P. 1
Perbedaan UU No 22 Tahun 1999 Dan UU No 32 Tahun 2004

Perbedaan UU No 22 Tahun 1999 Dan UU No 32 Tahun 2004

|Views: 19|Likes:
Published by VHe 'Mangare Runtu'
esensi undang undang perda
esensi undang undang perda

More info:

Published by: VHe 'Mangare Runtu' on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/12/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

Nama : Tommy M.

Mandagi NIM : 12 303 933 II/C

HUKUM PEMDA
PERBEDAAN
UU No 22 Tahun 1999 dan UU No 32 Tahun 2004
Revisi terhadap UU No. 22/1999, dengan demikian jelas dimaksudkan untuk menyempurnakan kelemahan-kelemahan yang selama ini muncul dalam pelaksanaan otonomi daerah. Memang, sekilas UU No. 32 tahun 2004 masih menyisakan banyak kelemahan, tapi harus diakui pula banyak peluang dari UU tersebut untuk menciptakan good governance, paling tidak di tataran konseptual akan sangat berarti. Selain beberapa implikasi positif yang dapat diambil dari UU No. 32 tahun 2004 ini, perdebatan tentang pilkadal hanya bagian kecil dibanding usaha idealisasi kehidupan bernegara dalam konteks demokrasi dan otonomi daerah masa sekarang ini. Diskursus demikian tentunya (diharapkan) berakhir dengan keputusan final Mahkamah Konstitusi, dan pembangunan demokrasi akan terus berjalan di negeri ini.

berdasarkan masyarakat aspirasi setempat sesuai masyarakat sesuai dengan peraturan dengan peraturan perundangundangan.1 huruf d) dengan prinsip asas otonomi seluasdesentralisasi. PERBEDAAN ANALISIS UU NO 22 UU NO 32 TAHUN 1999 TAHUN 2004 Otonomi Daerah Otonomi Daerah Pada intinya adalah adalah hak. perundangundangan. sama. Daerah prakarsa sendiri kepentingan sendiri. Daerah menurut asas asas otonomi dan dan DPRD desentralisasi.32/2004 . luasnya dalam sitem Sedangkan dan prinsip Negara dalam UU Kesatuan Republik No.22/1999 penyelenggaraan penyelenggaraan dalam pemerintahan urusan penyelenggaraan daerah otonom pemerintahan oleh pemerintahan oleh pemerintah pemerintah daerah daerah otonom Pemerintahan daerah dan DPRD dan DPRD menurut oleh pemerintah 2. Otonomi kewenangan wewenang. Undang-Undang No. tugas pembantuan hanya berdasar (ps. dan daerah daerah Otonom kewajiban daerah merupakan hak untuk menatur dan otonom untuk wewenang dan mengurus mengatur dan kewajiban kepentingan mengurus sendiri daerah untuk masyarakat urusan mengurus urusan Konsep Otonomi setempat menurut pemerintahan dan pemerintahannya 1.Berikut beberapa perbedaan yang ditemukan beserta analisanya. (Pasal 1 angka 5) (Pasal 1 huruf h) pemerintahan Pemerintahan Dalam UU daerah adalah daerah adalah No.

1 angka 2) dengan prinsip otonomi yang seluas-luasnya. daerah yang b) (ps.1 angka 3) dimaksud. Pemerintah Daerah penyelenggaraan pemerintah daerah oleh pemda dan DPRD menganut asas otonomi serta tugas pembantuan (Ps.bupati.32/2004 daerah beserta gubernur. walikota.(ps 1 huruf pemerintah daerah. Pemerintah daerah pemerintah daerah dalam UU adalah kepala adalah no. . sedangkan dalam UU No. bupati.3. seperti Gubernur . terdapat perangkat daerah atau walikota dan penunjukan otonom yang lain perangkat daerah secara jelas siapa sebagai badan sebagai unsur saja pelaksana eksekutif penyelenggara pemerintah daerah.22/1999 pelaksana pemerintah daerah hanya disebut secara umum yaitu kepala daerah dan perangkatperangkatnya sebaga badan eksekutif daerah Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Moneter dan pengendalian fiskal nasional pembangunan nasional secara f. serta kewenangan Urusan pemerintah dalam bidang lain. 10 ayat 3) keuangan. pendayagunaaan . 10 ayat 1) dan fiskal. 7 ayat 1) ayat (1) meliputi: Kewenangan a. Agama makro. Yustisi nasional dan e. peradilan. Politik luar bidang lain sebagaimana di negeri maksud dalam b. agama di tambah di dalam Ps. pertahanan keamanan. pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia. sistem administrasi negara dan lembaga perekonomian Dalam UU No. yang dimaksud sebagaimana pada (Ps. meliputi kebijaksanaan c. agama. dana perimbangan keuangan. urusan Pemerintah. sistem administrasi negara.22/1999 urusan pemerintahan yang bukan menjadi urusan pemerintahan daerah meliputi: politik luar negeri. Undang ini di pertahanan tentukan menjadi keamanan. dana perimbangan (Ps. kewenangannya kecuali kecuali urusan kewenangan pemerintah yang dalam bidang oleh Undangpolitik luar negeri. peradilan moneter dan fiscal nasional. moneter (Ps. 7 ayat 2 yaitu kewenangan bidang lain yang meliputi: kebijakan tentag perencanaan nasional dan pengendalian pembangunan secara makro. Pertahanan ayat (1). Kewenangan Daerah Kewenangan Pemerintahan daerah mencakup daerah kewenangan menyelenggarakan dalam seluruh urusan pemerintah bidang yang menjadi pemerintahan. Keamanan tentang perencanaan d.4.

dpr. konservasidan standarisasi nasional. pertahanan. agama. moneter dan fiscal nasional.go. yustisi. (Ps. pembinaaan dan pemberdayaaan sumber dana manusia.negara. keamanan. 7 ayat 2) sumber daya alam serta teknologi tinggi yang strategis.hukumonline.wikipedia. konservasi dan standarisasi nasional. 10 ayat 3) yaitu: politik luar negeri.com .32/2004 urusan pemerintah yang menjadi urusan pemerintah Daerah hanya terbatas pada yang di sebutkan dalam (Ps. Sedangkan dalam UU No. pendayagunaan sumber daya alam serta teknologi tinggi yang strategis. www.id www. Sumber.com/id www.

32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah . UU No.UU No. 22 Tahun1999 tentang Pemerintahan Daerah UU No.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->