P. 1
LEMBAR PENILAIAN

LEMBAR PENILAIAN

|Views: 143|Likes:
Published by Ernita Vika Aulia

More info:

Published by: Ernita Vika Aulia on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2015

pdf

text

original

TABEL SPESIFIKASI LEMBAR PENILAIAN

No 1. Produk

Tujuan

LP dan butir soal

Kunci LP dan butir soal

a) Siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa alkana, alkena, dan alkuna berdasarkan karakteristiknya. b) Siswa dapat menjelaskan karakteristik yang dimiliki senyawa alkana, alkena, dan alkuna bedasarkan struktur LP 1 Kognitif Produk Kunci LP 1 Kognitif Produk

molekulnya. c) Siswa dapat menuliskan contoh senyawa alkana, alkena, dan alkuna selain yang telah ditampilkan oleh guru. 2. Proses a) Siswa molekul mampu menentukan rumus

senyawa alkana, alkena, dan

alkuna melalui contoh yang ditampilkan menggunakan media PPT. b) Siswa mampu menuliskan rumus struktur senyawa alkana, alkena, dan alkuna. c) Siswa mampu menuliskan nama LP 2 Kognitif Proses Kunci LP 2 Kognitif Proses

senyawa alkana, alkena, dan alkuna berdasarkan rumus strukturnya. 3. Perilaku berkarakter a) Siswa kritis dalam mengajukan

pertanyaan tentang senyawa alkana, alkena, dan alkuna. b) Siswa kreatif dalam tentang mengajukan karakteristik LP 3 Perilaku berkarakter Kunci LP 3 Perilaku berkarakter

ide/pendapat

alkana, alkena, dan alkuna. c) Siswa inovatif dalam memberikan

c) Siswa dapat berkomunikasi pada saat kegiatan diskusi.jawaban atas pertanyaan yang telah disediakan oleh guru. dan alkuna. 4. j) Siswa gigih untuk menemukan karakteristik. dan alkuna setelah melihat PPT yang ditampilkan oleh guru. g) Siswa memiliki rasa pantang menyerah untuk menguasai konsep alkana. dan contoh lain dari konsep alkana. alkena. b) Siswa dapat menghargai ide/pendapat dari teman yang lain. definisi. Ketrampilan sosial a) Siswa dapat mengajukan ide/pendapat yang logis. i) Siswa disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. f) Siswa bertanggung jawab atas ide/pendapat yang diajukan dan tugas yang telah dikerjakan. alkena. d) Siswa memiliki rasa ingin tahu tentang konsep alkana. d) Siswa dapat bertanya dengan kritis tentang materi yang diajarkan. LP 4 Ketrampilan sosial Kunci LP 4 Ketrampilan sosial . h) Siswa saling menghargai ide/pendapat dari teman yang lain. dan alkuna. alkena. tata nama. e) Siswa jujur dalam menuliskan hasil diskusi kelompok.

C2H6 . C2H6 . C2H6 . C2H2 . CH3COOH dan C4H10 C.. C3H6 . C10H22 C. H2CO3 dan C2H4 D. C3H8 .. C3H6 . Senyawa yang termasuk senyawa hidrokarbon jenuh kecuali . iii dan iv D. v dan i 3. A. C2H2 v. C4H6 Yang merupakan pasangan kelompok senyawa tidak jenuh adalah .. C2H4 . Contoh pasangan senyawa di bawah ini yang tergolong senyawa hidrokarbon adalah . Perhatikan kelompok senyawa hidrokarbon di bawah ini : i. C2H5OH dan CO2 B. C4H10 ii. A.. C3H4 . C5H12 dan C6H6 E. CH4 B. C4H6 iv.. C3H6 .. C8H18 E.. A. Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat ! 1. ii dan iii C.. i dan ii B.LP 1: KOGNITIF PRODUK Latihan Soal I.. C2H4 . C4H10 D. CCl4 dan C12H22O11 2. C4H8 iii. iv dan v E.

CH3C(CH3)2CH3 II. Jelaskan karakteristik senyawa alkana.. titik didihnya meningkat dengan panjangnya rantai C. CH3CH2CH2CH3 E.. A. CH3CHCHCH3 5. CH3CH2CH3 B. Essay Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar! 1. dan alkuna! . Di antara senyawa berikut yang termasuk alkena adalah . Jelaskan yang dimaksud dengan senyawa alkana. dan alkuna berdasarkan struktur molekulnya! 3. dapat dinyatakan dengan suatu rumus umum E. A. alkena.. Sifat-sifat dari suatu deret homolog sebagai berikut.4. . mempunyai sifat kimia yang serupa D. CH3CH(CH3)CH3 C. alkena. alkena. mempunyai rumus empiris yang sama B. . Tuliskan masing-masing 5 contoh senyawa alkana. memiliki perbedaan gugus –CH2– di antara anggotanya D. kecuali . dan alkuna! 2. .

C9H18. Essay 1. C7H12.Alkuna adalah senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh dengan rantai terbuka yang mengandung ikatan C rangkap tiga (C≡C). A II. yaitu hidrokarbon dengan rantai terbuka dan semua ikatan karbon-karbonnya merupakan ikatan tunggal.Kunci LP 1: KOGNITIF PRODUK I. 2. C8H14. B 3. Pilihan Ganda 1. C7H14. C8H16.Alkena adalah senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh dengan rantai terbuka yang memiliki ikatan C rangkap dua (C=C). . D 2. dan C10H22 Contoh senyawa alkena : C6H12. dan C10H18 . Contoh senyawa alkana : C6H14. C7H16. Karakteristik alkana :          Terdiri dari atom C (karbon) dan H (hidrogen) Memiliki rantai terbuka Memiliki ikatan tunggal Karakteristik alkena : Terdiri dari atom C (karbon) dan H (hidrogen) Memiliki rantai terbuka Memiliki ikatan C rangkap dua (C=C) Karakteristik alkuna : Terdiri dari atom C (karbon) dan H (hidrogen) Memiliki rantai terbuka Memiliki ikatan C rangkap tiga (C≡C) 3. . . C 5. dan C10H20 Contoh senyawa alkuna : C6H10. E 4. C9H16. C8H18.Alkana merupakan senyawa hidrokarbon alifatik jenuh. C9H20.

Di antara senyawa berikut yang termasuk alkena adalah ... alkena. Jelaskan karakteristik senyawa alkana. Jelaskan yang dimaksud dengan senyawa alkana. Penilaian Aspek Kognitif Menggunakan rubrik penilaian sebagai berikut: No Soal Pilihan Ganda 1. 5. 4.... . Senyawa yang termasuk senyawa hidrokarbon jenuh kecuali . Contoh pasangan senyawa di bawah ini yang tergolong senyawa hidrokarbon adalah . dan alkuna! 2.. Yang merupakan pasangan kelompok senyawa tidak jenuh adalah . alkena. . 1 10 1 10 1 10 Skor Maksimal Bobot 1 10 1 10 Essay 1.. 2...RUBRIK PENILAIAN KOGNITIF PRODUK 1. 3.. .. Sifat-sifat dari suatu deret homolog sebagai berikut.. kecuali . dan alkuna berdasarkan struktur molekulnya 3. Tuliskan masing-masing 5 contoh senyawa alkana. dan alkuna! 2 15 2 15 2 20 Keterangan : Nilai aspek kognitif yang diperoleh maksimal 100 . alkena.

dan alkuna 40 2. Siapkan LKS untuk SMA. 5. rumus struktur dan nama senyawa alkana. dan alkuna 20 3. Tugasi siswa untuk mengerjakan LKS tersebut. Menuliskan rumus struktur senyawa alkana. Format Asesmen Kinerja Proses No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Skor maksimum Skor asesmen oleh Siswa sendiri Guru 1. Siswa diminta untuk menuliskan struktur. 3. dan alkuna Skor total 100 40 .LP 2: KOGNITIF PROSES Prosedur: 1. Menentukan rumus molekul senyawa alkana. Menuliskan nama senyawa alkana. 4. alkena. alkena. 2. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini. alkena. Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.

RUBRIK PENILAIAN KOGNITIF PROSES SISWA No 1 Proses : Menentukan rumus molekul senyawa alkana. namun tidak dapat memberi nama senyawa alkana. dan alkuna dengan lancar. baik. dan memberi nama senyawa alkana. Indikator 1. alkuna dengan lancar 4. menuliskan rumus struktur. Siswa dapat menentukan rumus molekul. alkuna dengan baik dan benar Siswa dapat menentukan rumus molekul senyawa alkana. baik dan benar. alkena. dan alkuna dengan lancar. dan alkuna. dan alkuna. alkena. alkena. alkena. 4 → sangat baik 3 → baik 2 → cukup baik 1 → kurang baik . alkena. serta tidak dapat menuliskan rumus struktur dan memberi nama alkana. Kriteria penilaian Siswa tidak dapat menentukan rumus molekul alkana. alkena. alkena. alkena. dan alkuna dengan baik dan benar Siswa dapat menentukan rumus molekul serta menuliskan rumus struktur senyawa alkana. 3. namun tidak dapat menuliskan rumus struktur dan memberi nama senyawa alkana. dan alkuna serta menuliskan rumus struktur dan nama senyawa alkana. alkena. dan benar. dan alkuna dengan lancar. 2.

. 6. 3. 2. 5. 4. 9. 7.LP 3 : KARAKTER Siswa : Kelas : Tanggal : Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini. 8. beri penilaian untuk masing-masing siswa dengan memberi tanda centang (√) atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini : A = Sangat Baik B = Baik C = Cukup D = Kurang E = Sangat kurang No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Kritis Kreatif Inovatif Ingin tahu Jujur Tanggung jawab Pantang menyerah Saling menghargai Disipilin Gigih A B C D E Keterangan 1. 10.

3. dan alkuna. tetapi membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakan soal LKS Kritis dalam mengajukan pertanyaan tentang konsep senyawa alkana.RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF SISWA No Aspek yang diamati 1. serta membutuhkan waktu yang lama Kreatif dalam mengajukan ide/pendapat tentang karakteristik senyawa alkana. dan alkuna. Kriteria penilaian Tidak kritis dalam mengajukan pertanyaan tentang konsep senyawa alkana. alkena. dan alkuna serta membutuhkan waktu yang singkat dalam mengerjakan soal LKS Tidak kreatif dalam mengajukan ide/pendapat tentang karakteristik senyawa alkana. alkena. dan alkuna serta membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakan soal LKS Tidak kritis dalam mengajukan pertanyaan tentang konsep senyawa alkana. serta membutuhkan waktu yang singkat Tidak inovatif dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang telah disediakan oleh guru dan membutuhkan waktu yang lama Tidak inovatif dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang telah disediakan oleh guru dan membutuhkan waktu yang singkat Inovatif dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang telah disediakan oleh guru dan membutuhkan waktu yang lama 1 Kritis 3. serta membutuhkan waktu yang singkat Kreatif dalam mengajukan ide/pendapat tentang karakteristik senyawa alkana. 2. dan alkuna serta membutuhkan waktu yang lama Tidak kreatif dalam mengajukan ide/pendapat tentang karakteristik senyawa alkana. alkena. 1. 2 Kreatif 3. alkena. dan alkuna. alkena. alkena. 2. 3 Inovatif 2. dan alkuna. . alkena. dan alkuna tetapi membutuhkan waktu yang singkat dalam mengerjakan soal LKS Kritis dalam mengajukan pertanyaan tentang konsep senyawa alkana. 4. 1. 4. alkena.

dan alkuna dengan bersikap acuh tak acuh selama pelajaran berlangsung Siswa tidak memiliki rasa pantang menyerah untuk menguasai konsep alkana. 2. 1. alkena. dan alkuna dan memperhatikan guru dengan cermat selama pelajaran berlangsung 5 Jujur 6 Tanggung Jawab . 7. alkena. Pantang Menyerah 3. alkena. alkena. dan alkuna setelah melihat PPT yang ditampilkan oleh guru tetapi membuat kegaduhan di kelas Memiliki rasa ingin tahu tentang konsep alkana. 4. 1. 4. 4. alkena. dan alkuna setelah melihat PPT yang ditampilkan oleh guru dan tidak membuat kegaduhan di kelas Siswa tidak jujur dalam menuliskan hasil diskusi kelompok dan hasilnya salah Siswa tidak jujur dalam menuliskan hasil diskusi kelompok tetapi hasilnya benar Siswa jujur dalam menuliskan hasil diskusi kelompok tetapi hasilnya salah Siswa jujur dalam menuliskan hasil diskusi kelompok dan hasilnya benar Siswa tidak bertanggung jawab atas ide/pendapat yang diajukan dan tugas belum selesai dikerjakan Siswa tidak bertanggung jawab atas ide/pendapat yang diajukan dan semua tugas telah selesai dikerjakan Siswa bertanggung jawab atas ide/pendapat yang diajukan tetapi tugas belum selesai dikerjakan Siswa bertanggung jawab atas ide/pendapat yang diajukan dan semua tugas telah selesai dikerjakan Siswa tidak memiliki rasa pantang menyerah untuk menguasai konsep alkana. 1. dan alkuna setelah melihat PPT yang ditampilkan oleh guru dan membuat kegaduhan di kelas Tidak memiliki rasa ingin tahu tentang konsep alkana. 2. 2. dan alkuna tetapi bersikap acuh tak acuh selama pelajaran berlangsung Siswa memiliki rasa pantang menyerah untuk menguasai konsep alkana. dan alkuna setelah melihat PPT yang ditampilkan oleh guru tetapi tidak membuat kegaduhan di kelas Memiliki rasa ingin tahu tentang konsep alkana. dan alkuna tetapi tetap memperhatikan guru selama pelajaran berlangsung Siswa memiliki rasa pantang menyerah untuk menguasai konsep alkana. 4. 3. alkena. 1.4. 4 Ingin tahu 3. alkena. 3. Inovatif dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang telah disediakan oleh guru dan membutuhkan waktu yang singkat Tidak memiliki rasa ingin tahu tentang konsep alkana. alkena. 2.

selalu mengerjakan tugas. 2. alkena. tata nama. Siswa tidak menghargai ide/pendapat dari teman yang lain dengan mengucapkan kata-kata yang tidak sopan dan perilaku tidak terpuji Siswa tidak menghargai ide/pendapat dari teman yang lain dan menyanggahnya dengan mengucapkan katakata yang kurang sopan Siswa menghargai ide/pendapat dari teman yang lain tetapi masih menyanggah pendapat temannya dengan perkataan yang sopan Siswa menghargai ide/pendapat dari teman yang lain dengan menampung ide dari temannya secara bijak Siswa tidak disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. definisi. dan contoh lain dari konsep alkana. dan alkuna dengan memperhatikan arahan dari guru secara seksama Siswa gigih dan ulet untuk menemukan karakteristik. tata nama. definisi. definisi. tata nama. alkena. tetapi terkadang telat datang ke sekolah Siswa disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Gigih 3. Saling Menghargai 3. dan alkuna tetapi masih bersikap tenang Siswa gigih dan ulet dalam menemukan karakteristik. alkena.1. Disiplin 3. alkena. dan contoh lain dari konsep alkana. 4. 4. 2. definisi. tidak mengerjakan tugas. 2. dan alkuna dengan memperhatikan arahan dari guru secara seksama dan bertanya kepada guru apabila belum paham . tetapi datang ke sekolah tepat waktu Siswa disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. tidak mengerjakan tugas. tata nama. 8. selalu mengerjakan tugas. 1. 1. dan sering terlambat datang ke sekolah Siswa tidak disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. dan alkuna serta bersikap acuh Siswa tidak gigih dan tidak ulet dalam menemukan karakteristik. dan contoh lain dari konsep alkana. 10. dan contoh lain dari konsep alkana. dan selalu datang ke sekolah tepat waktu Siswa tidak gigih dan tidak ulet dalam menemukan karakteristik. 4. 9.

4.LP 4 : KETERAMPILAN SOSIAL Siswa : Kelas : Tanggal : Petunjuk: Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini. beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini : A = sangat memuaskan B = memuaskan C = menunjukkan kemajuan D = memerlukan perbaikan No 1. 2. 3. Rincian Tugas Kinerja (RTK) Mengajukan ide/pendapat Menghargai ide/pendapat Komunikasi dengan baik Bertanya A B C D Keterangan .

Menghargai Pendapat 3.RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA No Aspek yang diamati 1. Kriteria Penilaian Siswa tidak dapat mengungkapkan pendapat dengan lancar Siswa dapat mengungkapkan pendapat dengan lancar. Siswa tidak menghargai ide/pendapat dari teman yang lain dan menyanggahnya dengan mengucapkan katakata yang kurang sopan Siswa menghargai ide/pendapat dari teman yang lain tetapi masih menyanggah pendapat temannya dengan perkataan yang sopan 4. Siswa menghargai ide/pendapat dari teman yang lain dengan menampung ide dari temannya secara bijak Masih bersifat individu dan tidak mau bekerja sama dalam kelompok Cukup aktif membantu. 2. namun jawabannya kurang sesuai dengan pertanyaan 4. 2. namun mengungkapkan ketidaksetujuan dengan cara yang tidak sopan 1 Mengajukan pendapat 3. Siswa dapat mengungkapkan pendapat dengan lancar. namun kurang berkomunikasi dalam kelompok . mengungkapkan ketidaksetujuan dengan cara yang sopan. Komunikasi dengan 4 baik 1. Siswa dapat mengungkapkan pendapat dengan lancar. 2. mengungkapkan ketidaksetujuan dengan cara yang sopan dan jawabannya sesuai dengan pertanyaan 1. Siswa tidak menghargai ide/pendapat dari teman yang lain dengan mengucapkan kata-kata yang tidak sopan dan perilaku tidak terpuji 2.

dan tidak membuat gaduh Siswa mengajukan pertanyaan tanpa mengangkat tangan terlebih dahulu dan berbicara dengan pelan Siswa mengajukan pertanyaan dengan mengangkat tangan terlebih dahulu tetapi berbicara dengan pelan Siswa mengajukan pertanyaan tanpa mengangkat tangan terlebih dahulu. berkomunikasi dalam kelompok dengan baik namun membuat gaduh Aktif membantu. dan susunan kalimat pertanyaan jelas sehingga mudah dipahami . berbicara dengan suara lantang. berkomunikasi dalam kelompok dengan baik. 3. berbicara dengan suara lantang. Mengajukan 5 pertanyaan 4. 1. Aktif membantu. 2. 4. namun susunan kalimat pertanyaan kurang benar Siswa mengajukan pertanyaan tanpa mengangkat tangan terlebih dahulu.3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->