ETIKA DAN ESTETIKA BERBAHASA INDONESIA DALAM FORUM ILMIAH

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Dosen: Dra. Endang Werdaningsih, M.Pd

Oleh kelompok 4: Verly Ardhi Andarta Aulia Rifki Meilisa Dwi Cahyani Hadinda Fitri Permatasari Asfrida Charina (125060700111095) (125060701111046) (125060701111051) (125060702111003) (125060707111049)

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan. Malang. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan dan hambatan tersebut dapat teratasi.KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Allah SWT. Tidak lupa pula penulis berharap semoga Allah SWT memberikan balasan yang setimpal kepada pihak – pihak yang telah memberikan bantuan. Dalam penulisan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini. 21 Oktober 2012 Penulis . baik dari teknik penulisan maupun materi.Oleh karena itu. yang telah memberi petunjuk dan kekuatan sehingga makalah berjudul Etika dan Estetika Berbahasa Indonesia dalam Forum Ilmiah dapat penulis selesaikan. penulis menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna. penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah.

1 Pengertian Etika dan Estetika Berbahasa Indonesia…………………….1 Latar Belakang…………………………………………………………………….2 1..8 3..7 BAB III PENUTUP………………………………………………………………………….2 Rumusan Masalah………………………………………………………………….3 Etika Berbahasa Indonesia dalam Forum Ilmiah…………………………………..5 2...iii BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………….………..8 3...4 Estetika Berbahasa Indonesia dalam Forum Ilmiah………………………………6 2.1 1.3 Tujuan…………………………………………………………………………….2 Pengertian Forum Ilmiah………………………………………………………….3 2.i KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………ii DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………….9 .2 BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………………….DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL…..5 Manfaat Etika dan Estetika Berbahasa Indonesia dalam Forum Ilmiah………….……………………………………………………………………………8 DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………...1 1.1 Kesimpulan……………………………………………….3 2.……………………….3 2..2 Saran…..

Beberapa atom memancarkan foton yang bergerak dalam haluan yang sama.1 Latar Belakang Dewasa ini. cair. Warna cahaya laser tergantung dari unsur-unsur yang ada di dalam bahan penghasil tersebut.1 Apakah pengertian etika dan estetika berbahasa Indonesia ? 1.2. Akan tetatpi sistem kerja laser mudah untuk dipahami. Mulai dari bidang industri. Cahaya laser dapat dihasilkan dengan memberi tenaga ke dalam benda padat. atau gas. antara cermin pada kedua ujung pipa.4 Apa manfaat dari etika dan estetika berbahasa Indonesia dalam forum ilmiah ? 1.2. Perkataan ini begitu panjang dan susah untuk diucapkan.2 Apa pengertian forum ilmiah ? 1.3 Tujuan . Laser sebetulnya singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation.2.2.BAB I PENDAHULUAN 1. Dalam dunia industri. Akurasi laser juga teruji jika digunakan untuk mengukur karena alur laser memancar dalam garis lurus 1. laser banyak membantu pekerjaan manusia. Foton melantun ke atas dan ke bawah. yang artinya peningkatan cahaya oleh radiasi emisi terangsang. Pemotongan ini membutuhkan waktu yang cepat. sampai teknologi komunikasi.2 Rumusan Masalah 1. Energi dari pipa denyar atau arus listrik mengeluarkan dalam bahan laser. laser bertenaga tinggi digunakan untuk memotong baja tebal dengan mudah. kesehatan.3 Bagaimana etika dan estetika berbahasa Indonesia dalam forum ilmiah? 1.

3.2 Mengetahui pengertian forum ilmiah.3 Mengetahui etika dan estetika berbahasa Indonesia dalam forum ilmiah.1 Mengetahui pengertian etika dan estetika berbahasa Indonesia. 1. 1. .1.3.4 Mengetahui manfaat dari etika dan estetika berbahasa Indonesia dalam forum ilmiah.3. 1.3.

etika adalah tingkah laku manusia yang di pandang dari sudut baik dan buruk sebagai suatu hasil penilaian. Jadi karya yang diciptakan oleh desainer adalah karya yang memenuhi kebutuhan hidup manusia secara fisik dan psikologis(estetik). dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Dengan menggunakan kata-kata yang kasar dapat membuat bahasa Indonesia mempunyai citra yang kurang baik di mata orang lain. benda seni dan desain. etika (moral) adalah ajaran tentang baik dan buruk mengenai perbuatan.BAB II PEMBAHASAN 2. Selain itu juga tinggi rendah intonasi saat berbicara. misalnya alam. Etika dalam berbahasa Indonesia adalah penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. baik informasi konseptual maupun prosedural. sikap. kewajiban dan sebagainya. bagaimana ia bisa terbentuk. 2. etika adalah nilai-nilai atau norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang dalam mengatur tingkah lakunya. Estetika adalah ilmu yang membahas keindahan. Kegiatan ini berfungsi untuk menyebarkan informasi ilmiah. Bertenes. Menurut K. Karena mahasiswa merupakan intelektual yang berkewajiban menyebarkan ilmu yang dimilikinya. desainer dalam menciptakan karya desain selalu memuaskan secara estetik (psikologi) dirinya dan orang lain (konsumen). Dari pengertian tersebut. Dalam penggunaan bahasa Indonesia etika yang biasa di tunjukkan adalah kesantunannya. dapat disimpulkan bahwa etika merupakan ajaran baik dan buruk tentang perbuatan dan tingkah laku (akhlak). Dalam berkarya.2 Pengertian Forum Ilmiah Forum ilmiah merupakan kegiatan yang biasa dilakukan dalam dunia ilmiah.1 Pengertian Etika dan Estetika berbahasa Indonesia Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Estetika dalam berbahasa Indonesia.. Keindahan bisa didapatkan dimana saja. . Jadi. kemahiran untuk melakukan presentasi ilmiah merupakan suatu kebutuhan bagi mahasiswa. misalnya menggunakan pilihan kosa kata yang indah dan sesuai.

padat. bertugas mencatat hasil dari presentasi ilmiah serta diskusi yang telah dilaksanakan melalui pertanyaan-pertanyaan atau pun gagasan dari peserta presentasi (audience).Forum ilmiah dapat dikatakan berjalan dengan efektif jika pesertanya secara sukarela terlibat aktif dalam interaksi verbal ilmiah menuju tercapainya tujuan dalam waktu yang tersedia Dalam forum ilmiah terdapat beberapa unsur. dan (3) menjaga etika ketika tampil di depan forum ilmiah. mengetahui latar belakang peserta. (2) menjaga agar presentasi tetap fokus pada masalah yang dibahas. Penyaji materi (Pemateri) 3. antara lain : 1. Untuk menjaga agar presentasi tetap fokus pada madalah yang dibahas. Untuk menjaga etika dapat dilakukan dengan cara menghindari hal-hal yang dapat merugikan (menyinggung perasaan) orang lain. ilustrasi. yakni (1) menarik minat dan perhatian peserta. . Notulis Moderator bertugas memimpin jalannya presentasi ilmiah agar teratur dan sesuai dengan kapasitas waktu yang ditentukan. Moderator 2. dll. Untuk menarik minat dan perhatian pada topik/masalah yang dibahas. Penyaji materi (pemateri) bertugas menyampaikan materi yang akan dibahas serta berhak menjawab pertanyaan . seorang penyaji dapat menggunakan media yang menarik (media visual seperti gambar dengan warna yang menarik. terhadap butir-butir inti. Agar presentasi ilmiah dapat berjalan dengan efektif.).pertanyaan yang diajukan oleh peserta presentasi (audience). penyaji harus menaati bahan yang telah disiapkan dan memberi penjelasan singkat. ada kiat-kiat yang perlu diterapkan. Sedangkan notulen. dan menjaga suara agar tidak monoton serta terdengar jelas oleh seluruh peserta yang berada di suatu ruangan.

2. Semakin sopan kata-kata tersebut. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik Setiap orang tentunya ingin dipanggil dengan sebutan yang baik. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien Berkomunikasi dengan efektif dan efisien berarti berkomunikasi dengan sederhana. Contohnya apabila orang yang sedang diajak berbicara adalah seorang pria yang paruh baya. tidak berbelit – belit. . Poin etika ini penting untuk menghemat waktu dan memberikan pengertian yang sama bagi setiap pendengar. maka sebaiknya dipanggil dengan sebutan ‘Bapak’. Berbahasa yang baik. tepat sasaran. 2. Sebutan yang baik akan memberi pengaruh positif pada pendengar sehingga dengan senang hati mengikuti forum ilmiah dengan aktif. Sebutan yang baik berarti sopan dan sesuai. 3. Etika dalam berbahasa Indonesia adalah penggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar untuk berkomunikasi ataupun berinteraksi dengan orang lain sesuai dengan fungsinya. dan hanya menggunakan kata – kata yang diperlukan saja. penyaji berbicara sambil bergerak dengan sewajarnya dan tidak menggerak – gerakkan tangan atau pun kaki secara berlebihan yang dapat mengganggu pandangan. Keramahan dan kesopanan juga perlu dijaga untuk memberikan pencitraan diri yang baik. ramah dan sopan Berbahasa yang baik berarti berkomunikasi dengan menggunakan struktur bahasa dan pilihan kata yang baik dan benar. Dalam forum ilmiah. Etika dalam berbahasa Indonesia dapat ditunjukkan dengan kesantunan dan kesopanan kata – kata yang kita gunakan. tingkah laku yang baik adalah berperilaku dengan sewajarnya. Bertingkah laku yang baik Tingkah laku adalah gerakan – gerakan tubuh dan perilaku.3 Etika Berbahasa Indonesia dalam Forum Ilmiah Etika mutlak diperlukan dimana pun kita berada termasuk di dalam forum ilmiah. Berikut termasuk etika berbahasa Indonesia dalam forum ilmiah: 1. Contohnya pada saat melakukan presentasi. maka kesan orang lain terhadap pencitraan diri kita semakin baik. 4.

5. Peserta juga harus bersikap jujur dengan bertanya apabila tidak mengerti atau kurang jelas. Hal utama yang perlu kita perhatikan adalah kemampuan berkomunikasi. Memperhatikan dan menghargai hak – hak perseorangan dalam forum ilmiah Setiap orang memiliki hak dalam forum ilmiah. Berikut adalah beberapa teknik berkomunikasi yang baik :  Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan  Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara  Menatap mata lawan bicara dengan lembut  Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum  Menggunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar  Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara  Memakai pakaian yang rapi. hak membela dan mempertahankan pendapatnya. contohnya apabila saat ada peserta yang memberi sanggahan terhadap pendapat penyaji. 2. Memperhatikan dan menghargai hak orang lain dalam forum ilmiah dapat dilakukan dengan bersikap adil dalam memberi kesempatan bagi peserta dalam bertanya. serta hak untuk mendapatkan pengakuan. Kemampuan berkomunikasi yang baik dapat menjadi suatu keindahan tersendiri dalam forum ilmiah. yang meliputi hak berbicara. Bersikap jujur dan lapang dada dalam berkomunikasi Dalam dunia ilmiah. Maka apabila sanggahan itu benar. Bersikap lapang dada dalam forum ilmiah. 6. kejujuran merupakan butir etis yang penting. Setiap orang wajib bersikap terbuka dalam segala hal yang disajikan. sopan dan sesuai dengan kondisi  Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi . penyaji harus berlapang dada dan mengakui kebenaran sanggahan tersebut. estetika berbahasa Indonesia dapat ditunjukkan dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik sehingga pelaku forum ilmiah dapat merasakan keindahan bahasa Indonesia tersebut.4 Estetika Berbahasa Indonesia dalam Forum Ilmiah Estetika adalah ilmu tentang keindahan dan bagaimana orang lain dapat merasakannya. Maka dalam suatu kegiatan forum ilmiah.

maka kata. Tidak menyinggung perasaan pihak lain Dengan penerapan etika.  Menggunakan komunikasi non verbal yang baik. Mendukung keberhasilan dari suatu forum ilmiah Keberhasilan suatu forum ilmiah adalah jika pelaku forum ilmiah dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh. Membuat suasana forum ilmiah menjadi lebih hidup Dengan bahasa yang komunikatif dan menarik. 2. intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik. 5.kata yang diucapkan adalah kata – kata yang halus sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain. Mendapatkan respon positif dari partisipan Respon positif dari partisipan dapat berupa kesan baik terhadap pencitraan diri penyaji dan pemahaman terhadap materi yang disajikan. forum ilmiah menjadi lebih hidup. 3. sehingga informasi ilmiah dapat tersampaikan secara optimal.5 Manfaat Etika dan Estetika Berbahasa Indonesia dalam Forum Ilmiah Dengan menerapkan etika dan estetika berbahasa Indonesia dalam forum ilmiah. 4. hormat atau semacamnya.  Menggunakan volume. Mendapatkan perhatian para partisipan Keindahan yang dirasakan oleh partisipan karena estetika yang diterapkan dalam forum ilmiah dapat menarik perhatian para partisipan sehingga dengan rela mendengarkan dan berpartisipasi secara aktif. merunduk. 2. nada. Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara. Manfaat – manfaat tersebut adalah : 1. sesuai budaya yang berlaku seperti berjabat tangan. .

diantaranya yaitu penggunaan intonasi yang tepat dan keramahan saat berbicara. . manfaat – manfaat yang diperoleh antara lain adalah mendukung keberhasilan suatu forum ilmiah dan juga mendapat respon positif dari partisipan. khususnya dalam forum ilmiah. Etika dalam berbahasa Indonesia dapat ditunjukkan dengan kesantunan. Penggunaan estetika dalam berbahasa Indonesia dapat ditunjukkan dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Hal ini agar muncul respon positif dari pelaku forum ilmiah yang dapat mendukung keberhasilan forum ilmiah tersebut.BAB III PENUTUP 3. kesopanan serta tingkah laku yang baik saat berbicara. 3.1 Kesimpulan Etika dalam berbahasa Indonesia adalah penggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Dengan menerapkan etika dan estetika berbahasa Indonesia dalam forum ilmiah. Sedangkan estetika dalam berbahasa Indonesia berhubungan dengan keindahan dalam berbahasa Indonesia.2 Saran Perlu adanya penerapan etika dan estetika dalam berbahasa Indonesia.

(Online).DAFTAR PUSTAKA Ali. (http://id.scribd. Etika dan Estetika Berbahasa Indonesia dalam Forum Ilmiah. diakses tanggal 19 September 2012) Rohmadi.com/doc/58623036/Bahasa-Indonesia-Makalah-Tgs-1. 2008. 2011. Surakarta : UNS Press . Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. dkk. Muhammad.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful