ANGKET

PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN DASAR TEKNIK MESIN

(PDTM) DI SMK WIDYA DIRGANTARA ANGKATAN 2013 KOTA BANDUNG”.
Sasaran Penelitian adalah Siswa SMK Jurusan Teknik Mesin tingkat 10 A. Metode Penelitian Metode penelitian merupakan hal yang pokok dalam pelaksanaan penelitian, yang merupakan cara-cara untuk dapat memohon suatu objek dan bertujuan untuk mendapatkan sejumlah informasi dan jawaban tenteng masalah pokok yang dipecahkan. Adapun metode penelitian yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu studi yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan tanpa menghiraukan data sebelum dan sesudahnya. Dalam hal ini data yang diperoleh disusun, dianalisis, disimpulkan kemudian disajikan sedemikian rupa sehingga merupakan gambaran sistematis B. Instrumen Penelitian Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket, wawancara, observasi, dan media dokumentasi. C. Teknik Pengumpul Data Untuk memperoleh data penelitian yang dikehendaki pada penelitian ini, penulis mengemukakan beberapa teknik pengumpulan data sebagai berikut: a. Observasi b. Tes c. Metode Dokumentasi D. Penyusunan dan pengembangan alat pengumpul data. Dalam penelitian ini, terdapat dua kelompok data yang akan dikumpulkan yaitu tentang cara belajar siswa dan hasil prestasi siswa. Untuk mengungkap data tersebut, maka disusun dua instrumen dalam bentuk angket.

“PENGARUH

Page | 1

Jumlah pernyataan yang diuji cobakan dalam instrument ini adalah 10 butir untuk mengungkap cara belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika teknik dan 10 butir untuk hasil prestasi siswa. 10 6 4. Wawancara. 3. 8 2 9 4 JUMLAH 5 2 3 10 tepat waktu Persiapan belajar JUMLAH 2. Wawancara. 1. VARIABEL Hasil belajar INDIKATOR Disiplin Waktu Keaktifan di Kelas Pengerjaan Tugas INSTRUMEN Angket. Kisi-Kisi hasil Belajar Siswa NO 1. 10 3 JUMLAH 2 4 4 10 JUMLAH ANGKET PENELITIAN PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN Page | 2 . 8 7 3. 2 5. 5 6 7.Alat pengumpul data yang digunakan adalah teknik non test berupa angket. Observasi ITEM (+) (-) 1. Kisi-Kisi penggunaan video tutorial Siswa NO 1. 6. Observasi ITEM (+) (-) 1. VARIABEL penggunaan video tutorial INDIKATOR Interaksi kelas Pengerjaan dalam tugas INSTRUMEN Angket. 7 9 4. Instrumen ini disusun dalam bentuk pernyataan dengan alternatif jawaban “YA” dan “TIDAK”.

DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) DI SMK WIDYA DIRGANTARA ANGKATAN 2013 I. 3 PERNYATAAN Saya selalu bertanya pada saat mengalami kesulitan dalam belajar. Page | 3 4. siswa dimohon memilih salah satu jawaban yang paling sesuai dari jawaban-jawaban yang telah disediakan dengan memberi tanda silang pada kolom yang tersedia. Tidak Terima kasih atas segala perhatian dan bantuannya dalam menjawab angket ini. Saya selalu membuat atau menulis temuantemuan yang muncul pada saat pelajaran berlangsung. Saya merasa takut mengemukakan gagasan pada saat ada yang bertanya. 5 6 . N a m a : 2. Saya selalu berusaha mencari buku-buku sumber lain untuk referensi. PETUNJUK PENGISIAN Untuk mengisi daftar pertanyaan di bawah ini. Kelas : II. Jawaban tidak ada penilaian benar atau salah dan terdapat dua pilihan jawaban yaitu : 1. Ya 2. Saya merasa malas membaca modul sebelum pelajaran dimulai. a) Angket pengungkap penggunaan video tutorial pada siswa Alternatif Jawaban SS S R TS STS NO 1 2. DATA SISWA/RESPONDEN 1. Saya selalu mengembangkan setiap latihan soal yang diberikan.

4. 8. Kadang-kadang saya mempelajari kembali materi yang telah diberikan dikelas. 7. Akan datang tepat waktu Selalu mengatur waktu untuk belajar dan bermain Akan melihat kepada teman jika guru memberikan tugas Selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru Akan bertanya jika ada pelajaran yang belum saya pahami Selalu bersemangat ketika pelajaran sedang dimulai Akan mengikuti pelajaran dengan penuh konsentrasi Selalu mengerjakan tugas tepat waktu Nilai ulangan meningkat setelkah menggunakan video tutorial ini Tidak mengerti ketika video di putar S S S R TS STS WAWANCARA Page | 4 . 9..7 8 9 10 Saya menguasai setiap materi pelajaran pdtm yang diberikan oleh guru. 3. 6.. 5. Pertanyaan di awalai dengan kata saya. b) Angket pengungkap hasil belajar Alternatif Jawaban No 1 2. Saya selalu mempelajari materi yang akan diberikan oleh guru besok. 10. Saya merasa males mengerjakan buku lembar kegiataan siswa.

apa yang akan anda lakukan? Apa yang anda lakukan ketika pulang dari sekolah? Bagaimana pendapat anda tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan di lingkungan sekolah anda? Jika anda diminta untuk memberikan sejumlah uang anda dengan paksa kepada orang lain ketika berada di sekolah. PEDOMAN WAWANCARA HARI/TANGGAL TEMPAT NARASUMBER : : : Siswa SMK Kelas x (3 Orang) NO ITEM 1. Apakah anda mengerti ketika video tutorial di putar ? 2. 4. apa yang anda lakukan? Deskripsikan situasi kelas anda? Page | 5 . 8. Apakah pengaruh video tutorial terhadap mata pelajaran pendidikan dasar teknik 3. 5. 9. 6. mesin? Apakah ada pengetahuan yang baru ketika video di putar? Apa yang anda lakukan jika anda mendapat tugas dari guru? Ketika anda mendapat teguran dari guru karena anda kedapatan merokok di sekolah.PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) DI SMK WIDYA DIRGANTARA ANGKATAN 2013. 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful