P. 1
Geofisika

Geofisika

|Views: 51|Likes:
Published by pricil99
metode
metode

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: pricil99 on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Geofisika merupakan salah satu dari cabang ilmu bumi yang mempelajari tentang sifat-sifat fisis Bumi, seperti bentuk Bumi, reaksi terhadap gaya, serta medan potensial Bumi (medan magnet dan gravitasi). Geofisika juga menyelidiki interior Bumi seperti inti, mantel Bumi, dan kulit Bumi serta kandungan-kandungan alaminya. Geofisika bisa juga diartikan sebagai suatu metode yang dimana disini akan dipelajari tentang bumi dan batuan menggunakan pendekatan-pendekatan Fisika dan Matematika dan merupakan gabungan dari konsep-konsep Ilmu Geologi dan Fisika.Bumi sebagai tempat tinggal manusia memiliki sumber daya alam yang melimpah Minimnya pengetahuan tentang bumi dan bagian-bagiannya serta manfaat,adalah menjadi suatu kendala bagi manusia untuk menjaga nya .Sehingga kita merasa perlu untuk mempelajari ilmu tentangbumi, dan karena kita merupakan mahasiswa fisika, akan lebih baik jika dapat mempelajari ilmu bumi menggunakan pendekatan-pendekatan fisika. Salah satu cabang ilmu yang dapat dipelajari adalah geofisika. Oleh karena itu, makalah ini disusun agar penulis dan pembaca bisa memperdalam tentang geofisika dan metode – metode yang dipakai dalam geothermal, eksplorasi minyak bumi, mineral dan mitigasi bencana. Aplikasi metode geofisika juga dapat dipakai pada dunia industry, lingkungan , geoteknik dan arkeologi, Dan mempelajari metode yang termasuk pasif dan aktif serta hukum – hokum yang berkaitan dengan aplikasi metode geofisika dilapangan. B. Rumusan Masalah 1. Apa saja metode geofisika ? 2. Apa saja hukum yang terkait pada metode ? 3. Apa saja metode yang pasif dan aktif ? 4. Apa aplikasi dan manfaatnya ?

C. Tujuan

Metode geofisika yang termasuk kedalam metode pasif (alami) adalah Metode Gravity.Tujuan dari makalah ini untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai metode geofisika dan dapat menjelaskan secara detail tiap metode. Metode Self Potensial. Sedangkan metode aktif adalah metode buatan atau yang tidak berasal dari alam dan membutuhkan sumber dari luar. Metode Elektromagnetik. Masing – masing metode mempunyai kegunaan dan fungsi untuk eksplorasi minyak dan mineral. Dan Metode aktif (buatan) adalah Metode Seismik Refleksi dan Refraksi. Mitigasi Bencana dan Geotermal. Metode Induced Polarisasi. Metode Magnetik . . BAB III KESIMPULAN Dari pembahasan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode geofisika yang bersifat pasif adalah metode alami atau yang berasal dari alam dan tidak membutuhkan sumber dari luar. Metode Magnetotelurik. Metode GPR ( Ground Penetrating Radar ). Metode Resistivity.

MAKALAH GEOFISIKA METODE – METODE GEOFISIKA Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Geofisika Dosen Pengampu : Adi Susilo Disusun oleh : Nama : Priscilla Dindha P.E Nim : 105090300111024 JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMETIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM .

UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2013 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->