Standarisasi Protokol (ISO 7498) ISO (International Standard Organization) mengajukan struktur dan fungsi protocol komunikasi data

. Model tersebut dikenal sebagai OSI (Open System Interconnection) Reference Model. Terdiri atas 7 layer (lapisan) yang mendefinisikan fungsi. Untuk tiap layernya dapat terdiri atas sejumlah protocol yang berbeda, masing-masing menyediakan pelayanan yang sesuai dengan fungsi layer tersebut. 1. Application Layer: interface antara aplikasi yang dihadapi user and resource jaringan yang diakses. Kelompok aplikasi dengan jaringan: • File transfer dan metode akses • Pertukaran job dan manipulasi • Pertukaran pesan 2. Presentation Layer: rutin standard me-presentasi-kan data. • Negosiasi sintaksis untuk transfer • Transformasi representasi data 3. Session Layer: membagi presentasi data ke dalam babak-babak (sesi) • Kontrol dialog dan sinkronisasi • Hubungan antara aplikasi yang berkomunikasi 4. Transport Layer: • Transfer pesan (message) ujung-ke-ujung • Manajemen koneksi • Kontrol kesalahan • Fragmentasi • Kontrol aliran 5. Network Layer: Pengalamatan dan pengiriman paket data. • Routing • Pengalamatan secara lojik • setup dan clearing (pembentukan dan pemutusan) 6. Data-link Layer: pengiriman data melintasi jaringan fisik. • Penyusunan frame • Transparansi data • Kontrol kesalahan (error-detection) • Kontrol aliran (flow) 7. Physical Layer: karakteristik perangkat keras yang mentransmisikan sinyal data.

stasiun dapat dipasang dalam keadaan sistem sedang berjalan mematikan. menunggu waktu random. layanan diagram beracknowledgement 3. nomor acknowledgement.2 Kita telah mengetahui bagaimana dua buah mesin dapat berkomunikasi melalui sebuah saluran realiable dengan menggunakan bermacam-macam protokol data link protokol-protokol ini menyediakan kontrol error dan kontrol aliran pada standard IEEE 802. layanan diagram tidak reliable 2.Standar IEEE 802. Untuk layanan data tidak reliable. Jika dua stasiun atau lebih mengirimkan secara simultan pada sebuah kabel yang sedang bebas. Standard IEEE 802. ketika stasiun akan melakukan transmisi.3 ini ditujukan bagi LAN 1-persistent CSMA/cd untuk mengingat kembali tentang ide ini . stasiun mendengarkan kabel. adanaya jaminan tidak diperlukan atau bahkan tidak diharapkan. demikian pula yang terjadi pada paket IP/IEEE telah mendefinisikan sistem yang dapat beroperasi pada puncak semua protokol LAN 802 dan MAN. bila kabel dalam keadaan bebas . Selain itu protokol yang disebut LLC (Logical Link Control ) ini menyembunyikan perbedaan yang terdapat pada bermacammacam jaringan 802 dengan menyediakan format tunggal dan interface ke network layer.protokolnya sangat sederhana .maka stasiun dengan segera akan melakukan tranmisi. alamat tujuan. dan mengulangi seluruh prosesnya lagi. layanan connection-oriented reliable Header LLC didasarkan pada protokol HDLC yang lebih tua. Bila kabel dalam keadaan sibuk. maka stasiun akan menunggu sampai kabel tersebut menjadi bebas. Semua stasiun yang mengalami tabrakan itu akan menghentikan tranmisinya. nomor urut. paket IP cukup disisipkan ke field payload 802 dan mengirimkannya bila file load tersebut hilang. maka stasiun akan mengalami tabrakan. beberapa bit untuk keperluan lain. sistem terlebih dahulu tanpa harus .3 ( ethernet) Stadard IEEE 802. frame data berisi alamat sumber. Untuk datagram beracknowledgement atau layanan connection-oriented. Misalnya untuk mengirimkan paket IP. Berbagai macam format digunakan untuk data dan kontrol. dengan MAC sublayer ada dibawahnya.LLC menyediakan 3 pilihan layanan : 1.2 ini tidak membahas mengenai komunikasi realiable dari semuanya LAN 802 dan penawaran yang diberikan MAN merupakan layanan datagran yang terbaik kadang kadang layanan ini cukup adekuat. ** kelebihan . nomor urut dan nomor acknowledgemnt bisa diabaikan.

maka stasiun yang bernomor paling tinggi mempunyai kesempatan pertama untuk mengirim.sistem broadband banyak menggunakan rekayasa analog dan melibatkan modem serta amplifier pita lebar . . Karena pada suatu saat hanya terdapat sebuah stasiun saja yang memegang token. ** kelebihan . ** kekurangan . Bila ring logika diinisialisasi . Secara logika. Standar IEEE 802.4 menerangkan LAN yang disebut Token bus. dimana hanya pemegang token sajalah yang diijinkan untuk mentranmisikan frame. dan tidak membutuhkan modem .standard ini menggunakan kabel pasif.5 ( token ring) Jaringan ring telah lama dan dipakai untuk LAN maupun WAN.4 ( token bus) Standar IEEE 802.sebuah stasiun harus mampu mendeteksi signal lemah yang berasal dari stasiun lain . Token berpropagasi mengelilingi Ring logic tersebut .protokolnya sangat rumit dan memiliki delay pada keadaan beban rendah yang panjang . stasiun tersebut memberikan kesempatan berikutnya jika stasiun tetangganya dengan cara mengrimkan frame kontrol khusus yang disebut token. stasiun-stasiun diorganisasi kedalam sebuah ring dimaan masing-masing stasiun mengethui alamat stasiun lainnya yang berada di sebelah kiri dan kanannya. bahkan ketika dirinya sendiri sedang melakukan transaksi. maka tidak akan terjadi tabrakan.delay pada lalulintas yang tidak padat bisa dikatakan nol karena stasiun tidak perlu menunggu token .sangat tidak cocok untuk implementasi serat optik dan hanya dipakai oleh pengguna yang sedikit Standard IEEE 802. Ring merupakan kumpulan link point to point indiual yang membentuk sebuah lingkaran. Setelah dilaksanakan.Menggunakan peralatan telesi kabel yang memiliki realibilitas. dan dapat secara langsung mengirimkan frame . Secara fisik token bus merupakan kabel linier atau berbentuk diagram pohon tempat stasiun-stasiun dihubungkan.semua rangkaian pendeteksi semua analog . ** kekurangan . Link point to point melibatkan teknologi yang sudah dikenal baik dan terbukti dilapangan dan dapat ..

maka stasiun tersebut akan segera melakukan tranmisi. Pada protokol ini . Ring juga adil dan memiliki akses saluran yang baik. misalnya 802. Sopan santun ini diperlukan untuk mencegah suatu situasi dimana situasi yang dekat dengan Head-end secara langsung mengambil seluruh sel-sel yang kosong pada saat sel-sel itu tiba dan langsung mengisinya. artinya mereka menunggu stasiun0-stasiun aliran ke bawah.IEEE telah menentukan sebuah MAN yang disebut DQDB (DIStributed Queque dual bus-bus ganda antrian terdistribusi). Pada protokolprotokol lainnya bila sebuah stasiun mendapatkan sebuah kesempatan untuk mengirim.Rekayasanya cukup mudah dan dapat berbentuk sepenuhnya digital . Aturan dasarnya adalah bahwa stasiun-stasiun berlaku sopan. Rekayasa ring juga hampir seluruhnya digital. sedangkan.6 Tidak satupun lan 802 yang kita pelajari cocok untuk digunakan dalam MAN masalah panjang kabel dan unjuk kerja ketika ribuan stsiun dhubungkan menyebakan sistem ini terbatas pada daerah seluas kampus saja.9 mempunyai standard kecepatan sampai 10 Mbps saluran synchronous dengan 96 64-xBps (6 Mbps total Bandwith) dengan saluran yang dapat digunakan saluran data yang spesifik. Standard 802.6 tidak rakus. dan didesain untuk mengatur pencampuran bursty dan time critical traffic. Standard IEEE 802. Dengan alasan-alasan ini IBM memilih ring sebagai LAN-nya dan IEEE telah memasukkan standard token ring sebagai 802. 802.3 memiliki komponen analog penting untuk deteksi tabrakan. sebagai standard 802. stasiun-stasiun membuat antrian sear berurutan dan menjadi dalam keadaan siap kirim dan mentranmisikan secara FIFO.6.Ring-ring dapat dibentuk dengan menggunakan tranmisi dari mulai carrier yang sederhana sampai serat optik secara virtual Standard IEEE 802. dan serat optik. kabel koaksial.9 IEEE 802.dioperasikan pada twisted-pair.11 . total bandwith yang tetap yang digunakan 6 Mbps. Standar ini dinamakan sebagai Isochronous Ethernet (IsoEnet). Bagi jaringan yang dapat mencakup seluruh pelosok kota. yang menyebabkan stasiun aliran ke bawah akan kehabisan kesempatan.5. ** kelebihan . Tidak seperti protokol-protokol LAN 802 lain .

Standard IEEE 802. Sesuai kegunaan dan perkembangannya. DB2. dan lain-lain yang mengkoordinasikan aktivitas yang berhubungan dengan standar. Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. dimulai dari kode 0 hingga 255 dalam sistem bilangan Desimal. Dimulai dari 00000000 hingga 11111111. misalnya ISO . Informix. SQL memiliki beberapa versi. WHERE.11 adalah standard yang digunakan untuk jaringan lokal menggunakan wireles. TIA dikenal terbaik untuk mengembangkan standard pemasangan kabel menggunakan disain dan instalasi . UPDATE. DELETE. INSERT. Hewlett-Packard yang biasa disebut 100 Mg anylan. Statemen SQL digunakan untuk menerima. Oracle. ANSI adalah anggota IEC dan ISO. MS SQL Server. Sybase.ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal.Standard IEEE 802.12 yang mempunyai kesempatan 100 MB persekon sesuai dengan proposal yang dipromosikan oleh AT&T. mereka harus memiliki keywords utama yang dipakai secara umum yaitu (SELECT. mengubah dan menghapus data. SQL adalah standar ANSI (American National Standards Institute) bahasa pemrograman untuk mengakses dan memanipulasi database. Total kombinasi yang dihasilkan sebanyak 256. ANSI berpartisipasi dalam mendefinisikan standar protokol jaringan dan merepresentasikan Amerika Serikat dalam hubungannya dengan badan-badan penentu standar International lain. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit. Standar ini dipakai untuk mendukung jaringan berkecepatan tinggi yang bisa dioperasikan dalam gabungan ethernet dan lingkungan token ring dengan mendukung kedua buah jenis frame. ANSI membantu dengan komunikasi dan jaringan (selain banyak hal lainnya). contohnya 124 adalah untuk karakter "|". pemerintah. Jaringan ini menggunakan topologi dasar star wiring dan sebuah metode akses yang mempunyai anggapan dasar bahwa sebuah alat memberikan pada jaringan Hub ketika mereka membutuhkan pengiriman data. ANSI C adalah standar bahasa C pertama. Sebuah metode CSMA/cd telah diterapkan standard terakhir pada tahun 1998 juga telah menerapkan metode. dan sebagainya). Ansi adalah organisasi sukarela yang terdiri atas anggota dari sektor usaha.  TIA/EIA Asosiasi Industri Telekomunikasi (TIA) adalah suatu organisasi terpisah yang diakui oleh ANSI dan bekerjasama dengan Asosiasi Industri Elektronika (EIA). dan memperkuat posisi Amerika Serikat dalam organisasi standar nasional. ANSI adalah lembaga amerika yang mengeluarkan standard ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Alat ini bisa mengirimkan data jika mendapat ijin dari Hub . tetapi agar tidak terjadi kekeliruan dibuat standar oleh ANSI. dll.  ANSI ANSI (American National Standards Institute adalah sebuah kelompok yang mendefinisikan standar Amerika Serikat untuk industri pemrosesan informasi. SQL bekerja dengan berbagai sistem database antara lain MS Access.12 IEEE 802. IBM.

Fasilitas X25 yang tersedia untuk pengguna adalah: a. b. Sehingga mampu untuk mendukung suatu cakupan aplikasi yang luas dan memenuhi kebutuhan kecepatan yang tinggi pada masa kini dan mendatang. Sehingga pengguna tidak menyadari adanya perbedaan kecepatan antara terminal pemanggil dan yang dipanggil. Pengecekan kesalahan.sistem pemasangan kabel yang ter-koordinasi. . Pengubah kecepatan. Sistem pengalamatan yang unik. Contoh standart dari TIA/EIA : Standard TIA 568A-B ITU-T Pada jaringan yang menyediakan fasilitas data switching network berkecepatan tinggi digunakan standar X25 dari ITU-T.Dimana pengguna dapat mengatur waktu sambungan antara terminal dan CPU untuk mengirim data. c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful