P. 1
Defenisi Malaria

Defenisi Malaria

|Views: 19|Likes:
Published by Dewi Sirmayanti
MALARIA DAN PENJELASANNYA
MALARIA DAN PENJELASANNYA

More info:

Published by: Dewi Sirmayanti on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/20/2014

pdf

text

original

DEFENISI MALARIA

Malaria adalah salah satu dari jenis penyakit menular dan disebabkan oleh parasit ( plasmodium ) yang ditularkan oleh sejenis nyamuk malaria (Anopheles) dan menginfeksi sel-sel darah merah. Demikian yang dimaksud dengan pengertian penyakit malaria tersebut.

Tempat bertelur bervariasi dan pada umumnya di daerah rawa-rawa (air kotor) misalnya sawah. tempat ikan. lumpur. dan sebagainya. kolam. kebun kangkung. 2. Pada bagian sayapnya terdapat gambaran belang hitam dan putih. . saluran irigasi.Ciri-ciri nyamuk Anopheles betina vektor malaria: 1. Bagian ekornya lebih runcing dari pada nyamuk Aedes Aegypti vektor DBD. 3.

kandang binatang. Larva / jentiknya tampak mengapung sejajar pada permukaan air. 5. Menggigit umumnya pada saat senja sampai malam hari.4. . Di dalam rumah. nyamuk Anopheles beristirahat pada dinding rumah. 6. tanaman. Telurnya diletakkan satu persatu pada permukaan air berbentuk seperti perahu dan mempunyai sepasang pelampung pada sisi sampingnya. 7. tempat-tempat dekat tanah dan di tempat yang agak tinggi.

sedangkan plasmodium knowlesi yang kebanyakan ditemukan pada kera atau orang utan kecil jumlahnya ditemukan pada manusia. Penyakit Malaria pada manusia umumnya disebabkan oleh 4 jenis plasmodium yaitu Vivax. ovale. malariae dan falciparum. .PENYEBAB MALARIA Penyebab Malaria adalah parasit yang Merupakan anggota genus plasmodium.

GEJALA MALARIA Gejala-gejala klasik umum yaitu terjadinya trias malaria (malaria proxym) secara berurutan terbagi atas 3 yaitu : Periode dingin Periode panas Periode berkeringat .

Plasmodium dapat dideteksi dan diidentifikasi secara mikroskopis dalam preparat darah yang diwarnai menurut Giemsa atau Wright. . Peranan diagnosis laboratorium terutama untuk menunjang penanganan klinis.DIAGNOSIS MALARIA Diagnosis malaria tergantung pada ditemukannya parasit malaria pada sediaan darah tepi.

Adapun kegunaan penunjang laboratorium yaitu: Diagnois pada kegagalan obat Penyakit berat dengan komplikasi Mendeteksi penyakit tanpa pemyulit di daerah tidak stabil atau daerah dengan transmisi .

PENCEGAHAN MALARIA Menghindari/mengurangi gigitan nyamuk Membersihkan tempat-tempat istirahat nyamuk den memberantas sarang nyamuk Membunuh nyamuk dewasa dengan menggunakan racun serangga seperti obat nyamuk Membunuh jentik-jentik nyamuk dengan menyebarkan ikan pemakan jentik .

mengurangi kesakitan.PENGOBATAN MALARIA Tujuan pengobatan malaria adalah menyembuhkan penderita. serta mengurangi kerugian sosial ekonomi (akibat malaria). . mencegah kematian. mencegah komplikasi dan relaps.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->