BUKU PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL DAN SKRIPSI

DISUSUN OLEH TIM PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG

PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR 2011

DAFTAR ISI DAFTAR ISI ………………………………………………………………….... FORMAT PROPOSAL ………………………………………………………... FORMAT SKRIPSI ……………………………………………………………. FORMAT SKRIPSI (SASTRA) ………………………………………………. PENJELASAN …………………………………………………………………. TATA CARA PENULISAN …………………………………………………… LAMPIRAN …………………………………………………………………….. Halaman 1 2 3 4 5 9 15

Ketua Jurusan Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Udayana

Ketut Widya Purnawati, S.S., M.Hum 19780216 200112 2 002

1

3.1 Metode dan Teknik Pengumpulan Data 1.3 Metode dan Teknik Penyajian Hasil Analisis BAB II KAJIAN PUSTAKA.FORMAT PROPOSAL Halaman Judul Lembar Pengesahan Daftar Isi Daftar Singkatan Daftar Tabel Daftar Gambar Daftar Arti.3 Tujuan 1.2 Konsep 2.7.2 Tujuan Khusus 1.3 Kerangka Teori DAFTAR PUSTAKA DAFTAR KAMUS LAMPIRAN DATA INFORMAN CURRICULUM VITAE 2 .2 Metode dan Teknik Analisis Data 1. DAN KERANGKA TEORI 2.7 Metode dan Teknik Penelitian 1.5 Ruang Lingkup Penelitian 1.2 Rumusan Masalah 1.1 Tujuan Umum 1.6 Sumber Data 1.7. KONSEP.1 Kajian Pustaka 2.4 Manfaat Penelitian 1. Singkatan dan Istilah Daftar Lampiran BAB I PENDAHULUAN 1.3.7. lambang.1 Latar Belakang 1.

Singkatan dan Istilah Daftar Lampiran BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1. DAN KERANGKA TEORI 2.7.7.1 Tujuan Umum 1.2 Metode dan Teknik Analisis Data 1.4 Manfaat Penelitian 1.FORMAT SKRIPSI Halaman Judul Lembar Pengesahan Kata Pengantar Abstrak Bahasa Indonesia Abstrak Bahasa Jepang Daftar Isi Daftar Singkatan Daftar Tabel Daftar Gambar Daftar Arti. lambang.2 Rumusan Masalah 1.1 Metode dan Teknik Pengumpulan Data 1. KONSEP.7.3 Tujuan 1.3 Kerangka Teori BAB III ANALISIS (Judul agar menyesuaikan dengan topik yang diambil) BAB IV SIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKA DAFTAR KAMUS LAMPIRAN DATA INFORMAN CURRICULUM VITAE 3 .6 Sumber Data 1.3.2 Tujuan Khusus 1.5 Ruang Lingkup Penelitian 1.7 Metode dan Teknik Penelitian 1.3 Metode dan Teknik Penyajian Hasil Analisis BAB II KAJIAN PUSTAKA.2 Konsep 2.1 Kajian Pustaka 2.3.

5 Ruang Lingkup Penelitian 1.7 Metode dan Teknik Penelitian 1.3.1 Kajian Pustaka 2.3 Tujuan 1.1 Metode dan Teknik Pengumpulan Data 1.4 Manfaat Penelitian 1.2 Konsep 2.6 Sumber Data 1.2 Metode dan Teknik Analisis Data 1.3.3 Kerangka Teori BAB III PENGARANG DAN KARYA-KARYANYA (Judul agar menyesuaikan dengan topik yang diambil) BAB IV ANALISIS (Judul agar menyesuaikan dengan topik yang diambil) BAB IV SIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKA DAFTAR KAMUS LAMPIRAN DATA INFORMAN CURICULUM VITAE 4 . DAN KERANGKA TEORI 2.1 Tujuan Umum 1.2 Tujuan Khusus 1.FORMAT SKRIPSI (Sastra) Halaman Judul Lembar Pengesahan Kata Pengantar Abstrak Bahasa Indonesia Abstrak Bahasa Jepang Daftar Isi Daftar Tabel Daftar Gambar Daftar Arti. lambang.2 Rumusan Masalah 1.7.7. KONSEP.7.1 Latar Belakang 1.3 Metode dan Teknik Penyajian Hasil Analisis BAB II KAJIAN PUSTAKA. Singkatan dan Istilah Daftar Lampiran BAB I PENDAHULUAN 1.

Abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. HALAMAN JUDUL Halaman ini berisi materi yang sama dengan halaman sampul depan. Tesis atau disertasi yang sudah final yang akan diserahkan ke Perpustakaan Fakultas dan Perpustakaan Universitas Udayana diharuskan memakai hard cover.PENJELASAN 1. Contoh: Lampiran 3. dan paragraf keempat mengandung simpulan dan saran. serta pihak-pihak yang dianggap penting dan berperan dalam penyelesaian skripsi. KATA PENGANTAR Bagian ini memuat pernyataan terima kasih kepada mereka yang telah membantu dalam melakukan penelitian dan penulisan skripsi. Pada akhir abstrak dibuat kata kunci. Pada halaman sampul tambahkan: di bagian samping margin kiri dan sampul depan harus diisi judul skripsi. tetapi menggunakan kertas putih sesuai dengan ketentuan serta mencantumkan NIM di bawah nama penulis dan dicantumkanjuga nama Program studinya. Contoh Lihat lampiran 1. nama mahasiswa. Abstrak dibuat ringkas dan padat dengan paragraf pertama mengandung latar belakang dan tujuan penelitian. Contoh : Lampiran 4 ABSTRAK BERBAHASA INDONESIA a. sekurang-kurangnya tiga kata. diketahui oleh Ketua Program Studi. Abstrak rnaksimum 500 kata. NIP dan tanda tangan para pembimbing. Ucapan terima kasih berupa pemaparan yang dituliskan dalam paragraph-paragraf dan tidak diurutkan dengan menggunakan nomor urut. paragraf ketiga mengandung hasil dan pembahasan. paragraf kedua mengandung metode penelitian. ABSTRAK BERBAHASA JEPANG (要旨) Abstrak berbahasa Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Contoh: Lihat Lampiran 2. b. 4. LEMBAR PENGESAHAN Halaman mi memuat nama lengkap. nama lembaga “Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Udayana Denpasar”. 6. dan tahun skrpsi diujikan (dengan huruf Time New Roman 14). 2. Abstrak adalah abstrak naratif (non-struktural). 5. d. HALAMAN SAMPUL Halaman ini memuat berturut-turut kata “skripsi” (dengan huruf Times New Roman 14). nama peserta program studi Sastra Jepang (dengan huruf Time New Roman 12). Abstrak disertai dengan judul skipsi yang persis sama dengan judul pada halaman kulit depan. 5 . diketik dengan jarak satu spasi. Halaman ini menggunakan kertas buffalo atau linnen warna kuning. dan tahun ujian skripsi. judul (dengan huruf Time New Roman 16). c. lambang Universitas Udayana (dengan diameter 4 cm dengan warna kuning keemasan). 3.

5 Ruang Lingkup Bagian ini menunjukkan batas-batas bidang yang akan diteliti. DAFTAR GAMBAR Daftar gambar memuat nomor urut gambar. Begitu juga harus ditunjukkan letak masalah yang akan diteliti dalam konteks teori dengan permasalahan yang Iebih luas. DAN ISTILAH Daftar ini memuat arti lambang. Rumusan masalah bisa disusun dalam bentuk kalimat pertanyaan mengenai inti masalah yang akan dipecahkan. dan seni). 9. 8. DAFTAR TABEL Daftar tabel memuat nomor urutan tabel.2 Rumusan Masalah Rumusan masalah adalah rumusan secara nyata masalah yang ada. termasuk urutan bab. judul gambar. Harus dijelaskan secara rinci sumber-sumber data yang dipergunakan dan alasan dipilihnya data tersebut. judul tabel. Manfaat penelitian ini dapat disusun dalam bentuk manfaat praktis(dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan. Tujuan peneiitian harus jelas dan tegas. serta peranan penelitian tersebut dalam pemecahan permasalahan yang dihadapi. yaitu kesenjangan antara apa yang idealnya (das sollen) dengan apa kenyataannya (das sein). Manfaat peneiitian harus jelas dan tegas.4 Manfaat Bagian ini mengemukakan manfaat yang ingin dicapai melalui proses penelitian.1 Latar Belakang Latar belakang berisi uraian apa yang menjadi masalah penelitian. topik penelitian memang baru. dan nomor halaman. 6 . dan memang berbeda dengan topik yang telah ada dengan cara rujuk silang dengan kajian pustaka 1. dan nomor halaman. subbab dan anak subbab dengan nomor halamannya. teknologi. 1. 1. dalam bentuk pernyataan penelitian yang dilandasi oleh pemikiran teoretik yang kebenarannya perlu dibuktikan.3 Tujuan Bagian ini mengemukakan tujuan yang ingin dicapai melalui proses penelitian. 10. singkatan. 1. Hendaknya juga disampaikan keaslian penelitian yang akan dikerjakan. yang kemudian dijabarkan sebagai manfaat teoritis(manfaatnya bagi pemecahan masalah dimasyarakat).7. dan istilah yang digunakan dalam skripsi. Masalah tersebut harus didukung oleh fakta empirik sehingga terlihat jelas memang ada masalah yang perlu diteliti. DAFTAR ARTI LAMBANG. 1. DAFTAR ISI Daftar ini memuat semua bagian dalam skripsi. Tujuan penelitian ini dapat disusun dalam bentuk tujuan umum. yang kemudian dijabarkan sebagai tujuan khusus. BAB I PENDAHULUAN 1. alasan. serta mengapa masalah itu penting dan perlu diteliti.6 Sumber Data Bagian ini menjelaskan gambaran lengkap mengenai data yang digunakan dalam kegiatan penelitian. SINGKATAN.

1 Metode dan Teknik Pengumpulan Data Data dapat berupa data kualitatif atau kuantitatif. paradigma dan teori.1. Dalam hal ini mahasiswa bersangkutan harus mampu menjabarkan kelebihan penelitiannya sehingga tidak terkesan sama dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Teori dan fakta yang digunakan sebaiknya diambil dari sumber asli. hukum. grafik. dan lain-lain. BAB II KAJIAN TEORI. dll.2 Konsep Konsep memberikan batasan terhadap terminology teknis yang merupakan komponen dari kerangka teori. Harus dijelaskan secara rinci langkah-langkah pengumpulan data.3 Metode dan Teknik Penyajian Hasil Analisis Penyajian hasil analisis data dapat dilakukan. informal (secara naratif). Landasan teori berupa perangkat konsep.7 Metode dan Teknik Penelitian Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif digunakan sebagai metode penelitian ilmu-ilmu sosial. Kajian pustaka harus relevan dengan masalah sehingga dapat dibuat jawaban teoretik sementara terhadap masalah penelitian yang disebut sebagai hipotesis. dengan mencantumkan nama sumbernya. atau pendekatan terbaru yang ada hubungannya dengan penelitian yang dilakukan. maupun gabungan cara formal dan informal. Cara pengutipan kalimat atau data harus mengikuti kaidah-kaidah etika penulisan. menafsirkan. proposisi. naratif. baik secara random maupun purposive.1 Kajian Pustaka Untuk bagian kajian pustaka mahasiswa diwajibkan mengkaji penelitian yang telah dilakukan yang mengangkat topik yang sama dan satu buah artikel dari jurnal nasional atau internasional.3 Kerangka Teori Landasan teori adalah landasan berpikir yang bersumber dan suatu teori yang sening diperlukan sebagai tuntunan untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam sebuah penelitian. KONSEP. konsep. Sumber data dalam penelitian kualitatif dapat berupa benda atau orang (informan) yang dipilih. Bagian ini berisi uraian tentang cara yang digunakan dalam analisis data disertai pembenaran atau alasan penggunaan cara analisis tersebut. definisi. dan memaknai data tersebut. landasan teori berfungsi sebagai kerangka acuan yang dapat mengarahkan suatu penelitian. dan lain-lain). Begitu pula.7. Data yang dikumpulkan harus benar-benar dapat menjawab tujuan penelitian atau dapat membuktikan hipotesis yang telah disusun. ataupun kombinasi diantara ketiga hal tersebut. Harus dijelaskan secara rinci langkah-langkah penganalisisan data 1. DAN KERANGKA TEORI 2. Kajian pustaka memuat uraian yang sistematik dan relevan dari fakta hasil penelitian sebelumnya yang bersifat mutakhir yang memuat teori. Dapat juga memuat masalah teknis seperti cara pemeriksaan. baik secara formal (bagan. humaniora.2 Metode dan Teknik Analisis Data Analisis data bertujuan untuk menyederhanakan seluruh data yang terkumpul menyajikan secara sistematik. dan dokumentasi. 1. 2. Teknik pengumpulan data harus disesuaikan dengan permasalahan. 2. Kajian pustaka juga memuat tinjauan untuk meletakkan masalah yang diteliti dalam konteks yang lebih luas. grafik. wawancara mendalam.7.7. Dalam penelitian kualitatif lebih ditekankan pada observasi partisipasi. kemudian mengolah. dapat dirinci sebagai berikut: 1. dan proposisi yang menyajikan gejala secara sistematik dan merinci hubungan variabel-variabel 7 . termasuk penggunaan statistik.

Pemahaman terhadap keterbatasan penelitian yang dilakukan sehingga dapat memberikan saran bagi penelitian selanjutnya. BAB IV SIMPULAN DAN SARAN Simpulan merupakan intisari dari hasil penelitian yang telah dibahas secara komprehensif yang sekurang-kurangnya terdiri atas I) jawaban terhadap rumusan masalah dan tujuan penelitian. 3. penjilidan. dan teori Pembahasan sekurang-kurangnya mencakup hal-hal sebagai berikut: 1.untuk meramalkan dan menerangkan gejala tersebut. BAB III. yang memuat pengetahuan tentang terjadinya buku. perdagangan buku dan perpustakaan. 8. Acuan harus dan hanya memuat semua karya tulis yang dikutip dalam naskah dan catatan kaki atau catatan akhir. 4. 3) pemaknaan teoretik dari hal baru yang ditemukan. bukan dari tinjauan pustaka atau hasil penelitian lain. ilustrasi. Catatan : untuk lebih jelasnya dibaca tata cara penulisan Daftar Pustaka di bagian akhir panduan ini! DAFTAR KAMUS Daftar kamus merupakan daftar dari kamus-kamus yang digunakan pada saat penelitian. 8 . dan memaknai setiap gejala dalam rangka membangun konsep. 3. Sebaiknya diberikan penjelasan jika ada perbedaan dengan temuan-temuan sebelumnya. Teori berfungsi sebagai perspektifatau pangkal tolak dan sudut pandang untuk memahami alam pikiran subjek. penyusun. Nama pengarang. Perumusan secara eksplisit temuan baru atau pengembangan baru yang akan memberikan bobot khusus pada tesis atau disertasi serta implikasinya dalam pengembangan keilmuan. nama penerbit. 2) hal baru yang ditemukan dan prospek temuan. 7. jika bukan terbitan pertama. sejarah dan teknik mencetak buku. 4. dan daftar buku itu sendiri atau daftar pustaka. judul buku dan sub-judulnya jika ada. penyusunan daftar buku. tempat penerbitan. ANALISIS (judul bab disesuaikan dengan topik penelitian) Bagian ini menunjukkan tingkat penguasaan peneliti terhadap perkembangan ilmu. konsep. jenis dan bentuknya. 6. Simpulan harus dibuat berdasarkan data hasil penelitian sendiri. 2. 2. judul seri jika ada nomor jilid dan nomor seri. terbitan keberapa. tahun terbit. penghimpun. Pembahasan hasil penelitian diintergrasikan dengan teori atau temuan sebelumnya secara padu sehingga dapat menjawab masalah yang diajukan. menafsirkan. atau lembaga yang bertanggung jawab atas penulisan buku. DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka merupakan daftar pustaka dalam sebuah karya tulis. pemerian lahiriah buku bercetak. Penempatan hasil penelitian dalam konteks disiplin ilmu bersangkutan dengan membandingkan hasil penelitian dengan temuan dan teori yang sudah ada sebelumnya. Biasanya data kepustakaan yang dicantumkan untuk buku acuan adalah sebagai berikut: 1. jumlah jilid semuanya untuk buku yang terdiri atas beberapa jilid. 5. Keduanya dipisahkan oleh titik dua atau titik koma.

9 .LAMPIRAN Lampiran merupakan bagian yang memuat keterangan atau data tambahan. Di dalamnya dapat dihimpun cara penelitian. contoh penghitungan statistik dan sesuatu yang dianggap dapat melengkapi penulisan tesis atau disertasi.

Jarak Baris (Spasi) Pengetikan dilakukan dua spasi. Satuan dinyatakan dengan singkatan resmi tanpa titik. Naskah diketik dengan komputer dengan jarak dua spasi. dengan ukuran A4 (21. tepi kanan : 3 cm. tabel. kecuali abstrak. nomor halaman diletakkan di bagian bawah tengah halaman. b. Halaman judul bab diatur sendiri.TATA CARA PENULISAN SKRIPSI A. pembatas antar Bab adalah kertas berwarna kuning yang diberi lambang/logo UNUD. 5). Bilangan diketik dengan angka. misalnya : m. yaitu diatur sebagai berikut: a. maka bilangan tersebut harus ditulis dengan huruf. 3. dan diketik tidak bolak-balik. kecuali pada halaman Bab. gambar yang lebih dari satu baris diketik satu setengah spasi. c.Penomoran Halaman a. ringkasan. kecuali jika bilangan kurang dari sepuluh atau bilangan tersebut terdapat pada permulaan kalimat.5 x 29. kecuali pada judul grafik. 2. 10 . Setiap bab diberi nomor unit sesuai dengan tata cara yang dipilih. d. tepi bawah : 3 cm. Jenis Huruf dan Paragraf a. Bilangan dan Satuan a. dan judul tabel atau judul gambar diketik dengan jarak satu setengah spasi. Sampul Sampul dibuat dari kertas buffalo atau linen dan diperkuat dengan karton (hard cover}. B. Istilah-istiiah asing dan daerah hendaknya ditulis dengan huruf cetak miring (italic). d. b. daftar pustaka. c. 2). Batas tepi Batas-batas pengetikan ditinjau dari tepi kertas. 4). Penomoran halaman di luar halaman yang disebutkan dalam butir a. dilakukan dengan memakai angka arab diletakkan pada sudut kanan atas. Diharuskan memakai huruf Times New Roman b. kecuali judul pada sampul dan halaman dalam. Jumlah halaman Jumlah halaman minimal 50 halaman. Pembentukan paragraf memakai sistem identasi dengan awal dimulai pada ketukan ke-7 dari tepi kiri. b. Pengetikan 1). tepi atas : 4 cm. kg dan cal. Warna sampul kuning. warna putih. Nomor halaman dari halaman sampul dalam sampai dengan halaman daftar lampiran diletakkan di tengah-tengah bagian bawah halaman dengan memakai angka romawi kecil. Seluruh naskah diketik dengan huruf berukuran 12 pt. 3). c. mg. Naskah Naskah dibuat di atas kertas HVS 80 g/m2. Bilangan desimal ditandai dengan koma bukan dengan titik. tepi kiri : 4 cm. Bahan dan Ukuran 1.7 cm).

dan jangan sampai ada ruangan yang terbuang-buang.. Tabel yang diambil dari sumber lain harus dicantumkan sumbernya. dan Rumus (1) Tabel a. dicetak biasa (tidak tebal). Judul subbab ditulis mulai dari tepi kiri. tabel. subbab. ditulis dengan huruf kapital seluruhnya dan dicetak tebal. Gambar. persamaan. Letak Simetris Gambar. lambang. kecuali kata penghubung dan kata depan. 7). semua kata dimulai dengan huruf kapital. b. b. misalnya : Seratus dua puluh penderita menunjukkan . tabel tersebut dapat dilipat. dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa diakhiri dengan titik.. tabel. hanya huruf pertama memakai huruf capital. g. Nomor bab ditulis dengan angka Romawi. Permulaan Kalimat Bilangan. Kalimat pertama sesudah judul anak subbab dimulai dengan kalimat baru. judul bab. Penggunaan garis penghubung (-) atau tanda lainnya tidak dibenarkan. maka bagian atas table harus diletakkan di sebelah kiri atas. misalnya konjungsi. Usahakan tabel tidak melebihi satu halaman. Tidak dianjurkan membuat garis vertikal. atau rumus kimia yang memulai suatu kalimat harus dieja. Pengisian Ruangan Ruangan yang terdapat dalam halaman naskah harus diisi penuh. Tabel yang melebihi 1 halaman diletakkan pada lampiran. dan semua dicetak tebal tanpa diakhiri dengan titik. e. dan lain-lain a.. Judul anak subbab diketik mulai dari tepi kiri dan dicetak tebal. Nomor subbab ditulis dengan angka Arab.6). persamaan. Garis pemisah horizontal hanya dibuat untuk batas atas dan bawah kepala tabel serta batas bawah tabel. Di atas dan di bawah tabel dipasang garis batas agar terpisah dari uraian pokok dalam makalah. preposisi dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil). d. atau hal-hal yang khusus. f. serta diatur supaya simetris. kecuali kalau akan memulai dengan alinea baru. Contoh: Lampiran 7 9). Bila table disusun melebar sepanjang tinggi kertas. 11 . Judul Subbab. tetapi hanya huruf pertama dari setiap kata (kata-kata leksikal) ditulis dengan huruf kapital (sedangkan kata-kata gramatikal. Judul tabel diletakkan simetris di atas tabel tanpa diakhiri titik berjarak satu setengah spasi. dan judul bab ditulis simetris terhadap tepi kiri dan kanan. gambar. Kalau tabel lebih besar dari ukuran kertas sehingga harus dibuat memanjang melebihi ukuran. Judul Anak Subbab. c. artinya pengetikan harus dimulai dari batas tepi kiri sampai batas tepi kanan. 10). maka yang digunakan adalah nomor urut dengan angka atau huruf sesuai dengan derajat perincian. Kalimat pertama sesudah judul anak subbab dimulai dengan alinea baru. Perincian ke Bawah Jika pada penulisan naskah terdapat perincian yang harus disusun ke bawah. 11). Judul anak-anak subbab ditulis mulai dari tepi kiri. Tabel. Judul Bab. c. d. Judul bab harus selalu ditulis pada awal halaman baru. Kalimat pertama setelah anak-anak subbab dimulai dengan alinea baru. 8).

menggunakan Bahasa Jepang.(2) Gambar a. (3). Bentuk Kalimat Kalimat-kalimat tidak boleh menampilkan orang pertama atau orang kedua. h. Nama penulis yang diacu dalam teks a. b. Bila gambar dibuat melebar sepanjang tinggi kertas. N= 2a2. 2). Pemakaian Gaya Penulisan daftar pustaka untuk skripsi memakai "Harvard Style" 2). kecuali untuk bagian ringkasan. jika penulis lebih dari dua orang. d. Gambar tidak boleh dipenggal. b. Yang dimaksud dengan gambar adalah bagan. dan lain-lain ditulis dengan angka Arab di dalam kurung dan ditempatkan di dekat batas tepi kanan. D. Istilah a. Bahasa yang dipakai Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika terpaksa memakai istilah asing. Skala pada grafik harus dibuat agar mudah dipakai untuk mengadakan interpolasi dan ekstrapolasi. Akan tetapi. Istilah yang dipakai ialah istilah Indonesia atau yang diidonesiakan. maka disebutkan keduanya. e. Nama yang ditulis dalam teks hanya nama akhir. peta. maka 12 . f. i. Keterangan gambar ditulis pada halaman yang sama dengan halaman gambar. Jika penulis berjumlah dua orang. Lelak gambar diatur supaya simetris. c.b) (ml-m2)2 (1) C. Rumus dan persamaan Nomor urut persamaan yang berbentuk rumus matematika. Setiap penulis yang pendapatnya disitir dalam teks harus disebutkan namanya. maka bagian atas gambar diletakkan di sebelah kiri atas. b. 3). Gambar yang diletakkan dalam lampiran harus mempunyai hubungan dengan deskripsi dalam batang tubuh skripsi tsb. Bahasa 1). reaksi kimia. kemudian nama tersebut harus muncul dalam daftar pustaka. istilah tersebut ditulis dengan huruf miring (italic). tetapi dibuat dalam bentuk pasif. Nomor gambar yang diikuti dengan judulnya diletakkan simetris di bawah gambar tanpa diakhiri dengan titik. Pada penyajian ucapan terimakasih kata ganti ”saya” diganti dengan ”penulis”. g.f(a. berjarak satu setengah spasi. grafik. DAFTAR PUSTAKA 1). Petunjuk rujukan yang spesifik (makin dekat dengan materi yang disitir) lebih baik daripada yang bersifat umum (misalnya : pada akhir paragraf). dan foto. Pada gambar yang dikutip dari surnber lain harus dicantumkan sumbernya.

1. d. Yang ditulis adalah nama keluarga/nama akhir. 2. ditulis kota tempat diterbitkan diakhiri dengan tanda titik dua. Jika ragu-ragu. kemudian disusul oleh tahun terbitan/publikasi. Sumber Berupa Buku Nama pengarang diikuti oleh titik. 1990. Nama jurnal disingkat sesuai dengan kebiasaan internasional (misalnya: Index Meducus. tempat dan tahun. maka ditulis: Darmojo. R. Cara penulisan kutipan dari tesis. kemudian halaman jurnal tersebut. b. dan sumber internet dapat dilihat pada contoh yang disajikan. cara penulisannya dapat dilihat pada contoh yang disajikan. menimbulkan rasa nyeri pada otot (Dyer dan Morris. disertasi. 3. demikian juga sebaliknya. c. Boedhi Darmojo. 1996). atau cara yang lain). c. dalam daftar pustaka ditulis nama. diakhiri dengan nama penerbit. Hal itu dapat dilihat di bawah ini. dengan titik dua. Kemudian. dapat ditulis nama lengkap Jurnal. 2001 b.al. R. maka di belakang tahun diberi abjad (dengan huruf kecil). 3). Untuk buku dengan editor dan tiap-tiap bab ditulis oleh pengarang tersendiri. Cara penulisan daftar pustaka bergantung pada jenis sumber. Guyton dan Hall. Contoh : R. diikuti oleh titik. Pengutipan dari kutipan hanya diperkenankan satu kali saja. Akan tetapi. Semua nama pengarang harus ditulis dalam Daftar Pustaka. diikuti oleh singkatan nama depan dan nama tengah. Contoh: 1. usahakan sumber yang dipakai adalah sumber yang paling penting. Cara penulisan Daftar Pustaka a. dan dari sumber asli. terutama asam laktat. Contoh di atas akan ditulis Boedhi-Darmojo. Satu nama: Menurut Adiputra (1998). jika nama tersebut tidak ingin dipisahkan maka penulis akan membubuhi tanda hubung di antara kedua nama tersebut. 13 . Jika suatu pernyataan disitir dari banyak sumber. dapat juga dimasukkan dalam kalimat (tanpa kurung). Dua nama: Penumpukan sisa metabolisme. e.B. disusul oleh judul buku (ditulis miring). Untuk orang Indonesia yang tidak mempunyai nama keluarga. misalnya sumber yang berupa buku akan berbeda penulisannya dengan sumber yang berupa artikel. diakhiri dengan titik. 3. Semua nama yang disitir dalam teks harus terdapat dalam daftar pustaka. Perubahan denyut nadi berhubungan linear dengan pengambilan oksigen (Rodahl. Lebih dari dua nama: Kroner dkk (1994) menyatakan bahwa tujuan penggunaan filter pada layar monitor adalah untuk memperbaiki kontras karakter dan mengurangi pantulan. secara umum beban kerja dibedakan menjadi dua. volume jurnal. I989). Komunikasi pribadi hanya diperbolehkan jika memang sangat diperlukan dengan bukti catatan tertulis. dan edisi. maka nama paling belakang dianggap sebagai nama keluarga. Contoh : Tjokroprawiro (200 la. 2.yang ditulis hanya nama pertama atau ketua tim saja dengan dibubuhi dkk atau et. dari yang lama ke yang baru. Nama pengarang pada daftar pustaka diurut menurut abjad.Urutan nama pengarang dibuat berdasarkan tahun. Jika seorang pengarang pada tahun yang sama menulis lebih dari satu sumber rujukan. Sumber Berupa Jurnal Tahun terbitan diikuti oleh nama jurnal (ditulis miring). Nama pengarang dapat ditulis pada akhir kalimat (dalam kurung). 2001 c).

Givon. and Grammatical Agreement”. Harrison. Chem. Recombinant Interferon Beta in Chronic Myelogenous Leukemia. E. G. 1998. Louis (MO): Washington University.t". [cited 1996 Jun. J.R.p. J. Semin. hlm. Gengogaku Nyuumon. dkk. 51]. maka yang digunakan "anonim" untuk menyatakan nama pengarang tidak ada. Available from: URL:http:/www.1993. T.gQv. W.. Factors in the Emergence of Infectious Disease. Oxford : Blackwell Science. Majalah Elliot. 1980.149-188. 30(Suppl. Pengarang tidak disebutkan namanya: Anonim.Petunjuk Pelaksanaan Pemberantasan Penyakit Gondok. N.E. Hillman.s Principle of Internal Medicine. 1995. l. Koizumi. Jakarta: Departemen Kesehatan R. Li (ed. Pronoun. “Post-Hospital Home Health Care./ncidod/ElD/efd. Aspek Imunologi Anemia Aplastik.4. K.C. Dis. 1993. Bench Scale Research in Biomass Liquefaction by the CO-stem Process. St. Hematol. (serial online)..A. T. Contoh : Buku atau monografi Kirkwood. Braunwald. B. Dalam: CharlesN.S. 1976. Denpasar: Universitas Udayana.no/getfile. New York: Academic Press. New York: McGraw-HiIl.. Essentials of Medical Statistics. Thesis / Disertasi Swamardika. “Penggunaan Filter Layar Monitor Menurunkan Beban Kerja dan Meningkatkan Produksi Operator Komputer” (tesis).B. Emerg.lsselbacher.S.K. “Topic. 2007. I.I. Kaplan.cdc. Eng... Prosiding Pertemuan Ilmiah Suega. Artikel daiam format elektronik (Internet) Morse.D. A. S. Subject and Topic. Jakarta: Balai Pustaka. Majalah dengan suplemen Autzky. Buku dengan editor dan bab dengan pengarang tersendiri. Iron Deficiencies and Other Hypoproliferative Anemias. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. 1997.ntm.php?pageId=6795&Fileld=146 pada tanggal 27 November 2007. 58:730-734. Diakses dari website http://uint. Can.).2001. Naskah Lengkap Kongres Nasional ke-VIll Perhimpunan Hematologi dan Transfusi Darah Indonesia (PHTDI). Ed. Tokyo: Taishuukan Shoten. 1998.3):14-16. 1998.editors. 14 ..Rudolf. H.J. Apabila sebuah buku tidak menyebutkan penulisnya. 1998. In : Fauci. D. D. Infect. 14th. S.634-647. Jan-Mar.123-136 Alwi.Despres..Wilson.p. the Elderly Access and Utilization” (dissertation). Yamamoto. apabila tanpa tahun digunakan "t. An Account of Topic and Focus in Japanese in Terms of the Left Peripheral. 1995. Second Edition. Surabaya 11-13 Oktober.J. S.

D. Jakarta: UI. Catatan kaki (footnotes) / Catalan Akhir (cndnotes) Catatan kaki / catatan akhir dapat digunakan jika diperlukan sebagai penunjuk sumber ataupun sebagai penjelasan tambahan. Analisis Data Kualitatif. Dalam: Jurnal Sekai no Nihongo Kyouiku Volume 12. 1968. hlm 175-191 Terjemahan Miles. dan Hurbeman. “Koubun Suukima ni yoru Kakujoshi ’ga’ no Bunseki to Kihon Bunkei no Houshajou Hanchuuka”. Kompas 8 Januari.Artikel surat kabar Joesoef.4. Saitama: Kokusai Kyourikukikin. Jika diperlukan dapat dibuat sesuai dengan aturan yang lazim berlaku. 15 . Mathew B. hal: 14. E. kol. 1992. 2002. A Michael. Pentj). (Tjetjep Rohendi Rahan. Jurnal Ilmiah Sugai Kazumi. ”Mendambakan Utopia”.

Lampiran 1a HALAMAN SAMPUL DEPAN USULAN PROPOSAL SKRIPSI USULAN PENELITIAN (huruf times new roman 14) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA PADA NOVEL YAKUZA NA TSUKI KARYA SHOKO TENDO (huruf times new roman 16) IDA AYU KOMANG (huruf times new roman 12) PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR 2010 (huruf times new roman 14) 16 .

Lampiran 1b HALAMAN SAMPUL DEPAN SKRIPSI SKRIPSI (huruf times new roman 14) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA PADA NOVEL YAKUZA NA TSUKI KARYA SHOKO TENDO (huruf times new roman 16) IDA AYU KOMANG (huruf times new roman 12) PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR 2010 (huruf times new roman 14) 17 .

Lampiran 2a HALAMAN SAMPUL DALAM PROPOSAL SKRIPSI USULAN PENELITIAN (huruf times new roman 14) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA PADA NOVEL YAKUZA NA TSUKI KARYA SHOKO TENDO (huruf times new roman 16) IDA AYU KOMANG NIM 0705208722 (huruf times new roman 12) PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR 2010 (huruf times new roman 14) 18 .

Lampiran 2b HALAMAN SAMPUL DALAM SKRIPSI SKRIPSI (huruf times new roman 14) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA PADA NOVEL YAKUZA NA TSUKI KARYA SHOKO TENDO (huruf times new roman 16) IDA AYU KOMANG NIM 0705208722 (huruf times new roman 12) PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR 2010 (huruf times new roman 14) 19 .

. Pembimbing II.... Nama NIP 20 ..... Nama NIP Nama NIP Mengetahui Ketua Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Univesitas Udayana... Pembimbing I...........Lampiran 3a HALAMAN PERSETUJUAN USULAN PENELITIAN Lembar Persetujuan Pembimbing USULAN PENELITIAN SKRIPSI INI TELAH DISETUJUI PADA TANGGAL.....

................... Pembimbing I. Pembimbing II..... Nama NIP 21 . Nama NIP Nama NIP Mengetahui Ketua Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Udayana..........Lampiran 3b HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI Lembar Pengesahan SKRIPSI INI TELAH DISETUJUI TANGGAL............

22 . Adek. mulai dan sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Dr. dan saran selama periulis mengikuti program strata satu khususnya dalam penyelesaian skripsi ini. yaltu Prof. serta teman-teman Putu. Pada kesempatan ini perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besanya kepada Profesor Gede. serta kepada penulis sekeluarga. Tidak lupa pula penulis ucapkan terima kasih kepada Prof. dan koreksi sehingga skripsi ini dapat terwujud seperti ini. skripsi ini dapat diselesaikan. Muhammad. yang telah memberikan masukan. Ketut. Penulis juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Yayasan Cinta Bakti. Ketua Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Udayana. Dr. Wayan atas kesempatan dan fasilitas yang diberikan kepada penulis untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan Strata Satu di Universitas Udayana. pembimbing pertama yang dengan penuh perhatian telah memberikan dorongan. Putu. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan Yang Mahaesa selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan dan penyelesaian skripsi ini. bimbingan. Dr. melalui Tim Pengambangan yang telah memberikan bantuan finansial dalam bentuk Beasiswa Sejahtera sehigga meringankan beban penulis dalam menyelesaikan studi ini. Juga penulis ucapkan terima kasih kepada Ibu dan Ayah yang telah mengasuh dan membesarkan penulis. Pada kesempatan ini. Ngurah. Dekan Fakultas Sastra Universitas Udayana atas ijin yang diberikan kepada penulis urituk mengikuti pendidikan program sarjana. dan Komang tersayang. semangat. Dr. memberikan dasar-dasar berpikir logik dan suasana demokratis sehingga tercipta lahan yang baik untuk berkembangnya kreativitas.Lampiran 4 HALAMAN KATA PENGANTAR KATA PENGANTAR Pertama-tama perkenankanlah penulis memanjatkan puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha esa. sanggahan. saran. Dr. Dr. Ungkapan terimakasih penulis sampaikan pula kepada para penguji skripsi. Rai. Prof. Ketut. karena hanya atas asung wara nugraha-Nya/kurnia-Nya. Akhirnya penulis sampaikan terima kasih kepada saudara tercinta Luh Raka. yang dengan penuh pengorbanan telah memberikan kepada penulis kesempatan untuk Iebih berkonsentrasi menyelesaikan skripsi ini. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus disertai penghargaan kepada seluruh guru-guru yang telah membimbing penulis. Pembimbing kedua yang dengan penuh perhatian dan kesabaran telah memberikan bimbingan dan saran kepada penulis. Ucapan yang sama juga ditujukan kepada Rektor Universitas Udayana Prof. penulis juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dr. Terima kasih sebesar-besarnya pula penulis sampaikan kepada Profesor Putu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful