P. 1
Koperasi Yang Baik Dan Benar

Koperasi Yang Baik Dan Benar

|Views: 281|Likes:
Published by Sri Nuryasih

More info:

Published by: Sri Nuryasih on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/26/2015

pdf

text

original

Nama : AlifianaNugraha Npm : 1106007496 KOPERASI YANG BAIK DAN BENAR UNTUK DITERAPKAN DI INDONESIA Koperasi yang baik

adalah koperasi yang mampu member manfa’at bagi anggota maupun lingkungan disekitarnya. Agar koperasi bias member manfa’at bagi anggota maupun lingkungannya setiap anggota koperasi harus berperan aktif dalam kegiatan koperasi tersebut. Sehingga koperasi dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama. Keaktifan anggota dalam kegiatan koperasi menjadi paru-paru yang menghidupkan keberlangsungan koperasi. Karena apabila anggota koperasi tidak berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan koperasi maka koperasi tersebut tidak akan hidup berlangsung lama dan tidak akan mampu memberi manfa’at bagi anngotanya. Koperasi yang benar adalah koperasi yang memiliki prinsip yang sesuai dengan prinsip yang telah disepakati pada awal berdirinnya koperasi maupun prinsip yang disepakati bersama dalam ICA. Karena pada dasarnya prinsip koperasi dari keduanya hamper sama dan prinsip tersebut harus menjadi pedoman dalam pendirian maupun kegiatan koperasi. Ketika koperasi sudah tidak berpedoman kepada prinsip koperasi yang sesuai maka koperasi tersebut dapat dikatakan bukan lagi koperasi yang sebenarnya. Karena ketika koperasi telah melenceng dari prinsip koperasi maka bias jadi koperasi tersebut tidak lagi member manfa’at bagi anggotanya. Faktanya koperasi yang dibutuhkan di Indonesia disamping koperasi itu baik dan benar adalah koperasi yang mampu memberikan pendidikan bagi para pengurus, anggota dan calon anggota. Karena kebanyakan masyarakat di Indonesia tidak memiliki pendidikan yang cukup tentang koperasi maka hal itu menjadi sangat penting bagi perkembangan koperasi di Indonesia. Pendidikan bagi para pengurus dibutuhkan karena pengurus perlu memiliki pengetahuan dan skill dalam menjalankan kegiatan koperasi sehari-hari. Pendidikan bagi para anggota diperlukan untuk memberikan pengetahuan tentang koperasi dan peran mereka dalam koperasi. Sedangkan pendidikan bagi para calon anggota koperasi adalah dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman bahwasanya koperasi akan sangat memberikan manfa’at bagi mereka dan dibutuhkan oleh mereka. Jadi koperasi yang baik dan benar untuk diterapkan di Indonesia adalah koperasi yang berpedoman terhadap prinsip koperasi yang sesuai dengan ICA, mampu memberikan manfa’at bagi anggotanya dan memberikan pendidikan bagi pengurus, anggota dan calon anggota. Selain itu jika konteksnya di Indonesia dengan beragam budaya maka koperasi bias memfasilitasi anggotanya untuk mengembangkan bakat atau hobinya. Sehingga anggota tersebut merasakan kebermanfa’atan dari koperasi dan kebudayaan-kebudayaan Indonesiapun menjadi terjaga dan terlestarikan.

Kesan Belajar Koperasi : Mengikuti mata kuliah koperasi telah memberikan pencerahan mengenai koperasi yang sebenarnya seperti apa. Menjadikan saya termotivasi untuk membentuk sebuah koperasi yang dapat memberikan manfa’at bagi anggotanya. Pesan untuk perkuliahan koperasi : Diharapkan selain memberikan ideologis koperasi tapi bias memberikan contoh real dimana kita bias belajar disana semacam kunjungan atau belajar bersama dikoperasi yang baik dan benar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->