P. 1
10.Kisi2 PLPG Biologi Tunas63WP

10.Kisi2 PLPG Biologi Tunas63WP

|Views: 1|Likes:
Published by Ykza Ghif
Untuk guru yang akan Sertifikasi
Untuk guru yang akan Sertifikasi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ykza Ghif on May 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2015

pdf

text

original

KISI-KISI UJI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU BIOLOGI

KONSORSIUM SERTIFIKASI GURU (KSG) KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL 2010
0

melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi yang mendidik Subkompetensi a. bioteknologi. dan ketercapaian kompetensi. bioteknologi. Merancang. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. Menguasai karakterisik peserta didik dan mampu merancang. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan atau konsep biologi lainnya yang sesuai dengan hakekat IPA b) Memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.KISI-KISI SOAL UJI TULIS PLPG GURU BIOLOGI UNTUK KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL Kompetensi 1. biologi sel. 2) Membandingkan antar komponen silabus dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) biologi a) Membandingkan antar komponen silabus dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk konsep metabolism sel. biologi sel. Deskriptor a) Menentukan strategi pembelajaran metabolism sel. atau konsep biologi lainnya. bioteknologi. a) Menentukan isu-isu yang menjadi masalah di lingkungan sekolah berdasarkan keperluan pembelajaran konsep metabolism sel. pembelajaran biologi Indikator Esensial 1) Menyusun strategi pembelajaran biologi berdasarkan karakteristik peserta didik. bioteknologi. atau konsep biologi lainnya. biologi sel. 4) Menganalisis hierarki materi ajar biologi . biologi sel. kompetensi yang ingin dicapai untuk konsep metabolisme sel. biologi sel. atau konsep biologi lainnya a) Menganalisis hierarki materi ajar untuk konsep metabolisme sel. bioteknologi. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. atau konsep biologi lainnya berdasarkan tingkat pentingnya materi ajar 1 3) Menentukan isu-isu yang menjadi masalah di lingkungan sekolah berdasarkan keperluan pembelajaran. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan.

atau konsep biologi lainnya a) Menganalisis fenomena pembelajaran melalui kegiatan praktikum untuk konsep metabolism sel. biologi sel. bioteknologi. bioteknologi.Kompetensi Subkompetensi Indikator Esensial Deskriptor b) Mengorganisasikan materi ajar sesuai dengan urutan prasarat untuk konsep metabolisme sel. atau konsep biologi lainnya a) Menata posisi duduk peserta didik dalam kelas sesuai dengan metode/pendekatan/model pembelajaran yang dipilih untuk pembelajaran konsep metabolism sel. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. bioteknologi. biologi sel. atau konsep biologi lainnya a) Memilih alat bantu (media) pembelajaran untuk konsep metabolism sel. atau konsep biologi lainnya a) Menerapkan satu model pembelajaran yang inovatif dan kondusif untuk konsep metabolism sel. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. atau konsep biologi lainnya 2 5) Menentukan alat bantu/media pembelajaran yang sesuai dengan konsep biologi yang diajarkan b. bioteknologi. Melaksanakan pembelajaran biologi 1) Menata latar (setting) pembelajaran 2) Menerapkan model pembelajaran biologi yang inovatif dan kondusif 3) Menganalisis fenomena pembelajaran melalui kegiatan praktikum . keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. biologi sel. bioteknologi. bioteknologi. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. biologi sel. atau konsep biologi lainnya yang akan diajarkan b) Menganalisis pesan yang dimuat dalam media pembelajaran untuk konsep metabolism sel. biologi sel. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. biologi sel. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan.

bioteknologi. atau konsep biologi lainnya c) Melaksanakan penilaian hasil belajar menggunakan portofolio siswa sesuai dengan kompetensi dan indikator yang ditetapkan untuk konsep metabolism sel. biologi sel.Kompetensi Subkompetensi c. bioteknologi. atau konsep biologi lainnya b) Menginterpretasi data hasil belajar yang disajikan dalam bentuk tabel dan atau diagram 3) Menggunakan informasi tingkat ketuntasan belajar untuk merancang program remedial atau pengayaan a) Menentukan posisi peserta didik dalam kelompoknya berdasarkan ketuntasan belajar yang telah ditetapkan b) Merancang program remedial bagi peserta didik yang berada di bawah ketuntasan belajar minimal 4) Memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum a) Merancang langkah-langkah perbaikan pembelajaran melalui pertimbangan hasil belajar 3 . keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. bioteknologi. biologi sel. atau keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan 2) Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level) a) Menganalisis sintaks atau tahapan yang masih bermasalah dalam proses pembelajaran konsep metabolism sel. biologi sel. Melaksanakan evaluasi/penilaian/ases men proses dan hasil pembelajaran biologi secara sinambung Indikator Esensial 1) Melaksanakan penilaian (asesmen) proses dan hasil belajar secara sinambung dengan berbagai metode Deskriptor b) Melaksanakan penilaian hasil belajar menggunakan tes yang sesuai dengan kompetensi dan indikator yang ditetapkan untuk konsep metabolism sel.

bioteknologi. Indikator Esensial 1) Menganalisis fakta. Menguasai keilmuan. biologi sel. atau materi ajar biologi lainnya 2) Menguasai tahapan dan/atau prosedur pengamatan melalui kegiatan praktikum biologi. biologi sel. atau konsep biologi lainnya yang akan diajarkan b) Menghubungkan suatu fakta dengan suatu konsep. prinsip. bioteknologi. biologi sel. atau teori yang relevan dengan yang tidak relevan dalam materi ajar metabolism sel. teori dalam metabolisme sel. prinsip.Kompetensi 2. atau teori dalam metabolism sel. biologi sel. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. bioteknologi. konsep. Menguasai konsep dasar dan langkahlangkah pengamatan dalam biologi. prinsip dan terori dalam biologi yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan Deskriptor a) Menentukan fakta-fakta dalam kehidupan siswa sehari-hari sesuai konsep. bioteknologi. biologi sel. kajian kritis dan pendalaman materi ajar biologi dalam konteks kurikulum sekolah Subkompetensi a. a) Menerapkan tahapan-tahapan/prosedur pengamatan yang runtut dalam kegiatan praktikum metabolism sel. biologi sel. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. keanekaragaman hayati dan 4 . bioteknologi. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. atau materi ajar biologi lainnya c) Menganalisis hasil pengamatan fotosintesis yang diperoleh dari kegiatan praktikum siswa dalam kegiatan praktikum metabolism sel. prinsip. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. atau materi ajar biologi lainnya b) Menunjukkan kemampuan berhipotesis melalui pengendalian variabel pada percobaan metabolism sel. atau materi ajar biologi lainnya c) Membedakan kosep. bioteknologi. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan.

Kompetensi Subkompetensi Indikator Esensial Deskriptor interaksinya dengan lingkungan. d) Menghubungkan proses dan produk fotosintesis dengan kebutuhan hidup makhluk hidup. b) Membedakan protein struktural dan protein enzim berdasarkan strukturnya 4) Menganalisis tahapan dalam metabolism protein a) Menguhubungkan satu tahap reaksi dengan tahap reaksi lainnya dalam metabolism protein. 5 . atau materi ajar biologi lainnya d) Menginterpretasi data hasil pengamatan yang diperoleh dari kegiatan praktikum siswa dalam kegiatan praktikum metabolism sel. bioteknologi. biologi sel. termasuk manusia. 2) Melakukan uji karbohidrat secara sederhana 3) Menganalisis karakter protein berdasarkan struktur dan fungsinya a) Menguji kandungan karbohidrat secara kualitatif dalam sejumlah bahan makanan sumber energy a) Menganalisis karakter protein berdasarkan struktur dan fungsinya. b) Menghubungkan struktur kloroplas dengan proses fotosintesis c) Membedakan reaksi terang dan reaksi gelap berdasarkan proses dan produk yang terjadi. keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan. Menguasai materi ajar metabolism dalam konteks kurikulum sekolah 1) Menganalisis fenomena penerapan konsep dasar anabolisme karbohidrat dalam kehidupan a) Membedakan katabolisme dan anabolisme karbohidrat berdasarkan proses dan hasil reaksi. atau materi ajar biologi lainnya b.

a) Merancang percobaan bioteknologi dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada di 6 .Kompetensi Subkompetensi Indikator Esensial 5) Melakukan uji protein secara sederhana 6) Menganalisis karakter lemak berdasarkan struktur dan fungsinya 7) Melakukan uji lemak secara sederhana Deskriptor a) Menguji kandungan protein secara kualitatif dalam sejumlah bahan makanan. Menguasai materi ajar Bioteknologi dalam konteks kurikulum sekolah 1) Menganalisis prinsip-prinsip ilmiah dalam pembuatan produk-produk atau jasa bioteknologi yang digunakan berbagai aspek kehidupan manusia 2) Membedakan bioteknologi konvensional dan modern berdasar proses dan produknya 3) Merancang percobaan bioteknologi sederhana a) Menganalisis perbedaan bioteknologi konvensional dan modern berdasarkan proses dan produk yang dihasilkan. a) Menganalisis karakter lemak berdasarkan struktur dan fungsinya a) Menguji kandungan protein secara kualitatif dalam sejumlah bahan makanan a) Menganalisis prinsip-prinsip ilmiah dalam pembuatan produk-produk bioteknologi kesehatan/farmasi b) Menganalisis prinsip-prinsip ilmiah dalam pembuatan produk-produk bioteknologi dalam bidang pertanian/kehutanan c) Menganalisis prinsip-prinsip ilmiah dalam pembuatan produk-produk bioteknologi makanan/minuman d) Menganalisis prinsip-prinsip ilmiah bioteknologi lingkungan e) Menganalisis prinsip-prinsip ilmiah bioteknologi yang digunakan dalam melestarikan keanekaragaman hayati c.

4) Menganalisis tahapan dalam proses pembuatan produk bioteknologi yang menggunakan DNA rekombinan d. Menguasai materi ajar Keanekaragaman hayati dan interaksinya dengan lingkungan dalam konteks kurikulum sekolah 1) Menerapkan dasar-dasar pengelompokkan makhluk hidup a) Membuat sendiri kunci determinasi secara sederhana berdasarkan karakteristik makhluk hidup yang diamati b) Mengelompokkan hewan yang diperoleh di sekitar sekolah berdasarkan persamaan dan perbedaan karakteristik tubuhnya 2) Menggambarkan daur hidup suatu taksa makhluk hidup a) Membuat skema daur hidup suatu species pada tingkatan taksa tertentu b) Membandingkan siklus hidup antar taksa tumbuhan 7 .Kompetensi Subkompetensi Indikator Esensial Deskriptor lingkungan peserta didik a) Menghubungkan proses pembuatan suatu produk bioteknologi modern yang menggunakan DNA rekombinan dengan kemungkinan resiko yang akan terjadi a) Membedakan sel prokaryot dengan eukariyot berdasarkan struktur selnya b) Membedakan sel tumbuhan dan sel hewan berdasarkan struktur selnya c) Menghubungkan struktur suatu organel sel hewan/tumbuhan dengan fungsinya. Menguasai materi ajar Biologi Sel dalam konteks kurikulum sekolah 1) Menganalisis struktur sel 2) Menganalisis tahapan pembelahan sel c) Menghubungkan sifat genetic sel anak hasil pembelahan dengan tipe pembelahan sel (mitosis dan meiosis) d) Menghubungkan tipe pembelahan sel dengan siklus sel e.

Kompetensi Subkompetensi Indikator Esensial 3) Menganalisis interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya Deskriptor a) Menentukan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia b) Menghubungkan peran komponen ekosistem dengan kelestarian lingkungan hidup 8 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->