P. 1
Kesehatan Mental Dalam Perspektif Islam.pptx

Kesehatan Mental Dalam Perspektif Islam.pptx

|Views: 12|Likes:
Published by yienkarin

More info:

Published by: yienkarin on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2016

pdf

text

original

berperilaku sosial yang normal dan mampu menerima dan menghadapi berbagai kenyataan hidup . hidup dengan lapang. bahagia.• • • Kesehatan mental Tingkat kematangan emosi-sosial dalam upaya adaptasi dengan dirinya dan lingkungan serta kemampuan mengemban tanggungjawab kehidupan dan menghadapi permasalahannya Kesehatan mental Kemampuan beradaptasi secara sempurna terhadap berbagai situasi jiwa yang beragam Kesehatan mental (WHO) Kemampuan adaptasi dengan dirinya dan alam sekitar sehingga merasakan senang.

kesehatan mental adalah kemampuan individu dalam penyesuaian diri sendiri dan terhadap lingkungan sosialnya. .   kesehatan mental : terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri antara individu dengan dirinya sendiri dan lingkungannya berdasarkan keimanan dan ketakwaan kesehatan mental adalah terhindarnya seseorang dari segala neurosis (/alamradh al-ashabiyah) /dan psikosis/(alamradh al-dzihaniyah).

tidak ditemukan istilah shihhat al-nufus (kesehatan mental) Jiwa merasa tenang dan tentram dalam menjalankan ibadah Allah Swt. sehingga mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan akhirat.. KESEHATAN MENTAL DALAM ISLAM… Identik dengan qalb salim atau salamat al qalb  Dalam al-Qur’an dan al-Sunnah.  Konsep Kesehatan WHO:  Bio-Psiko-Sosio-Religio .

Adanya ketenangan .Adanya kepuasan. kegembiraan dan kebahagiaan .Memiliki keinginan yang realistik .Menerima diri dan orang lain .Mampu berkorban dan menebus kesalahan .Mampu memikul tanggungjawab .• Tanda-tanda kesehatan mental : .Mampu memelihara atau menjaga diri .Kemampuan membentuk hubungan sosial .Memadahi dalam beraktifitas .

depresi. Paranoid dll) Psikologi Islam : Sifat tercela dan perilaku tidak terpuji merupakan indikasi mental yang sakit --.upaya prevensi sebelum kronis Islam menghendaki manusia menumbuhkembangkan sifat terpuji & menghindari sifat tercela .    Psikopatologi : perilaku batiniah (akhlak) yang tercela yang tumbuh akibat penyimpangan terhadap etika pergaulan (vertikal dan horizontal) Psikologi barat : Dikatakan sakit mental manakala berada kondisi kronis (neurosis.

Berhubungan dengan Tuhan (Ilahiyah) .Bersifat ukhrowi Klasifikasi Psikopatologi dibagi dalam 3 bagian : .Berhubungan dengan manusia (insaniyah) .Berhubungan dengan aqidah dan manusia  .Ada 2 kategori : .Bersifat duniawi .

Bergantung kepada selain Allah .Berangan-angan pada sesuatu yang tidak mungkin .Banyak campur tangan terhadap urusan orang lain .Banyak tidur .Makan yang berlebihan .• Penyebab psikopatologi dlm pandangan islam : .

Ketiga: metode iman. dan ihsan . dan tajalli. islam. tahalli. haqiqah. thariqah. Kedua: metode syariah. dan marifat.Pertama: metode takhalli.

Metode Islam Islam secara etimologi memiliki tiga makna. yaitu penyerahan dan ketundukan (al-silm).     METODE IMAN Iman secara harfiah diartikan dengan rasa aman (al-aman) dan kepercayaan (al-amanah). Orang yang beriman berarti jiwanya merasa tenang dan sikapnya penuh keyakinan dalam menghadapi problem hidup. perdamaian dan keamanan (al-salm). . dan keselamatan (alsalamah).

Komunikasi ilahiah ditandai dengan takbir. sedang komunikasi insaniah ditandai dengan salam. yaitu karakter yang mampu berkomunikasi dengan Allah (ilahi) dan dengan sesama manusia (insani).  Pertama: karakter syahadatain yaitu karakter yang mampu menghilangkan dan Membebaskan diri dari segala belenggu kehidupan duniawi. Kedua: karakter mushalli. .

waktu. yaitu karakter yang berani mengorbankan hartanya untuk kebersihan dan kesucian jiwanya Keempat: Karakter shaim. yaitu karakter yang mau mengorbankan harta. yaitu karakter yang mampu mengendalikan dan menahan nafsunafsu rendah dan liar Kelima: karakter hajji. . bahkan nyawa demi memenuhi panggilan Allah SWT.    Ketiga: karakter muzakki.

dan dilakukan dengan niatan baik pula. mengaplikasikan dengan prosedur yang baik. tahalli dan tajalli . Metode ini dapat dilalui melalui proses takhalli. Orang yang baik (muhsin) adalah orang yang mengetahui akan hal-hal baik.   Metode Ihsaniah Ihsan secara bahasa berarti baik.

SAMPAI JUMPA .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->