Analisis dan Aspek Ekonomi dalam Analisis Kelayakan

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk menyelesaikan Tugas Mata Kuliah Analisis Kelayakan Agribisnis pada Semester Genap Tahun Akademik 2012/2013

Paper

Oleh : Wajihul Abror 111510601044 Dosen Pengampu: Titin Agustina, SP, MP.

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JEMBER Mei, 2013

harga barang lain. Setiap ilmu pengetahuan bertujuan untuk menganalisis kenyataan yang wujud dialam semesta dan di dalam kehidupan manusia. Di dalam ilmu sosial tidaklah mudah untuk mengetahui sifat yang sebenarnya dari kenyataan yang wujud. Ekonomi terapan bidang ini biasa juga disebut sebagai ilmu ekonomi kebijakan. Ini sukar dijelaskan karena produksi pangan bukan saja dipengaruhi oleh harganya tetapi oleh banyak faktor-faktor lain seperti iklim. sehingga sering sekali timbul kesukaran untuk menggambarkan kenyataan yang sebenarnya berlaku dalam perekonomian. Mengetahui kenyataan-kenyataan ekonomi saja belumlah cukup untuk belajar ilmu ekonomi. ilmu ekonomi sangat penting peranannya dalam masyarakat. Hal ini desebabkan karena dalam masyarakat kenyataan yang wujud sangat berkaitan satu sama lain. Salah satu . Dalam teori ekonomi yang diterangkan adalah gambaran umum dan yang disederhanakan mengenai kegiatan ekonomi dan sifat-sifat hubungan ekonomi.JENIS . keadaan ekonomi. Yang lebih penting lagi ialah menyusun kenyataan-kenyataan ini secara sistematik.JENIS ANALISIS EKONOMI Ekonomi deskriptif bidang ilmu ekonomi ini adalah analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya wujud dalam perekonomian. dan sebagainya. Ada kalanya hal itu tidak mudah dilakukan. dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. Misalnya kita ingin mengetahui pengaruh kenaikan harga kepada kenaikan produksi pangan. Ia adalaha cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi. Dengan mempelejari teori dan kekayaan. Teori ekonomi adalah pandangan-pandangan yang menggambarkan sifatsifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi. Tugas ini dijalankan oleh teori ekonomi. dan membuat gambaran-gambaran umum tentang kegiatan sesutau perekonomian dan komponen-komponennya. Ia juga memberikan gambaran tentang sifat-sifat utama dari sistem ekonomi dan bagaimana sistem ekonomi berfungsi. Oleh sebab itu adalah penting untuk mengetahui fakta-fakta mengenai kenyataan yang wujud.

mewujudkan distribusi pendataan yang merata. Masalah ekonomi dapat di atasi dengan beberapa cara. “kalau permintaan dalam masyarakat berkurang maka tingkat kegiatan ekonomi akan menurun“.peranan teori ekonomi adalah ia dapat dijadikan landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi. Dalam perekonomian tujuan yang ingin dicapai adalah: 1. 4. dan “kalau tinkat kegiatan ekonomi menurun maka ini akan mengurangi investasi“. mengatasi masalah-masalah pengangguran. . Pernyataan positif seperti tersebut dapat ditemui dalam ekonomi deskriptif dan teori ekonomi. “Kalau harga naik maka permintaan barang akan berkurang“. Menciptakan kestabilitasan harga-harga. PERNYATAN POSITIF DAN NORMATIF DALAM ANALISIS EKONOMI Pernyataan hipotesa dan persoalan dalam ekonomi ada yang merupaka pernyataan positif dan ada yang merupakan pernyataan normatif. Bagaimana bentuk-bentuk kebijakan yang harus dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi yang dihadapi dianalisis didalam ekonomi kebijakan. Dalam jangka pendek langkah ini mungkin akan menaikkan harga tetapi dalam jangka panjang produksi dalam negeri akan naik dan mnggunakan tenaga kerja bertambah. Kebijakan pertama berpendapat kepentingan konsumen perlu diutamakan sedangkan kebijakan kedua lebih mengutamakan kepentingan negara secara keseluruhannya. Yang lain berpendapat bahwa kekurangan itu harus diatasi dengan menaikkan produksi dalam negeri. Dalam merumuskan kebijakan ekonomi pandangan yang menerangkan “apa sebenarnya yang harus diwujud. sangat penting peranannya.“ yaitu pandangan yang dalam bahasa inggris dinamakan dengan istilah: value judgement. Pernyataan normatif dapat ditemui dalam ekonomi terapan atau ekonomi kebijakan. Dalam perekonomian dihadapi masalah kekurangan bahan makanan adapun kebijakan yang harus dilaksanakan dalam perekonomian adalah seseorang mungkin berpendapat bahwa yang terbaik ialah menyadiakan makanan. 2. 3. Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat.

misalnya. yang merupakan gambaran umum mengenai perubahan yang berlaku didalam suati bidang kegiatan ekonomi. Dua angka indeks yang terpenting mengenai perubahan keadaan kegiatan ekonomi adalah indeks harga dan indeks produksi. Juga perubahan produksi berbagia sektor ekonomi mengalami perubahan yang seperti itu. untuk mengatasi masalah seperti itu digunakan angka indeks. dan perkembangan tingkat harga-harga. Anda tentu telah menyadari bahwa harga berbagai jenis barang tidak mengalami perubahan yang sama dari masa ke masa. Maka. Dalam mengatasi masalah kekurangan bahan makanan satu pihak berpendapat bahwa sebaiknya kekurangan bahan makanan diatasi dengan mengimpor bahan tersebut. berapakah tinkat kenaikan harga barang konsumsi atau tingkat produksi sektor industri dalam satu tahun tertentu. Angka indeks banyak keterangan-keterangan yang sederhana. Ada mengalami kenaikan yang cepat. PERANAN ILMU STATISTIK DALAM ANALISIS EKONOMI Ilmu statistik memegang peranan yang sangat penting didalam mengumpulkan perekonomian. Angka indeks dapatlah didefinisikan sebagai angka yang menunjukkan perubahan rata-rata dari sekumpulan data tertentu dari waktu ke waktu. data mengenai metode berbagai statistik aspek dari kegiatan sesuatu Berbagai memungkinkan dilakukannya pengumpulan data-data penting mengenai kegiatan ekonomi seperti tingkat produksi nasional. besarnya dan perkembangan jumlah penduduk. dan pihak lainnya berpendapat bahwa sebaiknya di atasi dengan menaikkan produksi. jumlah dan jenis-jenis pengangguran. Yang penting lagi. ilmu statistik memberikan sumbangan yang penting sekali di dalam analisis dari teori ekonomi.dan cara manakah yang terbaik sangat tergantung kepada value judgedment dari yang merumuskan kebijakan ekonomi tersebut. Oleh sebab itu sukarlah mengetahui. ada yang mengalami kenaikan yang lambat dan ada yang mengalami kenaikan atau turun. . selalu diperlukan didalam menganalisis keadaan suatu perekonomian. Ketika menerangkan mengenai ekonomi kebijakan.

anka indeks pada tahun-tahun lainnya – sebelum atau sesudahnya – dihitung berdasarkan kepada perubahan harga-harga yang berlaku jika dibandingkan dengan tahun dasar. Tingkat perubahan produksi berbagai kegiatan disatu sektor. Indeks Harga. Masa tersebut dinamakan tahun dasar. dan tingkat produksi di tahun tersebut diberi angka 100. Untuk tahun itu angka indeksnya diberi nilai 100. angka indekstahun-tahun lainnya ditentukan berdasarkan perubahan-perubahan tingkat produksi diberbagai kegiatan ekonomi kalau dibandingkan dengan pada tahun dasar. Apabila angka indeks harga pada suatu tahun tertentu adalah 110. Ada sektor industri yang cepat berkembang dan ada pula yang lambat berkembang. maka ini berarti bahwa secara rata-rata harga telah mengalami kenaikan sebesar 10 persen kalau dibandingkan dengan harga-harga pada tahun dasar. Indeks harga menunjukkan besarnya perubahan rata-rata dari harga-harga sekumpulan barang dari satu waktu ke waktu lainnya. Indeks Produksi. adalah berbeda-beda. . Menunjukkan perubahan tingkat produksi juga menghadapi masalah yang sama seperti menunjukkan perubahan tingkat harga. Kelebihan ini di dalam analisis ekonomi dikenal sebagai Surplus Ekonomi. Dalam membuat indeks harga dan dalam membuat indeks produksi langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tahun dasar. Perhatikan contoh yang sederhana sebagai berikut. Untuk menunjukkan besarnya perubahan tersebut diperlukan suatu masa/tahun yang akan dijadikan titik tolak didalam melihat besarnya perubahan harga yang berlaku. misalnya sektor industri. Kepuasan yang diperoleh selalu lebih besar dari pada pembayaran yang dibuat.1. SURPLUS KONSUMEN Teori nilaiguna dapat pula menerangkan tentang wujudnya kelebihan kepuasan yang dinikmati oleh para konsumen. 2. Surplus konsumen pada hakekatnya berarti perbedaan diantara kepuasan yang diperoleh seseorana di dalam mengkonsumsikan sejumlah barang dengan pembayaran yang harus dibuat untuk memperoleh barang tersebut.

Keuntungan lebih semacam ini disebut surplus produsen. sebab ia cukup membayar barang tadi dengan harga Pe. Jadi ia dapat memperoleh durian yang diinginkannya dengan hargaRp 500 lebih murah daripada harga yang bersedia dibayarkannya. sebab ia kini dapat menjual barangnya dengan harga Pe (lebih tinggi dari harga jual semula yang direncanakan). dan perbedaannnya merupakan surplus konsumen Surplus konsumen (consumers’ surplus) mencerminkan suatu keuntungan lebih atau surplus yang dinikmati oleh konsumen tertentu berkenaan dengan tingkat harga pasar suatu barang. Fungsi penawaran P = f(Q) menunjukkan jumlah sesuatu barang yang akan dijual oleh produsen pada tingkat harga tertentu. SURPLUS PRODUSEN Surplus produsen (Producers’ surplus) mencerminkan suatu keuntungan lebih atau surplus yang dinikmati oleh produsen tertentu berkenaan dengan tingkat harga pasar dari barang yang ditawarkannya. Keuntungan lebih semacam inilah yang oleh Alfred Marshall disebut surplus konsumen. nilai guna marginal barang yang sebelumnya adalah lebih tinggi dari harga barang itu. Nilai Rp 500 ini adalah surplus konsumen. Uraian sebelum ini telah menunjukkan bahwa harga sesuatu barang berkaitan rapat dengan nilaiguna marginalnya. maka bagi produsen tertentu yang sebetulnya bersedia menjual dengan harga yang lebih rendah dari Pe hal ini akan merupakan keuntungan baginya. Jika tingkat harga pasar adalah Pe. Sesampainya dipasar dia mendapati bahwa durian yang diinginkannya hanya berharga Rp 1. Jika tingkat harga pasar adalah Pe. . maka bagi konsumen tertentu yang sebetulnya mampu dan bersedia membayar dengan harga lebih tinggi dari Pe hal ini akan merupakan keuntungan baginya.500. Oleh karena nilaiguna marginal dari barang ke-n adalah lebih rendah dari barang sebelumnya.Seorang konsumen pergi kepasar membeli durian dan bertekat akan membeli satu buah yang cukup besar apabila harganya Rp 1. Fungsi permintaan P = ((Q) menunjukkan jumlah suatu barang yang akan dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu.000. Surplus konsumen wujud sebagai akibat daripada nilaiguna marginal yang semakin sedikit.

2010. Studi Kelayakan Agribisnis.wordpress. . [7 Mei 2013] Priyono. http://murtaqicomunity. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Bahan Ajar UMB.DAFTAR PUSTAKA Murtagi.com/2010/11/03/studi-kelayakan-bisnisaspek-ekonomi-dan-sosial/. Aspek Ekonomi dan Sosial. 2007.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful