LUKA AKIBAT BENDA TAJAM

dr. H. Agus Moch. Algozi, Sp.F (K) SH, DF.M

Departemen / Instalasi Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal FK. Unair – RSU.Dr.Soetomo Surabaya

Contoh :


   

kasus mayat terpotong carok perampokan dengan senjata tajam bunuh diri dengan menggorok leher tawuran/perkelahian masal bayi baru lahir diiris-iris, dipotong-potong oleh ibunya

BENDA TAJAM :  BERMATA TAJAM :  Bisa untuk mengiris  BERUJUNG RUNCING  Bisa untuk menusuk .

yaitu: Putusnya atau rusaknya continuitas jaringan karena trauma akibat alat/senjata yang bermata tajam dan atau berujung runcing .LUKA AKIBAT PERSENTUHAN DENGAN BENDA TAJAM.

) Memar/lecet di sekitarnya ( .) .Ciri Luka Akibat Benda Tajam:      Tepi luka rata Sudut luka tajam Rambut ikut terpotong Jembatan jaringan ( .

6. 3. 8. 2. 7. absis Ukuran Jumlah luka Bentuk luka Benda asing Terjadinya intravital/post mortal Luka tersebut menyebabkan kematian/tidak Cara kejadian luka:kecelakaan/bunuh diri/pembunuhan .Cara melukis luka hendaknya ditentukan : 1. 4. ordinat b. 5. Lokalisasi : a.

Perdarahan Kerusakan organ vital Emboli udara Aspirasi darah 2.Sebab Kematian Luka Akibat Benda Tajam : 1. Sepsis / infeksi .

3 Macam Luka Akibat Benda Tajam:    Luka Iris (Incisied Wound) Luka Tusuk (Stab Wound) Luka Bacok (Chop Wound) .

LUKA IRIS Yaitu : Luka karena alat yang tepinya tajam dan timbulnya luka oleh karena alat ditekan pada kulit dengan kekuatan relativ ringan kemudian digeserkan sepanjang kulit. .I.

tidak sampai tulang . pembuluh darah.Ciri LUKA IRIS :      Pinggir luka rata Sudut luka tajam Rambut ikut terpotong Jembatan jaringan ( .) Biasanya mengenai kulit. otot.

Cara Kematian :  Bunuh diri ( tersering ) Pembunuhan Kecelakaan   .

yaitu : Luka yang terjadi pada daerah tubuh yang ada tulang di bawah kulitnya (misalnya : kepala/dahi) dan luka ini terjadi akibat kekerasan dengan benda tumpul yang mempunyai pinggiran (misalnya: tepi meja) .Luka Iris harus dibedakan dengan “LUKA RETAK” LUKA RETAK.

Memar sekitar Rambut Lokalisasi -Rata -Tak -Lancip -Tak ada -Tidak ada -Terpotong -Dimana-mana rata -Tak lancip -Ada -Ada -Tdk Terpotong -Daerah yg di bwh ada tulang .LUKA IRIS LUKA RETAK 1. 6. 3. 5. 4. Tepi luka Sudut luka Jembatan Jar L. 2.

Lokalisasi luka pada daerah tubuh yang dapat dicapai korban sendiri. lekuk lutut  pelipatan paha .Ditemukan “Luka Iris Percobaan” .Tidak ditemukan “Luka Tangkisan” .Luka Iris pada BUNUH DIRI : .Pakaian disingkirkan dahulu  tidak ikut robek .  leher  pergelangan tangan  lekuk siku.

Ditemukan luka tangkisan/tanda perlawanan .Pakaian ikut koyak akibat senjata tajam tsb - .Luka di sembarang tempat. kecuali kalau fisik korban jauh lebih lemah dari pelaku atau korban dalam keadaan/dibuat tidak berdaya . juga pada daerah tubuh yang tidak mungkin dicapai tangan korban sendiri .Luka Iris pada PEMBUNUHAN : Sebenarnya sukar membunuh seseorang dengan irisan.

LUKA TUSUK Batasan : Luka akibat alat yang berujung runcing dan bermata tajam atau tumpul yang terjadi dengan suatu tekanan tegak lurus atau serong pada permukaan tubuh. Contoh: -Belati. bayonet. keris -Clurit -Kikir -Tanduk kerbau .II.

Ciri Luka Tusuk (misalnya senjata pisau / bayonet)      Tepi luka rata Dalam luka lebih besar dari panjang luka Sudut luka tajam Sisi tumpul pisau menyebabkan sudut luka kurang tajam Sering ada memar / echymosis di sekitarnya .

Panjang Luka : .ukuran maksimal dari lebar senjata 2.ukuran minimal dari panjang senjata  DADA (Stabil) Untuk luka tusuk di perut tidak dapat diambil kesimpulan panjang senjatanya karena perut sangat elastis. .Identifikasi Senjata pada LUKA TUSUK: 1. Dalam luka : .

Pisau panjang 20 cm lebar 7 cm b. panjang luka 5 cm. Pisau panjang 25 cm lebar 3 cm c. a. dalam luka 20 cm. luka tusuk di dada.Contoh: Korban ♂. Pisau panjang 15 cm lebar 3 cm .

Cara Kematian pada LUKA TUSUK : Pembunuhan (paling sering) • Bunuh diri • Kecelakaan • .

Luka Tusuk pada PEMBUNUHAN: Lokalisasi di sembarang tempat. juga di daerah tubuh yang tak mungkin dicapai tangan korban  Jumlah luka dapat satu/lebih  Didapatkan tanda perlawanan dari korban yang menyebabkan luka tangkisan  Pakaian ikut terkoyak  .

perut) Jumlah luka yang mematikan biasanya satu Ditemukan “Luka Tusuk Percobaan” Tidak ditemukan “Luka Tangkisan” Bila pada daerah yang ada pakaian. sehingga tidak ikut terkoyak Kadang-kadang tangan mengalami CADAVERIC SPASM . maka pakaian disingkirkan lebih dahulu.Luka Tusuk pada BUNUH DIRI :       Lokalisasi pada daerah tubuh yang mudah dicapai tubuh korban (dada.

clurit.III. kapak. LUKA BACOK Adalah : Luka akibat benda atau alat yang berat dengan mata tajam atau agak tumpul yang terjadi dengan suatu ayunan disertai tenaga yang cukup besar Contoh : pedang. baling-baling kapal .

dapat memutuskan bagian tubuh yang terkena bacokan  Kadang-kadang pada tepi luka terdapat memar. aberasi  .Ciri LUKA BACOK : Luka biasanya besar  Pinggir luka rata  Sudut luka tajam  Hampir selalu menimbulkan kerusakan pada tulang.

Cara Kematian pada LUKA BACOK : • • Pembunuhan (terbanyak) Kecelakaan .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful