LAPORAN STUDY TOUR KE BALI DAN KUNJUNGAN INDUSRI 2011

DISUSUN OLEH : 1. Asriani (XI IPS 2 / 02) 2. Indah laraswati (XI IPS 2 / 10) 3. Kiranasari K (XI IPS 2 / 16) 4. Indri faradeta (XI IPS 2 / 34

MAN YOGYAKARTA III
Jln. Magelang Km. 04, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun.KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas loparan study tour ke Bali. Saya menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan ini tidak lepas dari dukungan dan bantuan berbagai pihak. Penulis . oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada : • • • • • MAN YOGYAKARTA III Baru wisata tour Hotel Nusa Indah Dua Bapak / ibu guru MAYOGA Teman-teman kelas XI yang tidak bisa sebutkan satu per satu Saya menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan.

siswa dapat mengenal berbagai industri dan cara pengelolaannya. Aqidah semakin mantap karena mengetahui seluk beluk agama hindu. diharapkan siswa dapat menambah wawasan pengetahuan. dalam hal ini penulis dan kawan-kawan belajar dengan mengikuti program Studi Wisata Terpadu dan Kunjungan Industr dari sekolah. Dari kunjungan tersebut. Siswa MAN Yogyakarta III. akan menjadi lebih efektif dengan cara praktik dan studi kasus. Dalam program ini. Karena siswa tidak hanya diajar membaca dan menghafal melainkan melihat realita. Selain itu. di Bali juga dapat menambah iman bagi yang menyediakan hatinya untuk tawadhu’. serta mencontoh cara pengelolaan industry dan wirausaha. Semua kekuasaanNya terhampar selagi kita tak bosan mengkaji. Subhanallah terucap karena mengagumi ciptaan Allah. serta mengetahui lebih dalam mengenai pulau Bali.BAB I PENDAHULUAN Belajar. atau yang biasa disebut dengan kontekstual. Serta menambah kekaguman dan kebanggaan pada budaya bangsanya sendiri. Penulis .

Ms. S. Suharto . S.I NIP : 1970016199603011001 Failazufah.Ag.Ag NIP : 150399490 Mengetahui Kepala madrasah Drs.LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN STUDI LAPANGAN TERPADU DAN KUNJUNGAN INDUSTRI (SLTKI) SISWA MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2010/2011 DISAHKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR SEMESTER KELAS XI MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2009/2010 Pembimbing I Pembimbing II Mucharom.

2. teh wangi Cap Botol yang di bawa ke kota namun disedu dulu dikantor lalu dibaw memakai panci. Pada tahun inilah di perkenalkan dengan merk THE BOTOL SOSRO dan peertama kali didirikan di daerah cakung.ARGO PANGAN selaku sister company. Sehingga limbah-limbah tersebut tidak mencemari lingkungan . sedangkan bahan baku teh dikelola oleh PT.SINAR SOSRO. Bahan baku teh untuk PT. Teh wangi Cap Botol yang yang disedu di tempat.Sinar Sosro adalah 3K dan RL yaitu :  Peduli terhadap KUALITAS  Peduli terhadap KEAMANAN  Peduli terhadap KESEHATAN  Serta RAMAH LINGKUNGAN Limbah-limbah dari pabrik itu sendiri diolah sedemikian rupa agar ramah lingkungan. The wangi yang mengunakan .botol sirup.SINAR SOSRO berasal dari:  Perkebunan teh gunung Rosa di Cianjur  Perkebunan teh gunung Manik di Cianjur  Perkebunan teh gunung Cempaka di Cianjur  Perkebunan teh gunung Satria di Garut  Perkebunan teh Daerah Nelgasari di Garut  Perkebunan teh Daerah Cukul di Pangalengan  Perkebunan teh Daerah Sambawa di Tasikmalaya Dasar atau fosilPT. SINAR SOSRO A. Jakarta. Gagasan menjual teh menggunakan kemasan botol muncul pada tahun 1974 dan didirikanlah Pt.SINAR SOSRO disuplai oleh PT.GUNUNG SLAMET.Sinar sosro adalah dari keluarga sosrodjojo yang memiliki ide untuk membuat minuman yang dapat menghilangkan haus. Sejarah Awal mula terbentuknya PT. KUNJUNAN INDUSTRI  PT.NIP : 1502729 BAB II 1. Bahan baku the untuk produk-produk PT. 3. Pada tahun 1965 ekpansi bisnis keluarga sosro yaitu : 1.

Air limbah tersebut dapat dimanfaatkan untuk memelihara ikan . Proses penggorengan ini tidak menggunakan minyak goring melainkan memekai pasir laut yang di ambildi daerah klungkung yang telah melalui proses sterilisasi. Setelah di campur rata kacang tersebut didiamkan selama 12jam. Sejarah Cah ayu didirikan dan dirintis oleh Robani yang bersal dari keluarga yang sederhana di sebuah desa terpencil dibawah lereng gunung jawa tengah. TAHAP 3 : Proses pencampuran bumbu Kacang-kacang yang telah memelalui proses perendaman kemudian dicampur dengan bumbu yaitu bawang putih dan sedikit garam halus. Untuk menggoreng kacang asin ini tidak . TAHAP 2 : Proses perendaman Proses ini di gunakan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kacang. B. TAHAP 5 :Proses penggorengan. Dengan berjalannya waktu Robani mencoba berbagai pekerjan salah satunya berjualan sayur mayor. mie ayam. Pada akhirnya Robani memutuskan untuk menjual kacang goring (yang pada saat ini lebih sering disebut kacang asin bali) Tanggal 27 September 2002 dibukalah sebuah pusat ole-olehyang bernama “ CAHAYU “ di jalur wisata desa celuk. Proses pembuatan kacang asin Bali “ CAHAYU “ TAHAP 1 : Proses sortir bahan Penyortiran kacang mentah yang akan di olah untuk mendapatkan bahan dengan kualitas yang baik. menyiram tanaman dan lain-lain. bakso. Perkembangan “ CAHAYU “ sebagai tempat wisata belanja dikunjungi oleh berbagai masyarakat domestik maupun manca negara. TAHAP 4 : Proses penjemuran atau pengeringan Setelah didiamkan selama 12jam kemudian kacang dijemur dibawah sinar matahari selam 5-6 jam.  CAHAYU A. Komposisi 100kg kacang : 3kg bawang putih dan 3kg garam halus.disekitar pabrik.jamu dan lain-lain.

TAHAP 6 : Proses seleksi Kacang yang telah matang tidak begitu saja langsung dibawa ke proses pengepakan.perlu menggunakan api yang terlalu besar sehingga mendapat hasil yang maksimal. TAHAP 7 : Proses pembungkusan Pada proses terakhir dari pembuatan super kacang asin bali merk CAHAYU. tetapi terlebih dahulu melalui proses pemilihan antara kacang yang layak dipasarkan dan yan tidak layak. kacang yang telah diseleksi dan diteliti kemudian dikmas sesuai berat dan ukuran kemasan. .

kadek. • Nama kelahiran. dan nengah 3. provinsi Nusa tenggara barat( timur ). Anak kedua : made. Hukum dan agama tidak dapat di pisahkan di bali. dan nama pemberian orang tua.2. (Ida bagus untuk laki-laki) (Ida ayu untuk perempuan) 2. Sudra : Budak atau pekerja disiplin (I untuk laki-laki) (mi untuk prempuan) . Agama hindu yang di anut diBali telah .86 km dan beribu kota di denpasar. Anak pertama : wayan. (Dewa untuk laki-laki) (Dewa ayu untuk perempuan) 3. Pada tahun 80 kebawah orang bali tidak mempunyai KTP tetapi harus memakai nama. keturunan. Waisya : Disiplin ilmu ekonomi dan perdagangan (ipande untuk laki-laki) (ni pande untuk perempuan) 4. • Garis keturunan atau wangsang 1. samudra hindia ( selatan ). Anak keempat : kethut Sementara itu jika orang bali mempunyai anak lebih dari empat aka anak yang kelima tidak memiliki hak nama. Anak ketiga : nyoman dan komang 4. Luas keseluruhan pulau bali adalah 5. gedhe. karena sudah ada nama kelahiran.  Keadaan Sosiologis di Bali Agama sangat besar pengaruhnya di Bali dan menguasai segala aspek kehidupan. Nama anak yang lebih dari empat mempunyai nama balik. Reportasi Perjalanan di Bali  Keadaan Alam dan Geografis di Bali Pulau bali merupakan salah satuprovinsi di Indonesia yang terletak antara 7 LS-8 LS dan 144BT -115 BT berada di lepas pantai ujung timur pulau jawa. pemeritah.tercampur dengan anisme dan di perluas oleh jiwa bali unik dan menjadikansuatu agama hindu yang tidak lagi dikenali oleh orang India yang beragama hindu Ortodok. berbatasan dengan laut bali( utara ). Ksatria : Disiplin ilmu tata negara. 1.632. Brahmana : Disiplin ilmu rohani. dan putu 2. karena sikap jujur dan harmonis dari penduduk Bali mampu mengguasai tenaga gaib yang meliputi pulai itu. dan selat bali( barat ).

kaos. Untuk menuju ke pantai kuta dari parkiran bus. lukisan. kita harus menggunakan kendaraan umum. Puja Mandala Puja Mandala merupakan 5 tempat ibadah sekaligus yang ada di Bali. selain itu kita juga dapat mengunjungi Pulau Penyu yang dimana kita dapat menjumpai beragam satwa yang hidup di pulau Bali. yaitu baju. Di Dewata terdapat banyak oleh-oleh yang tersedia.     Dewata Dewata merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Bali. makanan. dan lain sebagainya.3. Pasar Seni Sukawati  . souvenir. Dewata terletak di tengah-tengah Pulau Bali. Kunjungan Wisata  Tanjung Benoa Tanjung Benoa merupakan pantai berpasir putih. Yang b erada di paling atas adalah Masjid lalu Wihara kemudian Gereja Kristen dan Katolik serta yang terakhir adalah Pura. Puja Mandala di bangu karena tidak membeda-bedakan agama. Pantai Kuta Pantai kuta berjarak sekitar 6 km sebelah barat daya kota denpasar dan berbatasan langsung dengan samudra hindia. Garuda Wisnu Kencana ( GWK ) Garuda Wisnu kencana merupakan sebuah patung yang di bangun di atas tanah / bukit kapur yang rencananya akan di buat patung yang tertinggi di dunia. tas. walaupun berdeda tetap satu. Di pantai kuta kita juga dapat melihat matahari di siang hari.

Di Kerisna merupakan pusat perbelanjaan yang berupa grosiran.    Joger Joger merupakan satu-satunya pabrik kata-kata yang ada di Bali. disana banyak terdapat beragam baju yang amat terkenal. sauvenirnya yang unik dan assesorisnya yang menarik. dan sebagainya. Kerisna terletak ki dekat Nusa Indah Satu. Di Tanah Lot terdapat ular yang dianggap keramat oleh penduduk pulau Bali. Pura tanah Lot di bangun pada tahun 1478 oleh Resi Jendra. Di Sangeh juga terdapat pohon Lanang Wadon. yaitu pohon yang menunjukkan perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Joger tidak ada cabang dan hanya ada di Luwus. Joger merupakan pusat oleh-oleh khas Bali. Pura Tanah Lot Pura tanah Lot terletak di 10 km selatan kota tabanan dan menghadap ke samudra hindia.Pasar Seni8 Sukawati berada di kota sukawati kabupaten bandung yang terletak sekitar 10 km timur laut Denpasar.  . selendang. Di Pasar Seni Sukawati kita dapat membeli makanan dan souvenir khas Pulau Bali. makanan. assesoris. mug. Ular yang di bri nama Ular Kaji ini berada di dalam gua kecil. sandal. Kerisna Kerisna merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Bali. souvenir. Sangeh Sangeh merupakan tempat wisata yang di dalamnya terdapat monyet-monyet yang sangat cerdas. disana tersedia baju.

baik itu dari sisi kepercayaan yang dianut maupun kebudayaan yang mereka lestarikan sampai saat ini.BAB III KESIMPULAN Bali merupakan pulau yang memiliki ciri khas tersendiri dengan berbagai pura dan budaya yang ikut tersirat dalam ajaran agama mereka. seni yang ditampilkan di Bali dapat mengobati segala bentuk persoalan. karena kehidupan masyarakat Bali sangat erat kaitannya dengan alam yang mereka jaga. mereka yakin bahwa mereka mampu menyatukan dan mempererat hubungan masyarakat Bali. Dengan keinginan bahwa Pariwisata untuk Bali. karena Bali merupakan pulau seni. seni merupakan suatu kekuatan untuk menghadi kehidupan ini. Tentu saja hal ini tidak mengherankan. . semua makhluk hidup yang memiliki kekuatan menurut pandangan mereka menjadikan doa sebagai pengirim menuju penciptanya. Menurut pandangan masyarakat Bali. Sehingga. Secara batiniah. Masyarakat Bali sangat percaya dengan kekuatan-kekuatan yang berada pada suatu benda.

BAB IV PENUTUP .

DOKUMENTASI OBJEK WISATA DAN KUNJUNGAN INDUSTRI DI PULAU BALI Tanah Lot Pantai Kuta Kunjungan Sosro .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.