir yang berlangsung berbulan-bulan.00 di atas kepala kita. serta mengandung gas hidrogen dan memiliki 14 satelit. Planet Mars Mars adalah planet luar yang paling dekat dengan Bumi sehingga planet sering terlihat pada setiap jam 19. jarak terhadap Matahari 226.6 kali gravitasi Bumi. meskipun demikian ilmuwan masih gencar melalukan penelitian. Planet ini berwarna kemerah-merahan yang diduga tanahnya mengandung banyak besi oksigen. berdasarkan analisis spektroskopis planet ini mengandung banyak gas metana dan amoniak.560 km dengan rotasi 10 jam tampak sebagai bintang yang terang tengah malam. karena masanya sangat besar = 300 kali masa Bumi sehingga gravitasinya pun 2. saturnus merupakan planetterbesar kedua sehingga memiliki 10 satelit dan satelit Alam Semesta dan Tata Surya | 9 . Selama berevolusi posisi Bumi miring terhadap bidang ekliptika. bahkan terlihat gambar yang bergaris-garis seperti saluran kanal. berwarna putih karena sering diliputi salju tipis.25 hari. diduga ada tumbuhan lumut yang sangat sederhana tetapi penelitian sampai saat ini masih menganggap di mars tidak ada mahluk hidup.9 tahun dan rotasinya 24 jam 37 menit.

Planet ini dipopulerkan oleh Herschel bersama keluarga secara tidak sengaja saat melihat saturnus. jarak ke Matahari 4470 juta km dengan kala revolusi 165 tahun dan planet ini ditemukan tahun 1846 saat astronom menyelidiki Uranus yang orbitnya menyimpang dan diduga karena ada pengaruh dari gravitasi planet lain. aku akan memberikan penjelasan dan definisi dari semua benda langit tersebut. Gambar Meteor Alam Semesta dan Tata Surya | 10 . terdapat banyak benda langit. Planet Neptunus Neptunus memiliki dua satelit. satelit (alam dan buatan). Planet Uranus Berbeda dengan planet lain rotasinya dari timur ke barat. D.560 km dan memiliki 14 buah satelit. bergaris tengah 50. Meteor Meteor adalah benda langit yang masuk ke dalam wilayah atmosfer bumi yang mengakibatkan terjadinya gesekan permukaan meteor dengan udara dalam kecepatan tinggi. jarak ke Matahari 2860 juta km dengan revolusi 84 tahun sementara rotasinya 10 jam 47 detik. komet. Besar Uranus kurang dari setengah saturnus. kali ini. satu di antaranya bernama Triton yang beredar berlawanan arah dengan gerak rotasi Neptunus.terbesarnya bernama Titan dan planet lain bernama phoebe yang arah geraknya berlawanan dengan 9 planet lainnya dan phoebe dianggap bukan anak kandung saturnus. 9. 8. meteorit. BENDA-BENDA LAIN DALAM TATA SURYA Pada tata surya kita. benda langit itu di antaranya adalah meteor. planet. bintang. meteorid. 1. dan asteroid.

Gambar Meteorit 3. Komet Komet adalah benda angkasa kecil yang mengorbit Matahari. koma ini terdiri dari batuan. Mereka memiliki pusat inti dan mungkin atau mungkin tidak memiliki ekor. Meteorit Meteorid adalah batuan-batuan kecil yang sangat banyak dan melayang-layang di angkasa luar. seperti misalnya Bulan adalah satelit alami Bumi. Sebagai tekanan meningkat matahari. Satelit Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. namun bedanya. yaitu satelit alami dan buatan. es mencair dan hal ini menciptakan banyak debu dan puing-puing. Mereka mengorbit Matahari pada interval yang sangat panjang di orbit yang sangat elips. sedangkan satelit buatan adalah benda buatan manusia yang beredar mengelilingi benda lain misalnya satelit Palapa yang mengelilingi Bumi. satelit dibedakan menjadi 2 macam. diluncurkan 11 Alam Semesta dan Tata Surya | . debu dan es. 4. Mereka melewati Gambar Komet bumi pada jadwal siklus. satelit alami adalah benda-benda luar angkasa yang bukan buatan manusia dan mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya. Komet memiliki inti pusat yang disebut koma. angin surya mendorong debu dan puing-puing menjadi ekor komet yang indah. Ketika komet mendekat ke Matahari. Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1. meteor ini tidak ada hubungan langsung dengan bumi. Batuan-batuan ini banyak mengandung unsur besi dan nikel. meteorid mempunyai unsur yang serupa pula dengan meteor.2.

yang berarti pengembara. mars. Gambar Satelit 6. Hal ini disebabkan kedudukan planet terhadap bintang tidaklah tetap.oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957. Planet adalah benda angkasa yang tidak Gambar Bintang mempunyai cahaya sendiri. merkurius. uranus. dan beredar mengelilingi bintang (Matahari). seekor anjing bernama Laika. saturnus. Bintang yang terdekat dengan bumi adalah matahari. neptunus dan jupiter. venus. Alam Semesta dan Tata Surya | 12 . Bintang Bintang adalah benda langit luar angkasa yang memiliki ukuran besar dan memancarkan cahaya sebagai sumber cahaya. Planet Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu planetai. Matahari dikelilingi oleh planet-planet anggota tata surya seperti pelanet bumi. berbentuk bulatan. 7. jupiter. Sputnik 2 diluncurkan pada tanggal 3 November 1957 dan membawa awak mahluk hidup pertama ke dalam orbit.

Venus. sebuah benda langit bisa disebut planet apabila memenuhi tiga syarat. Dalam resolusi tersebut. Mars. Sembilan planet tersebut berdasarkan urutannya dari matahari yang terdiri atas planet Merkurius. sehingga dalam perjalanannya mengelilingi matahari. Dari kriteria ini. E. pada tanggal 25 Agustus 2006 di Praha. Pluto diturunkan statusnya sebagai kategori planet kerdil bersama-sama dengan Xena dan Asteroid Ceres. Bumi. Kemudian. Teori nebula atau teori kabut disebut juga sebagai teori Kant-Laplace Alam Semesta dan Tata Surya | 13 . gas hidrogen dan partikelpartikel angkasa lainnya. planet Pluto memiliki kelemahan. Teori Kabut atau Teori Nebula Nebula adalah kabut yang terdiri atas gas helium. antara lain ukurannya sangat kecil dan bentuk orbitnya yang memanjang dan memotong orbit Neptunus. Sebelumnya. Keputusan mengeluarkan Pluto yang sudah menjadi anggota keluarga planet tata surya selama 76 tahun merupakan konsekuensi ditetapkannya definisi baru tentang planet. Sementara itu. ASAL-USUL TATA SURYA 1. cakram berputar lebih cepat sehingga bagian-bagian tepi cakram terlepas membentuk gelang-gelang bahan yang memadat membentuk planet-planet yang berevolusi mengorbit mengelilingi Matahari. Uranus. para ahli menetapkan bahwa di dalam tata surya terdapat sembilan planet. Penyusutan terus berlanjut sampai terbentuk matahari di pusat cakram. yakni mengorbit matahari. Pendukung teori ini adalah seorang filsuf Jerman bernama Immanuel Kant dan ahli matematika Perancis bernama Simon de Laplace. Pluto kadangkadang lebih dekat dengan matahari dibandingkan Neptunus.Sebagian besar planet mempunyai pengiring atau pengikut yang disebut Satelit yang beredar mengelilingi planet. maka berdasarkan Sidang Umum International Astronomical Union (IAU) ke-26. Jupiter. ditetapkan delapan planet dengan mengeluarkan Planet Pluto dari Sistem Tata Surya kita. Saturnus. Neptunus dan Pluto. Sejalan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia. dan memiliki jalur orbit yang jelas dan “bersih” (tidak ada benda langit lain pada orbit tersebut). berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat.

Kemudian. Kuiper F. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut Alam Semesta dan Tata Surya | 14 . Salah satu gumpalan awan mengalami pemampatan sehingga partikelpertikel debu tertarik ke dalam.2. Sebagian bahan dari Matahari tertarik ke arah bintang itu. Teori Bintang Kembar Teori bintang kembar beranggapan bahwa pada awalnya Matahari merupakan anggota dari sistem bintang kembar. Diperkirakan usianya mencapai 4. Oleh karena pengaruh gaya gravitasi bintang.25 hari. Proses yang terjadi selanjutnya adalah adanya tumbukan dan gaya tarik menarik gravitasi antara planetisimal besar dan planetisimal yang lebih kecil dan menjadi planet-planet. Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik. sampai suatu saat ada sebuah binang yang memiliki gaya tarik menarik gravitasi kuat berpapasan dengan Matahari.6 miliar tahun. salah satu bintang meledak menjadi kepingan-kepingan.C Chamberlein dan F. Teori planetisimal ini di kemukakan oleh T.R Moulton. dan sebagian lagi terhambur menjadi gumpalan kecil atau planetisimal yang melayang di angkasa sebagai benda-benda dingin yang mengorbit mengelilingi Matahari.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: Astronomical Unit). Adapun bintang yang tidak meledak ini disebut Matahari. Teori Protoplanet Teori protoplanet menyatakan bahwa tata surya terbentuk dari gumpalan awan gas dan debu. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149. BUMI Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. 3. Pendukung teori protoplanet atau teori awan debu ini antara lain astronom Carl Friedrich von Weizsacker dan Gerard P. kepingan-kepingan ini bergerak mengelilingi bintang pasangannya yang tidak meledak dan menjadi planet-planet. Sedangkan kala revolusinya adalah 365. Teori Planetisimal Teori planetisimal (planet kecil) menjelaskan bahwa pada awalnya Matahari telah terbentuk sebagai salah satu bintang. menuju pusat awan untuk membentuk gumpalan bola dan berotasi. 4.

karbondioksida dan gas lain. Stratosfer.100 kilometer.924 meter. Mesosfer. Alam Semesta dan Tata Surya | 15 . dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1.299 km2. Berat jenis Bumi (sekitar 5. Lapisan ozon.(magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin surya.370 kilometer dengan suhu 4. berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi Bumi dari sinar ultraungu. diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2. Kerak Bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer.2425 hari. Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer.Termosfer. Ionosfer. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1. 70.760 miliar ton.800 kilometer membentuk 83% isi Bumi dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak Bumi setebal kurang lebih 85 kilometer. Titik tertinggi di permukaan Bumi adalah gunung Everest setinggi 8. dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1.8% permukaan Bumi diliputi air. lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam Bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1. sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain.637 meter.500 °C. sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394. 21% oksigen dan 1% uap air.848 meter dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10. dan Eksosfer.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain. Kerak Bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori pergeseran benua) yang menghasilkan gempa Bumi.756 kilometer. Bumi memiliki diameter sepanjang 12. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. setinggi 50 kilometer. Bumi mempunyai massa seberat 59. Perbedaan suhu permukaan Bumi adalah antara -70 °C hingga 55 °C bergantung pada iklim setempat. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di Bumi sama dengan 365. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen. dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer.

Alam Semesta dan Tata Surya | 16 . lima planet kerdil atau katai. Objekobjek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips. Tata Surya terbagi menjadi Matahari. 173 satelit alami yang telah diidentifikasi. dan di bagian terluar ada Sabuk Kuiper dan Piringan Tersebar. empat planet bagian luar. empat planet bagian dalam. sabuk asteroid. asteroid. Mengetahui Tata Surya juga sangat penting agar kita dapat mengetahui kebesaran Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan.BAB III PENUTUP A. SARAN Sebaiknya semua pihak mempelajari Tata Surya agar dapat mengetahui dari mana sebenarnya Tata Surya itu berasal sehingga kita tidak dapat mengada-ada atau merekayasanya. komet) lainnya. B. KESIMPULAN Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. dan jutaan benda langit (meteor.

2002.org/. 2008. Saukah. Rosdakarya. Malang: Indus Nesus Private.Planet. 2004. Bandung: PT. Wikipedia. Malang: UM Press. Fisika Untuk SMA .(Online).2009. dkk.org/wiki/Planet. Ali.2009. Barata. Jakarta: Sagufindo Kinarya. 2007.(http://wikipediafoundation.(http://wikipedia. Widyartono. Lily. Fisika 1 Kelas X . Bima. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah . Kaidah-Kaidah Menulis.DAFTAR PUSTAKA Amalia. Didin.(Online).diakses 23 November 2009) Alam Semesta dan Tata Surya | 17 .Tata Surya.diakses 23 November 2009) Wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful