P. 1
MEMBUAT GRAFIK SINUS.docx

MEMBUAT GRAFIK SINUS.docx

|Views: 8|Likes:
Published by Islawati

More info:

Published by: Islawati on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/02/2014

pdf

text

original

MEMBUAT GRAFIK SINUS

Untuk menghasilkan suatu nilai sinus, fungsi yang digunakan adalah fungsi sin, contoh cara penulisannya sebagai berikut: y = sin(90o) Karena nilai yang dihitung oleh Flash berbentuk radian maka nilai sudut harus diubah ke nilai radian agar menghasilkan nilai yang sesuai (terkecuali jika memang nilai yang akan dihitung dalam bentuk radian) Rumus konversi sudut ke radian: Radian = sudut x π / 180o Untuk mendapatkan nilai π yang akurat dapat digunakan fungsi PI dari Math. Object. Sehingga rumus y = sin(90o) ditulis dalam Script menjadi: Y = Math.sin(90 * Math.PI / 180);

Grafik fungsi trigonometri dan periode
9 Maret 2011 msihabudin Tinggalkan Komentar Go to comments Berikut ini adalah 3 gambar grafik trigonometri yang mendasar, yaitu grafik fungsi sinus, grafik fungsi kosinus dan grafik fungsi tangen. Untuk grafik fungsi trigonometri yang lainnya, bisa digambar di software grafik yang pembaca miliki.

Cosinus

Gambar grafik kosinus ini, ketika , maka nilai . Menggambar grafik trigonometri sinus dan kosinus ini sangat mudah untuk diingat. Ingat saja lengkungannya dan periodiknya. Grafik kosinus dimulai dari 1, kemudian ketika , grafiknya memotong sumbu x. ketika , grafiknya bernilai , dan seterusnya sampai . Grafiknya dicerminkan terhadap sumbu y. perhatikan gambar! Ingat. suatu fungsi yang gambar grafiknya dicerminkan terhadapa sumbu y, maka fungsi itu adalah fungsi genap. Jadi, nilai . Sehingga kita bisa mudah mengingat kenapa cos(-150) itu sama dengan cos(150).

Penggambaran grafik ini sangat membantu untuk mempermudah menentukan nilai trigonometrinya. Dengan melihat grafik dari fungsinya saja kita dengan mudah bisa menentukan nilai trigonometrinya. Fungsi sinus adalah fungsi ganjil. Jadi. nilai positif dan negatif. titik-titik pada grafik tangent itu sama . Dan ketika nilai x sama dengan . Kita sudah tidak perlu menghafal kuadran-kuadran. Ingat definisi fungsi ganjil. Sinus Gambar grafik sinus dimulai dari 0. yaitu . Gambar grafiknya dicerminkan terhadap titik . Bisa dilihat pada gambar tersebut. Misalnya. Perhatikan saja grafiknya. maka grafik tersebut mencapai ketinggian 1. Tangen Gambar grafik dari tangent cukup aneh bagi kita yang baru pertama melihatnya. maka grafiknya bernialai 0. Ini bisa dimanfaatkan untuk menentukan nilai dari sin(-60). Kemudian ketika nilai x sama dengan . Sinus adalah fungsi ganjil. Sin(-60) sama dengan –sin(60). Perlu diingat bahwa tangent itu sama dengan sinus per cosines.

tetapi besar periodenya berbeda dengan fungsi sinus dan fungsi cosines. Periode dari tangent adalah .dengan titik-titik pada grafik sinus dibagi dengan titik-titik pada grafik cosines. mengapa tangent 90 itu tidak didefinisikan. Misalnya. berapakah nilai dari . Fungsi tangent juga merupakan fungsi yang periodic. . Sehingga. sehingga . Periodik dari ketiga fungsi trigonometri Periodik adalah perulangan. Tentunya karena pembagian dengan nol. Yaitu ketika c itu sama dengan . pada grafik tangent akan sama dengan Inilah yang bisa kalian pahami. dan padagrafik cosines adalah 1. Perhatikan saja untuk . Definisi periodic adalah dikatakan periodic dengan periode c. maka fungsi itu Fungsi sinus. Ini sangat membantu untuk menentukan suatu nilai trigonometri yang sangat besar. cosines dan tangent adalah fungsi yang periodic. Maka kita tentunya bisa memanfaatkan peridik dari fungsi tersebut. titik pada saat pada grafik sinus adalah 0. Perhatikan saja bahwa nilai dari Sinus dan Cosinus Fungsi sinus dan fungsi cosines adalah fungsi yang periodik dengan periode . Tangen Berbeda dengan sinus dan kosinus. Karena ada c.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->