P. 1
Sejarah Bilangan Phi

Sejarah Bilangan Phi

|Views: 417|Likes:
Published by Mursyid19

More info:

Published by: Mursyid19 on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2015

pdf

text

original

SEJARAH BILANGAN Phi/Pi (KRONOLOGI Phi/Pi

)
Tahukah anda
rumus luas lingkaran adalah (phi) r^2? tentu jawabanya "YA". tetapi kalau pertanyaannya diganti menjadi "Tahukah anda siapa penemu phi?" "kenapa phi = 3,14... ?". mungkin tidak semua dari teman-teman semua tahu jawabannya. kali ini penulis ingin men-share informasi tentang sejarah phi atau boleh dibilang proses ditemukannya phi.

Ok, langsung saja silahkan klick link berikut..^^ Tidak diketahui siapa orang pertama yang menemukan phi atau biasa disebut rasio antara keliling linkaran dengan diameter ini. namun, bukti-bukti menunjukkan bahwa phi ini sudah banyak digunkan di dunia timur kuno. pada waktu itu pendekatan phi diambil 3, dan untuk kwadratura lingkaran mesir yang diberikan dalam papyrus rhind didapat phi = (4/3)^4 = 3,1604....Tetapi usaha ilmiah pertama untuk menghitung phi agaknya datang dari Archimedes dan kita akan mulai kronologi kita dengan hasil kerjanya.

Ca 240 SM untuk mudahnya misalkan kita pilih sebuah lingkaran dengan garis tengah tertentu. dengan begitu keliling lingkaran terletak antara bagian luar(perimeter) dari setiap poligon yang terlukis di dalamnya dan setiap poligon yang terlukis di sekitarnya. dan karena mudah menghitung keliling dari poligon segi enam beraturan yang terletak didalam dan disekitar, kita mudah mendapatkan batas-batas untuk phi. dengan menerapkan proses ini berturut-turut, mulai dengan poligon beraturan segi enam yang terlukis di dalam dan sekitarnya, kita dapat menghitung perimeter dari poligon-poligon yang terlukis di dalam dan sekitarnya dengan sisi 12, 24, 48, dan 96. dengan ini didapat batas-batas yang lebih mendekato phi. akhirnya didapat bahwa phi berada antara 223/71 dan 22/7, atau 3,14. Proses perhitungan ini terdapat dalam buku "Perhitungan suatu lingkaran" dari Archimedes, yaitu sebuah risalah yang hanya memuat tiga dalil. risalah yang turun-temurun pada kita itu bukanlah dalam bentuk aslinya dan boleh jadi hanya sebagian dari pembahasannya yang lebih luas. Cara menghitung di atas dengan menggunakan poligon-poligon beraturan yang dilukiskn di dalam dan sekitarnya dikenal sebagai metode klasik perhitungan phi.

Ca 150M. nilai phi pertama yang terkemuka setelah Archimedes, diberikan oleh Claudius Ptolemaus dari Alexandria dalam karyanya yaitu "Sintaxis Matematika" yang terkenal (lebih dikenal dengan judul arabnya Aliest). Dalam karyanya ini, phi diberikan dalam notasi sexadesimal, sebagai 3 derajat 8 menit 30 detik (maaf penulisannya susah ^^), yang sama dengan 377/120 atau 3,1416. tidak terlalu disangsikan bahwa nilai ini berasal dari daftar tabel busur, yang termuat dalam risalah tersebut. Daftar tersebut memberikan panjang tali-tali busur dari lingkaran yang

menemukan phi tepat sampai 9 angka desimal dengan metode klasik. . dengan mempergunakan polygon dengan 2^62 sisi( WOWWW (O. dengan mempergunakan poligon-poligon denan 2^30 sisi. Ca 1150. dan hingga kini orang menyebutnya dengan "angka Ludoplhin". dan menggunakan polygon 6(2^16)=393.145929. murid dari pembuat daftar kuni Rhaetius. Ca 530 ahli matematika hindu kuno Aryabrata memberikan 62.(gambar deret menyusul ^^). Ia mencurahkan sebagian besar hidupnya untuk tugas ini dan hasil karyanya di pandang orang demikian luar biasanya sehingga angka tersebut dipahat pada batu nissannya. angka yang pertama mungkin diambil dari Aryabrata.direntang oleh sudut-sudut pusat untuk setiap derajat dan setengah derajat.1416 sebagai nilai yang mendekati untuk phi.1416 asalnya tidak jelas. Ia menemukan pula ekuivalensi dari deret tak hingga yang menarik. Ahli matematika Prancis yang terpandang. 1579. Ahli matemtika hindu yang selanjutnya. dari Belanda. Andrian Anthoniszoon menemukan kembali rasio cina kuno 355/113. mendapatkan phi tepat sampai 15 angka desimal dengan cara klasik. dan V-10. mungkin telah mengenalkan rasio untuk phi ini dalam dunia barat pada tahun 1573 yang jatuh sedikit lebih dulu. memberikan pendekatan untuk phi 3927/1250. yang tepat sampai 6 desimal.. ada tanda-tanda bahwa Valenti Otto. diperoleh nilai phi di atas.000= 3. 1593 Andreanen van Roomen. 22/7.. nilai ini sama dengan yang diberikan oleh ptolemeus.O)! ) 1610 Ludolph van Ceulen dari Jerman menghitung phi sampai 35 angka desimal dengan cara klasik. (wwooww (O. Ia kemudian mengambil rerata dari pembilang dan pembagi untuk mendapatkan nilai "eksak" dari phi. Ca 480 pekerja mekanik cina kuno. Francois Viete. Tsu Chung-chih.216 sisi. nilai lainnya 754/240 = 3. dan hasilnya dibagi dengan panjang garis tengah lingkaran. memberikan pendekatan rasio yang menarik. ini jelas suatu peristiwa yang menguntungkan karena Ia mengemukakan bahwa 377/120< phi < 333/106. tidak diketahui bagaimana hasil ini diperoleh namun diperkirakan berasal dari beberapa sumber yunani yang lebih tua atau mungkin dengan menghitung keliling dari poligon beraturan dengan 384 sisi yang tertulis di dalamnya.. 1586. jika panjang tali busur dari sudut 1 derajat dikalikan dengan 360. 355/113= 3.O)!). yang lebih dikenal dengan Adriaus Romanus.832/20. Bhaskara.

8/(1. ahli matematika Scotlandia James Gregrory mendapatkan deret tak hingga arc tan x = x . Tapi tidak ada diantara pernyataan-pernyataan ini telah digunakan untuk menghitung phi secara luas.6.5. 1671. Deret konvergen yang sangat lambat ini dikenal oleh Leibnitz pada tahun 1674. (4/phi) = 1 + 1 2/2 + (3^2)/2 + (5^2)/2 + . 1650 ahli matematika John Wallis mendapat pernyataan yang aneh: (phi/2)(2.dengan menggunakan perbaikan snell. pembuktian yang benar dari perbaikan snell dilengkapi pada tahun 1654 oleh ahli matematika dan fisika Christian Huygens. (-1 <= x <=1) yang tidak terpikir oleh Gregory adalah kenyataan bahwa x = 1. untuk polygon-polygon dengan 96 sisi cara klasik menghasilkan 2 angka desimal sedang perbaikan snel menghasilkan 7 angka.3. 1699 Abraham Sharp menemukan tepat 71 angka desimal dengan x= V1/3. dengan polygon-polygon serupa itu cara klasik hanya menghasilkan 15 angka desimal. 1706 John Machin menemukan tepat 100 angka desimal dengan menggunakan deret Gregory yang dihubungkan dengan relasi x/4 = 4 arc tan (1/5) ...3.2.4. 1630 Grienberger .x 7/7 + . mengubah hasil wallis dalam pecahan berkelanjutan. presiden pertama dari Royal Society. dengan caranya Ia mendapatkan 35 angka desimal dari Van Ceulen dengan menggunakan polygon-polygon dengan hanya sisi 2^30 sisi.4. bahwa pemecahan Euclid soal kwadratura adalah mustahil. Gregory mencoba untuk membuktikan.6.7)) Lord Broucker.1621 Ahli fisika Belanda Willebrod Snell. menghitung phi sampai 39 angka desimal.x 3/3 + (x^5)/5 .arc tan (1/239) . menemukan perbaikan trigonometri dari cara klasik untuk menghitung phi sehingga untuk setiap pasang batas-batas terhadap phi yang diberikan dengan cara-cara klasik Ia mampu mendapatkan batas-batas yang lebih mendekati.5.. yang lebih terkenal karena penemuannya mengenai hukum refraksi.7. ini adalah usaha besar terakhir untuk menghitung phi dengan memakai cara klasik..

Ia telah menemukan berbagai aplikasi dalam radar. kuadrat-) penyaringan spasial dan penolakan gangguan. ]teknik Beamforming Untuk mengubah directionality dari array. Ketika transmisi. membuat satu sinyal keras. tunggal sangat sensitif. kemudian pulsa dari speaker yang terjadi menjadi lebih jauh dari kapal. untuk mengirim pulsa tajam suara bawah air menuju kapal di kejauhan. seismologi. Misalnya di sonar . Dalam sonar pasif.Beamforming Dari Wikipedia. radio astronomi . akustik. sehingga setiap sinyal mencapai output tepat saat yang sama. teknik beamforming melibatkan menggabungkan sinyal tertunda dari setiap hidrofon pada waktu yang sedikit berbeda (hidrofon paling dekat dengan target akan dikombinasikan setelah penundaan terpanjang). hanya transmisi bahwa pulsa tajam dari setiap proyektor sonar dalam array secara bersamaan gagal karena kapal pertama akan mendengar denyut nadi dari speaker yang terjadi menjadi terdekat kapal. Beamforming dapat digunakan baik pada pemancar dan penerima berakhir untuk mencapai selektivitas spasial. informasi dari sensor yang berbeda yang dikombinasikan dengan cara di mana pola yang diharapkan dari radiasi istimewa diamati. Beamforming dapat digunakan untuk radio atau gelombang suara . sonar. ensiklopedia bebas Beamforming Beamforming atau spasial filtering adalah pemrosesan sinyal teknik yang digunakan dalam array sensor untuk transmisi sinyal arah atau penerimaan. beamformer yang mengontrol fase dan relatif amplitudo dari sinyal pada pemancar masing-masing. Hal yang sama dapat dilakukan di udara dengan menggunakan pengeras suara . menghasilkan efek yang kuat pulsa tunggal dari sebuah proyektor tunggal yang kuat . . komunikasi nirkabel. [1] Hal ini dicapai dengan menggabungkan unsur-unsur dalam array bertahap sedemikian rupa sehingga sinyal pada sudut tertentu mengalami konstruktif gangguan sementara yang lain mengalami interferensi destruktif . Adaptif beamforming digunakan untuk mendeteksi dan memperkirakan sinyal-of-interest pada output dari sebuah array sensor dengan cara yang optimal (misalnya. sehingga pulsa setiap menyentuh kapal tepat pada saat yang sama. dan dalam penerimaan di sonar aktif. Menerima beamforming juga dapat digunakan dengan mikrofon atau antena radar. dan biomedis . Peningkatan dibandingkan dengan omnidirectionalpenerimaan / transmisi dikenal sebagai menerima / mengirim keuntungan (atau kerugian). Ketika menerima. seolaholah sinyal berasal dari hidrofon. dalam rangka menciptakan pola interferensi konstruktif dan destruktif dalam wavefront. Teknik beamforming melibatkan pengiriman pulsa dari proyektor masing-masing pada waktu yang sedikit berbeda (proyektor yang paling dekat dengan kapal terakhir). atau dalam radar / radio menggunakan antena .

khas radar . Karena variasi kebisingan dengan frekuensi. Beamforming dapat komputasi intensif. dalam sistem pita lebar mungkin diinginkan untuk melaksanakan proses dalam domain frekuensi . Dengan sistem pita lebar pendekatan ini tidak lagi berlaku. radar array bertahap memiliki kecepatan data sangat tinggi sehingga biasanya membutuhkan pemrosesan perangkat keras berdedikasi. Sebaliknya. Beamforming teknik dapat dibagi menjadi dua kategori:   konvensional (tetap atau balok diaktifkan ) beamformers adaptif beamformers atau array bertahap   Sinyal yang diinginkan memaksimalkan modus Gangguan sinyal minimisasi atau mode pembatalan Beamformers konvensional menggunakan seperangkat tetap bobot dan waktu-keterlambatan (atau phasings) untuk menggabungkan sinyal dari sensor dalam array. Sebaliknya. Aplikasi Sonar bervariasi dari 1 Hz sampai setinggi 2 MHz. yang khas di sonars. Namun. teknik beamforming adaptif umumnya menggabungkan informasi ini dengan sifat dari sinyal yang diterima oleh array. dan elemen array mungkin sedikit dan besar. sambil mendengarkan untuk acara di arah lain. masing-masing bergeser jumlah yang sedikit berbeda. lihat bagian matematika dalam array bertahap . terutama menggunakan informasi hanya tentang lokasi sensor dalam ruang dan arah gelombang bunga. dan dapat cepat kembali diprogram seperti perangkat lunak. Hal ini berguna untuk mengabaikan kebisingan atau jammers dalam satu arah tertentu. adalah salah satu di mana bandwidth yang hanya sebagian kecil dari frekuensi pusat. yang terprogram untuk mengirim dan / atau menerima hanya dalam satu arah pada satu waktu. Proses ini dapat dilakukan baik dalam waktu atau frekuensi domain.Dengan sempit-band sistem waktu tunda yang setara dengan "pergeseran fase". mengaburkan hardware / software perbedaan. Beberapa kriteria harus dibentuk untuk memungkinkan adaptasi untuk melanjutkan seperti meminimalkan output suara total. ]Sonar beamforming persyaratan Sonar itu sendiri memiliki banyak aplikasi. atau berjumlah ratusan namun sangat kecil. Untuk matematika lengkap tentang mengarahkan balok menggunakan pergeseran amplitudo dan fase." Pola pembobotan yang berbeda (misalnya. seperti wide-area-cari-dan-mulai. sehingga dalam hal ini array dari antena. Sebuah hasil yang serupa dapat diperoleh pada transmisi. Dalam beamformer menerima sinyal dari antena masing-masing dapat diperkuat oleh berbeda "berat. Sebuah sistem pita sempit. disebut array bertahap . Sebuah lobus utama diproduksi bersama-sama dengan nulls dan sidelobes. Serta mengendalikan lebar lobus utama (balok) dan tingkat sidelobe. biasanya untuk meningkatkan penolakan terhadap sinyal yang tidak diinginkan dari arah lain. Sonar penerapan beamforming mirip dalam teknik umum tetapi bervariasi secara rinci dibandingkan dengan sistem elektromagnetik beamforming implementasi. yang cukup fleksibel untuk mengirim dan / atau menerima beberapa arah sekaligus. posisi nol dapat dikendalikan. Sebagaimana namanya. sonars pencitraan bawah air seperti side-scan sonar dan kamera akustik . Ini akan mengubah upaya-upaya sonar desain beamforming signifikan antara tuntutan komponen sistem seperti "front end" (transduser. preamps dan digitizers) dan . Sonar array bertahap memiliki tingkat data yang cukup rendah sehingga dapat diproses secara real-time dalam perangkat lunak . Dolph-Chebyshev ) dapat digunakan untuk mencapai pola sensitivitas yang diinginkan. baru lapangan array gerbang diprogram cukup cepat untuk menangani data radar secara realtime. sebuah beamformer adaptif dapat secara otomatis beradaptasi respon terhadap situasi yang berbeda.

Frekuensi tinggi. Semua bobot elemen antena dapat memiliki besaran yang sama. kecepatan sistem penarik atau kendaraan yang membawa sonar bergerak dengan kecepatan yang cukup untuk memindahkan sonar keluar dari bidang "ping" suara kembali. multi-elemen pencitraan-cari sonars dan kamera akustik sering menerapkan kelima pemrosesan order spasial yang menempatkan strain setara dengan tuntutan radar Aegis pada prosesor. 2. secara bersamaan.beamformer aktual hilir hardware komputasi. dan 3 dimensi array. Sonar berbeda dari radar di bahwa dalam beberapa aplikasi seperti wide-cari daerah-semua arah seringkali perlu disimak. Di mana Kebisingan adalah varian atau kekuasaan Kebisingan. skema Beamforming  Sebuah beamformer konvensional dapat menjadi beamformer sederhana juga dikenal sebagai delay-dan-sum beamformer . Dengan demikian sistem multibeam diperlukan. dibandingkan dengan menyajikan sistem radar yang menggunakan perangkat keras untuk 'mendengarkan' dalam satu arah pada satu waktu.  Mode Pasif: (hampir) non-standar solusi  Kode Akses Divisi Wideband Beberapa ( WCDMA ) mendukung arah kedatangan (DOA) berdasarkan beamforming [ rujukan? ]  Aktif Mode: solusi standar wajib . Banyak sistem sonar. seperti pada torpedo. 3 array bola dan silinder dimensi yang digunakan dalam 'kubah sonar' di modern kapal selam dan kapal. Dalam penerima sonar narrowband fase untuk setiap balok dapat dimanipulasi seluruhnya oleh perangkat lunak pemrosesan sinyal.  1 dimensi "baris" array biasanya dalam multi-elemen sistem pasif ditarik di belakang kapal dan sonar sisi tunggal atau multi-elemen scan. Sonar juga menggunakan beamforming untuk mengkompensasi masalah yang signifikan dari kecepatan propagasi lebih lambat dari suara dibandingkan dengan radiasi elektromagnetik. yang terdiri dari array hingga 100 unsur yang harus mencapai kemudi balok atas lapangan 100 derajat pandang dan bekerja dalam mode aktif maupun pasif. Selain algoritma fokus dimaksudkan untuk meningkatkan penerimaan.   2 dimensi "planar" array yang umum di aktif / pasif lambung kapal dipasang sonars dan beberapa sisi-scan sonar . Jika kebisingan tersebut berkorelasi dan tidak ada gangguan directional. dengan throughput yang lebih tinggi. sonars banyak sisi scan juga mempekerjakan kemudi balok untuk melihat ke depan dan ke belakang untuk "menangkap" pulsa masuk yang mungkin telah terlewati oleh sinar sidelooking tunggal. dan dalam beberapa aplikasi disiarkan ke. Di sisi-lihat-sonars. balok terfokus.   Null-kemudi beamformer Frekuensi domain beamformer Sejarah Beamforming dalam standar selular Teknik beamforming digunakan dalam telepon selular standar telah maju melalui generasi untuk memanfaatkan sistem yang lebih kompleks untuk mencapai sel kepadatan yang lebih tinggi. Array sonar yang digunakan baik aktif dan pasif dalam 1. Beamformer ini mengarahkan ke arah yang ditentukan hanya dengan memilih fase yang sesuai untuk setiap antena. yang rasio signal-to-noise dari beamformer dengan antena menerima sinyal kekuasaan adalah .

) Filter standar seperti FFT band yang suboptimal untuk tujuan ini karena mereka tidak dirancang untuk mengisolasi band. Hal ini berguna untuk menggunakan khusus bank filter untuk memisahkan pita frekuensi sebelum beamforming. Dasar ini biasanya non-ortogonal. Sebaliknya. Misalnya. dan menyimpulkan lokasi dari jarak.Transmit pemilihan antena sebagai [beamforming dasar rujukan ] 3G .) . 5G. Frekuensi yang terletak antara harmonik biasanya akan mengaktifkan semua saluran FFT. filter dapat dirancang di mana hanya frekuensi lokal terdeteksi oleh masing-masing saluran. . sehingga dapat diperlakukan sebagai masalah yang terpisah.LTE / UMB: Beberapa-beberapa masukan-output (MIMO) precoding berdasarkan beamforming dengan parsial Space-Division Multiple Access (SDMA) [ rujukan? ]  Selain 3G (4G.. Ini memerlukan lokasi dari speaker yang akan diketahui sebelumnya. (Yaitu menjalankan banyak filter secara paralel. FFT mengasumsikan secara implisit bahwa frekuensi hanya hadir dalam sinyal yang persis yang harmonik hadir sebagai harmonik FFT. seperti speaker ganda dalam masalah pesta koktail . Hal ini karena frekuensi yang berbeda memiliki filter yang berbeda beamform yang optimal. yang tidak apa yang diinginkan dalam analisis beamform.   2G . kemudian bergabung kembali band. seperti dasar FFT. misalnya dengan menggunakan waktu kedatangan dari sumber ke mic dalam array.. . Properti rekombinasi juga diperlukan: harus ada informasi yang cukup dalam bidang reseptif untuk merekonstruksi sinyal.Lebih maju beamforming solusi untuk mendukung SDMA seperti loop tertutup beamforming dan multi-dimensi beamforming diharapkan ]Beamforming untuk audio pidato Beamforming dapat digunakan untuk mencoba untuk mengekstrak sumber suara di sebuah ruangan.WCDMA: Transmit antena array (TxAA) beamforming [ rujukan? ] 3G evolusi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->