PEL 10: PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KELUARGA

Kompetensi Indikator : : Siswa mampu mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga serta kaitannya dengan pengaruh modernisasi. 1. Mengidentifikasi pengaruh modernisasi terhadap kelangsungan hidup keluarga. 2. Menganalisis makna keluarga yang bertumbuh dalam Kristus. Kej 4:1-16; 2 Sam 11 dan 12; 1 Sam 18,19,20; 1 Tim 6:10; Roma 12:2; Ibrani 10:24-25

Referensi Alkitab

:

Keluarga dari dulu sampai sekarang terus mengalami problematika. Ada kisah Kain membunuh Habel (Kej 4:1-16), Peristiwa Daud dan Batsyeba (2 Sam 11 dan 12), Saul dengan yonathan (1 Sam 18,19,20) dll. Namun kelihatannya di jaman modern sekarang problematika keluarga semakin kompleks. A. Kemajuan Komunikasi dan Kemudahan Memperoleh Informasi. Kemajuan dibidang tekhnologi komunikasi telah membuat manusia dengan mudah mengakses berbagai informasi, baik yang bersifat positif maupun negatif. Contoh mengakses sius porno di Internet. Catting di internet yang sangat mudah memicu perselingkuhan. demam facebook sehingga lupa belajar. Alat komunikasi seperti telpon seluler, telah mengurangi kebutuhan orang untuk bertatap muka secara langsung. Kemudahan memperoleh informasi membuat kita cendrung untuk tidak lagi mengolah atau menyaring informasi, sehingga kita menjadi korban dari informasi tersebut. Siaran-siaran televisi yang lebih banyak menyajikan pesan-pesan iklan yang cendrung mengajak masyarakat menjadi lebih konsumtif, tanpa lagi mempertimbangkan lebih lanjut manfaatnya. Adengan kekerasan dll. B. Workaholic (Bekerja tanpa Henti). “Waktu adalah uang,” semboyan yang kadang-kadang cendrung membius masyarakat masa kini menggunakan waktu untuk bekerja terus menerus, mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya sehingga tidak ada waktu untuk istirahat maupun berkumpul bersama keluarga. Manusia yang bekerja terus menerus cendrung melupakan orang-orang yang ada disekitarnya, pasangannya dan mengabaikan kesehatannya. Alkitab mengatakan, bahwa akar segala kecahatan ialah cinta uang. (1 Tim 6:10). C. Meningkatnya Perempuan yang bekerja Diluar Rumah. Seiring dengan perkembangan zaman, dewasa ini banyak wanita yang bekerja diluar rumah (wanita karier), dimana jaman dulu wanita hanya dianggat cukup mengurus urusan dapur. Hal ini justru seiring dengan konsep teologi Kristen mengenai laki-laki dan perempuan diciptakan setara (Kej 2:18). ANTO File, PAK, Kls X (Genap).

Page 1

F. Bibliography Endra. (bdk Ibrani 10:24-25). yang berarti cara. 2. artinya: yang terbaru. hiasan kamar. Pertanyaannya. Maka modernisasi dipahami sebagai ajaran. Keluarga dibangun dalam rangka mempertuhankan perut (hal-hal yang berbau kenikmatan). ide-ide yang baru. Bandung: Bina Media Informasi. yang seringkali dianggap sebagai cara berpikir dan bertindak secara duniawi. dipandang sebagai cara pikir. apakah modernisasi memiliki dampak yang positif bagi keluarga atau juga dampak negatif?1 Modernisasi menjadi sebuah persoalan. Kls X (Genap). Keluarga dibangun untuk mengagungkan kemuliaan duniawi. dan ide-ide). mengadu yang satu dengan yang lain. PAK.” 3. Kekerasan dalam Keluarga. bertindak yang bertentangan dengan cara pikir dan bertindak secara rohani. secara baru. tetapi mengabaikan persekutuan. ketika:  Dipahami sebagai proses mempertentangkan. Bahwa yang baru lebih baik dari yang lama. Dewasa Dalam Kristus 1.D. proses menjalankan sesuatu dengan cara. kata Perancis mode. cara khusus dalam hal menata sesuatu (pakaian. “janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini. Ingat! Roma 12:2. Mengutamakan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Dalam kata Inggris modern. mengabaikan keluarga demi karier. E. Manusia memandang makanan menjadi tujuan hidup.. 1 ANTO File. mutakhir. Konsep yang Salah Dengan Keluarga Dalam ide Modernisasi.unikasi tanpa harus bertatap muka langsung. 1. Kemajuan tekhnologi komunikasi memingkinkan setiap anggota keluarga untuk berkom. Modernisasi adalah proses meningkatkan apa yang sebelumnya sudah ada menjadi sesuatu yang baru dan lebih baik. Modern berasal dari kata Latin modus. Himawan Djaja. 2006. Tayangan media massa menampilkan agresivitas atau kekerasan sebagai suatu hiburan yang menyenangkan. mengejar jabatan setinggitingginya. Gaya Hidup Modern.  Modernisasi. Page 2 . bukan sarana untuk menjalankan kehidupan. Komunikasi yang semakin langka.

Bagaimana pendapat anda dengan gaya hidup workaholic? Jelaskan jawaban Anda! 5. 2006 Pertanyaan evaluasi: 1. 3. Kls X (Genap). PAK. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Apa yang salah jika diterapkan konsep dari modernisasi? 4. Sebutkan dampak positif dan negatif dari kemajuan tekhnologi. Menurut Anda. Page 3 . mengapa kemajuan tekhnologi sangat mempengaruhi kehidupan keluarga? Jelaskan! 2.Tim PAK-PGI. Apa yang dapat dilakukan agar kita tidak menjadi “korban” kemajuan tekhnologi? ANTO File. Suluh Siswa 1 bertumbuh Dalam Kristus.