MAKALAH PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN UPAYA MENGATASINYA. PENGERTIAN LINGKUNGAN.

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita ( makhluk hidup ). Contohnya : meja, kursi, cahaya, udara, mamusia, hewan, tumbuhan, dsb. Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi, dsb. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroorganisme. Ilmu yang mempelajari lingkungan adalah Ilmu lingkungan atau ekologi. Ilmu lingkungan adalah cabang dari ilmu biologi. A. PENGERTIAN PENCEMARAN Berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alami, sehingga mutu kualitas lingkungan turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Masuknya bahan pencemar atau polutan kedalam lingkungan tertentuyang keberadaannya mengganggu kestabilan lingkungan. B. PERUBAHAN LINGKUNGAN Faktor faktor Penyebab Perubahan Lingkungan. 1. Faktor Alam. Faktor yang dapat menimbulkan kerusakan antara lain gunung meletus, gempa bumi,angin topan, kemarau panjang, banjir, dan kebakaran hutan. 2. Faktor Manusia. Kegiatan manusia yang menyebabkan perubahan lingkungan misalnya, membuang limbah ( limbah rumah tangga, industri, pertanian, dsb ) secara sembarangan, menebang hutan sembarangan, dsb. Suatu zat dapat disebut polutan apabila: 1. Jumlahnya melebihi jumlah normal. 2. Berada pada waktu yang tidak tepat. 3. Berada di tempat yang tidak tepat. Sifat polutan adalah : 1. Merusak untuk sementara, tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi. 2. Merusak dalam waktu lama.

Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak. C. MACAM MACAM PENCEMARAN LINGKUNGAN a. Berdasarkan Tempat terjadinya. Pencemaran Udara, disebabkan oleh :

(1) CO2 - Karbon dioksida berasal dari pabrik, mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar fosil ( batubara, minyak bumi ), juga dari mobil, kapal, pesawat terbang, dan pembakaran kayu. Meningkatnya kadar CO2 di udara jika tidak segera diubah menjadi oksigen akan mengakibatkan efek rumah kaca. (2) CO (Karbon Monoksida) - Proses pembakaran dimesin yang tidak sempurna, akan menghasilkan gas CO. Jika mesin mobil dihidupkan di dalam garasi tertutup, orang yang ada digarasi dapat meninggal akibat menghirup gas CO. Menghidupkan AC ketika tidur di dalam mobil dalam keadaan tertutup juga berbahaya. Bocoran gas CO dari knalpot dapat masuk ke dalam mobil, sehingga bisa menyebabkan kematian. (3) CFC (Khloro Fluoro Karbon) - Gas CFC digunakan sebagai gas pengembang karena tidak bereaksi, tidak berbau, dan tidak berasa. CFC banyak digunakan untuk mengembangkan busa (busa kursi), untuk AC (Freon), pendingin pada lemari es, dan hairspray. CFC akan menyebabkan lubang ozon di atmosfer. (4) SO dan SO2 - Gas belerang oksida (SO,SO2) di udara dihasilkan oleh pembakaran fosil (minyak, batubara). Gas tersebut dapat bereaksi dengan gas nitrogen oksida dan air hujan, yang menyebabkan air hujan menjadi asam, yang disebut hujan asam. Hujan asam mengakibatkan tumbuhan dan hewan-hewan tanah mati, produksi pertanian merosot, besi dan logam mudah berkarat, bangunan-bangunan kuno, seperti candi menjadi cepat aus dan rusak, demikian pula bangunan gedung dan jembatan. (5) Asap Rokok - Asap rokok bisa menyebabkan batuk kronis, kanker paru-paru, mempengaruhi janin dalam kandungan dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Perokok dibedakan menjadi dua yaitu perokok aktif (mereka yang merokok) dan perokok pasif (orang yang tidak merokok tetapi menghirup asap rokok). Perokok pasif lebih

berbahaya daripada perokok aktif. Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara, antara lain : • Terganggunya kesehatan manusia, misalnya batuk, bronkhitis, emfisema, dan penyakit pernapasan lainnya. • Rusaknya bangunan karena pelapukan, korosi pada logam, dan memudarnya warna cat.
• • •

Terganggunya pertumbuhan tanaman, misalnya menguningnya daun atau kerdilnya tanaman akibat konsentrasi gas SO2 yang tinggi di udara. Adanya peristiwa efek rumah kaca yang dapat menaikkan suhu udara secara global serta dapat mengubah pola iklim bumi dan mencairkan es di kutub. Terjadinya hujan asam yang disebabkan oleh pencemaran oksida nitrogen.

Pencemaran Air, disebabkan oleh :

(1) Limbah Pertanian. Limbah pertanian dapat mengandung polutan insektisida atau pupuk organik. Insektisida dapat mematikan biota sungai. Jika biota sungai tidak mati kemudian dimakan hewan atau manusia, orang yang memakannya akan mati. Untuk mencegahnya, upayakan memilih insektisida yang berspektrum sempit (khusus membunuh hewan sasaran) serta bersifat biodegradable (dapat terurai secara biologi) dan melakukan penyemprotan sesuai dengan aturan. Jangan membuang sisa obat ke sungai. Pupuk organik yang larut dalam air dapat menyuburkan lingkungan air (eutrofikasi), karena air kaya nutrisi, ganggang dan tumbuhan air tumbuh subur (blooming). Hal ini akan mengganggu ekosistem air, mematikan ikan dan organisme dalam air, karena oksigen dan sinar matahari yang diperlukan organisme dalam air terhalang dan tidak dapat masuk ke dalam air, sehingga kadar oksigen dan sinar matahari berkurang. (2) Limbah Rumah Tangga Limbah rumah tangga berupa berbagai bahan organik (misal sisa sayur, ikan, nasi, minyak, lemak, air buangan manusia), atau bahan anorganik misalnya plastik, aluminium, dan botol yang hanyut terbawa arus air. Sampah yang tertimbun menyumbat saluran air dan mengakibatkan banjir. Pencemar lain bisa berupa pencemar biologi seperti bibit penyakit, bakteri, dan jamur. Bahan organik yang larut dalam air akan mengalami penguraian dan pembusukan, akibatnya kadar oksigen dalam air turun drastis sehingga biota air akan mati. Jika pencemaran bahan organik meningkat, akan ditemukan cacing Tubifex berwarna kemerahan bergerombol. Cacing ini merupakan petunjuk biologis (bioindikator) parahnya limbah organik dari limbah pemukiman. (3) Limbah Industri

Munculnya banjir akibat got tersumbat sampah. udang. yang mati tidak hanya ikan tangkapan melainkan juga biota air lainnya. yuyu. industri. Ni). Pb. Pencemaran Tanah. Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran air antara lain : • Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen. Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah antara lain : • Terganggunya kehidupan organisme (terutama mikroorganisme dalam tanah). polutan yang mengandung asam belerang berbau busuk. detergen. kemudian ditaburi dengan zat yang dapat menguraikan minyak. Akibatnya. • Berubahnya sifat kimia atau sifat fisika tanah sehingga tidak baik untuk pertumbuhan tanaman. peternakan. pestisida. polutan anorganik yang berbuih dan berwarna. • • • • Pendangkalan dasar perairan. logam berat (Hg. Menjalarnya wabah muntaber. As. disebabkan oleh : Sampah organik dan anorganik yang berasal dari limbah rumah tangga. kegiatan pertanian. Tumpahan minyak mengancam kehidupan ikan. atau aliran listrk untuk menangkap ikan. Punahnya biota air. pencemaran dibedakan menjadi berikut ini : 1. Kebocoran tanker minyak dapat menyebabkan minyak menggenangi lautan sampai jarak ratusan kilometer. dan serangga air. Cd. (4) Penangkapan Ikan Menggunakan racun Sebagian penduduk dan nelayan ada yang menggunakan tuba (racun dari tumbuhan). dan • Mengubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologi b) Berdasarkan Macam Bahan Pencemar Menurut macam bahan pencemarnya. minyak. pupuk anorganik. Pencemaran kimia : CO2. dan sebagainya. dan polutan berupa cairan panas. genangan minyak dibatasi dengan pipa mengapung agar tidak tersebar. • Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air (eutrofikasi). burung laut.Limbah industri berupa polutan organik yang berbau busuk. Cr. . potas (racun kimia). terumbu karang. dan organisme laut lainnya untuk mengatasinya. misal ikan. bahan radioaktif. pasar.

Pencemaran biologi : mikroorganisme seperti Escherichia coli.5 – 8. Pencemaran fisik : logam.2. kadar logam. gangguan kejiwaan. Karena pencemaran. kaleng. yaitu pencemaran yang mengakibatkan penyakit kronis. perubahan pH air tergantung kepada bahan pencemarnya. dan banyaknya organisme yang hidup dalam air. 3. Contohnya pencemaran gas kendaraan bermotor. keasaman. Jadi. Pengukuran Kadar CO2 Gas CO2 juga dapat larut ke dalam air. Entamoeba coli. Pengukuran pH air Air sungai dalam kondisi alami yang belum tercemar memiliki rentangan pH 6. kaca. Pencemaran akut. dan pencemaran radioaktif. karet. Pengukuran Kadar Oksigen Terlarut Kadar oksigen terlarut dalam air yang alami berkisar 5 – 7 ppm (part per million atau satu per sejuta. b. suhu.5 atau lebih tinggi dari 8. yaitu pencemaran yang dimulai menimbulkan gangguan ekosistem lain. botol. Salmonella thyposa. Pencemaran suara : kebisingan ( menyebabkan sulit tidur. gangguan janin dalam kandungan. D. pencemaran dibedakan menjadi sebagai berikut: 1.5. yaitu pencemaran yang dapat mematikan seketika. Paramater Pencemaran. 4. pH. Kadar CO2 terlarut sangat dipengaruhi oleh suhu. Proses oksidasi (pembokaran) bahan-bahan organik. Kadar gas CO dapat diukur dengan cara titrimetri.5. Parameter Fisik Meliputi pengukuran tentang warna. Pencemaran kronis. tuli. meliputi : 1. Parameter Kimia Digunakan untuk mengetahui kadar CO2. Contohnya pencemaran Minamata di Jepang. Parameter pencemaran digunakan sebagai indikator (petunjuk) terjadinya pencemaran dan tingkat pencemaran yang telah terjadi. dan logam berat. . 2. pH. bau. pH air dapat menjadi lebih rendah dari 6. Penurunan kadar oksigen terlarut dapat disebabkan oleh tiga hal : 1. 3. penyakit jantung. Semakin banyak organisme di dalam air. c. 1 ml oksigen yang larut dalam 1 liter air dikatakan memiliki kadar oksigen 1 ppm). dan stress). dan radioaktivitas 2. plastik. semakin tinggi kadar karbon dioksida terlarut (kecuali jika di dalam air terdapat tumbuhan air yang berfotosintesis). rasa. Kapur menyebabkan kondisi air menjadi lebih alkali (basa). Bahan-bahan organik organik biasanya menyebabkan kondisi air menjadi lebih asam. PARAMETER PENCEMARAN LINGKUNGAN Untuk mengukur tingkat pencemaran disuatu tempat digunakan parameter pencemaran. kekeruhan. c) Berdasarkan Tingkat Pencemaran Menurut tingkat pencemarannya. a. Contohnya pencemaran gas CO dari knalpot yang mematikan orang di dalam mobil tertutup. Pencemaran ringan.

ada pula yang tidak. contohnya adalah pengukuran BOD atau KOB Pengukuran BOD Bahan pencemar organik (daun. Ada yang peka. Siput air dan Planaria merupakan contoh hewan yang peka pencemaran. semakin banyak oksigen yang digunakan. Karena predator punah. 2. kemudian mati. diperlukan dosis yang lebih tinggi dari biasanya. DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN 1. Punahnya Species Polutan berbahaya bagi biota air dan darat. Proses reduksi oleh zat-zat yang dihasilkan bakteri anaerob dari dasar perairan. pencemaran akan semakin meningkat. Bakteri memerlukan oksigen untuk mengoksidasikan zat-zat organik tersebut. Banyaknya oksigen terlarut yang diperlukan bakteri untuk mengoksidasi bahan organik disebut sebagai Konsumsi Oksigen Biologis (KOB / COD) atau Biological Oksigen Demand. Meskipun hewan beradaptasi. Sebaliknya cacing Tubifex (cacing merah) merupakan cacing yang tahan hidup dan bahkan berkembang baik di lingkungan yang kaya bahan organik. yang biasa disingkat BOD. ada pula yang tahan. 3. Berbagai species hewan memiliki kekebalan yang tidak sama. Peledakan Hama Penggunaan insektisida dapat pula mematikan predator. karbohidrat. Parameter kimia yang dilakukan melalui kegiatan pernapasan jasad renik dikenal sebagai parameter biokimia. Semakin banyak bahan pencemar organik yang ada diperairan. dan mikroorganisme yang peka dan ada pula yang tahan terhadap kondisi lingkungan tertentu. E. Hewan muda. 3. larva merupakan hewan yang peka terhadap bahan pencemar. Untuk memberantasnya. Organisme yang dapat dijadikan petunjuk pencemaran dikenal sebagai indikator biologis. Bila batas tersebut terlampaui. Berbagai jenis hewan mengalami keracunan. meskipun species hewan yang lain telah mati. maka . tumbuhan. Proses pernapasan organisme yang hidup di dalam air. Parameter Biologi Di alam terdapat hewan-hewan. harus diketahui bahwa tingkat adaptasi hewan ada batasnya. hewan tersebut akan mati. . Angka BOD ditetapkan dengan menghitung selisih antara oksigen terlarut awal dan oksigen terlarut setelah air sampel disimpan selama 5 hari pada suhu 200C. serangga hama akan berkembang tanpa kendali. Akibatnya. akibatnya kadar oksigen terlarut di air semakin berkurang. Penyemprotan dengan insektisida juga dapat mengakibatkan beberapa species serangga menjadi kebal (resisten). sehingga mengakibatkan semakin kecil kadar oksigen terlarut. Ini berarti keberadaan cacing tersebut dapat dijadikan indikator adanya pencemaran zat organik. Ada hewan yang dapat beradaptasi sehingga kebal terhadap bahan pencemar. bangkai.2. protein) dapat diuraikan oleh bakteri air. Organisme yang tahan akan tetap hidup. Sungai yang mengandung siput air dan planaria menunjukkan sungai tersebut belum mangalami pencemaran. terutama pada malam hari. Karenanya BOD ditulis secara lengkap BOD205 atau BOD5 saja.

5. Gas CFC.3. 4. bahan pencemar akan masuk ke dalam tubuh manusia. ginjal. menyebabkan cacat pada keturunannya bahkan meninggal dunia. sehingga lapisan ozon tersebut “berlubang”. Kesuburan Tanah Berkurang Penggunaan insektisida dapat mematikan fauna tanah. Penggunaan pupuk terus-menerus dapat mengakibatkan tanah menjadi asam. dan aliran energi berubah. Lapisan ozon ini merupakan pelindung (tameng) bumi dari cahaya ultraviolet. Proses peningkatan kadar bahan pencemar melewati tubuh makhluk hidup dikenal sebagai pemekatan hayati (dalam bahasa inggris dikenal sebagai biomagnification). dan bahan makanan tercemar dapat mengalami keracunan. sistem penanaman berselang-seling (tumpang sari). jaring-jaring makanan. Bahan beracun yang dibuang ke perairan dapat meresap ke dalam tubuh alga. yang membumbung tinggi dapat mencapai stratosfer. ikan. Rotasi tanaman artinya menanam tanaman yang berbeda secara bergantian di lahan yang sama. Gangguan Keseimbangan Lingkungan Punahnya species tertentu dapat mengubah pola interaksi di dalam suatu ekosistem. Gas CO2 yang dihasilkan dari proses pembakaran meningkatkan kadar CO2 di atmosfer. bumi diselimuti gas dan debudebu pencemar. Efek Rumah Kaca Permasalahan global lainnya ialah efek rumah kaca. kerusakan susunan saraf. misalnya dari Freon dan spray. Pemekatan Hayati Bahan pencemar memasuki lingkungan melewati rantai makanan dan jaring-jaring makanan. alga tersebut tersebut dimakan oleh udang kecil Udang kecil dimakan oleh ikan . Akibatnya. F. akan terjadi reaksi antara CFC dan ozon. Daur materi dan daur biokimia terganggu. Hendaknya dilakukan pemupukan dengan pupuk kandang atau dengan kompos. Jika gas CFC mencapai lapisan ozon. Terbentuk Lubang Ozon Terbentuknya lubang ozon merupakan salah satu permasalahan global. keseimbangan lingkungan terganggu. Selanjutnya. Rantai makanan. USAHA-USAHA MENCEGAH PENCEMARAN LINGKUNGAN 1. Kandungan gas CO2 semakin tinggi karena banyak hutan ditebang. Hal ini juga dapat menurunkan kesuburan tanah. serta rotasi tanaman. Akibatnya. 2. Jika ikan ini ditangkap manusia kemudian dimakan. Untuk mengatasinya. . menderita kanker. 6. sehingga tidak dapat menyerap CO2. Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman penduduk. Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem. Hal ini disebabkan bahan pencemar dapat tersebar dan menimbulkan dampak di tempat lain. Akibat keracunan. Keracunan dan Penyakit Orang yang mengkonsumsi sayur. Hal ini menyebabkan kesuburan tanah menurun. orang dapat mengalami kerusakan hati. 8. 7. Di stratosfer terdapat lapisan gas ozon (O3).

Berdasarkan tingkat pencemaran. Membuang sampah pada tempatnya. Memperluas gerakan penghijauan. Jelaskan fungsi dari parameter pencemaran ! 14. mana yang lebih berbahaya perokok pasif atau perokok aktif ? Mengapa demikian ? . Jelaskan perbedaan antara perokok pasif dan perokok aktif. 4. dan berikan juga masing-masing contohnya ! 7. Apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan? 4. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !!! 1. Sebutkan dan jelaskan ! 12. Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.3. Sebutkan dan jelaskan macam-macam parameter pencemaran! 16. pencemaran dibedakan menjadi empat. 7. Tuliskan akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah ! 6. Tuliskan akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran air ! 9. Berdasarkan bahan pencemaran. Penggunaan lahan yang ramah lingkungan. dan berikan contohnya 5 (lima) ! 2. 6. beri contoh masing-masing 3 (tiga)! 3. pencemaran dibedakan menjadi tiga. Jelaskan perbedaan antara lingkungan abiotik dan lingkungan biotik. Tuliskan faktor-faktor penyebab perubahan lingkungan. 8. Memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya. Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan. sebutkan dan berikan contohnya masing-masing dua! 10. 5. Tuliskan akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara ! 11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan. pencemaran dibedakan menjadi tiga macam. Apa yang dimaksud dengan parameter pencemaran lingkungan ? 13. Berdasarkan tempatnya. Jelaskan dampak pencemaran lingkungan ! 15. LATIHAN. Bilamana suatu zat dapat disebut polutan ! 8. sebutkan dan berikan contohnya! 5.

TUJUAN Tujuan penulisan makalah ini yaitu agar para pembaca bisa mengetahui mengenai pencemaran lingkungan dan akibat yang di timbulkan dari pencemaran lingkungan itu sendiri. Surabaya Sudjadi. BIOLOGI UNTUK SMA KELAS X SEMESTER 2.si. 2008. dan kawan-kawan. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam. 2007. Tuliskan sifat-sifat polutan ! 20. SERIBU PENA BIOLOGI JILID 1. BIOLOGI. Drs. 2004. Penerbit MAPAN. Untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia. Penerbit Erlangga. BIOLOGI SAINS DALAM KEHIDUPAN KELAS I SMA SEMESTER KEDUA. maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan. Jakarta.sarjanaku. Bagaimana cara mengetahui pencemaran air dengan menggunakan parameter biologi ? 18.com/2012/06/pencemaran-lingkungan-pengertian-macam. I A KTSP. Tuliskan usaha-usaha mencegah pencemaran lingkungan ! Makalah Pencemaran Lingkungan Pengertian Macam macam dan dampaknya Daftar Pustaka Sringatin Baseri. Bagod. energi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara. Penerbit Erlangga. Saktiyono. dan agar para pembaca untuk kedepanya lebih bisa mengerti mengenai lingkungan sekitar. selain itu makalah ini juga guna memenuhi tugas dari mapel Geografi”. Istamar dan kawan-kawan 2004.17. zat. M. Jakarta PENDAHULUAN LATAR BELAKANG “Pencemaran” adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup.dan . Apa yang dimaksud dengan Eutrofikasi ? 19. sehingga kualitas air/ udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya. Penerbit Yudhistira Surabaya http://www.html Syamsuri.

secara tidak sengaja telah menambahjumlah bahan anorganik pada perairan dan mencemari air. dan udara. gas. sehingga kualitas air/ udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya. tanah.Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan Berdasarkan lingkungan yang mengalami pencemaran. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam. air banyak memegang peranan penting antara lain untuk minum. ladang. kemudian masuk ke perairan akan menyebabkan pertumbuhan tumbuhan air yang tidak terkendali yang disebut eutrofikasi atau blooming. Di samping itu air juga banyak diperlukan untuk mengairi sawah.energi. PENGERTIAN LINGKUNGAN DAN JENIS-JENISNYA “Pencemaran” adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup. dan peristiwa alam seperti kebakaran hutan. Untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia. maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan. pembakaran sampah. letusan gunung api yang mengeluarkan debu. Pencemaran Air Di dalam tata kehidupan manusia. pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat. Tindakan manusia dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari. dan masih banyak lagi. mencuci dan mandi. pembuangan detergen ke perairan dapat berakibat buruk terhadap organisme yang ada di perairan. secara garis besar pencemaran lingkungan dapat dikelompokkan menjadi pencemaran air. dan eceng gondok . Beberapa jenis tumbuhan seperti alga. sisa pertanian. a. kendaraan bermotor. Menurut Peraturan Pemerintah RI nomor 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. energi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara. dan beban pencemaran yang semakin berat akibat limbah industri dari berbagai bahan kimia termasuk logam berat. paku air. industri. dari komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia.menjaga ke asriannya LANDASAN TEORI Pengertian pencemaran udara berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 1997 pasal 1 ayat 12 mengenai Pencemaran Lingkungan yaitu pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pencemaran yang berasal dari pabrik. memasak. Pemupukan tanah persawahan atau ladang dengan pupuk buatan. dan awan panas. Pencemaran lingkungan dapat terjadi dimana saja dengan laju yang sangat cepat. Misalnya. zat. Pencemaran lingkungan dapat dikategorikan menjadi: A. sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya.

Pencemar udara yang berbentuk gas adalah karbon monoksida. serbuk sari. Partikel-partikel tersebut merupakan sumber penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Pencemaran Udara Udara dikatakan tercemar jika udara tersebut mengandung unsur-unsur yang mengotori udara. seperti dedaunan. menurunnya kualitas tanah juaga dapat disebabkan limbah padat yang mencemari tanah. 1) Pencemar Udara Berbentuk Gas Beberapa gas dengan jumlah melebihi batas toleransi lingkungan. Adapun sampah anorganik tidak mudah hancur sehingga dapat menurunkan kualitas tanah. logam dan kaleng. dan kertas. dapat juga berasal dari makhluk hidup. Kadar CO2 yang terlampau tinggi di udara dapat menyebabkan suhu udara di permukaan bumi meningkat dan dapat mengganggu sistem pernapasan. dan kematian. Apabila di dalam ekosistem perairan terjadi pencemaran DDT atau pestisida. Sementara itu. limbah padat dapat berasal dari sampah rumah tangga (domestik). CFC dapat menyebabkan rusaknya lapian ozon di atmosfer. seyawa nitrogen (NO2). dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup. Partikel dalam bentuk cair berupa titik-titik air atau kabut. 2) Pencemar Udara Berbentuk Partikel Cair atau Padat Partikel yang mencemari udara terdapat dalam bentuk cair atau padat. bangkai binatang. Sampah organik berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. misalnya bakteri. spora. Menurut sumbernya. Kadar gas CO lebih dari 100 ppm di dalam darah dapat merusak sistem saraf dan dapat menimbulkan kematian. Pencemaran Tanah Tanah merupakan tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan makhluk hidup lainnya termasuk manusia. ada yang berbentuk gas dan ada yang berbentuk partikel cair atau padat. Selain itu. Sampah organik pada umumnya mudah dihancurkan dan dibusukkan oleh mikroorganisme di dalam tanah. dan masuk ke lingkungan udara. Bentuk pencemar udara bermacam-macam. Kualitas tanah dapat berkurang karena proses erosi oleh air yang mengalir sehinggakesuburannya akan berkurang. kelumpuhan. seperti pestisida atau DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana) yang sering digunakan oleh petani untuk memberantas hama tanaman juga dapat berakibat buruk terhadap tanaman dan organisme lainnya. atau seranggaserangga yang telah mati. Selain itu. sampah dapat dibedakan menjadi sampah organik dan sampah anorganik. akan terjadi aliran DDT b. Akibatnya. Bahan-bahan kimia lain. industri dan alam (tumbuhan). Adapun menurut jenisnya.akan tumbuh subur dan menutupi permukaan perairan sehingga cahaya matahari tidak menembus sampai dasar perairan. virus. Adapun sampah anorganik biasanya berasal dari limbah industri. senyawa belerang (SO2 dan H2S). . Keracunan NO2 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan. tumbuhan yang ada di bawah permukaan tidak dapat berfotosintesis sehingga kadar oksigen yang terlarut di dalam air menjadi berkurang. dan chloroflourocarbon (CFC). c. seperti plastik. Kabut dapat menyebabkan sesak napas jika terhiap ke dalam paru-paru. Gas SO2 dan H2S dapat bergabung dengan partikel air dan menyebabkan hujan asam. Partikel dalam bentuk padat dapat berupa debu atau abu vulkanik.

dan halilintar. industri dan sistem . Partikel tersebut akan dihamburkan oleh kendaraan melalui knalpot ke udara sehingga akan mencemari udara. Faktor-faktor penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagai hasil sampingan perbuatan manusia meliputi. penyulingan dan pengolahan bahan hingga menghasilkan barang yang dapat digunakan. Sisa-sisa buangan yang dihasilkan sebagai hasil sampingan selama proses-proses di atas. Pertambangan. d. Faktor Industrialisasi Faktor Urbanisasi Faktor Kepadatan Penduduk Faktor Cara Hidup Faktor Perkembangan Ekonomi Faktor-faktor di atas saling mempengaruhi secara kompleks. sejak adanya manusia. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENCEMARAN LINGKUNGAN Proses-proses alam. Timbal akan bereaki dengan klor dan brom membentuk partikel PbClBr. terbakarnya semak-semak. e. Apabila salah satu faktor terjadi. Sisa-sisa buangan dari aktivitas-aktivitas tersebut di atas. maka faktor lainnya dapat terjadi. penyulingan dan penggunaan bahan bakar untuk menghasilkan energi. Pencemaran lingkungan ini sudah terjadi sejak jaman dahulu kala. dengan demikian terjadinya pencemaran lingkungan tidak dapat dihindari. Pengolahan dan penyulingan bijih tambang mineral dan batubara. a. antara lain pembusukan secara biologis. seperti: Hasil pembakaran bahan bakar yang terjadi pada industri dan kendaraan bermotor. aktivitas gunung berapi. Proses-proses dalam pabrik. transportasi. transportasi. b.Partikel yangmencemari udara dapat berasal dari pembakaran bensin. c. Contoh-contoh faktor-faktor yang sangat mengganggu lingkungan hidup antara lain: Faktor Industrialisasi Pertambangan. Faktor Urbanisasi Pembukaan hutan untuk perkampungan. tetapi baru abad 20 pencemaran yang diakibatkan karena manusia ini menjadi pokok bahasan pada semua kalangan masyarakat dan perlu mendapat penanganan dan pengawasan secara serius. • • • • • • • • • • A. Bensin yang digunakan dalam kendaraan bermotor biasanya dicampur dengan senyawa timbal agar pembakarannya cepat mesin berjalan lebih sempurna. Pembuatan/aktivitas manusia.

Faktor Kepadatan Penduduk Meningkatnya kebutuhan tempat tinggal/perumahan. transportasi. a.f. Pencemaran Air Pencemaran tanah Buagan kotoran Kebutuhan tanah. dan lain-lain. i. hasil hutan. Meningkatnya kebutuhan pangan dan kebutuhan energi. dan lain-lain. e. dan lain-lain Pencemaran Udara Pencemaran Air Pencemaran tanah Sampah/sisasisa sebagai buangan Pencemaran panas Suara/kebisingan Kebutuhan tanah. Tuntutan akan kemewahan. air kotoran Sampah Pencemaran udara 1 Rumah Tangga Kebutuhan tempat tinggal. 5 Pertanian dan lain-lain. b. f. Meningkatnya sisa-sisa buangan sebagai hasil sampingan produksi barang-barang kepentingan dalam pabrik dan meningkatnya bahan pencemaran Tabel 1 AKTIVITAS MANUSIA DAN HASIL SAMPING YANG DITIMBULKAN Jenis Aktivitas Hasil Samping yang ditimbulkan Pembuangan kotoran. Tabel 2 SUMBER ENERGI DAN PENGARUHNYA No Sumber Energi Pengaruh pada lingkungan Pertambangan bahan-bahan galian Pemanfaatan tempat tinggal Pertambangan Pencemaran udara karena pembakaran Pencemaran panas Pencemaran udara karena pembakaran Pencemaran air Pencemaran udara karena pembakaran Pencemaran udara karena radiasi Pemcemaran panas Penumpukan sisa buangan Penggunaan tanah Pencemaran udara 1 Energi Matahari 2 Batubara 3 Minyak Bumi 4 Gas Alam 5 Nuklir 6 Biomass . d. Faktor Perkembangan Ekonomi Meningkatnya penggunaan bahan sumber. j. Pencemaran udara karena demu Pencemaran air Sampah/sisa-sisa sebagai buangan Kebutuhan tanah. g. Penimbunan atau menumpuknya sisa-sisa buangan/sampah dan hasil?samping selama proses-proses di atas. Pemborosan energi. g. h. B. misal BBM. Faktor Cara Hidup Penggunaan barang kebutuhan secara berlebihan sehingga terbuang percuma. dan lain-lain 2 Transportasi Industri dan 3 Pabrik 4 Pertambangan Pencemaran Udara Pencemaran Air Pencemaran Suara Kecelakaan Kebutuhan tanah untuk jalan. c. Meningkatnya kebutuhan barang-barang konsumsi dan bahan-bahan untuk hidup.

AKIBAT YANG DI TIMBULKAN OLEH PENCEMARAN 1. jaring-jaring makanan dan lairan energi menjadiberubah. Peledakan Hama Penggunaan pestisida dan insektisida dapat pula mematikan predator. 2. Berbagai jenis hewan mengelami keracunan. adpula yang tidak. Hal ini juga dapat menurunkan kesuburan tanah. 3. Hewan muda. dan bahkan ada yang menyebabkan cacat pada keturunanketurunannya. menderita kanker. Kesuburan Tanah Berkurang Penggunaan pestisida dan insektisida dapat berdampak kematian fauna tanah. . ada pula yang tahan. Rantai makanan. kerusakan susunan saraf. kemudian mati. Karena predator punah. maka serangga hama akan berkembang tanpa kendali. ada yang meninggal dunia. Ada yang peka. Ada hewan yang dapat beradaptasi sehingga kebal terhadap bahan pencemar. ikan. dan bahan makanan tercemar dapat mengalami keracunan. larva merupakan hewan yang peka terhadap bahan pencemar. Daur materi dan daur biogeokimia menjadi terganggu. Akibatnya. hewan tersebut akan mati. Penggunaan pupuk terus menerus dapat menyebabkan tanah menjadi asam. Demikian juga dengan terjadinya hujan asam. harus diketahui bahwa tingkat adaptasi hewan ada batasnya. Punahnya Spesies Bahan pencemar lazimnya berbahaya bagi kehidupan biota air dan darat. Hal ini dapat menurunkan kesuburan tanah. Meskipun hewan beradaptasi. Bila batas tersebut terlampui. Keracunan dan Penyakit Orang yang mengkonsumsi sayur. Berbagai spesies hewan memiliki kekebalan yang tidak sama. Gangguan Keseimbangan Lingkungan Punahnya spasies tertentu dapat mengibah pola interaksi biologis dalam suatu ekosistem.. 5. keseimbangan lingkngan terganggu. ginjal. ada yang mengalami kerusakan hati. 4.

CARA MENGATASI PENCEMARAN LINGKUNGAN Peranan Manusia Mengatasi Pencemaran Lingkungan 1. seperti lereng bukit dan pegunungan. 3.Sebaiknya. Terbentuknya Lubang Ozon dan Efek Rumah Kaca Terbentuknya Lubang ozon dan terjadinya efek rumah kaca merupakan permasalahan global yang dirasakan oleh semua umat manusia. Penggunaan pu puk buatan seperti urea. 9. Reboisasi adalah penanaman kembali lahan-lahan yang gundul. 6. Pemekatan Hayati Proses peningkatan kadar bahan pencemar melewati tubuh makluk dikenal sebagai pemekatan hayati (dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai biomagnificition. Hal ini dilakukan untuk mengatasi erosi karena akar-akar pohon dapat menyerap air dan menahan tanah agar tidak terbawa air hujan. Hal ini disebabkan karena bahan pencemar dapat tersebar dan menimbulkan dampak di tempat lain. 4. Melakukan Penghijauan Salah satu cara mengatasi pencemaran tanah adalah penghijauan kembali dengan cara memberi humus tanah. Beberapa hal yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi pencemaran lingkungan akan diuraikan berikut ini: 2. Jika diolah kembali dan ditambah kotoran hewan akan menjadi pupuk alami yang sangat baik untuk tanaman. Penggunaan Pupuk Seperlunya 5. . Rotasi Tanaman Rotasi tanaman adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan kesuburan tanah. Pembuatan Sengkedan 7. Daur Ulang Saat ini banyak sekali produk daur ulang yang bisa dipakai kembali. ZA. 7.6.Pendaurulangan sampah-sampah rumah tangga dan sampah dari pasar menjadi pupuk yang dapat dimanfaatkan petani. Manusia memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia sendiri. Salah satu upaya untuk mengatasi kerusakan tanah karena erosi adalah dengan pembuatan sengkedan di tanah berbidang miring. petani menggunakan pupuk alami. dan NSP yang berlebihan sangat merusak lingkungan karena dapat menyebabkan eutrofikasi dan dapat meningkatkan keasaman tanah. sehingga tanaman kembali subur. 8. Mengapa sengkedan ini dapat mengurangi erosi? Diskusikan dengan teman sekelompokmu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menanam jenis tanaman yang berbeda pada tempat yang sama secara bergantian. seperti pupuk kompos dan pupuk kandang untuk mengurangi pencemaran tanah. Biasanya sampah pasar berupa sayur-sayuran yang telah membusuk.

html http://hend-learning.com/2012/04/bahan-makalah-pencemaran-lingkungan-dan. Salah satu kekayaan tersebut. bila lingkungan ini rusak maka kehidupan ini akan musnah. Dari beberapa urain di ataas dapat di simpulkan bahwa pencemaran lingkungan.blogspot.chem-is-try. Saran Saran untukk pembaca setelah membaca makalah ini di harapkan para pembaca bisa mengerti dan sadar akan kesehatan lingkungannya masing-masing dan tidak mencemari lingkungan.org/materi_kimia/kimialingkungan/pencemaran_lingkungan/sumber-sumber-terjadinya-pencemaran/ Makalah Pencemaran Lingkungan BAB I PENDAHULUAN 1. Mungkin anda juga tertarik dengan artikel ini: Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah & Karya Tulis KARYA TULIS KESENIAN MASYARAKAT BALI Contoh kata pengantar makalah contoh makalah Pendidikan Agama Islam Contoh Makalah Tata cara pengurusan jenazah ( Makalah Agama ) DAFTAR PUSTAKA http://skaterfm.PENUTUP Kesimpulan. LATAR BELAKANG Kita semua tahu Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Indonesia memiliki tanah yang sangat subur karena .com/2010/02/11/kepadatan-penduduk-dan-pencemaran-lingkungan/ http://www.blogspot.1.wordpress.merupakan pencemaran yang bisa mengakibatkan kerusakan di bumi ini.com/2009/04/pencemaran-lingkungan.html http://zaifbio.

sehingga di dalamnya banyak terdapat gunung-gunung berapi yang mampu mengembalikan permukaan muda kembali yang kaya akan unsur hara. Namun seiring berjalannya waktu. karena limbah industri yang mencemari lahan pertanian tersebut mengandung sejumlah . pencemaran tanah dan badan air yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil/produk pertanian. serta kekeringan. seperti pembangunan industri dan pertambangan telah menciptakan lapangan kerja baru bagi penduduk di sekitarnya.berada di kawasan yang umurnya masih muda. terganggunya kenyamanan dan kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. penyelenggaraan pembangunan di Tanah Air tidak bisa disangkal lagi telah menimbulkan berbagai dampak positif bagi masyarakat luas. Pembangunan kawasan industri di daerah-daerah pertanian dan sekitarnya menyebabkan berkurangnya luas areal pertanian. Sedangkan kegiatan pertambangan menyebabkan kerusakan tanah. terutama pertambangan yang dilakukan secara terbuka (opened mining) meninggalkan lubang-lubang besar di permukaan bumi. erosi dan sedimentasi. kesuburan yang dimiliki oleh tanah Indonesia banyak yang digunakan sesuai aturan yang berlaku tanpa memperhatikan dampak jangka panjang yang dihasilkan dari pengolahan tanah tersebut. Dampak negatif yang menimpa lahan pertanian dan lingkungannya perlu mendapatkan perhatian yang serius. Namun keberhasilan itu seringkali diikuti oleh dampak negatif yang merugikan masyarakat dan lingkungan. permukaan tanah dikupas dan digali dengan menggunakan alat-alat berat. Salah satu diantaranya. Kerusakan akibat kegiatan pertambangan adalah berubah atau hilangnya bentuk permukaan bumi (landscape). Para pengelola pertambangan meninggalkan areal bekas tambang begitu saja tanpa melakukan upaya rehabilitasi atau reklamasi. Untuk memperoleh bijih tambang.

dan atau komponen lain ke dalam lingkungaN dan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam. Mengetahui penyebab-penyebab pencemaran. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dan tujuan pembuatan makalah ini yaitu: 1. binatang. BAB II PEMBAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN 2. 1. . yang dimaksud dengan pencemaran udara adalah bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu. Selain itu pencemaran udara dapat pula dikatakan sebagai perubahan atmosfer oleh karena masuknya bahan kontaminan alami atau buatan . energi. yang disebut pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup.Mengetahui solusi-solisi masalah pencemaran tersebut.2 PENCEMARAN UDARA Menurut Chambers (1976) dan Masters (1991). 2. Berdasarkan fakta tersebut. sangat diperlukan pengkajian khusus yang membahas mengenai pencemaran beserta dampaknya terhadap lingkungan di sekitarnya. vegetasi dan material.unsur-unsur kimia berbahaya yang bisa mencemari badan air dan merusak tanah dan tanaman serta berakibat lebih jauh terhadap kesehatan makhluk hidup. zat. sehingga dapat dideteksi oleh manusia (atau yang dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia.2. 2. sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.1 DEFINISI PENCEMARAN LINGKUNGAN Menurut pasal 1 angka 12 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997.

Senyawa nitrogen. Klasifikasi Bahan Pencemar Udara Bahan pencemar udara atau polutan dapat dibagi menjadi dua bagian: Polutan Primer dan polutan sekunder.adanya bahan polutan di atmosfer yang dalam konsentrasi tertentu akan mengganggu keseimbangan dinamik di atmosfer dan mempunyai efek pada manusia dan lingkungannya. HC. Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan di atmosfer biasanya berasal dari sumber kendaraan bermotor dan atau industri. dan bromin. yaitu fluor. S03. Polutan Gas terdiri dari: • Senyawa karbon. yaitu nitrogen oksida dan amoniak. yaitu sulfur oksida. klorin. • • • Senyawa sulfur. hidrokarbon teroksigenasi. 1980). Gas NO2. Hal ini untuk membedakan dengan pencemaran udara alamiah (natural air pollution) dan pencemaran udara ditempat kerja (occupational air pollution). Polutan primer Polutan primer adalah polutan yang dikeluarkan langsung dari sumber tertentu. dan partikel debu. Pengertian lain dari pencemaran udara adalah adanya bahan kontaminan di atmosfer karena ulah manusia (man made). ozon. a. Senyawa halogen. dan dapat berupa: 1. SOZ. hidrokarbon terklorinasi. CO. Menurut Kumar (1987). dan karbon oksida (CO atau COZ). Bahan pencemar yang dikeluarkan antara lain adalah gas NOy S 0 2. yaitu hidrokarbon. 1. dan CO dapat . pencemaran udara adalah .ke dalam atmosfer tersebut (Parker. HC. hidrogen klorida.

2. Konsentrasi relatif dari bahan reaktan. Gangguan jarak pandang (visibility). Derajat fotoaktivasi. b. misalnya reaksi foto kimia. Peroxy Acyl Nitrat (PAN). 2. 3. Kondisi iklim. 6. Partikel Partikel yang di atmosfer mempunyai karakteristik yang spesifik. Termasuk dalam polutan sekunder ini adalah ozon.dihasilkan oleh proses pembakaran dari mesin yang menggunakan bahan bakar yang berasal dari bahan fosil. Bahan partikel tersebut dapat berasal dari proses kondensasi. . antara lain: 1. proses dispersi (misalnya proses menyemprot/spraying) maupun proses erosi bahan tertentu. dan kabut (mist). dan formaldehid. Asap (smoke) seringkali dipakai untuk menunjukkan campuran bahan partikulat (partikulate matter). Polutan Sekunder Polutan sekunder biasanya terjadi karena reaksi dari dua atau lebih bahan kimia di udara. 4. dapat berupa zat padat maupun suspensi aerosol cair di atmosfer. Sebagai contoh adalah disosiasi NOZ yang menghasilkan NO dan 0 radikal. gas. 2 Efek Bahan Pencemar Udara Terhadap Lingkungan Efek negatif bahan pencemar udara terhadap kondisi fisik atmosfer antara lain adalah: 5. Topografi lokal dan adanya embun. uap (fumes). Polutan sekunder ini mempunyai sifat fisik dan sifat kimia yang tidak stabil. Memberikan warna tertentu pada atmosfer. Proses kecepatan dan arah reaksinya dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Meningkatnya biaya perawatan/pengobatan penyakit yang di sebabkan oleh pencemaran udara. 3 Efek terhadap Faktor Ekonomi Efek negatif bahan pencemar udara terhadap faktor yang berhubungan dengan ekonomi antara lain: 1. pigmen. dapat terjadi karena adanya proses bioakumulasi dan keracunan bahan berbahaya. balk binatang peliharaan maupun bukan (binatang liar). Meningkatkan biaya rehabilitasi karena rusaknya bahan (keropos). 4 Efek terhadap Vegetasi Efek negatif bahan pencemar udara terhadap kehidupan vegetasi antara lain ialah: 1. 2. Sebagai contoh adalah terjadinya migrasi burung karena udara ambien terpapar oleh gas SOZ. 4. 8. Perubahan morfologi. 5. Mempengaruhi komposisi komunitas tanaman. Mempengaruhi proses reproduksi tanaman. Mempengaruhi pertumbuhan vegetasi. pengecatan). 6. 9. Mempengaruhi struktur dari awan . 2. Mempengaruhi keasaman air hujan . 5. 3. Meningkatnya biaya pemeliharaan (pelapisan. Terjadi akumulasi bahan pencemar pada vegetasi tertentu (misalnya lumut kerak (lichen) dan mempengaruhi kehidupan serta morfologi vegetasi tersebut). Kerugian akibat kontaminasi bahan pencemar udara pada makanan/ minuman oleh bahan beracun (kontaminasi dan dioksin). 4.7. Efek Estetik . Mempercepat pemanasan atmosfer. dan kerusakan fisiologi sel tumbuhan terutama pada daun. 3. Efek terhadap Kehidupan Binatang Efek terhadap kehidupan binatang.

Efek estetik yang diakibatkan adanya bahan pencemar udara antara lain timbulnya bau dan adanya lapisan debu pada bahan yang mengakibatkan perubahan warna permukaan bahan dan mudahnya terjadi kerusakan bahan tersebut. e. 8. Penimbunan bahan berbahaya dalam tubuh. Rasa tidak nyaman (bau). 7. c. Mengganggu fungsi fisiologis dari: • • • • Paru Saraf transpor oksigen oleh hemoglobin Kemampuan sensorik. d. b. Secara umum efek pencemaran udara terhadap individu atau masyarakat dapat berupa: a. Efek terhadap Kesehatan Manusia pada Umumnya Baik gas maupun partikel yang berada di atmosfer dapat menyebabkan kelainan pada tubuh manusia. misalnya pada: • • • • Aktifitas atlet Aktifitas motorik Aktifitas belajar Iritasi sensorik. Efek terhadap Saluran Pernafasan Secara umum efek pencemaran udara terhadap saluran pernafasan dapat menyebabkan terjadinya: . Kemunduran penampilan. menghambat pertumbuhan. baik yang akut maupun kronis. Sakit. dan perkembangan. f. Penyakit yang tersembunyi. yang dapat memperpendek umur.

orang tua dan penderita penyakitkronis. atau beton). Pencemaran Udara di dalam Ruangan (INDOOR) Di daerah perkotaan pada umumnya. kadarnya berbeda dengan bahan polutan di luar ruangan. Produksi lendir dapat menyebabkan penyempitan saluran pernafasan d. Akibat dari semua hal tersebut di atas. tempat kerja. sehingga saluran pernafasan menjadi menyempit.a. batu bata. Kadar gas radon di dalam ruangan tergantung dari ventilasi dari ruangan tersebut. 80% dari kehidupan suatu individu tinggal di dalam ruangan (indoor). seperti asap rokok. khususnya anak. sehingga benda asing termasuk bakteri/mikroorganisme lain tidak dapat dikeluarkan dari saluran pernafasan dan hal ini akan memudahkan terjadinya infeksi saluran pernafasan. akibat iritasi oleh bahan pencemar. bahkan dapat terhenti. waktu tinggal di dalam ruangan lebih banyak. Sumber lain dari bahan polutan di dalam ruangan adalah perlengkapan pekerja seperti pakaian. e. Iritasi pada saluran pernafasan yang dapat menyebabkan pergerakan silia menjadi lambat. asap yang berasal dari dapur. Secara alamiah kadar gas radon di dalam ruangan (indoor) lebih besar dari pada kadar di luar ruangan (outdoor). Meningkatnya kadar bahan polutan di dalam ruangan selain dapat berasal dari penetrasi polutan dari luar ruangan. Bahan polutan lain yang kadarnya di dalam ruangan lebih besar . Pembengkakan saluran pernafasan dan merangsang pertumbuhan sel. sepatu. akan menyebabkan terjadinya kesulitan bernafas. maupun dalam gedung yang merupakan tempat-tempat umum. Rusaknya sel pembunuh bakteri di saluran pernafasan. b. dapat pula berasal dari sumber polutan di dalam ruangan. Lepasnya silia dan lapisan sel selaput lendir. Sebagai sumber gas radom adalah tanah/lantai rumah dan bangunan (batu. atau pemakaian obat anti nyamuk. bayi. sehingga tidak dapat membersihkan saluran pernafasan. ataupun perlengkapan lainnya yang dibawa masuk ke dalam rumah dari tempat kerja. Peningkatan produksi lendir. Bahan polutan di dalam rumah. c. f. Sebagian dari padanya.

Patikel di dalam ruangan dapat terdiri dari partikel debu rumah. Gas NO2.3 PENCEMARAN AIR 1. Gas SO2.daripada di luar ruangan adalah formaldehid. adalah sebagai berikut: Gas CO. dan bahan alat kecantikan (parfum. 173/Menkes/VII/77 Pencemaran air adalah suatu peristiwa masuknya zat ke dalam air yang mengakibatkan kualitas (mutu) air tersebut menurun sehingga dapat mengganggu atau membahayakan kesehatan masyarakat. Menurut peraturan Pemerintah RI no. Bahan ini bersumber dari bahan kimia ureaformaldehid yang banyak dipakai pada peralatan perabot rumah tangga dan wall paper. energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia. Definisi Pencemaran Air Menurut Peraturan Pemerintah Kesehatan RI no.20 tahun 1990 Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup. Gas CO2. partikel asap rokok. sehingga kualitas air turun sampai . dan partikel di dalam ruangan (indoor). zat. Gas NH31 Aerosol propellant dan polutan partikel hidup (viable particulate polluta). aero allergin. Bahan partikel yang terdapat di dalam ruangan dapat saja sama dengan di luar ruangan. Perbedaan bahan polutan di dalam dan di luar ruangan tergantung dari beberapa faktor seperti: • • • • • • Gaya hidup individu (life style) Keadaan sosial ekonomi Struktur gedung Kondisi bahan polutan di dalam dan di luar ruangan Ventilasi dan sistem pendingin ruangan (AC) Geografi dan meteorologi Bahan polutan berupa gas. hair spray dll). hanya saja kadarnya yang berbeda. 2.

rumah potong dan tempat pemerahan susu sapi. Fisik Pasir atau lumpur yang tercampur dalam limbah air. Kimia Bahan pencemar yang berbahaya: Merkuri (Hg). Mikrobiologi Berbagai macam bakteri. d. virus. Industri Jenis polutan yang dihasilkan oleh industri sangat tergantung pada jenis industrinya sendiri. kakus dan dapur. b.ketingkat tertentu yang membahayakan. Timah hitam (Pb). Misalnya yang berasal dari pabrik yang mengolah hasil ternak. Beberapa Sumber Pencemaran Air a. b. Radioaktif Beberapa bahan radioaktif yang. proses industri. parasit dan lain-lainnya. Secara umum jenis polutan air dapat dikelompokkan sebagai berikut: a. dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dapat pula menimbulkan pencemaran air. c. Pertanian dan Perkebunan Polutan air dari pertanian/perkebunan dapat berupa: a. 2. Zat kimia . sehingga jenis polutan yang dapat mencemari air tergantung pada bahan baku. bahan bakar dan sistem pengelolaam limbah cair yang digunakan dalam industri tersebut. yang mengakibatkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Pestisida clan jenis logam berat lainnya. c. Domestik (Rumah Tangga) Yaitu berasal dari pembuangan air kotor dari kamar mandi. Cadmium (Cd).

parasit yang berasal dari kotoran ternak dan cacing tambang di lokasi perkebunan. b. Air yang tercemar umumnya mempunyai kadar bahan organik yang tinggi sehingga pada umumnya banyak mengandung mikroorganisme heterotropik.Misalnya: berasal dari penggunaan pupuk. c. . dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Mikroorganisme heterotropik akan menggunakan bahan organik tersebut untuk metabolisme. Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pencemaran Air a. b. Dieldrin dan lainlain). Curah hujan yang cukup tinggi sepanjang musim dapat lebih mengencerkan (mendispersikan) air yang tercemar. Mikroorganisme Salah satu indikator bahwa air tercemar adalah adanya mikroorganisme patogen dan non patogen didalamnya. Curah Hujan Curah hujan di suatu daerah akan menentukan volume dari badan air dalam rangka mempertahankan efek pencemaran terhadap setiap bahan buangan di dalamnya (deluting effects). 3. maka keadaan itu dapat memperkecil kemungkinan timbulnya pencemaran air karena bahan polutan dalam air akan lebih cepat terdispersi. Danau atau sungai yang terkontaminasi/tercemar mempunyai spesies mikroorganisme yang berlainan dari air yang bersih. c. bakteri. mendapatkan bibit unggul. Kecepatan Aliran Air (Stream Flow) Bila suatu badan air memiliki aliran yang cepat. Pestisida seperti (DDT. misalnya bakteri coliform. Mikrobiologi Misalnya: virus. Zat radioaktif Berasal dari penggunaan zat radioaktif yang dipakai dalam proses pematangan buah.

penglihatan terganggu. Asbes Asbes dalam air minum akan menyebabkan asbestosis f. Beberapa sumber pencemaran tanah dapat berupa bahan beracun seperti pestisida. pankreas. gangguan jiwa. Timah Hitam (Pb) Bersifat kronis dan komulatif. tulang. Kualitas Tanah Kualitas tanah (pasir atau lempung) juga mempengaruhi pencemaran air. kelenjar gondok. e. kelainan sistem syaraf dan dapat menimbulkan kematian. Pada keracunan tingkat ringan timbal posing. Dampak yang Ditimbulkan oleh Pencemaran Air Dampak Terhadap Manusia: 10. Tembaga (Cu) Dalam jumlah besar menyebabkan rasa tidak enak di lidah dan menimbulkan kerusakan pada ginjal dan hati. logam berat dan sejenisnya serta penimbunan sampah secara besar-besaran (misalnya open dumping). Pada keracunan tingkat berat menyebabkan kerusakan ginjal. Cadmium (Cd) Dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. penurunan mental pada anak-anak. Kasus: di Minamata (Jepang). hati. d. sakit kepala dan mudah lelah. 1953 akibat buangan merkuri dari pabrik plastik PVC. sendisendi kaku. kolik usus. Keracunan Pb menimbulkan anemia. 4. Disebabkan oleh mineral a. herbisida.d. Merkuri (Hg) Merupakan unsur yang sangat beracun. c. penyakit hati dan gangguan susunan syaraf. Selenium (Se) . ini berkaitan dengan pencemaran tanah yang terjadi di dekat sumber air. gangguan ginjal.. serta mengacaukan susunan darah. b. Dalam jangka lama Pb berkumpul pada gigi dan tulang.

disebabkan oleh Entamoeba histolitytica 12. Disentri. Giardiasis. disebabkan oleh bakteri Vibrio kolera c. Keracunan kronis menyebabkan nafsu makan berkurang. gangguan sistem pencernaan. 11. g. k. j. Disebabkan oleh mikrobiologi dalam air Contoh penyakit yang ditimbulkan antara lain: a. disebabkan oleh kuman Salmonella thyphosa b. disebabkan oleh Spirochaeta d. neuritis perifer. bila terminum bersama air minum dapat menyebabkan gangguan metabolisme oksigen. Kolera. Cyanida Sifatnya mudah larut dalam air. Leptospirosis. Chrom(Cr) Adanya Chrom menandakan adanya pencemaran dari limbah industri karena senyawa logam ini tidak terdapat di air yang ada di alam (murni). Cobalt (Co) Menyebabkan kerusakan sel tubuh. kelainan ginjal. h. Arsen (As) Merupakan logam berat yang mempunyai toksisitas atau daya racun tinggi.Menyebabkan radang usus dan kerusakan pada jaringan. Disebabkan oleh pestisida . dapat menimbulkan diare disebabkan oleh sejenis Protozoa e. Diduga dapat menyebabkan kanker kulit dan gangguan pada saluran pernafasan. i. gangguan mental. Perak (Ag) Masuknya perak kedalam air minum umumnya berasal dari industri yang mencetak foto. Tifoid. perubahan pada kulit dan kanker kulit.

• • Pestisida DDT dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada hewan Pada burung. Tercemarnya air oleh pestisida dapat menyebabkan kanker kulit. Mempengaruhi komposisi komunitas tanaman c. . kerusakan jaringan dan pada konsentrasi tertentu bisa menimbulkan kematian. Contoh: a. keracunan. Mempengaruhi proses reproduksi tanaman d.Diantaranya yang paling bahaya adalah DDT (Dichlor Diphenyl TrichIoretan) yang memiliki sifat selain tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Terjadi akumulasi bahan pencemar pada vegetasi. DDT dapat larut dalam Iemak sehingga memungkinkan terakumulasi dalam tubuh organisme. Perubahan morfologi. pigmen dan kerusakan fisiologi sel tumbuhan b. dapat terjadi karena adanya proses bioakumulasi dan keracunan bahan berbahaya. DDT dapat menghambat proses pengapuran dinding telur sehingga kulitnya tipis dan tidak dapat menetas • Dapat menyebabkan racun bagi hewan ternak. seperti: • Cobalt: dapat menyebabkan kerusakan sel tumbuhan dan bersifat racun terutama pada tanaman tomat • • • Nikel: beracun bagi beberapa jenis tanaman Phenol: beracun bagi beberapa jenis tanaman Pestisida: DDT dapat terakumulasi pada beberapa tanaman sehingga akibat lebih lanjut dapat membahayakan manusia. 5. Dampak terhadap Hewan Efek terhadap kehidupan hewan. baik hewan peliharaan maupun bukan. Dampak Terhadap Vegetasi Dampak negatif pencemaran air terhadap kehidupan vegetasi antara lain: a. 6.

Dampak terhadap Estetik Efek estetik yang diakibatkan adanya bahan pencemar air antara lain timbulnya warna dan bau yang tidak sedap. Dampak terhadap Material Efek pencemaran air terhadap material adalah menyebabkan material yang dilalui air tersebut mudah keropos. 2. pengecatan) c. Nikel Dapat menyebabkan racun dan mempengaruhi produksi ikan tertentu. 10. 11. Kerugian akibat kontaminasi bahan pencemar air pada makanan/minuman d. Pengolahan secara fisik Pengolahan secara biologis Pengolahan secara kimia . 3.b. Panas: Air yang suhunya naik tiba-tiba dapat menyebabkan beberapa jenis hewan tidak mampu beradaptasi untuk mempertahankan hidupnya. Meningkatnya biaya perawatan/pengobatan penyakit yang disebabkan oleh pencemaran air. 7. Meningkatkan biaya pemeliharaan (pelapisan. 8. 9. Dampak terhadap Ekonomi Efek bahan pencemar air terhadap faktor yang-berhubungan dengan ekonomi antara lain: a. c. Beberapa Usaha Penanggulangan Pencemaran Air Secara umum pengolahan terhadap air yang tercemar adalah dengan cara: 1. Dampak terhadap Tanah Efek pencemaran air terhadap tanah adalah menurunkan kualitas tanah. Meningkatkan biaya rehabilitasi karena rusaknya bahan (keropos) b.

dibedakan menjadi: a. b. ketiga (Tertiary treatment) Pembunuhan kuman (Desinfektan) Pembuangan lanjutan (Ultimate disposal) 12. Industri Secara garis besar kegiatan pengolahan air limbah industri dikelompokkan menjadi 6 bagian: • • • • • • Pengolahan pendahuluan (Pre treatment) Pengolahan pertama (Primary treatment) Pengolahan kedua (Secondary treatment) Pengolahan. yaitu: a. antara lain: 1. Kandungan Zat Kimia Berdasarkan zat kimia yang terkandung di dalam sampah dibedakan. Sampah In-organik Sampah organik 2. contoh: dengan septic tank. Sampah yang mudah terbakar Sampah yang sukar terbakar . sistem riol. kolam oksidasi dan lain-lain. menjadi 2 jenis. Pencemaran sampah padat Sampah padat dibedakan menjadi beberapa jenis.4. Mudah/Sukarnya Terbakar Berdasarkan dapat tidaknya dibakar. Menghindari/meminimalkan terjadinya "leakage" o Domestik    Manajemen yang dapat dilakukan antara lain Pengaturan jarak somber air (surnur) dengan somber pencemaran Mengolah limbah rumah tangga sebelum dibuang ke lingkungan. b.

Dead Animal (bangkai binatang) Yaitu bangkai binatang yang mati karena bencana alam. daun-daunan. 5. kayu. Street Sweeping (sampah jalanan) Berasal dari pembersihan jalan dan trotoar. Ashes (abu) Merupakan sisa pembakaran dari bahan. dan gelas. Karakteristik Sampah 1. mineral. maupun industri.yang muthahzexbakar. dll. Garbage Merupakan jenis sampah yang terdiri dari -sisa potongan hewan atau sayursayuran yang berasal dari proses pengolahan. b. . atau kecelakaan. dibedakan menjadi : a. Rubbish Merupakan sampah yang mudah atau susah terbakar. yang tidak termasuk kategori garbage. pembuatan. di kantor. 6. Sedangkan sampah yang sukar terbakar. sebagian besar berupa zat inorganik seperti logam. berasal dari rumah tangga. seperti kertas. ashes yang berasal dari daerah perumahan. garbage. lembab dan mengandung sejumlah air. baik di rumah. Mudah. Sampah yang sukar membusuk Sampah yang mudah membusuk 13. dll. persiapan.3. dan penyediaan makanan yang sebagian besar terdiri dari bahan yang mudah membusuk. Sampah yang mudah terbakar umumnya terdiri dari zat organik. 3. Household refuse (sampah pemukiman) Yaitu sampah campuran yang terdiri dari rubbish. 4. plastik. dan kantor. pusat perdagangan. penyakit. terdiri dari kertas-kertas. kotoran./Sukarnya Membusuk Berdasarkan dapat tidaknya membusuk. 2. sobekan kain.

alat perekat. potongan kayu. zat radioaktif. Dari lokasi sumbernya sampah tersebut diangkut dengan alat angkut sampah. 14. perbaikan dan pembaharuan gedung. . 10. dinding. tumbuh-tumbuhan dan industri lainnya. misalnya kaleng cat. kereta api. misalnya dari gerobak ke truk atau dari gerobak ke truk pemadat. Contruction wastes (sampah dari daerah pembangunan) Yaitu sampah yang berasal dari sisa pembangunan gedung. kapal laut dan alat transportasi lainnya. dan zat yang toksis. Abandoned vehicles (bangkai kendaraan) Yang termasuk jenis sampah jai adalalabangkai mobil. 11. Sampah dari daerah ini mengandung tanah. Sebelum sampai ke tempat pembuangan kadang-kadang perlu adanya suatu tempat penampungan sementara. truck. Sampah khusus Yaitu sampah yang memerlukan penanganan khusus dalam pengelolaannya. kertas dll. 8. Pengolahan Sampah Padat 1. batu-batuan.7. film bekas. 9. Dari sini sampah dipindahkan dari alat angkut yang lebih besar dan lebih efisien. 12. Sewage solid Terdiri dari benda kasar yang umumnya zat organik hasil saringan pada pintu masuk suatu pusat pengolahan air buangan. Pengumpulan dan Pengangkutan Pengumpulan sampah dimulai di tempat sumber di mana sampah tersebut dihasilkan. Demolotion wastes (sampah hasil pengbancuran gedung/bangunan) Yaitu sampah yang berasal dari perombakan gedung/bangunan. Sampah Industri Terdiri dari sampah padat yang berasal dari industri pengolahan hasil bumi.

Hubungan Sampah Padat dan Kesehatan Lingkungan Pengelolaan sampah mempunyai pengaruh terhadap masyarakat dan lingkungan. Reduksi volume secara mekanik (pemadatan) b. antara lain: a.2. Tahap Pembuangan Akhir Suatu pengolahan sampah belum bisa dikatakan berhasil keseluruhannya dengan baik. Pengaruh yang positif 2. 1. Pengolahan Tehnik pengolahan digunakan dalam sistem pengolahan . Pengaruh negatif . • • • b. tanpa menyelesaikan persoalannya/mengatasi permasalahan hingga sampai tahap disposalnya dengan baik. • • • Metode yang tidak memuaskan Pembuangan sampah yang terbuka (open dumping) Pembuangan sampah dalam air (dumping in water) Pembakaran sampah di rumah-rumah (burningg on premises) Metode yang memuaskan Pembuangan sampah dengan sistem kompos (composting) Pembakaran sampah melalui incinerator Pembuangan sampah dengan maksud menutup tanah secara sanitair (sanitary landfill) 4. Reduksi volume secara kimiawi (pembakaran) c. Ada 2 metode pembuangan sampah: a. sampah untuk meningkatkan efisiensi operasional. Reduksi ukuran secara mekanik (cincang) d. Pemisahan komponen (manual dan mekanik) 3.

seperti: serangga. • Aspek kesehatan Sampah dapat memberikan tempat tinggal bagi vektor penyakit. cacing. dan jamur • Dari vektor yang tersebut di atas dapat menimbulkan penyakit.antara lain:  Insect borne disease Lalat Nyamuk : diare. typus : DHF (Dengue Haemorrhagie Fever)  Rodent borne disease Pes. hookworm. tikus. murine typhus  Vektor jamur Penyakit kulit dan candidiasis  Vektor cacing Taenia. 2. Definisi Pencemaran Tanah . kholera.4 PE NC E MA R AN TA NA H 1. • • • 3.Pengaruh negatif dari pengelolaan sampah ini tampak pada 3 aspek: 1. cacing gelang dan cacing kremi. • • Aspek lingkungan Estetika lingkungan Penurunan kualitas udara Pembuangan sampah ke badan air akan menyebabkan pencemaran air Aspek sosial masyarakat Pengelolaan sampah yang kurang baik dapat mencerminkan status keadaan sosial masyarakat Keadaan lingkungan yang kurang saniter dan estetika akan menurunkan hasrat turis untuk berkunjung 2.

Kromium. penggunaan pestisida. Merkuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal. tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. beberapa bahkan tidak dapat diobati. Paparan kronis (terus-menerus) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkena leukemia. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. zat kimia. jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. atau limbah. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak. maka ia dapat menguap. Pada kesehatan Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan. karena dapat menyebabkan kerusakan otak. Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah. serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. Dampak yang Ditimbulkan Akibat Pencemaan Tanah Berbagai dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran tanah. diantaranya adalah : 1. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. kecelakaan kendaraan pengangkut minyak. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. 2. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan . Organofosfat dan karmabat dapat menyebabkan gangguan pada saraf otot. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan.Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami.

letih. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan. Yang jelas. pencemaran tanah dapat menyebabkan Kematian. Beberapa bahan pencemar ini memiliki waktu paruh yang panjang dan pada kasus lain bahan-bahan kimia derivatif akan terbentuk dari bahan pencemar tanah utama. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya bahkan pada dosis yang rendah sekalipun. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. meningkatnya tingkat kematian anakan dan kemungkinan hilangnya spesies tersebut. iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas.makhluk penghuni piramida atas. Diantaranya adalah : 1. bagian bawah piramida makanan dapat menelan bahan kimia asing yang lama-kelamaan akan terkonsentrasi pada makhluk. pada dosis yang besar. Ada beberapa langkah penangan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah. yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut. Remidiasi . Banyak dari efek-efek ini terlihat pada saat ini. 2.pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Pada Ekosistem Pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem. pusing. Bahkan jika efek kimia pada bentuk kehidupan terbawah tersebut rendah. 3. Dampak pada pertanian terutama perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. Penanganan yang harus dilakukan. seperti konsentrasi DDT pada burung menyebabkan rapuhnya cangkang telur. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala. Hal ini dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman di mana tanaman tidak mampu menahan lapisan tanah dari erosi.

dan bioremediasi. Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman. Bioremediasi Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur.Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. talium sulfat. mengusir.5 PE NC E MA R AN PES TI S ID A 1. Pengertian dan Klasifikasi Pestisida Secara harfiah pestisida berarti "pest-killing agent" atau bahan pembunuh hama. Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. Caranya yaitu. mengubah hama dan atau bahan yang digunakan untuk merangsang. fosforus dan barium karbonat. mencegah. Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. Kemudian batasan operasional pestisida berkembang menjadi "semua bahan yang digunakan untuk membunuh. yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). Setelah itu di daerah aman. mengatur dan mengendalikan tumbuhan. 2. 2. 2. Rodentisida Terdapat lima senyawa anorganik yang digunakan sebagai racun tikus yaitu seng fosfida. Pembersihan off-site ini jauh lebih mahal dan rumit. kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air). tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap. venting (injeksi). Ada dua jenis remediasi tanah. Penggolongan Berdasarkan Jenis Sasaran Hama a. bakteri). arsen trioksida. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah. terdiri dari pembersihan. tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. Dua bentuk senyawa fosforus .

artinya bahan aktifnya dapat bertahan lama baik dalam tanah. Tidak mudah terurai oleh mikroorganisme. kadang-kadang oksigen. Banyak penelitian yang telah dilakukan tentang pengaruh senyawa organofosfat ini. jaringan hewan. malation yang disuntikkan ke dalam kuning telur ayam akan menyebabkan pengaruh mutagenik. Organoklorin Organoklorin adalah senyawa insektisida yang mengandung atom karbon (karena itu disebut organo). jaringan manusia maupun tumbuhan. enzim. Meskipun demikian ada senyawa turunan DDT yang masih bebas digunakan antara lain metoksikhlor dan khlorobenzilat. DDT sangat persisten. Meskipun demikian ia lebih toksik terhadap hewan bertulang belakang.yaitu yang berwarna merah tidak berbahaya. Mengingat efek sampingnya yang sangat berbahaya terhadap manusia dan lingkungan (pengaruh residunya yang lama dan bersifat akumulatif) maka sejak 1 Januari 1973. panas. b. ataupun cahaya ultra violet. air. Karbamat . ginjal. klor dan hidrogen. sedangkan yang berwarna kuning atau putih dapat merusak hati. 3. Insektisida Insektisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh serangga. DDT telah dilarang penggunaannya oleh Badan Proteksi Lingkungan di Amerika. Golongan organoklorin mempunyai formula umum Cx Hy Ch. 2. Sebagai contoh. diantaranya adalah: 1. jantung dan juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan tubuh secara cepat sehingga sangat berbahaya bagi manusia. Organofosfat Senyawa organofosfat bersifat tidak stabil. Senyawa isektisida terdiri dfari beberapa golongan berdasarkan susunan rumus bangunnya.

Bahan kimia yang terdapat pada fungisida bakterisida antara lain adalah sulfur. . natrium klorat. Bahan kimia yang biasanya digunakan antara lain adalah arsenit trioksida. dan karbamat. dan urazil. merkuri. maka dapat juga digolongkan ke dalam pestisida. Sevin. Caster dan lain-lain. e. triazil. Fungisida dan Bakterisida Adalah senyawa kimia yang digunakan untuk mengendalikan jamur patogen. kuprum. Dicarbam. arsenik. borat. Contoh senyawa yang digunakan sebagai fumigasi adalah dikloropropandikloropropen (D-D). metil-isosianat (MIT) dan dazomet. Sevicar. Nematisida Berdasarkan cara penggunaan Nematisida dapat dibagi dalam dua golongan yaitu yang penggunaannya sebagai fumigan dan yang bukan fumigan. d. Di Indonesia diperdagangkan dengan nama yang bermacam-macam seperti Nilvar.Insektisida karbamat sangat banyak digunakan pada masa kini seperti pada golongan organofosfat. c. f. amonium sulfamat. Sifat dari golongan senyawa ini tidak banyak berbeda dengan senyawa golongan organofosfat. Herbisida Herbisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membasmi gulma (tanaman penganggu). tetapi senyawa ini juga dapat digunakan untuk mengendalikan bakteri dan kuman lain pada tanaman. metil bromida. Puradan. Fumigasi merupakan cara pengendalian yang mula-mula sekali digunakan untuk membasmi cacing tanah clan jasad pengganggu lain yang berada dalam tanah. karbamat. tetapi karena senyawa ini digunakan untuk mengatur pertumbuhan tanaman serta mengatur pembuangan dan pembuahan. Zat Pengatur Tumbuh Meskipun senyawa ini bukan merupakan pestisida dalam arti yang sebenarnya. baik dari segi aktifitas maupun daya racunnya.

anggur atau tomat sehingga memudahkan untuk pemanenan hasil.g. Defolian Defolian adalah senyawa peluruh daun yang mempunyai sifat dapat mempercepat luruhnya daun tumbuhan seperti pada kapas. Pestisida Organofosfat a. Keracunan akut Akibat inhibisi Acetilcholinestersae (AchE) di dalam sistem syaraf Bentuk gangguan keracunan akut. pernafasan dan saluran kencing Ketajaman mata berkurang dan pin-point pupil Manifestasi Nikotinik  Sesak nafas  Kram pada otot tertentu  Cyanosis 2. Melalui kulit d. Keracunan Pestisida 4.Jantung. kedelai. Melalui saluran makanan b. Melalui saluran pernafasan c. Manifestasi susunan syaraf pusat . 3. adalah: 1. Manifestasi muscarinik: • • • • • • Gejala pencernaan makanan (mual. Masuknya Pestisida ke dalam Tubuh Manusia a. muntah) Aktifitas kelenjar keringat meningkat Aktifitas kelenjar ludah meningkat Aktifitas kelenjar air mata meningkat .

Teratogenik 3. Neurotoksik 6. Pestisida Orgcutoklorid 1. Porphyria (hiperpigmentasi) 3. 2. Carsinogenik 2. yaitu: 1. Supervisi medik . Karsinogenik 2. Gangguan kejiwaan 5. Usaha Pencegahan Keracunan Pestisida Pencegahan keracunan pestisida jenis organo fosfat dan organo klorid melalui usaha: 1. Keracunan Kronis 1.• • • • • • • Rasa cemas Tremor Sakit kepala Kejang Kesukaran tidur Gangguan pemafasan dan Depresi peredaran darah b. Myopathi 4. Keracunan Akut Menyerang susunan syaraf pusat. Keracunan kronis Ada beberapa jenis keracunan kronis yang disebabkan oleh pestisida organofosfat.

Remediasi yaitu dengan cara membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Sedangkan . Pemakaian alat pelindung diri.2. atau limbah. Cara mengatasi pencemaran udara yaitu dengan cara mengurangi sumber-sumber pencemar. BAB III PENUTUP 3.1 KESIMPULAN Pencemaran udara di sebabkan oleh Polutan Primer dan polutan sekunder. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). Cara mengatasi pencemaran air dengan cara pengelolaan yang benar pada sumbersumber pencemaran air. penggunaan pestisida. industri serta pertanian dan perkebunan. kecelakaan kendaraan pengangkut minyak. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. Pencemaran pestisida adalah salah satu pencemaran yang timbul karena adanya pemakaian berlebihan pada pestisida. Cara mengatasi pencemaran tanah diantaranya dengan remediasi dan bioremidiasi. Pengetrapan labeling dan pengelolaan transportasi 3. zat kimia. Pencemaran air disebabkan oleh penyebab dari domestik (rumah tangga). Pendidikan kesehatan dan pelatihan 4. seperti melakukan pembuatan tempt pembuangan air limbah. Pencemaran tanah disebabkan oleh kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial.

2. Hasilnya berupa teknologi yang dapat membuat manusia lupa akan tugasnya dalam mengelola bumi. Adanya wilayah yang dapat dijadikan wilayah tempat pembuangan limbah. Kerusakan lingkungan diakibatkan oleh berbagai faktor.Bioremediasi dengan cara proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur.bakteri) 3. LATAR BELAKANG Manusia merupakan komponen lingkungan alam yang bersama-sama dengan komponen alam lainnya. dan ada pula yang diakibatkan oleh perbuatan . Pencemaran ada yang diakibatkan oleh alam. antara lain oleh pencemaran. Sekarang ini manusia mulai bersifat boros. Perlunya pengetahuan masyarakat tentang masalah pencemaran agar pencemaran-pencemaran dapat teratasi dengan baik. peranannya dalam mengelola lingkungan sangat besar. hidup bersama dan mengelola lingkungan dunia. Manusia dapat dengan mudah mengatur alam dan lingkungannya sesuai dengan yang diinginkan melalui pemanfaatan ilmu dan teknologi yang dikembangkannya. Akibat perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat. konsumtif dan cenderung merusak lingkungannya. 3. air dan Tanah BAB I PENDAHULUAN A. Perlunya penyuluhan tentang masalah limbah-limbah yang ada disekitar kita. Sifat dan perilakunya semakin berubah dari zaman ke zaman. Karena manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan pikiran. kemudian hidup menetap dan mulai mengembangkan buah pikirannya yang terus berkembang sampai sekarang ini. MAkalah Tentang Pencemaran Udara. Adanya kesadaran masyarakat tentang pencemaran.2 SARAN 1. 4. kebudayaan manusia pun berubah dimulai dari budaya hidup berpindah-pindah.

Pencemaran lingkungan terbagi atas tiga jenis. 2. Populasi manusia yang terus bertambah mengakibatkan kebutuhan manusia semakin bertambah pula. . dan sebagainya) yang dapat meracuni lingkungan. baik di negara maju ataupun negara berkembang. Bahan-bahan untuk kebutuhan itu semakin banyak yang diambil dari lingkungan. Bahan-bahan yang dikeluarkan oleh gunung berapi seperti asap dan awan panas dapat mematikan tumbuhan. Disamping itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) memacu proses industrialisasi.manusia. Karena itu mendorong semakin berkembangnya industri. Sumber Daya Alam (SDA) yang diambil dari lingkungan semakin besar. banjir dan masih banyak lagi. Lingkungan dapat dikatakan tercemar jika dimasuki atau kemasukan bahan pencemar yang dapat mengakibatkan gangguan pada mahluk hidup yang ada didalamnya. baik macam maupun jumlahnya. hal ini akan menimbulkan akibat antara lain : 1. Kian hari kebutuhan-kebutuhan itu harus dipenuhi. Pencemaran akibat manusia adalah akibat dari aktivitas yang dilakukannya. terutama kebutuhan dasar manusia seperti makanan. Pencemaran akibat alam antara lain letusan gunung berapi. Muncul bahan-bahan sintetik yang tidak alami (insektisida. Pernah terjadi bencana lingkungan seperti sampah. hewan bahkan manusia. kerusakan lingkungan akibat pencemaran udara. Gangguan itu ada yang segera nampak akibatnya. pencemaran air dan pencemaran tanah. Untuk memenuhi kebutahan populasi yang terus meningkatkan. yaitu pencemaran udara. air dan tanah sudah sangat kritis. Akibatnya lingkungan semakin rusak dan mengalami pencemaran. 3. Kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia di mulai dari meningkatnya jumlah penduduk dari abad ke abad. sandang dan perumahan. obat-obatan. Dalam makalah ini akan dibahas tentang jenisjenis pencemaran dan penyebabnya serta solusi yang ditawarkan agar kerusakan lingkungan akibat pencemaran dapat diminimalisasi. Di Indonesia. seperti limbah rumah tangga yang dapat mencemari lingkungan. Industri mengeluarkan limbah yang mencemari lingkungan. dan ada pula yang baru dapat dirasakan oleh keturunan berikutnya. Populasi manusia mengeluarkan limbah juga. harus diproduksi bahan-bahan kebutuhan dalam jumlah yang besar melalui industri. berdasarkan tempat terjadinya.

Sumber alami Gunung berapi Rawa-rawa Kebakaran hutan . diantaranya pencemaran yang ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia atau kombinasi keduanya. maupun global atau tidak langsung dalam kurun waktu lama. regional. 1. hewan. kimia. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal. Pencemar sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. insinerator dengan berbagai jenis bahan bakar) Gas buangan dari pabrik yang menghasilkan gas berbahaya Asap rokok • • • 2. Pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. mengganggu estetika dan kenyamanan. Pencemaran udara dibedakan menjadi pencemar primer dan pencemar sekunder.BAB II PEMBAHASAN 1. dan tumbuhan. maupun global. Kegiatan manusia • • • • • • Transportasi Industri Pembangkit listrik Pembakaran (perapian. a) Penyebab Pencemaran Udara Banyak faktor yang dapat menyebabkan pencemaran udara. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. furnace. PENCEMARAN UDARA Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. atau merusak properti. Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran. kompor. atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Pencemaran udara dapat mengakibatkan dampak pencemaran udara bersifat langsung dan lokal. regional.

Jenis-jenis pencemar • • • • • • • Karbon monoksida Oksida nitrogen Oksida sulfur Hidrokarbon Ozon Volatile Organic Compounds Partikulat b) Dampak Pencemaran Udara 1. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. Dari paru-paru. zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan.4 Pemanasan Global . bronkitis. Akibatnya panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global. CFC. ozon. dan N2O di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Efek rumah kaca Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2. dan gangguan pernapasan lainnya. Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas. 1.2 Hujan asam pH normal air hujan adalah 5. 1. sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru.6 karena adanya CO2 di atmosfer. Dampak dari hujan asam ini antara lain: • • • • Mempengaruhi kualitas air permukaan Merusak tanaman Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan Bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan 1. termasuk di antaranya. 3. 1 Dampak kesehatan Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. asma. metana.• Nitrifikasi dan denitrifikasi biologi 3.

Pemberian penghambat laju kendaraan di permukiman atau gang-gang yang sering diistilahkan dengan “polisi tidur” justru merupakan biang polusi. semakin tua kendaraan. maka sektor ini harus mendapat perhatian utama. Karena itu. sehingga terbentuk lubang-lubang pada lapisan ozon. Solusi untuk mengatasi polusi udara kota terutama ditujukan pada pembenahan sektor transportasi. Perlu dipikirkan dan dipertimbangkan adanya . seperti bus dan kereta api. perlu dipertimbangkan sebagai salah satu solusi. dan tindakan tegas terhadap pelanggaran berkendaraan dapat membantu mengatasi kemacetan lalu lintas dan mengurangi polusi udara. terutama yang kurang terawat. 3. Prioritas utama harus diberikan pada sistem transportasi massal dan tidak berbasis kendaraan pribadi. yang telah berhasil menurunkan polusi udara kota dan angka kesakitan serta kematian yang diakibatkan karenanya.5 Kerusakan lapisan ozon Lapisan ozon yang berada di stratosfer (ketinggian 20-35 km) merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari. pengaturan lalu lintas. 2. diperbanyak. c) Upaya Penanggulangannya Penanggulangan pencemaran udara tidak dapat dilakukan tanpa menanggulangi penyebabnya. 1. juga menyerukan kepada pemerintah untuk segera memenuhi komitmennya untuk memberlakukan pemakaian bensin tanpa timbal. tanpa mengabaikan sektor-sektor lain. Di sektor industri. 4. dengan sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan dan terjangkau oleh publik. penegakan hukum harus dilaksanakan bagi industri pencemar. Potensi terbesar polusi oleh kendaraan bermotor adalah kemacetan lalu lintas dan tanjakan. terutama bagi angkutan umum. • • • menyerukan kepada pemerintah untuk memperbaiki sistem transportasi yang ada saat ini.Dampak dari pemanasan global adalah : • • • Pencairan es di kutub Perubahan iklim regional dan global Perubahan siklus hidup flora dan fauna 1. Kerusakan lapisan ozon menyebabkan sinar UV-B matahari tidak terfilter dan dapat mengakibatkan kanker kulit serta penyakit pada tanaman. sementara kendaraan angkutan massal. Pembatasan usia kendaraan. Pemberian izin bagi angkutan umum kecil hendaknya lebih dibatasi. rambu-rambu. Uji emisi harus dilakukan secara berkala pada kendaraan umum maupun pribadi meskipun secara uji petik (spot check). semakin besar potensi untuk memberi kontribusi polutan udara. Emisi CFC yang mencapai stratosfer dan bersifat sangat stabil menyebabkan laju penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya. Pembentukan dan penguraian molekul-molekul ozon (O3) terjadi secara alami di stratosfer. Kendaraan bermotor akan memperlambat laju 5. Hal ini kita perlu belajar dari kota-kota besar lain di dunia. Mempertimbangan sektor transportasi sebagai kontributor utama pencemaran udara. Sebab.

Pemanfaatan terbesar danau. a) Penyebab Pencemaran Air Sumber polusi air antara lain limbah industri. terutama yang lalu lintasnya padat serta di sudut-sudut kota. Sampah organik seperti air comberan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. Ada beberapa tipe polutan yang dapat masuk perairan yaitu : bahan-bahan yang mengandung bibit penyakit. toksin organik. Penanaman pohon-pohon yang berdaun lebar di pinggir-pinggir jalan. PENCEMARAN AIR Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. bahan-bahan kimia organic dari industri atau limbah pupuk pertanian. Air limbah tersebut memiliki efek termal. seperti air minum. sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah. juga mengurangi polusi udara. dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air. Pencemaran air juga dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata. Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia. lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian. lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. algae blooms. seperti ikan. minyak. bahan baku air minum. terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik. Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai seperti di sungai citarum pencemaran air oleh sampah • • • . 6. sungai. sungai. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat.kewenangan tambahan bagi polisi lalu lintas untuk melakukan uji emisi di samping memeriksa surat-surat dan kelengkapan kendaraan yang lain. bahan-bahan yang banyak membutuhkan oksigen untuk pengurainya. yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air. yaitu: • • Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. pertanian dan rumah tangga. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. dan bahan-bahan yang mengandung radioaktif dan panas. Fenomena alam seperti gunung berapi. dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik. 2. sungai. nutrien dan padatan. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. bahan-bahan yang tidak sedimen (endapan). badai. Danau.

melalui sungai atau dari kapal tanker yang rusak. 4. efek keracunan hingga dapat dilihat di Jepang. dan menyebabkan perubahan ekologi. pabrik. Bahan-bahan yang berbahaya masuk kelaut atau samudera mempunyai akibat jangka panjang yang belum diketahui. Kematian biota kuno. Karena ini banyak usaha untuk menjaga agar tanah tetap bersih misalnya : 1. kanker. timah. Memperluas gerakan penghijauan. Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat-zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran. juga membunuh serangga dan makhluk berguna terutama predator. Akibat yang ditimbulkan oleh polusi air : 1. Pendangkalan dasar perairan. karbon dan lain-lain. Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air (eurotrofikasi) 3. pengurainya tidak sempurna dan menyebabkan air berubah warnanya dan berbau busuk. 3.b) Dampak Pencemaran Air Bibit-bibit penyakit berbagai zat yang bersifat racun dan bahan radioaktif dapat merugikan manusia. Sejumlah besar limbah dari sungai akan masuk kelaut. Mutasi sel. Minyak dapat mematikan. dan leukeumia. tetraklorida. Merkuri yang dibuang sebuah industri plastik keteluk minamata terakumulasi di jaringan tubuh ikan dan masyarakat yang mengkonsumsinya menderita cacat dan meninggal. Banyak jenis kerang-kerangan yang mungkin mengandung zat yang berbahaya untuk dimakan. air raksa. Polutan ini dapat merusak kehidupan air sekitar muara sungai dan sebagian kecil laut muara. Tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan. Laut dapat pula tecemar oleh minyak yang asalnya mungkin dari pemukiman. Berbagai polutan memerlukan O2 untuk pengurainya. 4. Dalam jangka panjang adalah kanker dan kelahiran cacat. 6. krom. 5. walau tidak ada bahan pencemaran yang masuk. ikan. 8. Tersumbatnya penyaring reservoir. uradium. 2. air tanah yang tercemar akan tetap tercemar dalam yang waktu yang sangat lama. 5. c) Upaya Penanggulangannya Pengenceran dan penguraian polutan air tanah sulit sekali karena airnya tidak mengalir dan tidak mengandung bakteri pengurai yang aerob jadi. benzon. Akibat penggunaan pertisida yang berlebihan sesuai selain membunuh hama dan penyakit. bahkan burung. Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencermari lingkungan atau ekosistem. Jika O2 kurang . Bahan atau logam yang berbahaya seperti arsenat. burung dan hewan laut lainnya. Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman. sebagai contoh. . seperti plankton. 7. 2. Bahan-bahan tesebut dapat merusak organ tubuh manusia atau dapat menyebabkan kanker. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen.

air dapat dialirkan kesumur-sumur resapan. penggunaan bahan dari paving blok (blok-blok adukan beton yang disusun dengan rongga-rongga resapan air disela-selanya. buatlah sumur-sumur resapan air hujan sebanyak-banyaknya. Dengan membuat sumur resapan air hujan tersebut. sebenarnya kita dapat memperoleh manfaat seperti berikut: 1. 2. Apabila air banjir masuk kerumah mencapai ketinggian 20-50 cm satu-satunya jalan adalah meninggikan lantai rumah kita diatas ambang permukaan air banjir 5. Tanah bekas galian sumur dapat dipergunakan untuk menimbun lahan-lahan yang rendah atau meninggikan lantai rumah. 3. Akan tetapi. Memang ada tumbuhan dan hewan yang hidup di laut. 3. Cara ini sudah umum dilakukan orang hanya teknisnya sering kurang terencana secara mendetail. Seperti kita ketahui rantai makanan bermula dari tumbuhan. Fungsi sumur resapan air ini untuk mempercepat air meresap kedalam tanah. Banyak orang mengatakan “ lebih baik mencegah dari pada mengatasi”. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah penataan saluran/drainase lingkungan pembuatannyapun harus bersamaan dengan pembuatan jalan tersebut. Oleh sebab itu. Janganlah membuang sampah atau mengeluarkan air limbah rumah tangga (air bekas mandi. cucian dan sebagainya) kedalam sumur resapan air hujan karena bisa mencemarkan kandungan air tanah. Memberikan kesadaran terhadap masyaratkat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih lebih mencintai lingkungan hidupnya. sudah menjadi kewajiban kita menjaga kelestarian tanah sehingga tetap dapat mendukung kehidupan di muka bumi ini.6. buatlah sumur resapan tersendiri 4. 2. Persediaan air bersih dalam tanah disekitar rumah kita cukup baik dan banyak. 7. Apabila air hujan tidak tertampung dalam sebuah selokan-selokan rumah/talang-talang rumah. PENCEMARAN TANAH Tanah merupakan bagian penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. pencemaran tanah pun akibat kegiatan manusia juga. sebagaimana halnya pencemaran air dan udara. Melakukan intensifikasi pertanian. Khusus untuk buangan air limbah rumah tangga. hal ini berlaku pula pada banjir genangan di bawah ini ada sejumlah langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah banjir genangan : 1. Cara lain adalah membuat tanggul di depan pintu masuk rumah kita. hewan hidup dari tumbuhan. tetapi sebagian besar dari makanan kita berasal dari permukaan tanah. Manusia. Dalam merencanakan jalan-jalan lingkungan baik itu program pemerintah maupun swadaya masyarakat sebaiknya memilih material jalan yang menyerap air misalnya. Apabila di halaman pekarangan rumah kita masih terdapat ruang-ruang terbuka. .

Sebagai contoh gas-gas oksida karbon. memiliki tingkat kegemburan yang normal 5. Kalau sudah begitu maka tanah akan sulit untuk dimanfaatkan. oksida belerang yang menjadi bahan pencemar udara yang larut dalam air hujan dan turun ke tanah dapat menyebabkan terjadinya hujan asam sehingga menimbulkan terjadinya pencemaran pada tanah. Mengandung sampah anorganik Tanah tidak tercemar. Tanah yang tidak tercemar besar potensinya untuk alat kemaslahatan umat manusia. Kesuburan itu telah mengundang para penjajah asing untuk mengeksploitasinya. penggunaan pestisida. Tidak mengandung sampah anorganik a) Penyebab Pencemaran Tanah Sumber pencemar tanah. tidak berbau busuk. Tanah yang tidak tercemar adalah tnah yang masih memenuhi unsur dasarnya sebagai tanah. Trayek pH minimal 6. maksimal 8 3. Tidak berbau busuk 4. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. bisa ditarik kesimpulan bahwa ciri-ciri tanah tercemar adalah : 1. Tanah indonesia terkenal dengan kesuburanya. Tanah tidak subur 2. pH dibawah 6 (tanah asam) atau pH diatas 8 (tanah basa) 3. Dari pernyataan diatas. Pertanian dengan tanah yang baik bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Yang paling utama adalah tidak mengandung logam berat. zat kimia. tingkat keasaman normal. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. maka sumber pencemar udara dan sumber pencemar air pada umumnya juga merupakan sumber pencemar tanah. kering. Tidak Mengandung logam berat 6. Tidak kering. Sebagian tanah Indonesia tercemar oleh polusi yang diakibatkan oleh kelainan masyarakat. Dari pernyataan diatas. Mengandung logam berat 6. Tanah tidak tercemar bersifat subur. kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak. Berbau busuk 4. Tanah Tercemar.Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). dan sebagainya. . oksida nitrogen. atau limbah. Tanahnya subur 2. Pencemaran ini menjadikan tanah rusak dan hilang kesuburanya. Kering 5. Fenomena sekarang lain lagi. karena pencemaran tanah tidak jauh beda atau bisa dikatakan mempunyai hubungan erat dengan pencemaran udara dan pencemaran air. Hingga dalam sejarah Indonesia pernah tercetat. Berbau busuk. mengandung zat asam tinggi. Ia tidak mengandung zat-zat yang merusak keharaanya. mengandung logam berat. bisa diambil kesimpulan bahwa ciri-ciri tanah tercemar adalah: 1.

Limbah padat berupa senyawa anorganik yang tidak dapat dimusnahkan atau diuraikan oleh mikroorganisme seperti plastik. Jika meresap ke dalam tanah akan mengakibatkan kematian bagi mikroorganisme yang memiliki fungsi sangat penting terhadap kesuburan tanah. cat. yang menyebabkan lapisan tanah tidak dapat ditembus oleh akar tanaman dan tidak tembus air sehingga peresapan air dan mineral yang dapat menyuburkan tanah hilang dan jumlah mikroorganisme di dalam tanahpun akan berkurang akibatnya tanaman sulit tumbuh bahkan mati karena tidak memperoleh makanan untuk berkembang. Cd dapat mencemari tanah. misalnya pupuk urea dan pestisida untuk pemberantas hama tanaman. limbah deterjen. menyebabkan tanah menjadi kurang subur. Limbah cair yang merupakan hasil pengolahan dalam suatu proses produksi. perdagangan/pasar/tempat usaha hotel dan lain-lain. dan limbah pertanian. limbah rumah sakit. b) Dampak Dari Pencemaran Tanah 1. oli. jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Pb. logam berat dalam limbah industri. kaleng-kaleng dan bekas bahan bangunan. Tembaga. 2. sisa-sisa pupuk dan pestisida dari daerah pertanian. misalnya sisa-sisa pengolahan industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya. akhirnya juga dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada tanah daerah tempat air permukaan ataupun tanah daerah yang dilalui air permukaan tanah yang tercemar tersebut.1. Limbah domestik Permukaan tanah yang mengandung bahan pencemar misalnya tercemari zat radioaktif. Pencemaran tanah dapat disebabkan limbah domestik. gunung berapi yang meletus / kendaraan bermotor dan limbah industri. sampah rumah tangga. sampah rumah sakit. Penggunaan pupuk yang terus menerus dalam pertanian akan merusak struktur tanah. serat. Bungkus plastik yang kita buang ke lingkungan akan tetap ada dan mungkin akan ditemukan oleh anak cucu kita setelah ratusan tahun kemudian. sampah rumah tangga. dapat berupa limbah padat dan cair. Zn. kelembagaan misalnya kantor-kantor pemerintahan dan swasta. yang menyebabkan kesuburan tanah berkurang dan tidak dapat ditanami jenis tanaman tertentu karena hara tanah semakin berkurang. Dampak Pada Kesehatan Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung . b. Selain itu penggunaan pestisida yang terus menerus akan mengakibatkan hama tanaman kebal terhadap pestisida tersebut. Kromium . perak. Limbah cair berupa : tinja. timbal. keramik. berbagai macam pestisida dan herbisida . Limbah pertanian Limbah pertanian dapat berupa sisa-sisa pupuk sintetik untuk menyuburkan tanah atau tanaman. arsen dan boron adalah zat-zat yang dihasilkan dari proses industri pelapisan logam seperti Hg. Limbah domestik dapat berasal dari daerah: pemukiman penduduk. Maka sumber bahan pencemar tanah dapat dikelompokkan juga menjadi sumber pencemar yang berasal dari. deterjen. Secara umum. dan wisata. a. Sampah anorganik tidak ter-biodegradasi. Dan penggunaan pestisida bukan saja mematikan hama tanaman tetapi juga mikroorga-nisme yang berguna di dalam tanah. khrom. Limbah industri Limbah Industri berasal dari sisa-sisa produksi industri. sampah pasar. Padahal kesuburan tanah tergantung pada jumlah organisme di dalamnya. jika meresap kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah bahkan dapat membunuh mikro-organisme di dalam tanah. limbah industri. 3. Bahan pencemar itu akan tetap utuh hingga 300 tahun yang akan datang. Merupakan zat yang sangat beracun terhadap mikroorganisme.

pada dosis yang besar.merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Sedangkan sampah anorganik yang tidak dapat diurai oleh mikroorganisme. Paparan kronis (terus-menerus) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkena leukemia. iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Ada beberapa macam dampak pada kesehatan seperti sakit kepala. dan mungkin tidak bisa diobati. misalnya dijadikan bahan urukan. dibuat kompos dan khusus kotoran hewan dapat dibuat biogas dan lain-lain. pusing. c) Upaya Penanggulangannya . serta kerusakan ginjal. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. yang sangat banyak penanggulangan sampah ini yaitu dengan cara memisahkan antara sampah organik atau sampah yang dapat atau mudah terurai oleh tanah. Limbah industri. KESIMPULAN 1. dimana zat tersebut berdampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Limbah domestic. letih. Yang jelas. Untuk dapat . ke-mudian kita tutup dengan tanah sehingga terdapat permukaan tanah yang dapat kita pakai lagi. yaitu dengan cara mengurangi penggunaan pupuk sintetik dan berbagai bahan kimia untuk pemberantasan hama seperti pestisida diganti dengan penggunaan pupuk kompos. Sampah organik yang mudah terurai oleh tanah. Organofosfat dan karmabat menyebabkan ganguan pada saraf otot. Timbal sangat berbahaya pada anakanak. pencemaran tanah dapat menyebabkan Kematian. Pencemaran di dalam udara berasal dari gas buang kendaraan bermotor. Limbah pertanian.. dan sampah anorganik atau sampah yang akan terurai tanah tetapi membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk terurai oleh tanah. karena dapat menyebabkan kerusakan otak. Cara penanganan yang terbaik dengan mendaur ulang sampah-sampah menjadi barang-barang yang mungkin bisa dipakai atau juga bisa dijadikan hiasan dinding. cara penanggulangannya yaitu dengan cara mengolah limbah tersebut sebelum dibuang kesungai atau kelaut. Merkuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal. BAB III PENUTUP A.

Penelitian Organoleptik Untuk Industri Pangan dan Hasil Pertanian. timah dan lain-lain dapat merusak organ tubuh manusia dan menyebabkan kanker. penerbit Erlangga Soekarto. energi. 2011. Biologi I untuk Sekolah Menengah Umum. Akibat yang ditimbulkan polusi air dalam zangua pasang adalah kanker dan kelahiran bayi cacat. Polusi air adalah peristiwa masuknya zat. pencemaran_tanah. penggunaan pestisida. 112Santiyono. S. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat. Aksara. Moch. puji syukur dan terima kasih saya ucapkan kepada ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya. Geologi Lingkungan. Polusi air juga dapat menimbulkan bencana diantaranya banjir. Banjir genangan dapat diatasi dengan membersihkan saluran air dari penyumbatan. sehingga saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah pengetahuan lingkungan tentang “ Upaya Penaggulangan . administrasi dan hukum. Bhatara Karya Aksara. Ada beberapa cara untuk mengurangi dampak dari pencemaran tanah. Pencemaran Tanah (On-line). Wikipedia. 2. 3. zat kimia. 1985. Seperti kita ketahui rantai makanan bermula dari tumbuhan. pertanian. Melakukan intensifikasi pertanian. http://id. benzon. atau komponen lainya ke dalam air sehingga kualitas air terganggu. Bahan atau logam berbahaya seperti arsenat. Jakarta. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. DAFTAR PUSTAKA Bachri. Malang.wikipedia. dan rumah tangga. atau limbah. diakses Desember 2011. CV. Sumber polusi air antara lain limbah industri. unsure. Tanah merupakan bagian penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. 1995. Sedangkan untuk meningkatkan kedisiplinan perawatan dan cara pengemudia yang baik dan benar dapat dilakukan melalui pendekatan edukatif. diantaranya dengan remediasi dan bioremidiasi. T. Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pemerintah mempunyai posisi yang strategis untuk melakukan pendekatan planatologi. 1994.org/wiki/ upaya penanggulangan pencemaran air KATA PENGANTAR Alhamdulillah hirabbil’alamin.mengendalikan pencemaran tersebut dapat dilakukan dengan pendekatan teknis yaitu dengan mengupayakan pembakaran sempurna dan mencari bahan bakar alternatif.

Air yang demikian biasa disebut air kotor atau disebut pula air yang terpolusi. Mudah-mudahan dengan membaca makalah ini dapat menambah wawasan kita tentang lingkungan makhluk hidup.Darimana polutan itu berasal ?Bagi kita.1. dan sampah organic. Sebagaimana upaya peningkatan kualitas yang tidak akan pernah selesai. Saran 16 DAFTAR PUSTAKA 21 BAB I PENDAHULUAN 1. 21 Maret 2011 PENULIS JUMIANTO UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU DAFTAR ISI KATA PENGANTAR i DAFTAR ISI ii BAB I PENDAHULUAN 1 1. Tujuan Penulisan 4 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 3 BAB III Pembahasan 12 3.2. demikian pula dangan makalah ini tentunya akan sangat memerlukan kritikan maupun saran dari para pembaca. dan tidak beracun. Latar Belakang Latar belakang penulisan makalah ini pada dasarnya ialah jika kita melihat Indonesia merupakan negara kedua setelah Brazil yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar. Untuk itu kritik dan saran dapat disampaikan secara langsung kepada penulis. Air tersebut mempunyai standar 3 B yaitu tidak berwarna. Pemandangan seperti ini kita jumpai pada aliran sungai atau dikolam-kolam. Dengan adanya makalah ini . tidak berbau. Tetapi adakalanya kita melihat air yang berwarna keruh dan berbau serta sering kali bercampur dengan benda-benda sampah seperti kaleng. .1. sehingga memiliki iklim tropis. Makalah ini dibuat berdasarkan pengalaman membaca buku-buku maupun sumber-sumber bacaaan yang berkaitan tentang materi tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan air bersih untuk minum. Pekanbaru. memasak.2. Pencemaran Air 12 3. Upaya Penaggulangan Pencemaran Air 13 BAB IV SIMPULAN DAN SARAN 20 4. khususnya masyarakat pedesaan sungai adalah sumber air sehari-hari.1. Simpulan 20 4. mencuci dan keperluan lain. plastik. penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu penulis dalam pembuatan makalah ini. Latar Belakang 2 1. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang dilalui oleh garis khatulistiwa.1. amin.Pencemaran Air”.2.

gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air.(Natah. Meskipun dunia penuh dengan air. danau. sungai. Yudhasmara Publisher) Pencegahan Pencemaran Air 5R itu Reduce. Semua akhirnya bermuara di sungai dan pencemaran polutan air ini dapat merugikan manusia bila manusia mengkonsumsi air yang tercemar. Danau.( KORAN ANAK INDONESIA. Kurangi konsumsi obat-obat kimia. 6. hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran. 2007. sungai. Menggalakkan industri daur ulang. 7. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Termasuk dalam sumber 3% air minum adalah sungai. yaitu kegunaan air itu sendiri dan asal sumber air. Ariful Amri. H. Sedangkan contoh recycle yaitu dengan memanfaatkan air mandi untuk menyiram tanaman atau nyuci kendaraan. 8. Kurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit terurai. M. Recharge dan Recovery. Kurangi penggunaan obat nyamuk dan pembasmi serangga. Sehingga kami dapat mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian kami. hanya tiga persen itu minum. T.( KORAN ANAK INDONESIA. Menanam pohon. Jakarta. 2. Jurnal Pemukiman) Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. dan dapat menggunakan cara – cara dalam upaya pemecahan masalah pencemaran air tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. 9. Gunakan air dengan bijaksana. Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Kelola sampah rumah tangga dengan baik. BAB II TINJAUAN PUSTAKA ◊ Upaya Penanggulangan Pencemaran Air ◊ Pencemaran adalah suatu penyimpangan dari keadaan normalnya. Kurangi penggunaan deterjen. Namun dari sisi lain kami juga ingin mengetahui bagaimana upaya pemecahan masalah dalam penanggulangan pencemaran air. 4. dan air terjun yang terus menerus terancam dan terkontaminasi oleh berbagai faktor yang menyebabkan pencemaran air. 3. Keadaan normal air tergantung pada factor penentu. pencemar bahan buangan an organic .2. 5. Pencemar air dikelompokkan dalam. badai. Dua yang terakhir adalah usaha pemulihan. sungai. pencemar bahan buangan organic. . Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini pada dasarnya ialah yang pertama merupakan syarat mengikuti ujian mata kuliah “Pengetahuan Lingkungan” yang di asuh oleh Bapak Dosen Drs. misalnya dengan pembuatan lubang biopori dan sumur resapan. Reuse. Maka dari itu kelompok kami ingin membahas upaya pencegahan pencemaran air melalui makalah ini. Recycle. 1. Yudhasmara Publisher) 10 Cara Mencegah Pencemaran Air 1.Sumber polutan dapat berasal dari mana-mana.Si. Contohnya limbah-limbah industri dibuang dan dialirkan ke sungai. musim semi. dan bahan buangan zat kimia. Jadi pencemaran air tanah adalah suatu keadaan air tersebut telah mengalami penyimpangan dari keadaan normal. Jakarta.

Sidoarjo. Pencegahan dapat pula dilakukan dengan kegiatan konservasi.Dampak Pencemaran Lingkungan ) Menanggulangi Pencemaran Air . (Artikel kimia. Untuk permasalahan global seperti perubahan iklim. penipisan lapisan ozon. ALI MAS'UD. Air yang tercemar dapat dikurangi kadar pencemarannya dengan menyaring. 5) Langkah Penyelesaian Penanggulangan pencemaran air Penyelesaian masalah pencemaran terdiri dari langkah pencegahan dan pengendalian. Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman 2. Melakukan intensifikasi pertanian Adapun cara lain untuk mengatasi polusi air atau yang dikenai dengan sebutan banjir pun ada dua macam 1. 103) Usaha-usaha Mengatasi dan Mencegah Polusi Air Tanah Pegenceran dan penguraian polutan air tanah sulit sekali karena airnya tidak mengalir dan tidak mengandung bakteri pengurai yang aerob jadi. dan pemanasan global diperlukan kerjasama semua pihak antara satu negara dengan negara lain. banjir genangan dapat diatasi dengan membersihkan air dari penyumbatan yang mengakibatkan air meluap.anneahira. Karena ini banyak usaha untuk menajaga agar tanah tetap bersih misalnya: 1. Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencermari lingkungan atau ekosistem 3. Pengelolaan limbah pada industri rumah tangga. Memperluas gerakan penghijauan 5.(M. Hal. Green chemistry merupakan segala produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkan zat berbahaya. Pengendalian dapat berupa pembuatan standar baku mutu lingkungan. menggunakan kembali (reuse) dan daur ulang (recycle).2009. mengencerkan. air tanah yang tercemar akan tetap tercemar dalam yang waktu yang sangat lama. Bioaccumulative. penggunaan energi alternatif. Pengawasan terhadap penggunaan jenis – jenis pestisida dan zat – zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran 4. Slamet Prawirohartono dkk. Langkah pencegahan pada prinsipnya mengurangi pencemar dari sumbernya untuk mencegah dampak lingkungan yang lebih berat. dan mengurangi keberadaan zat kimia PBT (Persistent. Sains Biologi – 1b Untuk SMU kelas 1 tengah tahun kedua. Makalah Pencemaran Air. Namun karena jumlah zat pencemaran berlebihan maka kemampuan itu menjadi hilang. 02 Januari 2009.(Drs. Memberikan kesadaran terhadap masyaratkat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih lebih mencintai lingkungan hidupnya 7. misalnya dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan. penggunaan alat transportasi alternatif.( www. mengurangi jumlah limbah. 2000. Bandung.10.com/cara-mencegahpencemaran-air. and Toxic). hal. dan berangsur-angsur menggantinya dengan Green Chemistry. Banjir Bandang dapat diatasi secara meluas dengan didukung berbagai disiplin ilmu 2. Tindakan pencegahan dapat pula dilakukan dengan mengganti alat-alat rumah tangga. atau bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.html -) Sampai batas – batas tertentu sebenarnya air secara alamiah akan mampu membersihkan zat pencemar tersebut. monitoring lingkungan dan penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah lingkungan. dan pembangunan berkelanjutan Langkah pengendalian sangat penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Di lingkungan yang terdekat. dan mengendapkan. Di bidang industri misalnya dengan mengurangi jumlah air yang dipakai. Tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan 6. walau tidak ada bahan pencemaran yang masuk.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. Perda dan lain sebagainya. 2. 1. Melakukan penyaringan limbah pabrik sehingga limbah yang nantinya bersatu dengan air sungai bukanlah limbah jahat perusak ekosistem. Cara Penanggulangan Pencemaran Air. • Menanggulangi kerusakan lahan bekas pertambangan.Hg. Program Pengendalian Pencemaran dan Pengrusakan Lingkungan • Mengurangi beban pencemaran badan air oleh industri dan domestik. Seharusnya. Program Rehabilitasi dan Konservasi SDA dan Lingkungan Hidup • Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis. Apabila hal ini sudah terlanjur ada didalam lingnkungan hidup kita. kita berperilaku terpuji dan santun terhadap lingkungan. diterbitkan dengan dasar pertimbangan kondisi mutu air pada sumber air di wilayah Jabar yang semakin menurun akibat pencemaran dari segala aktivitas manusia.Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai cara penanggulangan pencemaran air. • Mengembangkan produksi yang lebih bersih (cleaner production) dan EPCM (Environmental Pollution Control Manager). AnneAhira. • Mengawasi pemanfaatan B3 dan pembuangan limbah B3. maka harus ada upaya penanggulangannya limbah pemukiman. Mengurangi intensitas limbah rumah tangga. Zn karena dapat mencemari lingkungan / peraiaran. Memuliakan air adalah salah satu bentuk wujud nyata yang bisa kita lakukan guna kelangsungan hidup bersama. Hal tersebut mengakibatkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. KARYA ILMIAH DAMPAK PENCEMARAN AIR OLEH LIMBAH PEMUKIMAN PADA MASYARAKAT. TPA. 82 Tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air . • Rehabilitasi dan konservasi keanekaragaman hayati. Taluk Kuantan) Pencegahanpencemaran Air juga dapat dilakukan dengan upaya pemerintah menerbitkan peraturan dalam bentuk PP. CARA-CARA MENANGGULANGI LIMBAH PEMUKIMAN (TINDAKAN KURATIF) Limbah dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. ( Artikel. Pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar. 2.com) Dua Cara Mencegah Limbah pemukiman CARA-CARA MENCEGAH LIMBAH PEMUKIMAN (TINDAKAN PREFENTIF) Untuk mencegah agar supaya limbah pemukiman tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Ada juga PERATURAN Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 3 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. 5. 4.Tidak melakukan pembuangan industri yang mengandung Pb. Tidak membuang sampah ke sungai. 3. Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar. dan bencana. Pengelolaan kualitas air di dalam Perda No. 1. ( PANDI SURYADI. • Meningkatkan konservasi air bawah tanah. Membuang sampah ditempatnya. maka dilakukan upaya-upaya pencegahan yakni : Tidak membuang sampah kesungai. Januari 2011. Beberapa cara penanggulangan pencemaran air tersebut di antaranya sebagai berikut.Tidak membuang sampah kesungai. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi limbah pemukiman yaitu: Mengelolah sampah. • Mengurangi beban emisi dari kendaraan bermotor dan industri. 3/2004 .Tidak memakai deterjen secara berlebihan.

Dengan adanya AMDAL sebelum adanya proyek pembangunan pabrik dan proyek yang lainnya. 2. 27 Agustus. Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak. Secara Administratif Upaya pencegahan pencemaran lingkungan secara administratif adalah pencegahan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara mengeluarkan kebijakan atau peraturan yang berhubungan dengan lingkungan hidup.prinsip otonomi daerah. hanya dua pengusaha saja yang memenuhi panggilan. yang dipercaya menyusun rancangan Perda DAS Siak. Contohnya adalah dengan keluarnya undang-undang tentang pokok-pokok pengelolaan lingkungan hidup yang dikeluarkan oleh presiden Republik Indonesia pada tanggal 11 Maret 1982. ( Kompas . Ini penting mengingat tingkat pencemaran dan kerusakan DAS Siak sudah semakin parah. Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan Pada dasarnya ada tiga cara yang dapat dilakukan dalam rangka pencegahan pencemaran lingkungan. (Sumber : Biro Hukum Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.adalah upaya pemeliharaan air sehingga tercapai kualitas air yang diinginkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari keracunan yang mungkin terjadi karena penggunaan air sungai oleh penduduk. Pemerintah Kota Pekanbaru memanggil lima pengusaha yang diduga kuat telah mencemari air di daerah aliran sungai Siak. Kompas . pengelolaan DAS Siak secara terpadu perlu segera diwujudkan. yakni Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. hanya dua pengusaha saja yang memenuhi panggilan. sementara tiga pengusaha lainnya tidak hadir tanpa memberikan alasan yang jelas. Usul ini tercantum dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Siak. untuk memenuhi kebutuhan pengaturan yang aktual dan faktual di wilayahnya. sesuai dengan peruntukannya untuk menjamin agar kualitas air tetap dalam kondisi alamiahnya. salah satu upaya yang harus dilakukan Pemda Riau mengatasi pencemaran air di DAS Siak ialah pengusulan pengelolaan Daerah Aliran Sungai Siak harus di serahkan kepada sebuah lembaga atau badan langsung di bawah Pemerintah Provinsi Riau. Sebenarnya pada tingkat pemerintah pusat.Usaha untuk menindak tegas para pengusaha yang telah mencemari Sungai Siak kini mulai terlihat. yaitu: 1. yang telah diajukan Gubernur Riau kepada DPRD Riau. terdapat pula ketentuan yang sama. sementara tiga pengusaha lainnya tidak hadir tanpa memberikan alasan yang jelas. 4) Setiap rumah hendaknya membuat septi tank yang baik.13 Juli 2004) Harian kompas tertanggal 27 Agustus 2007. Pemerintah Daerah Provinsi Jabar mengeluarkan perda tersendiri. Akan tetapi sesuai dengan prinsip . serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu air. 2) Sisa air buangan pabrik dinetralkan lebih dahulu sebelum dibuang ke sungai 3) Pembuangan air limbah pabrik tidak boleh melalui daerah pemukiman penduduk.( Kompas. Sedangkan pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air. Minggu (13/5). sejak peristiwa kematian ribuan ekor ikan di sungai tersebut pada 8 Juni 2004 lalu. menjelaskan. Untuk pertama kali. Secara Teknologis . wartawan Pikiran Rakyat) Upaya yang dilakukan Pengprov Riau dan Pemkot Pekanbaru dalam penanganan Pencemaran air di DAS siak. Prof Adnan Kasry. Oleh KARTONO SARKIM Penulis. 2007) Cara pencegahan dan penanggulangan pencemaran air dapat dilakukan sebagai berikut: 1) Cara pemakaian pestisida sesuai aturan yang ada. Akan tetapi. Pekanbaru.

Secara Edukatif Cara ini ditempuh dengan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat akan pentingnya lingkungan dan betapa bahayanya pencemaran lingkungan. bahan baku air minum. Secara Administratif Upaya pencegahan pencemaran lingkungan secara administratif adalah pencegahan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara mengeluarkan kebijakan atau peraturan yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. pabrik wajib mengolah limbah tersebut terlebih dahulu sehingga menjadi zat yang tidak berbahaya bagi lingkungan.Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi. yaitu: 1. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.1. • Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai seperti di sungai citarum Akibat • Dapat menyebabkan banjir • Erosi • Kekurangan sumber air • Dapat membuat sumber penyakit • Tanah Longsor • Dapat merusak Ekosistem sungai 3. Contohnya adalah dengan keluarnya undang-undang tentang pokok-pokok pengelolaan lingkungan hidup yang . Pencemaran Air Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah. 3. yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air. sungai. sungai. hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran. dapat dilakukan melalui jalur pendidikan-pendidikan formal atau sekolah.Cara ini ditempuh dengan mewajibkan pabrik untuk memiliki unit pengolahan limbah sendiri. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air. Pemanfaatan terbesar danau. 2010 Biologi BAB III PEMBAHASAN 3. Penyebab Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbedabeda. nutrien dan padatan. minyak. • Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. badai.2.( ahmad cecep sofyan Hariri. lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian. Air limbah tersebut memiliki efek termal. Danau. Selain itu. toksin organik. sungai. • Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. Upaya Penanggulangan Pencemaran Air Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan Pada dasarnya ada tiga cara yang dapat dilakukan dalam rangka pencegahan pencemaran lingkungan. • Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat. terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik. Sebelum limbah pabrik dibuang ke lingkungan. bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.

Dalam menyikapi permasalahan pencemaran air ini. Dengan adanya AMDAL sebelum adanya proyek pembangunan pabrik dan proyek yang lainnya. 2. Beberapa cara penanggulangan pencemaran air tersebut di antaranya sebagai berikut.anneahira.com/cara-mencegah-pencemaranair. semakin banyak pula sumbersumber air potensial di bawahnya. 3. 1. diakui mampu menyerap air dalam jumlah banyak. Cara penanggulangan pencemaran air lainnya adalah melakukan penanaman pohon. dapat dilakukan melalui jalur pendidikan-pendidikan formal atau sekolah. Secara Edukatif Cara ini ditempuh dengan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat akan pentingnya lingkungan dan betapa bahayanya pencemaran lingkungan. Pohon sesungguhnya bisa menjadi sumber air sebab dengan banyaknya pohon. 2. Secara Teknologis Cara ini ditempuh dengan mewajibkan pabrik untuk memiliki unit pengolahan limbah sendiri. Itu sebabnya banyak bencana banjir akibat penebangan pohon secara massal. • Meningkatkan konservasi air bawah tanah. 5. Pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar. pabrik wajib mengolah limbah tersebut terlebih dahulu sehingga menjadi zat yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Padahal. Melakukan penyaringan limbah pabrik sehingga limbah yang nantinya bersatu dengan air sungai bukanlah limbah jahat perusak ekosistem.( ahmad cecep sofyan Hariri. • Menanggulangi kerusakan lahan bekas pertambangan. pohon merupakan penyerap air paling efektif dan handal. . dan bencana. (www. TPA. • Mengembangkan produksi yang lebih bersih (cleaner production) dan EPCM (Environmental Pollution Control Manager). • Mengurangi beban emisi dari kendaraan bermotor dan industri. Mengurangi intensitas limbah rumah tangga. Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar. Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat. Memuliakan air adalah salah satu bentuk wujud nyata yang bisa kita lakukan guna kelangsungan hidup bersama. Sebelum limbah pabrik dibuang ke lingkungan. Program Pengendalian Pencemaran dan Pengrusakan Lingkungan • Mengurangi beban pencemaran badan air oleh industri dan domestik. 4. Bahkan. daerah resapan air pun dijadikan pemukiman dan pusat wisata. menetapkan beberapa cara penanggulangan pencemaran air yang bisa diterapkan oleh kita. Seharusnya. Program Rehabilitasi dan Konservasi SDA dan Lingkungan Hidup • Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis. Tidak membuang sampah ke sungai.html -).dikeluarkan oleh presiden Republik Indonesia pada tanggal 11 Maret 1982. 3. • Mengawasi pemanfaatan B3 dan pembuangan limbah B3. 1. 2. • Rehabilitasi dan konservasi keanekaragaman hayati. Penanggulangan Pencemaran Air Penanggulangan pencemaran air dapat dilakukan melalui: • Perubahan perilaku masyarakat . 2010 Biologi) Menanggulangi Pencemaran Air Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai cara penanggulangan pencemaran air. Selain itu. kita berperilaku terpuji dan santun terhadap lingkungan. Pohon selain bisa mencegah longsor.

ekosistem air dapat melakukan “rehabilitasi” apabila terjadi pencemaran terhadap badanair. sungai dll.terlarut atau berwarna dan bau.Selain itu. danau. laut dll. . baik secara mekanis (pengadukan). Pada kolam terakhir dipelihara ikan untuk menguji kebersihan air dari polutan yang berbahaya.• Pembuatan kolam/bak pengolahan limbah cair Perubahan Perilaku Masyarakat Secara alami. Tindakan yang Perlu Dilakukan oleh Masyarakat: 1. . kimiawi (diberi zat kimia tertentu) maupun biologis (diberi bakteri. Oleh karena itu perlu diupayakan untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran air. misalnya dengan tidak membuang sampah dan limbah industri ke sungai. Tidak minum air dari sungai. yaitu cara kimia penambahan kapur atau metal hidroksida untuk mengendapkan fosfor. Salah satu contoh tahap-tahap proses pengolahan air buangan adalah sebagai berikut: a) Proses penanganan primer. sudah saatnya diupayakan pembuatan kolam pengolahan air buangan (air cucian. yaitu menghilangkan bahan-bahan organik terlarut. Upaya demikian sangat bersahabat dengan lingkungan. Peraturan pembuangan limbah industri hendaknya dipantau pelaksanaannya dan pelanggarnya dijatuhi hukuman.Masyarakat di sekitar sungai perlu merubah perilaku tentang pemanfaatan sungai agar sungai tidak lagi dipergunakan sebagai tempat pembuangan sampah dan tempat mandi-cuci-kakus (MCK). b) Proses penanganan sekunder. Dengan demikian air yang boleh dialirkan keluar (selokan.Adsorbsi. yaitu memisahkan air buangan dari bahan-bahan padatan yang mengendap atau mengapung. dan setelah memenuhi syarat baku mutu air buangan baru bisa dialirkan ke selokan-selokan atau sungai. murah dan sehat karena dapat menghindari pencemaran air sumur / airtanah. ganggang atau tumbuhan air lainnya).Pengendapan. agar limbah tersebut tidak langsung dialirkan ke selokan atausungai. Setiap sepuluh rumah disediakan satu WC umum. air kamarmandi. Untuk mengatasi pencemaran air dapat dilakukan usaha preventif. Tidak menggunakan sungai atau danau untuk tempat mencuci truk. Kebiasaan membuang sampah ke sungai dan disembarang tempat hendaknya diberantas dengan memberlakukan peraturan-peraturan yang diterapkan di lingkungan masing-masing secara konsekuen. Tidak membuang sampah atau limbah cair ke sungai. Limbah industri hendaknya diproses dahulu dengan teknik pengolahan limbah. Untuk itu bisa menggunakan beberapa metode bergantung pada komponen yang ingin dihilangkan. Kemampuan ini ada batasnya. Reaksi ikan terhadap kemungkinan pengaruh polutan diteliti. berwarna atau bau. dan lain-lain) secara kolektif. Sampah-sampah hendaknya dibuang pada tempat yang telah ditentukan. . danau atau sumur tanpa dimasak dahulu Pembuatan Kolam Pengolah Limbah Cair Saat ini mulai digalakkan pembuatan WC umum yang dilengkapi septic tank di daerah/lingkungan yangrata-rata penduduknya tidak memiliki WC. Dengan demikian akan tercipta sungai yang bersih dan memiliki fungsi ekologis. 2. Tidak menggunakan sungai atau danau untuk wahana memandikan ternak dan sebagai tempat kakus 4. mobil dan sepeda motor 3. yaitu proses dekomposisi bahan-bahan padatan secara biologis c) Proses pengendapan tersier.) hanyalah air yang tidak tercemar. yaitu menghilangkan komponen-komponen fosfor dan padatan tersuspensi. Untuk limbah industri dilakukan dengan mengalirkan air yang tercemar ke dalambeberapa kolam kemudiandibersihkan.

com • www. 4.kapanlagi. yakni : Penanggulangan secara administrative .KU/…/pencemaran-air/hal.html• idkf.com/2009/2/makalah-pencemaran-air. Simpulan Air merupakan kebutuhan makhluk hidup. Bandung. Namun air juga dapat tercemar oleh bahan – bahan pencemar seperti pencemar bahan buangan organic. Berdasarkan penelitian.bogor. Jurnal Pemukiman • Pusat litbang SDA. Hasil akhir berupa air tak tercemar yang siap dialirkan ke badan air danlumpur yang siap dikelola lebih lanjut. yaitu mengurangi kandungan garam-garam organik maupun mineral dari air . kita harus sadar akan lingkungan artinya bahwa kita lah yang menjaga lingkungan ini agar tetap baik. Biologi – 1b untuk SMU kelas 1 tengah tahun kedua. yaitu menurunkan konsentrasi garam-garam terlarut dengan menggunakan tenaga listrik . maka dalam hal ini kualitas air harus tetap terjaga.html – • restorasibumi.pikiranrakyat. 2007. Upaya pencegahan & penaggulangan pencemaran air ini.net/yuesbi/e-DU. DAFTAR PUSTAKA • Drs. Saran Untuk menjaga kualitas air maka kita selaku makhluk yang sangat rentan melakukan pencemaran terhadap air maka. tetapi bergantung padajenis limbah yang dihasilkan.anneahira.2. Mari bersama kita jaga lingkungan ini agar tetap dapat kita nikmati dan demi anak cucu kita di hari kemudian.com .html • www.kompas. Jurnal Teknologi pengendalian Air di indonesia • Artikel kimia • Pandisuryadi-berbagiilmu. bahan buangan an organic. teknologi dan edukatif. tanaman air seperti enceng gondok dapat dimanfaatkan untuk menyerap bahan pencemar di dalam air. “PADA INTINYA ADALAH MANAGEMENT SAMPAH” BAB IV PENUTUP 4. Bumi Aksara • Natah.com/…/cara-mencegah-pencemaran-air.com/…/karya-ilmiah-dampak-pencemaran-air-oleh-html • Ipvt.bahan buangan kimia.blogspot.com • www.. yaitu menghilangkan organisme penyebab penyakit Tahapan proses pengolahan air buangan tidak selalu dilakukan seperti di atas.blogspot. Slamet Prawirohartono.com • www.Elektrodialisis.1. 17.Klorinasi.blogspot. 2000.Osmosis. dan pada dasarnya ada tiga hal pokok yang perlu di perhatikan dalam pencegahan pencemaran air.

Dan kami juga akan memperbaikinya supaya lebih baik lagi mendatang .menyebabkan pencemaran tanah dan cara mengatasinya Namun. kami meminta saran dan kritik atas karya tulis .terselesaikannya karya tulis ini Karya tulis ini disusun dalam rangka memenuhi tugas karya tulis ilmiah pelajaran kimia .3 Halaman Kata Pengantar …………………………………………………. penyusun menyadari bahwa penyusun masih mempunyai kekurangan dalam menyusun karya tulis ilmiah ini.DAFTAR ISI Halaman cover …………………………………………………. beserta sebab mengapa pupuk bisa ..wb Penyusun mengucap puji syukur kepada Allah SWT atas terselesaikannya karya tulis berjudul “Pencemaran Tanah oleh Pupuk” ini.4 Halaman Pendahuluan …………………………………………………. Penyusun juga ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan ibu guru dan teman-teman sekalian yang sangat membantu dalam ..5 Halaman Studi Pustaka ………………………………………………6-10 Halaman Penutup ……………………………………………..11-12 Halaman Daftar Pustaka …………………………………………………13 KATA PENGANTAR .ini.1 Halaman Pengesahan ………………………………………………….2 Halaman daftar Isi …………………………………………………. Karena itu.mengenai pencemaran lingkungan yaitu pencemaran tanah oleh pupuk Melalui karya tulis ini kami juga ingin menginformasikan pada para pembaca mengenai pencemaran tanah yang disebabkan oleh pupuk.Assalamualaikum wr.

Penyusun .Wassalamu’alaikum wr.tersebut ` BAB II STUDI PUSTAKA A.Nabila N. produktivitas lahan akan ..1 .pupuk kimia bisa dikurangi TUJUAN & Penulis menginginkan para pembaca mengerti mengenai masalah lahan pertanian di Indonesia yang semakin kritis karena tingginya pemakaian pupuk kimia . Dan juga supaya para pembaca mengetahui langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi pencemaran tanah. Penggunaan pupuk organic bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk kimia .wb .terus menurun dan akhirnya lahan tersebut sendiri akan mati Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan penggunaan pupuk organic untuk mengganti penggunaan pupuk anorganik/kimia pada tanah pertanian. Penulis menginginkan para pembaca mengetahui dampak pencemaran tanah yang disebabkan oleh pupuk secara rinci. khususnya lahan pertanian karena penggunaan pupuk . Pupuk menurut macamnya dibagi 2 :yaitu Pupuk organik . Jika hal ini dibiarkan. sehingga dosis pupuk & akibat pencemaran lingkungan yang disebabkan penggunaan . DEFINISI PUPUK Pupuk adalah bahan kimia atau organisme yang menyediakan unsure hara bagi kebutuhan tanaman baik secara langsung maupun tidak langsung.menurun Lahan pertanian yang sudah masuk dalam kondisi kritis mencapai 66% dari kurang lebih 7 juta lahan pertanian yang ada di Indonesia.S BAB I PENDAHULUAN PERUMUSAN MASALAH & Sebagian besar lahan pertanian di Indonesia telah berubah menjadi lahan kritis akibat pencemaran dari limbah industri/pabrik dan pemakaian pupuk anorganik/kimia yang terlampau banyak secara terus menerus sehingga membuat unsure hara tanah semakin .

dll Revolusi hijau memang pernah meningkatkan produktivitas pertanian Indonesia. ternyata pupuk jugalah yang ikut andil . . pupuk kompos. Formula pupuk yaitu kandungan senyawa dari unsure hara .Adalah pupuk yang terbentuk dari hasil proses rekayasa industri secara kimia. dll Pupuk an-organik .2 . pupuk bokashi. terutama pada pupuk anorganik B.menyebabkan pencemaran lingkungan pada tanah Kalau pupuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Namun hal itu tidak berlangsung lama. Untuk :penggunaan pupuk anorganik.Contoh: NPK . Untuk memenuhi standar mutu dan menjamin efektifitas pupuk. Pada decade 1990-an. selain dapat menyuburkan tanah dan meningkatkan hasil pertanian. maka pupuk yang diproduksi harus berasal dari formula . Namun.dosis yang dianjurkan) . pemaksaan pemakaian bibit impor. sebuah proyek pada masa pemerintahan Orde Baru untuk mendorong produktivitas pertanian dengan menggunakan teknologi modern. bagaimana bias pupuk menyebabkan ?pencemaran lingkungan pada tanah Pupuk akan menyebabkan pencemaran pada tanah jika penggunaannya berlebihan ( melebihi .meningkat. fisik / biologis . Waktu itu. Urea. ketergantungan pemakaian pupuk kimia ( anorganik) yang makin . hal ini berdampak Berbagai organisme penyubur tanah musnah karena pupuk anorganik .Contoh: pupuk kandang. pupuk kimia. Indonesia yang Berjaya saat itu sempat mengalami swasembada beras. meskipun begitu.fisik / biologis . Gebrakan revolusi hijau di Indonesia memang terlihat pada decade 1980-an. pemerintah mengkomando penanaman padi. petani mulai kelabakan menghadapi kesuburan tanah yang merosot. dll.Adalah pupuk yang terbentuk atau dibuat secara alami tanpa menggunakan rekayasa kimia. penggunaan pupuk kimia merupakan bagian dari Revolusi Hijau. SEJARAH PUPUK ANORGANIK DI INDONESIA Di Indonesia.hasil rekayasa yang telah diuji mutu dan efektifitasnya Kedua jenis pupuk tadi ( pupuk organic dan anorganik) dipakai oleh para petani di Indonesia selama 3 dasawarsa terakhir pada masa peningkatan mutu intensifikasi di Indonesia guna menyuburkan tanah dan meningkatkan hasil pertanian.makro / mikroba Pupuk merupakan salah satu sarana produksi yang memiliki peranan penting dalam peningkatan produksi dan kualitas hasil budidaya tanaman. yang diadakan sejak tahun 1990-an. dll ?Apa itu rekayasa formula pupuk Rekayasa formula pupuk adalah serangkaian kegiatan rekayasa menghasilkan formula pupuk secara kimia.1 . fisik dan biologis.

granulasi.menerus akan mempercepat habisnya zat.butir tanah tersebut maka banyak unsure “P” yang hilang karena erosi. fraksi tanah yang halus lebih mudah tererosi sehingga unsure hara terutama “P” sebagian besar diserap butir.Terjadi peledakan dan serangan jumlah hama .unsure hara tanaman. pupuk anorganik secara temporer telah meningkatkan hasil pertanian.. Kesuburan tanah di lahan.maju Bahan organik merupakan salah satu komponen tanah yang sangat penting bagi ekosistem tanah. kimia maupun biologi.Kesuburan tanah yang merosot / tandus . Bahan organik tanah merupakan bahan penting untuk memperbaiki kesuburan tanah. maka pertanian akan dianggap semakin .zat organic . Keberhasilan diukur dan ditentukan dari berapa banyaknya hasil dari panen yang dihasilkan .perlu dilakukan Bahan organik yang berasal dari sisa tumbuhan dan binatang yang secara terus menerus mengalami perubahan bentuk karena dipengaruhi oleh proses fisika. Di samping itu . Usaha untuk memperbaiki dan mempertahankan kandungan bahan organik untuk menjaga produktivitas tanah mineral masam di daerah tropis .lahan yang menggunakan pupuk anorganik dari tahun ke tahun menurun.tanah. protein kasar. Sebagian besar “P” dalam tanah sukar larut sehingga “P” diangkut ke . Bahan organik tersebut terdiri dari karbohidrat. dimana bahan organik merupakan sumber pengikat hara dan substrat bagi mikrobia tanah.4 C. kimia dan biologi. Tanah – tanah yang dipindahkan oleh erosi umumnya mengandung unsure hara lebih tinggi daripada tanah yang ditinggalkan karena lapisan tanah yang terosi umumnya adalah lapisan atas yang subur. lignin dan lemak. bukan diukur dari kondisi dan keadaan tanah serta hasil panennya. Bahan organik secara fisik mendorong .2 . sehingga menimbulkan berbagai penyakit tanaman Pencemaran kimia dari pupuk merupakan pencemaran unsure.zat makanan di dalam . tetapi keuntungan hasil panen akhirnya berkurang banyak dengan adanya penggunaan pupuk ini karena adanya sesuatu yang timbul akibat adanya degradasi ( pencemaran ) lingkungan pada lahan pertanian. Alasan utama kenapa pupuk anorganik menimbulakan pencemaran pada tanah adalah karena dalam prakteknya banyak kandungan yang terbuang. hemiselulose. selulose.Keseimbangan ekosistem tanah yang rusak . Penggunaan pupuk organik dapat memperbaiki struktur tanah dan mendorong perkembangan populasi mikro organisme tanah. baik secara fisik. Semakin banyak hasil panen.tempat lain bersama dengan aliran permukaan atau air infiltrasi Akibat pencemaran dari limbah industri dan pemakaian pupuk anorganik yang terlalu banyak secara terus menerus menyebabkan unsure hara yang ada di dalam tanah menurun. PEMAKAIAN PUPUK KIMIA Menurut Altieri ( 2000 ) . Di negara Indonesia sendiri. Lahan pertanian yang telah masuk dalam kondisi kritis mencapai 66% dari total 7 juta hektar lahan pertanian yang ada di Indonesia. sebagian besar lahan pertanian telah berubah menjadi lahan kritis. mengurangi plastisitas dan meningkatkan daya pegang air .3 . Penggunaan pupuk buatan ( anorganik ) yang terus. merusak keseimbangan zat.

maupun bagi . sehingga mengakibatkan .mengganggu keadaan tanah maupun tanaman tersebut E. juga dapat memberikan dampak negative di antaranya meningkatkan gangguan hamadan penyakit akibat nutrisi yang tidak seimbang. Pemberian nitrogen berlebih di samping menurunkan efisiensi pupuk. perlu upaya perbaikan guna mengatasi masalah tersebut.diberlakukan D. Hal ini menyebabkan tanaman dan tanah mendapat nutrisi yang tidak tepat dan dapat .Apabila tidak ada masukan bahan organik ke dalam tanah akan terjadi masalah pencucian sekaligus kelambatan penyediaan hara. sangat mendukung upaya penghematan pupuk kimia. Penggunaan mikroorganisme pada pembuatan pupuk organic . pencemaran air tanah dan lingkungan yang timbul akibat pemakaian pupuk kimia berlebihan . selain meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk . telah berhasil menyelamatkan Indonesia dari predikat pengimpor beras terbesar di dunia menjadi negara yang mampu melaksanakan swasembada beras pada tahun 1984. Oleh karena itu . khususnya yang dilakukan oleh kelompok peneliti bioteknologi pada beberapa tahun terakhir. Pupuk palsu ini adalah pupuk yang dipalsukan atau disamarkan kandungan zat dan kadar zat di dalamnya. PEMALSUAN PUPUK Selain disebabkan oleh adanya penggunaan pupuk organic yang tidak sesuai takaran secara rutin . konsumen .sejak tahun 1994 sampai saat ini belum terlaksana Di pihak lain. akhir – akhir ini muncul gejala yang mengisyaratkan ketidakefisienan dalam pemanfaatan sumber daya pupuk.Pengembangan industri pupuk organic memiliki prospek yang cerah dan menawarkan beberapa keuntungan . baik bagi produsen. EFISIENSI PENGGUNAAN PUPUK KIMIA DAN ORGANIK Efisiensi penggunaan pupuk saat ini harus dilaksanakan karena industri pupuk kimia yang berjumlah enam buah telah beroperasi pada kapasitas penuh . apalagi dengan adanya kebijakan . Upaya tersebut dilaksanakan melalui pendekatan peningkatan daya dukung tanah atau peningkatan efisiensi produk pupuk dengan menggunakan mikroorganisme. Pada kondisi seperti ini penyediaan hara hanya terjadi dari mineralisasi bahan organik yang masih terdapat dalam tanah. Upaya peningkatan efisiensi didukung kuat oleh kelompok peneliti bioteknologi atas keberhasilan mereka menemukan pupuk organic yang mampu meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk kimia.cadangan total C tanah semakin berkurang Pupuk memiliki kandungan nitrogen di dalamnya. Keadaan ini pun pada akhirnya justru memberatkan para petani . hal ini juga disebabkan pemalsuan pupuk yang dijual kepada para petani.perekonomian nasional Upaya pembangunan pertanian yang terencana dan terarah yang dimulai sejak Pelita I pada tahun 1969. juga akan mengurangi dampak . sehingga pengolahan sumber daya secara efektif. sedangkan rencana perluasan . Unsur nitrogen yang ada dalam pupuk ini mudah larut. efisien dan aman lingkungan dapat . Namun di balik keberhasilan yang menggembirakan tersebut . permintaan pupuk kimia dalam negeri dari tahun ke tahun semakin meningkat.penghapusan subsidi pupuk dan penyesuaian harga gabah yang tidak berimbang Beberapa penelitian yang menyangkut efisiensi penggunaan pupuk .

Industri pupuk organic sendiri saat ini mulai tumbuh dan berkembang , beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pupuk organic cukup banyak bermunculan , antara lain seperti : PT. TRIMITRA BUANAWAHANA PERKASA yang bekerjasama dengan PT. TRIHANTORO UTAMA bersama Pemda DKI Jakarta dan Pemkot Bekasi yang saat ini akan mengolah sampah kota DKI Jakarta , PT. MULTI KAPITAL SEJATI MANDIRI yang bekerjasama dengan Gapoktan ( Gabungan Kelompok Tani) dan Pemda Kabupaten Brebes Jawa Tengah yang mengolah sampah kota dan limbah pedesaan . PT.PUSRI selain memproduksi pupuk kimia , saat ini bersama PT. TRIHANTORO UTAMA dan Dinas Kebersihan Pemda DKI Jakarta juga memproduksi pupuk organic. Sampah dan limbah organic diolah dengan menggunakan teknologi modern dengan penambahan nutrient tertentu sehingga .menghasilkan pupuk organic yang berkualitas F. MANFAAT PUPUK ORGANIK Penggunaan pupuk organic bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi penggunaaan pupuk kimia ,sehingga dosis pupuk dan dampak pencemaran lingkungan akibat penggunaaan pupuk kimia dapat secara nyata dikurangi . Kemampuan pupuk organic untuk menurunkan dosis penggunaan pupuk konvensional sekaligus mengurangi biaya pemupukan telah dibuktikan oleh beberapa hasil penelitian , baik untuk tanaman pangan ( kedelai, padi , jagung , dan kentang ) maupun tanaman perkebunan ( kelapa sawit, karet , kakao , the , tebu , dll.) yang diketahui selama ini sebagai pengguna utama pupuk konvensional (pupuk kimia ). Lebih lanjut lagi, kemampuannya untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan terbukti .sejalan dengan kemampuannya menurunkan dosis penggunaan pupuk kimia Beberapa hasil penelitian di beberapa daerah , pupuk organic terbukti dapat menekan kebutuhan pupuk kimia hingga 100% , TSP/SP36 hingga 50% , kapur pertanian hingga 50%. Biaya yang dihemat mencapai Rp 50.000,-/ ha. Sedangkan produksi kedelai meningkat antara 2,45 hingga 57,48%. Keuntungan yang diperoleh petani kedelai naik rata – rata Rp 292.000/ ha, terdiri dari penghematan biaya pemupukan sebesar Rp 50.000,-/ ha, dan kenaikan produksi senilai Rp 242.000,-/ ha. Juga keadaan tanah yang semakin subur dan tidak .mengalami pencemaran Aplikasi pupuk organic yang dikombinasikan dengan separuh takaran dosis standar pupuk kimia ( anorganik ) dapat menghemat biaya pemupukan . Pengujian lapangan terhadap tanaman pangan juga menunjukkan hasil yang menggembirakan , karena dapat meningkatkan .hasil produksi pertanian dan dapat menghemat biaya pemupukan lahan Ini membuktikan bahwa untuk mengatasi pencemaran tanah yang disebabkan oleh pupuk anorganik dapat digunakan pemakaian pupuk organic untuk menyeimbangkan pemakaian .( pupuk kimia ( anorganik PENUTUP I. KESIMPULAN Pupuk adalah bahan kimia / organisme yang menyediakan unsure hara bagi kebutuhan .tanaman baik secara langsung maupun tidak langsung :Pupuk dibagi 2 macam

Pupuk organic .1 .Adalah pupuk yang terbentuk / dibuat secara alami tanpa rekayasa kimia , fisik / biologis .Contoh: pupuk kandang , pupuk kompos , dll Pupuk anorganik .2 Adalah pupuk yang terbentuk dari hasil proses rekayasa industri secara kimia , fisik / .biologis .Contoh: NPK, Urea , dll Pencemaran lingkungan pada tanah disebabkan oleh pemakaian pupuk kimia ( anorganik ) yang berlebihan. Pupuk kimia sendiri dikenal di Indonesia sejak dicanangkannnya revolusi hijau. Revolusi Hijau adalah proyek Orde Baru untuk mendorong produktivitas pertanian dengan menggunakan teknologi modern , yang diadakan sejak tahun 1970-an.Revolusi hijau menginstruksikan penanaman padi , pemaksaan pemakaian bibit impor dan pupuk kimia , dll. Hasilnya menguntungkan , namun tak lama hal ini malah menyebabkan pencemaran tanah .besar-beasaran :Pencemaran tanah yang disebabkan oleh pupuk dapat diatasi dengan .Menggunakan pupuk sesuai dengan takaran .1 .Mengurangi penggunaan pupuk kimia .2 .Memadukan penggunaan pupuk kimia dengan pupuk organic .3 .Waspada terhadap penjualan pupuk palsu dengan takaran yang tidak semestinya .4 II. SARAN Badan Pengawas Pupuk seharusnya memeriksa lebih ketat kandungan zat pada pupuk kimia karena pada kenyataannya di lapangan banyak pupuk kimia yang memiliki kandungan yang .kurang ataupun berbahaya Para petani hendaknya tidak menggunakan pupuk kimia dengan berlebihan dan memadukan .penggunaan pupuk kimia dengan pupuk organic Pemerintah juga sepatutnya mengadakan penyuluhan mengenai penggunaan pupuk bagi para .petani dan menghimbau pemakaian pupuk organic pada tanaman dan lahan pertanian DAFTAR PUSTAKA Google.co.id/pencemaran tanah oleh pupuk Google.co.id/pupuk Google.co.id/pupuk anorganik

P4kipa.co.id Tempo.co.id Suaramerdeka.com Wawasan.com Cnr.berkeley.edu/-agroeco3/principles_and_strategies.html Fao.org/docreep/v9926e/v996e04.htm Oznet.ksu.edu karya ilmiah pencemaran lingkungan , contoh karya ilmiah tentang sampah organik , contoh karya tulis ilmiah tentang pencemaran lingkungan , karya ilmiah tentang sampah organik , kata pengantar seni rupa , contoh kata pengantar seni rupa , karya ilmiah tentang lingkungan , karya ilmiah biologi tentang tumbuhan , contoh karya ilmiah kebersihan lingkungan , karya ilmiah sampah organik Tags: karya ilmiah, karya ilmiah pencemaran lingkungan, makalah pencemaran lingkungan, pencemaran lingkungan —
v

MAKALAH PENCEMARAN LINGKUNGAN IAD (Ilmu Alamiah Dasar)

BAB I PENDAHULUAN

Permasalahan pencemaran lingkungan yang harus segera kita atasi bersama diantaranya pencemaran air tanah dan sungai.1. Siapapun bisa berperan serta dalam menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini. perubahan iklim global. Dimulai dari lingkungan yang terkecil. RUMUSAN MASALAH Adapun rumusan masalah yang akan kami bahas dalam makalah ini adalah : 1. kontaminasi tanah oleh sampah. hujan asam.1. pencemaran udara perkotaan. bagaimana proses pencemaran itu terjadi. kontaminasi zat radioaktif. Untuk menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini. karena menyangkut keselamatan. LATAR BELAKANG Pencemaran lingkungan merupakan masalah kita bersama. dan bagaimana langkah penyelesaian pencemaran lingkungan itu sendiri. diri kita sendiri. sampai ke lingkungan yang lebih luas. termasuk kita.2. penipisan lapisan ozon. Apa Definisi dari Lingkungan? . yang semakin penting untuk diselesaikan. kesehatan.2.1. Sehubungan dengan hal tersebut. dan sebagainya. maka dalam hal ini kami menyusun makalah yang dengan tema “Pencemaran Lingkungan” agar kita dapat mengetahui darimana pencemaran lingkungan itu datang dan bagaimana cara penanggulangannya. tentunya kita harus mengetahui sumber pencemar. 1. dan kehidupan kita.

2.4. dan . Apa penyebab terjadinya pencemaran lingkungan? Jelaskan Dampak pencemaran Lingkungan? Sebutkan cara penanganan Pencemaran Lingkungan? TUJUAN Tujuan dari penulisan makalah ini adalah : 1.5. ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi dari lingkungan itu sendiri.3. 23 Tahun 1997.5.1. lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda. Dalam makalah ini akan disampaikan beberapa defisini tentang lingkungan.2. DEFINISI LINGKUNGAN HIDUP Sebelum kita membahas tentang pencemaran lingkungan. keadaan. Dapat menjelaskan Dampak pencemaran Lingkungan? Dapat menjelaskan cara penanganan Pencemaran Lingkungan? BAB II PEMBAHASAN 2.3.3.2. 1.3.1.2.2. 1. 1. daya.3. Menurut Undang-undang No.3.2. 1. Mengetahui dan memahami penyebab terjadinya pencemaran lingkungan? 1.4.1. 1.3. Jelaskan Pengertian dan Macam-macam Pencemaran Lingkungan? 1.3. Untuk mengetahui Definisi dari Lingkungan? Mengetahui Pengertian dan Macam-macam Pencemaran Lingkungan? 1.

Sedangkan ruang lingkup lingkungan hidup Indonesia meliputi ruang. keadaan dan pengaruhnya yang terdapat di dalam ruang yang mempengaruhi segala yang berada di dalam ruang yang kita tempati. Emil Salim : Segala benda. tempat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berWawasan Nusantara dalam melaksanakan kedaulatan. Secara hukum maka wawasan dalam menyelenggarakan penegakan hukum pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia adalah Wawasan Nusantara. memberikan kedudukan dengan peranan strategis yang tinggi nilainya. hak berdaulat. Otto Sumarwoto : Lingkungan adalah jumlah sebuah benda dan kondisi yang berada di dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi Kehidupan manusia. Merujuk pada definisi di atas. Sedangkan menurut para ahli antara lain : Munajat saputra : Semua benda dan kondisi yang terdapat di dalam ruang dimana manusia itu berada dan berpengaruh terhadap kelangsungan dan kesejahteraan manusia. maka lingkungan hidup Indonesia tidak lain merupakan Wawasan Nusantara.makhluk hidup. dan yurisdiksinya. yang menempati posisi silang antara dua benua dan dua samudera kondisi dengan iklim alamiah dalam dan tropis dan cuaca serta musim yang Indonesia menyelenggarakan aspeknya. stabilitas. tempat bangsa kehidupan bernegara segala . yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan. dan produktivitas lingkungan hidup. termasuk manusia dan perilakunya. kondisi. yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem.

yang dapat dicegah dan dikendalikan. Suatu zat dapat disebut polutan apabila : 1.2.2.Berada di tempat yang tidak tepat. 3. Ilmu lingkungan biasanya membahas pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia. 4 Tahun 1982). gas beracun). dan mengendalikan pencemaran.Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makluk hidup. tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi. .1. Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (misal gunung meletus.2. Contohnya. Merusak untuk sementara. dan atau komponen lain ke dalam lngkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfingsi lagi sesuai dengan peruntukannya (UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. zat energi. Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari.033%dapat memberikan efek merusak. PENGERTIAN LINGKUNGAN DAN MACAM-MACAM PENCEMARAN 2. karbon dioksida dengan kadar 0.033% di udara berfaedah bagi tumbuhan.Berada pada waktu yang tidak tepat. Yang dapat dilakukan dan adalah mengurangi pencemaran. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran di sebut polutan. Karena kegiatan manusia. PENCEMARAN LINGKUNGAN Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup. pencermaran lingkungan pasti terjadi.Jumlahnya melebihi jumlah normal. 2. Sifat polutan adalah : 1. meningkatkan kesadaran kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkngan. tetapi bila lebih tinggi dari 0.

Merusak dalam waktu lama. hasil pembakaran. 1) Pencemaran Udara Pencemaran udara disebabkan oleh asap buangan. SO2. minyak bumi). Pencemaran lingkungan dapat dikategorikan menjadi: • • • Pencemaran Air. juga dari mobil. Sebagaimana diuraikan diatas. Pencemaran Udara. SO. Macam-macam Pencemaran Lingkungan A.2. mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar fosil (batubara.2. CFC. air. Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkatyang merusak. dan pembakaran kayu. pencemaran dibedakan menjadi pencemaran udara. pesawat terbang. Berdasarkan Tempat Terjadinya Menurut tempat terjadinya. . Pencemaran Tanah.2. kapal. Meningkatnya kadar CO2 di udara tidak segera diubah menjadi oksigen oleh tumbuhan karena banyak hutandi seluruh dunia yang ditebang. dan tanah. 2. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. hal demikian dapat mengakibatkan efek rumah kaca. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama. a) CO2 Pencemaran udara yang paling menonjol adalah semakin meningkatnya kadar CO2 di udara. dan asap rokok. misalnya gas CO2. CO. Karbon dioksida itu berasal dari pabrik.

Hal ini dapat membahayakan orang yang ada di garasi tersebut. menghidupkan AC ketika tidur didalam mobil dalam keadaan tertutup juga berbahaya. menghidupkan mesin mobil di dalam garasi tertutup. tidak berbau. menyebebkan kanker kulit atau kanker retina mata. Bocoran gas CO dari knalpot akan masuk ke dalam mobil. lubang ozon di kutub Selatan semakin lebar. Gas ini dapat digunakan misalnya untuk mengembangkan busa (busa kursi). Misalnya. Selain itu. menimbulkan mutasi genetik. menyebabkan kematian organisme. Jika proses pembakaran di mesin tidak sempurna.b) CO Di lingkungan rumah dapat pula terjadi pencemaran. tumbuhan menjadi kerdil. radiasi cahaya ultraviolet mencapai permukaan bumi. Menurut pengamatan melalui pesawat luar angkasa. Karena itu penggunaan AC harus dibatasi. SO2 . d) SO. tidak berasa. sehingga lapisan ozon tersebut “berlubang” yang disebut sebagai “lubang” ozon. maka proses pembakaran itu menghasilkan gas CO (karbon monoksida) yang keluar memenuhi ruangan. akan terjadi reaksi antara CFC dan ozon. dan penyemprot rambut (hair spray). sehingga dapat menyebabkan kamatian. karena tidak beraksi. c) CFC Pencemara dara yang berbahaya lainnya adalah gas khlorofluoro karbon (disingkat CFC). Jika gas CFC mencapai ozon. Gas CFC digunakan sebagai gas pengembang. Saat ini luasnya telah melebihi tiga kali luas benua Eropa. pendingin pada almari es. untuk AC (freon). Gas CFC yang membumbung tinggi dapat mencapai stratosfer terdapat lapisan gas ozon (O3). Lapisan ozon ini merupakan pelindung bumi dari pengaruh cahaya ultraviolet. dan tidak berbahaya. Kalau tidakl ada lapisan ozon.

Perokok aktif Perokok pasif : adalah mereka yang merokok.Gas belerang oksida (SO. seperti batuk dan penyakit pernapasan (bronkhitis. Perokok dapat di bedakan menjadi dua yaitu perokok aktif dan perokok pasif. kanker patu-paru. mempengaruhi janin dalam kandungan dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. emfisema. Menurut penelitian. Besi dan logam mudah berkarat. Bangunan–bangunan kuno. seperti menguningnya daun atau kerdilnya tanaman akibat konsentrasi SO2 yang tinggi atau gas yang bersifat asam. seperti candi. Jadi. Gas tersebut dapat beraksi dengan gas nitrogen oksida dan air hujan. Terganggunya pertumbuhan tananam. batubara). : adalah orang yang tidak merokok tetapi menghirup asap rokok di suatu ruangan. Produksi pertanian merosot. dan kemungkinan kanker paru-paru. Hujan asam mengakibatkan tumbuhan dan hewan-hewan tanah mati. korosi pada logam. SO2) di udara juga dihasilkan oleh pembakaran fosil (minyak. Adanya peristiwa efek rumah kaca (green house effect ) . Maka terjadilah hujan asam. e) Asap Rokok Polutan udara yang lain yang berbahaya bagi kesehatan adalah asap rokok. Asap rokok mengandung berbagai bahan pencemar yang dapat menyababkan batuk kronis. menjadi cepat aus dan rusak. Rusaknya bangunan karena pelapukan. Demikian pula bangunan gedung dan jembatan. merokok di dalam ruangan bersama orang lain yang tidak merokok dapat mengganggu kesehatan orang lain. dan memudarnya warna cat. yang menyebabkan air hujan menjadi asam. Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara antara lain : • • • Terganggunya kesehatan manusia. perokok pasif memiliki risiko yang lebih besar di bandingkan perokok aktif.

lemek. bendungan akan cepat dangkal dan biota air akan mati karenanya. Adapula bahan-bahan . b) Limbah Rumah Tangga Limbah rumah tangga yang cair merupakan sumber pencemaran air.atau komponen lainnya kedalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu. Ditinjau dari asal polutan dan sumber pencemarannya. Kualitas air yang terganggu ditandai dengan perubahan bau. upayakan agar memilih insektisida yang berspektrum sempit (khusus membunuh hewan sasaran) serta bersifat biodegradable (dapat terurai oleh mikroba) dan melakukan penyemprotan sesuai dengan aturan. Bila es meleleh maka permukaan laut akan naik sehingga mempengaruhi keseimbangan ekologi. Karena air kaya nutrisi. ikan. Sedangkan pupuk organik yang larut dalam air dapat menyuburkan lingkungan air (eutrofikasi). • Terjadinya hujan asam yang disebabkan oleh pencemaran oksidanitrogen 2) Pencemaran Air Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat. ganggang dan tumbuhan air tumbuh subur (blooming). Untuk mencegahnya.rasa. Dari limbah rumah tangga cair dapat dijumpai berbagai bahan organik (misal sisa sayur. minyak. nasi. Jika biota sungai tidak mati kemudian dimakan hewan atau manusia orang yang memakannya akan keracunan. Jangan membuang sisa obet ke sungai. dan warna. energi. Insektisida dapat mematikan biota sungai.yang dapat menaikkan suhu udara secara global serta dapat mengubah polaiklim bumi dan mencairkan es di kutub. air buangan manusia) yang terbawa air got/parit. Hal yang demikian akan mengancam kelestarian bendungan. kemudian ikut aliran sungai. pencemaran air dapat dibedakan antara lain : a) Limbah Pertanian Limbah pertanian dapat mengandung polutan insektisida atau pupuk organik. unsur.

Dibandingkan dengan limbah industri. atau berupa suhu (air menjadi panas). atau mungkin berupa polutan yang mengandung asam belerang (berbau busuk). dan jamur. Bahan organik yang larut dalam air akan mengalami penguraian dan pembusukan. Dikota-kota. Macam polutan yang dihasilkan tergantung pada jenis industri. menyumbat saluran air. terumbu karang. polutan organik (berbuaih. alumunium. Untuk mengatasinya. dan mengakibatkan banjir. berwarna). burung laut. Didalam air got yang demikian tidak ada organisme hidup kecuali bakteri dan jamur.anorganik seperti plastik. Mungkin berupa polutan organik (berbau busuk). air got berwarna kehitaman dan mengeluarkan bau yang menyengat. limbah industri harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang kesungai agar tidak terjadi pencemaran. Ikan. kemudian permukaan polutan ditaburi dengan zat yang dapat menguraikan minyak. Minyak yang ada di dalam kapal tumpah menggenangi lautan dalam jarak ratusan kilometer. Sampah bertimbun. kita dapat menemui cacing Tubifex berwarna kemerahan bergerombol. Cacing ini merupakan petunjuk biologis (bioindikator) parahnya pencemaran oleh bahan organik dari limbah pemukiman. Dilaut. dan botol yang hanyut terbawa arus air. Akibatnya kadar oksigen dalam air turun dratis sehingga biota air akan mati. Jika pencemaran bahan organik meningkat. c) Limbah Industri Adanya sebagian industri yang membuang limbahnya ke air. polutan dibatasi dengan pipa mengapung agar tidak tersebar. . bakteri. dan hewan-hewan laut banyak yang mati karenanya. limbah rumah tangga di daerah perkotaan di Indonesia mencapai 60% dari seluruh limbah yang ada. Pemerintah menetapkan tata aturan untuk mengendalikan pencemara air oleh limbah industri. sering terjadi kebocoran tangker minyak karena bertabrakan dengan kapal lain. Misalnya. Bahan pencemar lain dari limbah rumah tangga adalah pencemar biologis berupa bibit penyakit.

Punahnya biota air. Bungkus plastik yang kita buang ke . Sedangkan sampah anorganik seperti besi. dan serangga air. pasar. tetapi juga hewan-hewan yang masih kecil. dan peternakan. Akibat yang dtimbulkan oleh pencemaran air antara lain : • • • • • • Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen. Kegiatan penangkapan ikan dengan cara tersebut mengakibatkan pencemaran di lingkungan perairan dan menurunkan sumber daya perairan. udang. Dengan demikian racun yang disebarkan akan memusnahkan jenis makluk hidup yang ada didalamnya. Munculnya banjir akibat got tersumbat sampah. Racun tersebut tidak hanya hewan-hewan dewasa. kaca. jaringan hewan. Menjalarnya wabah muntaber. 3) Pencemaran tanah Pencemaran tanah banyak diakibatkan oleh sampah-sampah rumah tangga. sehingga terbentuklah humus. alumunium. kegiatan pertanian. Sampah-sampah tersebut tergolong sampah yang mudah terurai. sulit atau tidak dapat diuraikan. dan Pendangkalan Dasar perairan. Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air (eutrofikasi). Sampah organik itu misalnya dedaunan. dan kulit. dan air. melainkan juga semua biota air. misalnya ikan. gas. dan bahan sintetik seperti plastik.d) Penangkapan Ikan Menggunakan racun Sebagia penduduk dan nelayan ada yang menggunakan tuba (racundari tumbuhan atau potas (racun) untuk menangkap ikan tangkapan. industri. yuyu. kertas. Bahan pencemar itu akan tetaputuh hingga 300 tahun yang akan datang. Sampah dapat dihancurkan oleh jasad-jasad renik menjadi mineral.

dan melakukan pemeliharaan (repair). Dinegara maju. Pertama adalah sampah yang terurai. Kedua adalah sampah yang tak terurai. Berdasarkan Macam Bahan Pencemaran . Selain penggunaulangan dan pendaurulangan. dan c) Mengubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologi. Keuntungannya. Misalnya. mencegah negatifnya atau mengendalikannya. Jika pembuatan kompos dipadukan dengan pemeliharaan cacing tanah. maka akan dapat diperoleh hasil yang baik. dan repair. sampah yang akan dibuang dipisahkan menjadi dua wadah. Yang Kita dapat tahu kita bahwa lakukan pencemaran adalah tidak mungkin dampak dihilangkan. yaitu melakukan penguranganbahan/ penghematan (reduce). Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah antara laina. sedangkan tanah kompos dapat dijual untuk pupuk. beban lingkungan menjadi berkurang. banyak diedarkanke masyarakat. Baik pendaurulangan maupun penggunaulangan dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. b) Berubahnya sifat kimia atau sifat fisika tanah sehingga tidak baik untuk pertumbuhan tanaman. botol selai bekas digunakan untuk tempat bumbu dan botol bekas sirup digunakan untuk menyimpan air minum. slogan-slogan reuse. kaleng bekas kue digunakan lagiuntuk wadah makanan. B. cacing tanah dapat dijual untuk pakan ternak. dapat dimanfaatkan ulang (penggunaulangan = reuse). dan dapat dibuang ketempat pembuangan sampah atau dapat dijadikan kompos. reduce. masih ada lagiupaya untuk mencegah pencemaran. Sebaiknya. a) Terganggunya kehidupan organisme (terutama mikroorganisme dalam tanah).lingkungan akan tetap ada dan mungkin akan ditemukan oleh anak cucu kita setelah ratusan tahun kemudian.

Cd. hendaknya mendengarkan di tempat khusus (misaldi dalam kamar) agar tidak mengganggu orang lain. Cr. Saat ini telah diusahakan agar mesin-mesin yang digunakan manusia tidak terlalu bising. botol. pencemaran dibedakan menjdiberikut ini : 1. Contohnya pencemaran gas kendaraan bermotor. C. Kebisingan menyebabkan penduduk menjadi sulit tidur. Entamoeba coli. : CO2 logam berat (Hg. bahkan dapat mengakibatkan tuli. Ni. Pencemaran ringan. Pencemaran kimiawi 2. . minyak.Menurut macam bahan pencemarnya. dan stress. Bagi mereka yang suka mendengarkan musik yang hingar bingar. gangguan janin dalam kandungan. kaleng. menanam tanaman berdaun rimbun di halaman rumah meredam kebisingan. As. gangguan kejiwaan. plastik. Berdasarkan Tingkat Pencemaran Menurut 1. pencemaran dibedakan menjadisebagai berikut. dan dapat pula menimbulkan penyakit jantung. Pencemaran Suara (kebisingan) Dikota-kota atau di daerah dekat industri / pabrik sering terjadi kebisingan. Pencemaran Biolagi 3. yaitu pencemaran yang dimulai menimbulka ngangguan ekosistem lain. Bunyi tersebut mengganggu kesehatan dan ketenangan manusia. pupuk anorganik. Pencemara fisik 4. : logam. jika bising harus diusahakan adanya isolator. Pb. Salmonella thyposa. : kebisingan. pestisida. Pencemaran suara disebabkan oleh masuknya bunyi gaduh diatas 50 desibel (disingkat dB. detergen.) bahan : mikroorganisme seperti Escherichia coli. karet. kaca. tingkat pencemarannya. Pencemaran Suara raioaktif. merupakan ukuran tingkat kebisingan).

PENYEBAB TERJADINYA PENCEMARAN LINGKUNGAN Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh tangan manusia. Sampah buangan manusia dari rumah-rumah atau pemukiman penduduk. Jepang. Sampah dan zat seperti plastik. danau. Pencemaran akut. pasir. Contohnya pencemaran gas CO dari knalpot yang mematikan orang didalam mobil tertutup. laut. DDT. yaitu pencemaran yang dapat mematikan seketika.2. 2. Alam memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisi air yang telah tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dengan jalan pemurnian tanah. DDT digunakan oleh para petani untuk mengusir dan membunuh hama yang menyerang lahan pertanian. Zat kimia dari lokasi rumah penduduk. industri. bebatuan dan mikro organisme yang ada di alam sekitar kita. 3. air tanah. Pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai. Contohnya pencemaran Minamata. kali. Salah satu penyebab pencemaran di air yang paling terkenal adalah akibat penggunaan zat kimia pemberantas hama DDT. Jumlah pencemaran yang sangat masal dari pihak manusia membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi ke seperti semula. deterjen dan sebagainya yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperparah kondisi pengrusakan alam yang kian hari kian bertambah parah. . dan sebagainya. dan pencemaran radioaktif. dan sebagainya. Sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yang terjadi di darat baik di kota maupun di desa. Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi.3. yaitu pencemaran yang mengakibatkan penyakitkronis. Sebab Pencemaran Lingkungan di Air dan di Tanah : • • • Erosi dan curah hujan yang tinggi. pertanian. Pencemaran kronis.

adpula yang tidak. Lambat laun bisa menyebabkan penyakit kanker pada tubuh. kemudian mati. 2. hewan tersebut akan mati. a.. Akibat adanya biological magnification / pembesaran biologis pada organisme yang disebabkan oleh penggunaan DDT. harus diketahui bahwa tingkat adaptasi hewan ada batasnya. Peledakan Hama Penggunaan insektisida dapat pula mematikan predator. Karena predator punah. Hewan muda. Merusak jaringan tubuh makhluk hidup. otot lehah dan bisa juga kelumpuhan Menghambat proses pengapuran dinding telur pada hewan bertelur sehingga telurnya tidak dapat menetas. DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN a. maka serangga hama akan berkembang tanpa kendali.4. . Menimbulkan otot kejang. Berbagai jenis hewan mengelami keracunan. DDT yang telah masuk ke dalam tubuh akan larut dalam lemak. b. larva merupakan hewan yang peka terhadap bahan pencemar. Dengan demikian seluruh hewan yang ada pada rantai makanan akan tercemar oleh DDT termasuk pada manusia. sehingga tubuh kita akan menjadi pusat polutan yang semakin hari akan terakumulasi hingga mengakibatkan efek yang lebih menakutkan. Ada hewan yang dapat beradaptasi sehingga kebal terhadap bahan pencemar.DDT tidak hanya berdampak pada hama namun juga binatangbinatang lain yang ada di sekitarnya dah bahkan di tempat yang sangat jauh sekalipun akibat proses aliran rantai makanan dari satu hewan ke hewan lainnya yang mengakumulasi zat DDT. Ada yang peka. Meskipun hewan beradaptasi. Berbagai spesies hewan memiliki kekebalan yang tidak sama. Punahnya Spesies Sebagaimana telah diuraikan. polutan berbahaya bagi biota air dandarat. b. ada pula yang tahan. c. Bila batas tersebut terlampui.

d. menderita kanker. dan bahan makanan tercemar dapat mengalami keracunan. ada yang mengalami kerusakan hati. Demikian juga dengan terjadinya hujan asam. jaring-jaring makanan dan lairan energy menjadi berubah. Pemekatan Hayati Proses peningkatan kadar bahan pencemar melewati tubuh makhluk dikenal sebagai pemekatan hayati (dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai biomagnificition. Terbentuknya Lubang Ozon dan Efek Rumah Kaca Terbentuknya Lubang ozon dan terjadinya efek rumah kacamerupakan permasalahan global yang dirasakan oleh semua umat . ginjal. Hal ini dapat menurunkan kesuburan tanah. Akibatnya. Keracunan dan Penyakit Orang yang mengkonsumsi sayur. g. Rantai makanan. dan bahkan ada yang menyebabkan cacat pada keturunan-keturunannya. Hal ini juga dapat menurunkan kesuburan tanah. keseimbangan lingkngan terganggu. Gangguan Keseimbangan Lingkungan Punahnya spasies tertentu dapat mengibah pola interaksi di dalam suatu ekosistem. ada yang meninggal dunia. f. Daur materi dan daur biogeokimia menjadi terganggu. Penggunaan pupuk terus menerus dapat menyebabkan tanah menjadi asam. kerusakan susunan saraf.c. ikan. Kesuburan Tanah Berkurang Penggunaan insektisida mematikan fauna tanah. e.

Hal ini disebabkan karena bahan pencemar dapat tersebar dan menimbulkan dampak di tempat lain. seperti pupuk kompos dan pupuk kandang untuk mengurangi pencemaran tanah. Melakukan Penghijauan Salah satu cara mengatasi pencemaran tanah adalah penghijauan kembali dengan cara sehingga tanaman kembali subur. dan NSP yang berlebihan sangat merusak lingkungan karena dapat menyebabkan eutrofikasi dan dapat meningkatkan keasaman tanah. Manusia memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia sendiri. d.Sebaiknya. . c.manusia. Rotasi Tanaman Rotasi tanaman adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan kesuburan tanah. b. Beberapa hal yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi pencemaran lingkungan akan diuraikan berikut ini: a. seperti lereng bukit dan pegunungan. 2. Pembuatan Sengkedan Salah satu upaya untuk mengatasi kerusakan tanah karena erosi adalah dengan pembuatan sengkedan di tanah berbidang miring.5. PENANGANAN PENCEMARAN LINGKUNGAN Peranan Manusia Mengatasi Pencemaran Lingkungan. Penggunaan Pupuk Seperlunya Penggunaan pupuk buatan seperti urea. ZA. memberi humus tanah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menanam jenis tanaman yang berbeda pada tempat yang sama secara bergantian. petani menggunakan pupuk alami.

e. g. dan bioremediasi. terdiri dari pembersihan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi erosi karena akar-akar pohon dapat menyerap air dan menahan tanah agar tidak terbawa air hujan. Ada dua jenis remediasi tanah. Setelah itu di daerah aman. Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. venting (injeksi). tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah. Bioremediasi Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur. . h. tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap. bakteri). Remediasi Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.Pendaur-ulangan sampah-sampah rumah tangga dan sampah dari pasar menjadi pupuk yang dapat dimanfaatkan petani. Pembersihan offsite meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman. Jika diolah kembali dan ditambah kotoran hewan akan menjadi pupuk alami yang sangat baik untuk tanaman. Reboisasi adalah penanaman kembali lahan-lahan yang gundul. Daur Ulang Saat ini banyak sekali produk daur ulang yang bisa dipakai kembali. Biasanya sampah pasar berupa sayur-sayuran yang telah membusuk. Pembersihan offsite ini jauh lebih mahal dan rumit. f. Caranya yaitu. Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air). kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah.

1. maka kekebalan tubuh manusia yang berada di sekitar daerah pencemaran akan menurun sehingga tidak jarang manusia saat ini sering terkena penyakit seperti penyakit kulit. dll. Pencemaran lingkungan dibagi ke dalam tiga bagian yaitu . Semakin banyak pencemaran yang dilakukan. penyakit kanker. (1) Pencemaran Udara. . SIMPULAN Dari berbagai uraian di atas kami dapat menarik kesimpulan sebagai berikut : Bahwa pencemaran lingkungan terjadi karena ulah manusia itu sendiri yang tidak dapat mengolah dan memanfaatkan lingkungan dengan baik.BAB III PENUTUP 3. Dampak pencemaran lingkungan khususnya bagi kesehatan manusia yaitu akan berdampak pada tingkat kekebalan tubuh. (2) Pencemaran Air. dan (3) Penmcemaran Tanah.

Pembangunan kawasan industri di daerah-daerah pertanian dan sekitarnya menyebabkan berkurangnya luas areal pertanian. maka sudah sepantasnya kita menjaga dan merawat lingkungan. sehingga di dalamnya banyak terdapat gunung-gunung berapi yang mampu mengembalikan permukaan muda kembali yang kaya akan unsur hara. 3. untuk itu selaku insan manusia yang bertanggung jawab dan memegang teguh konsep keseimbangan alam. Indonesia memiliki tanah yang sangat subur karena berada di kawasan yang umurnya masih muda. Untuk pencemaran udara yaitu mengurangi kendaraan – kendaraan yang cenderung menggunakan bahan baker yang dapat menyebabkan polusi udara. kesuburan yang dimiliki oleh tanah Indonesia tersebut. seperti pembangunan industri dan pertambangan telah menciptakan lapangan kerja baru bagi penduduk di sekitarnya. Namun keberhasilan itu seringkali diikuti oleh dampak negatif yang merugikan masyarakat dan lingkungan. penyelenggaraan pembangunan di Tanah Air tidak bisa disangkal lagi telah menimbulkan berbagai dampak positif bagi masyarakat luas. LATAR BELAKANG Kita semua tahu Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Namun seiring berjalannya waktu. Salah satu kekayaan tersebut. pencemaran tanah banyak yang digunakan sesuai aturan yang berlaku tanpa memperhatikan dampak jangka panjang yang dihasilkan dari pengolahan tanah . SARAN Sekiranya pencemaran lingkungan ini adalah masalah kita bersama. yaitu membersihkan permukaan tanah yang tercemar.Cara penanganan pencemaran lingkungan dilakukan dengan Remediasi dan bioremediasi.2. s BAB I PENDAHULUAN A. mulai dari lingkungan tempat tinggal kita sehingga nantinya akan tercipta lingkungan yang sehat. Salah satu diantaranya.

sebagai cara untuk mencari berbagai cara untuk menanggulangi dampak pencemaran yang sedang dikaji 3. sebagai bahan kajian para mahasiswa mengenai dampak pencemaran terhadap lingkungan 2. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dan tujuan pembuatan makalah ini antara lain. sangat diperlukan pengkajian khusus yang membahas mengenai pencemaran tanah beserta dampaknya terhadap lingkungan di sekitarnya. BAB II METODE PENULISAN A. RUANG LINGKUP Makalah ini membahas mengenai pencemaran tanah. Untuk memperoleh bijih tambang. erosi dan sedimentasi. terutama pertambangan yang dilakukan secara terbuka (opened mining) meninggalkan lubang-lubang besar di permukaan bumi. sebagai metode pengumpulan data tentang pencemaran lingkungan C. B. Para pengelola pertambangan meninggalkan areal bekas tambang begitu saja tanpa melakukan upaya rehabilitasi atau reklamasi. serta kekeringan. terganggunya kenyamanan dan kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. dan cara menanggulangi pencemaran tanah tersebut. karena limbah industri yang mencemari lahan pertanian tersebut mengandung sejumlah unsur-unsur kimia berbahaya yang bisa mencemari badan air dan merusak tanah dan tanaman serta berakibat lebih jauh terhadap kesehatan makhluk hidup. Dampak negatif yang menimpa lahan pertanian dan lingkungannya perlu mendapatkan perhatian yang serius. Kerusakan akibat kegiatan pertambangan adalah berubah atau hilangnya bentuk permukaan bumi (landscape). dampak.dan badan air yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil/produk pertanian. Sedangkan kegiatan pertambangan menyebabkan kerusakan tanah. OBJEK PENULISAN . yaitu: 1. Berdasarkan fakta tersebut. permukaan tanah dikupas dan digali dengan menggunakan alat-alat berat. mulai dari gambaran.

METODE PENGUMPULAN DATA Dalam penulisan makalah ini.Objek penulisan mencakup gambaran/ penjelasan. penggunaan pestisida. DASAR PEMILIHAN OBJEK Objek yang penulis pilih adalah mengenai pencemaran tanah. C. dampak yang ditimbulkan. Namun. yaitu dengan mengidentifikasi permasalahan berdasarkan fakta dan data yang ada. banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara pengolahan tanah yang tepat tanpa banyak menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan. zat kimia. menganalisis permasalahan berdasarkan pustaka dan data pendukung lainnya. penulis secara umum mendapatkan bahan tulisan dari berbagai referensi. D. karena tanah merupakan salah satu komponen kehidupan yang sangat penting. . air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). dan cara penanggulangan pencemaran tanah. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. BAB III ANALISIS PERMASALAHAN A. atau limbah. Semua manusia pasti sangat tergantung akan keberadaan tanah tersebut. kecelakaan kendaraan pengangkut minyak. B. PEMBAHASAN a. Gambaran dari Pencemaran Tanah Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. baik dari tinjauan kepustakaan berupa buku – buku atau dari sumber media internet yang terkait dengan pencemaran lingkungan. serta mencari alternatif pemecahan masalah. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. METODE ANALISIS Penyusunan makalah ini berdasarkan metode deskriptif analisis.

Organofosfat dan karmabat dapat menyebabkan gangguan pada saraf otot. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala. jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. pusing. Dampak yang Ditimbulkan Akibat Pencemaran Tanah Berbagai dampak ditimbulkan akibat pencemaran tanah. Merkuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Paparan kronis (terus-menerus) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkena leukemia. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya bahkan pada dosis yang rendah sekalipun. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Pada Ekosistem Pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem.Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah. Yang jelas. 2. pada dosis yang besar. maka ia dapat menguap. Pada kesehatan Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan. diantaranya: 1. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya. karena dapat menyebabkan kerusakan otak. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. letih. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak. beberapa bahkan tidak dapat diobati. pencemaran tanah dapat menyebabkan Kematian. tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. 1. Kromium. serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan . iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas.

Remidiasi Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Hal ini dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman di mana tanaman tidak mampu menahan lapisan tanah dari erosi. Caranya yaitu. Beberapa bahan pencemar ini memiliki waktu paruh yang panjang dan pada kasus lain bahan-bahan kimia derivatif akan terbentuk dari bahan pencemar tanah utama. yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). Penanganan yang Harus Dilakukan Ada beberapa langkah penangan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah. tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. terdiri dari pembersihan. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah. Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman.metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. seperti konsentrasi DDT pada burung menyebabkan rapuhnya cangkang telur. meningkatnya tingkat Kematian anakan dan kemungkinan hilangnya spesies tersebut. Diantaranya: 1. bagian bawah piramida makanan dapat menelan bahan kimia asing yang lama-kelamaan akan terkonsentrasi pada makhluk-makhluk penghuni piramida atas. Ada dua jenis remediasi tanah. Dampak pada pertanian terutama perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. dan bioremediasi. Setelah itu di daerah aman. Banyak dari efek-efek ini terlihat pada saat ini. Selanjutnya zat pencemar . Bahkan jika efek kimia pada bentuk kehidupan terbawah tersebut rendah. kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap. 1. venting (injeksi). yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut.

dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. Pembersihan off-site ini jauh lebih mahal dan rumit.

2. Bioremediasi Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri). Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air). B. KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). Ada beberapa cara untuk mengurangi dampak dari pencemaran tanah, diantaranya dengan remediasi dan bioremidiasi. Remediasi yaitu dengan cara membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Sedangkan Bioremediasi dengan cara proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri). B. SARAN Untuk lebih memahami semua tentang pencemaran tanah, disarankan para pembaca mencari referensi lain yang berkaitan dengan materi pada makalah ini. Selain itu, diharapkan para pembaca setelah membaca makalah ini mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari dalam menjaga kelestarian tanah beserta penyusun yang ada di dalamnya.

DAFTAR PUSTAKA

Soekarto. S. T. 1985. Penelitian Organoleptik Untuk Industri Pangan dan Hasil Pertanian . Bhatara Karya Aksara, Jakarta. 121 hal.

Wikipedia. 2007. Pencemaran Tanah (On-line). http://id.wikipedia.org/wiki/pencemaran_tanah. diakses 26 Desember 2007.
Bachri, Moch. 1995. Geologi Lingkungan. CV. Aksara, Malang. 112 hal.

MAKALAH Upaya Mengatasi Pencemaran Air Sungai
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Seperti yang dimuat dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 alenia 4 “ memajukan kesejahteraan umum”. Dari pernyataan ini mengandung maksud bahwa rakyat Indonesia di harapkan hidup dalam kondisi sejahtera. Untuk mencapai hidup sejahtera di perlukan lingkungan hidup yang sehat. Lingkungan hidup yang sehat bisa terwujud salah satunya bila air sungai kita bersih dan sehat, sehingga kita dapat memanfaatkan air sungai tersebut untuk mensejahterakan kehidupan secara luas. Menteri Negara lingkungan hidup (Rachmat Witoelar) mengatakan ratusan sungai di Indonesia kini dalam kondisi rusak dan tercemar. Jika di ibaratkan orang sakit, kondisi sungai itu sudah sangat buruk “62 ICU,70 koma,” ujarnnya saat melakukan kunjungan kerja dan penelusuran sungai Cisadane di pabrik PT Indah Kiat, Serpong, Kamis pagi meurutnya daerah aliran sungai (DAS) yang rusak tersebut harus segera diperbaiki. Penangananya dapat di lakukan secara konfrehensif dengan kerja sama dengan semua instansi. Menteri Negara lingkungan hidup akan berkoordinasi dengan departeme kehutanan, pertanian, pekerjaan umum dengan melakukan penelusuran DAS untuk mengatasi hal-hal yang menjadi musibah. Katanya dia menilai “keadaan alam Indonesia saat ini sudah sangat buruk (ICU). “lebih buruk dari yang buruk”, katanya. Rachmat memperkirakan butuh waktu 15-20 tahun untuk memperbaiki itu semua. Sejauh ini, pencemara terhadap sungai banyak dilakuka oleh masyarakat industri dan masyarakat umum. Kesadaran penduduk akan pentingnya sungai merupakan salah satu hal yang penting, Karena dengan kesadaran tersebut masyarakat dapat menjaga dan melestarikan sungai tanpa

paksaan dari pihak manapun sehingga sungai-sungai di Indonesia menjadi terawat dan terjaga kelestariannya yang dapat dimanfaatkan manusia untuk mensejahterakan kehidupannya. 1.2 Rumusan Masalah 1. Apa yang dimaksud pencemaran air sungai ? 2. Apa saja sebab-sebab terjadinya pencemaran air sungai ? 3. Apa saja dampak-dampak pencemaran air sungai ? 4. Bagaimana upaya mengatasi pencemaran air sungai ? 1.3 Tujuan Dan Manfaat Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas perkuliahan Pendidikan Lingkungan Hidup. Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah : 1. Mengetahui apa yang dimaksud pencemaran air sungai. 2. Mengetahui apa saja penyebab terjadinya pencemaran air sungai. 3. Mengetahui apa saja dampak dari pencemaran air sungai. 4. Mengetahui bagaimana upaya untuk mengatasi pencemaran air sungai.

000 zat kimia telah digunakan secara komersial. PCP dapat ditemukan sebagai pengawet kayu. bahan kimia dan unsur hara yang terdapat dalam air serta gangguan kimia dan fisika yang dapat mengganggu kesehatan manusia. tingkat produksi maupun limbah yang di hasilkan. anorganik. Pestisida. akibat sampingan dari pengembangan teknologi adalah bahan pencemaran yang menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. adalah salah satu contohnya.1 Pengertian Pencemaran Sungai Pencemaran sungai adalah tercemarnya air sungai yang disebabkan oleh limbah industri. baik jumlah. Kebanyakan sisa zat kimia tersebut dibuang ke badan air atau air tanah. Pestisida dgunakan di pertanian. masih terdapat di alat-alat elektronik lama sebagai insulator. dan / atau berubahnya tatanan (komposisi air) oleh kegiatan manusia dan proses alam sehingga kualitas air menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukanya. teknologi. dan deterjen digunakan secara luas sebagai zat pembersih di rumah tangga.2 Sebab-Sebab Terjadinya Pencemaran Sungai 1. Saat ini hampir 10 juta zat kimia telah dikenal manusia. Pencemaran lingkungan ini merupakan stimulus agar manusia menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Berkembangnya industri-industri di Indonesia Dewasa ini industri-industri di Indonesia semakin berkembang.BAB II PEMBAHASAN 2. limbah penduduk. dan PCPs (polychlorinated phenols).” Pada hakikatnya antara aktifitas manusia dan timbulnya pencemaran terdapat hubungan melingkar berbentuk siklus. kehutanan dan rumah tangga. PCB. Industri-industri khususnya yang berada di dekat aliran sungai cenderung akan membuang limbahnya ke dalam sungai yang dapat mencemari ekosistem air. dan hampir 100. PCBs. 02/MENKLH/1988. Menurut SK menteri Kependudukan Lingkungan Hidup no. deterjen. limbah peternakan. walaupun telah jarang digunakan di alat-alat baru. dan asam/basa. Pencemar sungai dapat diklasifikasikan sebagai organik. radioaktif. energi. zat. Agar dapat hidup dengan baik manusia beradaptasi dengan lingkunganya dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia mengembangkan teknologi. 2. “Pencemaran air adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup. karena pembuangan limbah industri ke dalam sungai .

sehingga dapat mencemari air sungai karena limbah pertanian mengandung berbagai macam zat pencemar seperti pupuk dan pestisida. erosi dan iklim. serta fisik air.dapat menyebabkan berubahnya susunan kimia. Pencemaran air sungai karena proses alam Proses alam juga berpengaruh pada pencemaran air sungai misalnya terjadinya gunung meletus. Panas: air yang tinggi temperaturnya sulit menyerap oksigen yang pada akhirnya akan mematikan biota air. 2. bakteriologi. Pembuangan limbah pertanian tanpa melalui proses pengolahan. Belum tertanganinya pengendalian limbah rumah tangga Limbah rumah tangga yang belum terkendali merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pencemaran lingkungan khususnya air sungai. 4. 3. masuknya sinar matahari berkurang. Penggunaan pupuk di daerah pertanian akan mencemari air yang keluar dari pertanian karena air ini mengandung bahan makanan bagi ganggang dan tumbuhan air seperti enceng gondok sehingga ganggang dan tumbuhan air tersebut mengalami pertumbuhan dengan cepat yang dapat menutupi permukaan air dan berpengaruh buruk pada ikan-ikan dan komponen ekosistem biotik lainnya. burung dan bahkan manusia. Gunung meletus dan erosi dapat membawa berbagai bahan pencemaran salah satunya berupa endapan/sediment seperti tanah dan lumpur yang dapat menyebabkan air menjadi keruh. Karena dari limbah rumah tangga dihasilkan beberapa zat organik dan anorganik yang dibuang dan dialirkan melalui selokan-selokan dan akhirnya bermuara ke sungai. Penggunaan pestisida juga dapat menggagu ekosistem air karena pestisida bersifat toksit dan akan mematikan hewan-hewan air. dari limbah rumah tangga bisa juga membawa bibit-bibit penyakit yang dapat menular pada hewan dan manusia sehingga menimbulkan epidemi yang luas di masayarakat. Polutan yang di hasilkan oleh pabrik dapat berupa: • • Logam Berat: timbale. Selain dalam bentuk zat organik dan anorganik. tembaga. seng dll. Limbah pertanian biasanya dibuang ke aliran sungai tanpa melalui proses pengolahan. . dan air kurang mampu mengasimilasi sampah.

garam-garam anorganik. 6. maka perairan tersebut akan kekurangan oksigen.percobaan nuklir lainnya. limbah rumah sakit atau dari kotoran hewan/manusia. sampah industri gula tebu. sehingga kemampuan sungai untuk menetralisir bahan pencemaran juga berkurang. Dari uraian penyebab pencemaran air sungai di Indonesia diatas. Bahan pencemar ini berasal dari limbah rumah tangga. bahan pencemarannya dapat dikelompokkan menjadi: 1. Bahan pencemar berupa endapan/sedimen seperti tanah dan lumpur akibat erosi pada tepi sungai atau partikulat-partikulat padat/lahar yang disemburkan oleh gunung berapi yang meletus. Sampah yang dalam proses penguraiannya memerlukan oksigen yaitu sampah yang mengandung senyawa organik. 3. sampah rumah tangga (sisasisa makanan. ALLAH berfirman dalam Al-Quran surat Al-furqan ayat 54 : . sampah dari tanaman air seperti enceng gondok yang mati. Untuk proses penguraian sampah-sampah tersebut memerlukan banyak oksigen. 8. 2. berasal dari limbah pembangkit tenaga listrik atau limbah industri yang menggunakan air sebagai pendingin. 7.3 Landasan Pustaka Al-Quran merupakan petunjuk bagi manusia untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. dll. limbah industri dan limbah minyak. serat sintesis. 5. tembaga (Cu). Bahan pencemar berupa zat radioaktif yang biasanya berasal dari limbah PLTN dan dari percobaan. 2. polimer seperti plastik. deterjen. 4. cadmium (Cd). sehingga apabila sampah-sampah tersebut berada di dalam air. herbisida. Bahan pencemar berupa makanan tumbuh-tumbuhan seperti senyawa nitrat dan senyawa fosfat. Bahan pencemar senyawa organik/mineral misalnya logam-logam berat seperti merkuri (Hg). Bahan pencemar berupa kondisi (misalnya panas). Bahan pencemar penyebab terjadinya penyakit yaitu bahan pencemaran yang mengandung virus dan bakteri misal bakteri coli. Dalam Al-Quran terdapat kurang lebih 130 ayat yang membahas tentang air. Bahan pencemar organik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yaitu senyawa organik yang berasal dari pestisida.Iklim juga berpengaruh pada tingkat pencemaran air sungai misalnya pada musim kemarau volume air pada sungai akan berkurang. timah hitam (Pb). misalnya sampah industri makanan. kotoran manusia dan kotoran hewan ternak).

Mengakibatkan penularan penyakit Yaitu air yang tercemar oleh virus dan bakteri. kemudian ketika dewasa menjadi 70 persen. saluran pencernaan lainnya sehingga mengganggu fungsi organ tubuh tersebut. ikan. Bahan pencemaran berupa kondisi (misalnya panas) yang menyebabkan suhu air meningkat sehingga tidak sesuai untuk kehidupan akuatik. Merusak ekosistem air (membunuh ikan-ikan dan organisme dalam air lainnya) Yaitu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: Disebabkan karena penguraian sampah organik yang dalam penguraiannya memerlukan banyak oksigen sehingga kandungan oksigen dalam air menjadi semakin sedikit yang mengakibatkan ikan-ikan dan organisme dalam air kekurangan oksigen dan akhirnya mengakibatkan kematian. diare. Selain itu pencemaran yang disebabkan oleh zat radioaktif dapat menyebabkan penyakit kanker serta merusak sel dan jaringan tubuh lainnya. types) atau penyakit kulit. limpa. Meracuni sumber air minum Misalnya air yang tercemar oleh logam-logam berat yang masuk ke dalam tubuh melalui minuman dapat tertimbun dalam organ-organ tubuh seperti ginjal. lalu Dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa. kandungan air dalam tubuh hampir mendekati 100 persen. 2. 2.Artinya : Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air. kemudian setelah lahir kandungan air dalam tubuh berkurang menjadi 80 persen. ikan dan organisme . Misalnya bakteri coli yang dapat menyebabkan penyakit saluran pencernaan (disentri. kolera. Bahan pencemaran berupa makanan tumbuh-tumbuhan yang dapat menyebabkan tumbuhnya alga (ganggang) dan tumbuhan air separti enceng gondok dengan pesat sehingga menutupi permukaan air yang mengakibatkan kadar oksigen dan sinar matahari berkurang karena terhalang dan tidak dapat masuk ke dalam air sehingga mengganggu kehidupan akuatik (organisme. dan ketika lanjut usia bisa menjadi 50 persen.4 Dampak-Dampak Pencemaran Air Sungai 1. bahkan ketika masih janin. dan tanaman dalam air). Tanaman. 3. hati. Bahan pencemaran organik yang tidak dapat diuraiakan oleh mikroorganisme sehingga akan menggunung dan mencemari air sungai yang dapat mengganggu kehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup di dalamnya. Ayat di atas menerangkan bahwa air merupakan komponen terbanyak dalam tubuh kita.

2. 4. Tidak buang air di sungai Buang air kecil dan air besar sembarangan adalahperbuatan yang salah.5 Upaya Mengatasi Pencemaran Air Sungai 1. masuknya sinar matahari berkurang. Bahan pencemaran berupa endapan/sedimen yang menyebabkan air menjadi keruh. dan sebagainya ke aliran sungai dari hulu ke hilir sehingga menyebabkan pwendangkalan sunmgai. Melestarikan hutan di hulu sungai Agar tidak menimbulkan erosi tanah disekitar hulu sungai sebaiknya pepohonan tidak digunduli atau ditebang atau merubahnya menjadi areal pemukiman penduduk. oencemaran air gangguan penyakit kulit serta masih banyak lagi. Kesan pertama dari tinja atau urin yang dibuan sembarangan adalah bau dan menjijikan. 3. . Selain itu juga sampah akan menyebabkan sungai cepaa dangkal dan akhirnya memicu terjadinya banjir di musim penghujan sampah juga membuat sungai tampak kotor menjijnikan dan terkontaminasi 4. oleh karena itu janganlah buang air besar sembarangan khususnya di sungai. air kurang mampu mengasimilasi sampah sehingga mengganggu kehidupan akuatik. Mengakibatkan terjadinya bencana alam Seperti banjir yang diakibatkan karena tersumbatnya aliran sungai oleh sampah masyarakat sehingga merugikan kehidupan masyarakat itu sendiri dan makhluk hidup lain di sekitarnya. pasir. Tidak membuang sampah di sungai Sampah yabng dibuang sembarangan di sungaiakan menyababkan aliran air di sungai terhambat. Tidak membuang limbah rumah tangga dan industri Tempat yang paling mudah untuk membuang limbah industri atau limbah rumah tangga berupa cairan adalah dengan mambuangnya kesungai namun apakah limbah itu aman? Limbah yang dibuang secara asal-asalan tentu saja dapat menimbulkan pencemaran mulai dari bau yang tidak sedap. Tinja juga merupakan medium yang paliang baik untuk perekembangan bibit penyakit dari yang ringan sampai yang berat. 2.yang mati ini akan terurai menjadi senyawa-senyawa organik yang dalam proses penguraiannya memerlukan banyak oksigen sehingga terjadi penurunan kadar oksigen dalam air. Dengan adanya erosi otomatis akan membawa tanah.

ac. 3.id/thesis/chapter_ii/07640002-afifatuz-zakiyyah. Melihat banyak dan bahayanya dampak negatif yang ditimbulkan dari pencemaran air sungai maka masyarakat Indonesia diharapkan dapat menjaga dan melestarikan air sungai dengan penuh kesadaran agar air sungai tersebut tidak tercemar dan dapat berguna serta bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup.BAB III PENUTUP 3. 2. Sehingga mereka mau menjaga dan merawat aliran sungai dengan penuh kesadaran.1 Simpulan Dan Saran 1. Secara garis besar cara mencegah pencemaran air sungai di Indonesia adalah menyadarkan masyarakat Indonesia itu sendiri akan pentingnya air sungai bagi makhluk hidup serta dampak buruk yang ditimbulkan jika air sungai tercemar. Pencemaran air sungai di Indonesia membawa banyak dampak buruk yang dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup. Pencemaran air sungai adalah masuk atau dimasukkannya sesuatu yang dapat merubah tatanan (komposisi) air ke dalam aliran sungai.uin-malang. 4.ps (di akses pada 3/12/12 18:40 ) . pencemaran air sungai di Indonesia pada dasarnya disebabkan oleh perilaku manusia yang kurang bertanggung jawab. DAFTAR PUSTAKA http://lib.

wordpress.com/2010/09/27/penyebab-dan-dampak-pencemaran-air-olehlimbah-pemukiman/ ( di akses pada 3/12/12 18: 51 ) http://www.JODION SIBURIAN.blogspot.com/cara-mencegah-pencemaran-air.htm ( diakses pada 3/12/12 18:59 ) http://www.anneahira.anneahira.http://weblogask.com/2012/05/pencemaran-sungai-pengertian-penyebab.com/cara-penanggulangan-pencemaran-air.M.htm ( di akses pada 3/12/12 19:11) TUGAS BIOLOGI TENTANG MASALAH LINGKUNGAN “MAKALAH PENCEMARAN TANAH” OLEH : NAMA : REBI FIRMANSYAH NIM : A1C211062 DOSEN PENGAMPU : Drs.html ( di akses pada 3/12/12 18:48 ) http://alamendah.Si .

Salah satu diantaranya. erosi dan sedimentasi. pencemaran tanah dan badan air yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil/produk pertanian. LATAR BELAKANG Tanah merupakan bagian penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. sehingga di dalamnya banyak terdapat gunung-gunung berapi yang mampu mengembalikan permukaan muda kembali yang kaya akan unsur hara. serta kekeringan. Salah satu kekayaan tersebut. Indonesia memiliki tanah yang sangat subur karena berada di kawasan yang umurnya masih muda. Namun seiring berjalannya waktu. Kerusakan akibat kegiatan pertambangan adalah berubah atau hilangnya . Oleh sebab itu. tetapi sebagian besar dari makanan kita berasal dari permukaan tanah. sudah menjadi kewajiban kita menjaga kelestarian tanah sehingga tetap dapat mendukung kehidupan di muka bumi ini. Memang ada tumbuhan dan hewan yang hidup di laut. penyelenggaraan pembangunan Pembangunan kawasan industri di daerah-daerah pertanian dan sekitarnya menyebabkan berkurangnya luas areal pertanian.PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN UNIVERSTAS JAMBI BAB I PENDAHULUAN A. Kita semua tahu Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. hewan hidup dari tumbuhan. terganggunya kenyamanan dan kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. Akan tetapi. kesuburan yang dimiliki oleh tanah Indonesia banyak yang digunakan sesuai aturan yang berlaku tanpa memperhatikan dampak jangka panjang yang dihasilkan dari pengolahan tanah tersebut. sebagaimana halnya pencemaran air dan udara. Seperti kita ketahui rantai makanan bermula dari tumbuhan. pencemaran tanah pun akibat kegiatan manusia juga. Sedangkan kegiatan pertambangan menyebabkan kerusakan tanah. Manusia..

OBJEK PENULISAN Objek penulisan mencakup gambaran/ penjelasan. dan cara penanggulangan pencemaran tanah. RUANG LINGKUP Makalah ini membahas mengenai pencemaran tanah. dampak yang ditimbulkan. sebagai cara untuk mencari berbagai cara untuk menanggulangi dampak pencemaran yang sedang dikaji. mulai dari gambaran. karena tanah merupakan salah satu komponen kehidupan yang sangat penting. B. . baik dari tinjauan kepustakaan berupa buku – buku atau dari sumber media internet yang terkait dengan pencemaran lingkungan. penulis secara umum mendapatkan bahan tulisan dari berbagai referensi. sebagai metode pengumpulan data tentang pencemaran lingkungan. DASAR PEMILIHAN OBJEK Objek yang penulis pilih adalah mengenai pencemaran tanah. Semua manusia pasti sangat tergantung akan keberadaan tanah tersebut. yaitu: 1. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dan tujuan pembuatan makalah ini antara lain. C. Namun. dan cara menanggulangi pencemaran tanah tersebut. BAB II METODE PENULISAN A. 3. B.bentuk permukaan bumi (landscape). C. banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara pengolahan tanah yang tepat tanpa banyak menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan. dampak. 2. sebagai bahan kajian para mahasiswa mengenai dampak pencemaran terhadap lingkungan. METODE PENGUMPULAN DATA Dalam penulisan makalah ini. terutama pertambangan yang dilakukan secara terbuka (opened mining) meninggalkan lubang-lubang besar di permukaan bumi.

METODE ANALISIS Penyusunan makalah ini berdasarkan metode deskriptif analisis.033% di udara berfaedah bagi tumbuhan. Berada di tempat yang tidak tepat. menganalisis permasalahan berdasarkan pustaka dan data pendukung lainnya. Jumlahnya melebihi jumlah normal. yaitu dengan mengidentifikasi permasalahan berdasarkan fakta dan data yang ada. dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi.033% dapat memberikan efek merusak. serta mencari alternatif pemecahan masalah. 3. 2. karbon dioksida dengan kadar 0. BAB III PEMBAHASAN A. zat energi. Suatu zat dapat disebut polutan apabila : 1. Contohnya. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makluk hidup. Sifat polutan adalah : 1. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran di sebut polutan. Merusak untuk sementara. Berada pada waktu yang tidak tepat.D. tetapi bila lebih tinggi dari 0. tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi. .PENCEMARAN LINGKUNGAN Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup.

banyak terjadi kerusakan tanah. kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak. 2000 di sebutkan bahwa “Kerusakan tanah untuk produksi biomassa adalah berubahnya sifat dasar tanah yang melampaui kriteria baku kerusakan tanah”. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. oksida nitrogen. Merusak dalam waktu lama. Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak B. karena pencemaran tanah tidak jauh beda atau bisa dikatakan mempunyai hubungan erat dengan pencemaran udara dan pencemaran air. limbah deterjen. akibat kegiatan manusia. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. biologi. maka ia dapat menguap. 150 th. maka sumber pencemar udara dan sumber pencemar air pada umumnya juga merupakan sumber pencemar tanah. kimia. logam berat dalam limbah industri. limbah rumah sakit. sisa-sisa pupuk dan pestisida dari daerah pertanian. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. SUMBER PENCEMARAN TANAH Sumber pencemar tanah. zat kimia. sampah rumah tangga. Menurut Peraturan Pemerintah RI No. atau limbah. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. Air permukaan tanah yang mengandung bahan pencemar misalnya tercemari zat radioaktif. 150 tahun 2000 tentang Pengendalian kerusakan tanah untuk produksi bio massa: “Tanah adalah salah atu komponen lahan berupa lapisan teratas kerak bumi yang terdiri dari bahan mineral dan bahan organik serta mempunyai sifat fisik. PENGERTIAN PENCEMARAN TANAH Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya. penggunaan pestisida.” Tetapi apa yang terjadi. tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah.2. akhirnya juga dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada tanah daerah tempat air permukaan ataupun tanah daerah yang . Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah. oksida belerang yang menjadi bahan pencemar udara yang larut dalam air hujan dan turun ke tanah dapat menyebabkan terjadinya hujan asam sehingga menimbulkan terjadinya pencemaran pada tanah. Sebagai contoh gas-gas oksida karbon. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). C. Di dalam PP No. dan mempunyai kemampuan menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Limbah padat berupa senyawa anorganik yang tidak dapat dimusnahkan atau diuraikan oleh mikroorganisme seperti plastik. menyebabkan tanah menjadi kurang subur. Limbah pertanian . pengawetan buah. perdagangan/pasar/tempat usaha hotel dan lain-lain. deterjen. Cd dapat mencemari tanah.2 Limbah cair yang merupakan hasil pengolahan dalam suatu proses produksi. kaleng-kaleng dan bekas bahan bangunan. perak.1. misalnya sisa-sisa pengolahan industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya. kelembagaan misalnya kantor-kantor pemerintahan dan swasta. Limbah industri Limbah Industri berasal dari sisa-sisa produksi industri. timbal.2. gunung berapi yang meletus / kendaraan bermotor dan limbah industri. Zn. dan wisata. Pb. yang menyebabkan lapisan tanah tidak dapat ditembus oleh akar tanaman dan tidak tembus air sehingga peresapan air dan mineral yang dapat menyuburkan tanah hilang dan jumlah mikroorganisme di dalam tanahpun akan berkurang akibatnya tanaman sulit tumbuh bahkan mati karena tidak memperoleh makanan untuk berkembang.1 Limbah industri berupa limbah padat yang merupakan hasil buangan industri berupa padatan. keramik. Limbah cair berupa. Jika meresap ke dalam tanah akan mengakibatkan kematian bagi mikroorganisme yang memiliki fungsi sangat penting terhadap kesuburan tanah. Tembaga. cat. lumpur. D. 3. Merupakan zat yang sangat beracun terhadap mikroorganisme. 1. sampah pasar. ikan daging dll. 1. Limbah domestik Limbah domestik dapat berasal dari daerah: pemukiman penduduk. 2. kertas. 2. Maka sumber bahan pencemar tanah dapat dikelompokkan juga menjadi sumber pencemar yang berasal dari. pulp. Sampah anorganik tidak ter-biodegradasi. rayon. dapat berupa limbah padat dan cair. 2. bubur yang berasal dari proses pengolahan. . tinja. arsen dan boron adalah zat-zat yang dihasilkan dari proses industri pelapisan logam seperti Hg. serat. jika meresap kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah bahkan dapat membunuh mikro-organisme di dalam tanah. sampah rumah sakit. Bungkus plastik yang kita buang ke lingkungan akan tetap ada dan mungkin akan ditemukan oleh anak cucu kita setelah ratusan tahun kemudian. Misalnya sisa pengolahan pabrik gula. Bahan pencemar itu akan tetap utuh hingga 300 tahun yang akan datang. oli.KOMPONEN-KOMPONEN BAHAN PENCEMARAN TANAH 1. sampah rumah tangga. plywood.dilalui air permukaan tanah yang tercemar tersebut. khrom.

yang menyebabkan kesuburan tanah berkurang dan tidak dapat ditanami jenis tanaman tertentu karena hara tanah semakin berkurang. Banyak dari efek-efek ini terlihat pada saat ini. diantaranya: 1. . Kromium. jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Bahkan jika efek kimia pada bentuk kehidupan terbawah tersebut rendah. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan. Penggunaan pupuk yang terus menerus dalam pertanian akan merusak struktur tanah. Beberapa bahan pencemar ini memiliki waktu paruh yang panjang dan pada kasus lain bahanbahan kimia derivatif akan terbentuk dari bahan pencemar tanah utama. Padahal kesuburan tanah tergantung pada jumlah organisme di dalamnya. letih. seperti konsentrasi DDT pada burung menyebabkan rapuhnya cangkang telur. yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut. serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak. Selain itu penggunaan pestisida yang terus menerus akan mengakibatkan hama tanaman kebal terhadap pestisida tersebut E. berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. meningkatnya tingkat Kematian anakan dan kemungkinan hilangnya spesies tersebut. misalnya pupuk urea dan pestisida untuk pemberantas hama tanaman. Pada Ekosistem Pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya bahkan pada dosis yang rendah sekalipun. karena dapat menyebabkan kerusakan otak. Dan penggunaan pestisida bukan saja mematikan hama tanaman tetapi juga mikroorga-nisme yang berguna di dalam tanah.DAMPAK YANG DITIMBULKAN AKIBAT PENCEMARAN TANAH Berbagai dampak ditimbulkan akibat pencemaran tanah. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Merkuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Dampak pada pertanian terutama perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. pencemaran tanah dapat menyebabkan Kematian. bagian bawah piramida makanan dapat menelan bahan kimia asing yang lama-kelamaan akan terkonsentrasi pada makhluk-makhluk penghuni piramida atas. Paparan kronis (terus-menerus) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkena leukemia. Organofosfat dan karmabat dapat menyebabkan gangguan pada saraf otot. pada dosis yang besar. Pada kesehatan Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala. Hal ini dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman di mana tanaman tidak mampu menahan lapisan tanah dari erosi. Yang jelas. pusing. iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. 2. beberapa bahkan tidak dapat diobati.Limbah pertanian dapat berupa sisa-sisa pupuk sintetik untuk menyuburkan tanah atau tanaman.

Remidiasi Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman. dan bioremediasi. Caranya yaitu. Setelah itu di daerah aman. . yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). langkah pencegahan itu antara lain: 1) Sampah organik yang dapat membusuk/diuraikan oleh mikroorganisme antara lain dapat dilakukan dengan mengukur sampah-sampah dalam tanah secara tertutup dan terbuka. terdiri dari pembersihan. Bioremediasi Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur. 2. tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap.F. Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. PENANGANAN PENCEMARAN TANAH Ada 2 cara untuk penanganan pencemaran tanah 1. venting (injeksi). misalnyamengurangi terjadinya bahan pencemar. Pembersihan off-site ini jauh lebih mahal dan rumit. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah. Pembersihan onsite adalah pembersihan di lokasi. tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. bakteri). G. PENCEGAHAN PENCEMARAN TANAH Tindakan pencegahan dan tindakan penanggulangan terhadap terjadinya pencemaran dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan macam bahan pencemar yang perlu ditanggulangi. kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. Ada dua jenis remediasi tanah. kemudian dapat diolah sebagai kompos/pupuk. Pada umumnya langkah pencegahan adalah berusaha untuk tidak menyebabkan terjadinya pencemaran. Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air).

2) Sampah senyawa organik atau senyawa anorganik yang tidak dapat dimusnahkan oleh mikroorganisme dapat dilakukan dengan cara membakar sampah-sampah yang dapat terbakar seperti plastik dan serat baik secara individual maupun dikumpulkan pada suatu tempat yang jauh dari pemukiman, sehingga tidak mencemari udara daerah pemukiman. Sampah yang tidak dapat dibakar dapat digiling/dipotong-potong menjadi partikel-partikel kecil, kemudian dikubur. 3) Pengolahan terhadap limbah industri yang mengandung logam berat yang akan mencemari tanah, sebelum dibuang ke sungai atau ke tempat pembuangan agar dilakukan proses pemurnian. 4) Penggunaan pupuk, pestisida tidak digunakan secara sembarangan namun sesuai dengan aturan dan tidak sampai berlebihan. 5) Usahakan membuang dan memakai detergen berupa senyawa organik yang dapat dimusnahkan/diuraikan oleh mikroorganisme. 6) Sampah zat radioaktif sebelum dibuang, disimpan dahulu pada sumursumur atau tangki dalam jangka waktu yang cukup lama sampai tidak berbahaya, baru dibuang ke tempat yang jauh dari pemukiman, misal pulau karang, yang tidak berpenghuni atau ke dasar lautan yang sangat dalam. H. PENANGGULANGAN KOMPONEN BAHAN PENCEMARAN TANAH Apabila pencemaran telah terjadi, maka perlu dilakukan penanggulangan terhadap pencemara tersebut. Tindakan penanggulangan pada prinsipnya mengurangi bahan pencemar tanah atau mengolah bahan pencemar atau mendaur ulang menjadi bahan yang bermanfaat. Tanah dapat berfungsi sebagaimana mestinya, tanah subur adalah tanah yang dapat ditanami dan terdapat mikroorganisme yang bermanfaat serta tidak punahnya hewan tanah. Langkah tindakan penanggulangan yang dapat dilakukan antara lain dengan cara: 1) Sampah-sampah organik yang tidak dapat dimusnahkan (berada dalam jumlah cukup banyak) dan mengganggu kesejahteraan hidup serta mencemari tanah, agar diolah atau dilakukan daur ulang menjadi barangbarang lain yang bermanfaat, misal dijadikan mainan anak-anak, dijadikan bahan bangunan, plastik dan serat dijadikan kesed atau kertas karton didaur ulang menjadi tissu, kaca-kaca di daur ulang menjadi vas kembang, plastik di daur ulang menjadi ember dan masih banyak lagi cara-cara pendaur ulang sampah. 2) Bekas bahan bangunan (seperti keramik, batu-batu, pasir, kerikil, batu bata, berangkal) yang dapat menyebabkan tanah menjadi tidak/kurang subur, dikubur dalam sumur secara berlapis-lapis yang dapat berfungsi sebagai resapan dan penyaringan air, sehingga tidak menyebabkan banjir, melainkan tetap berada di tempat sekitar rumah dan tersaring. Resapan air tersebut bahkan bisa masuk ke dalam sumur dan dapat digunakan kembali sebagai air bersih. 3) Hujan asam yang menyebabkan pH tanah menjadi tidak sesuai lagi untuk tanaman, maka tanah perlu ditambah dengan kapur agar pH asam berkurang. 4) Sedangkan sampah anorganik yang tidak dapat diurai oleh mikroorganisme. Cara penanganan yang terbaik dengan mendaur ulang sampah-sampah menjadi barang-barang

yang mungkin bisa dipakai atau juga bisa dijadikan hiasan dinding. Limbah industri, cara penanggulangannya yaitu dengan cara mengolah limbah tersebut sebelum dibuang kesungai atau kelaut. Limbah pertanian, yaitu dengan cara mengurangi penggunaan pupuk sintetik dan berbagai bahan kimia untuk pemberantasan hama seperti pestisida diganti dengan penggunaan pupuk kompos. Dengan melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap terjadinya pencemaran lingkungan hidup (pencemaran udara, pencemaran air dan pencemaran tanah) berarti kita melakukan pengawasan, pengendalian, pemulihan, pelestarian dan pengembangan terhadap pemanfaatan lingkungan) udara, air dan tanah) yang telah disediakan dan diatur oleh Allah sang pencipta, dengan demikian berarti kita mensyukuri anugerah-Nya.

I.TANAH TERCEMAR DAN TIDAK TERCEMAR

Tanah tercemar Tanah indonesia terkenal dengan kesuburanya. Hingga dalam sejarah Indonesia pernah tercetat. Kesuburan itu telah mengundang para penjajah asing untuk mengeksploitasinya. Fenomena sekarang lain lagi. Sebagian tanah Indonesia tercemar oleh polusi yang diakibatkan oleh kelainan masyarakat. Pencemaran ini menjadikan tanah rusak dan hilang kesuburanya, mengandung zat asam tinggi. Berbau busuk, kering, mengandung logam berat, dan sebagainya. Kalau sudah begitu maka tanah akan sulit untuk dimanfaatkan. Dari pernyataan diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa ciri-ciri tanah tercemar adalah : 1. Tanah tidak subur 2. pH dibawah 6 (tanah asam) atau pH diatas 8 (tanah basa) 3. Berbau busuk 4. Kering 5. Mengandung logam berat 6. Mengandung sampah anorganik Tanah tidak tercemar Tanah yang tidak tercemar adalah tnah yang masih memenuhi unsur dasarnya sebagai tanah. Ia tidak mengandung zat-zat yang merusak keharaanya. Tanah tidak tercemar bersifat subur, tidak berbau busuk, tingkat keasaman normal. Yang paling utama adalah tidak mengandung logam berat. Tanah yang tidak tercemar besar potensinya untuk alat kemaslahatan umat manusia. Pertanian dengan tanah yang baik bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Dari pernyataan diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa ciri-ciri tanah tercemar adalah : 1. Tanahnya subur

2. Trayek pH minimal 6, maksimal 8 3. Tidak berbau busuk 4. tidak kering, memiliki tingkat kegemburan yang normal 5. Tidak Mengandung logam berat 6. Tidak mengandung sampah anorganik BAB IV PENUTUP

A.Kesimpulan Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). Ada beberapa cara untuk mengurangi dampak dari pencemaran tanah, diantaranya dengan remediasi dan bioremidiasi. Remediasi yaitu dengan cara membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Sedangkan Bioremediasi dengan cara proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri). B. SARAN Untuk lebih memahami semua tentang pencemaran tanah, disarankan para pembaca mencari referensi lain yang berkaitan dengan materi pada makalah ini. Selain itu, diharapkan para pembaca setelah membaca makalah ini mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari dalam menjaga kelestarian tanah beserta penyusun yang ada di dalamnya. DAFTAR PUSTAKA http://www.bplhdjabar.go.id/index.php/did-you-know/lingkungan/304-pencemaran-tanah. http://www.scribd.com/doc/27705754/pencemaran-tanah. Soekarto. S. T. 1985. Penelitian Organoleptik Untuk Industri Pangan dan Hasil Pertanian. Bhatara Karya Aksara, Jakarta. 121 hal. Wikipedia. 2007. Pencemaran Tanah (On-line). http://id.wikipedia.org/wiki/pencemaran_tanah.

kimia. 150 th. walaupun memang ada tumbuhan dan hewan yang hidup di laut. jika meresap kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah dan bisa membunuh mikro-organisme di dalam tanah.Pencemaran tanah. misalnya sisa-sisa . 150 tahun 2000 tentang Pengendalian kerusakan tanah untuk produksi biomassa: “Tanah adalah salah atu komponen lahan berupa lapisan teratas kerak bumi yang terdiri dari bahan mineral dan bahan organik serta mempunyai sifat fisik. Penyebab Pencemaran Tanah Tanah adalah bagian penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Di dalam PP No. Sebagaimana pencemaran air dan udara. penyebab pencemaran tanah. industri perumahan. dan mempunyai kemampuan menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. 1. industri kecil. dan cara penanggulangannya. dan limbah pertanian. 1. plywood. hewan hidup dari tumbuhan. pulp. biologi. bisa berupa limbah padat dan cair. Manusia. perdagangan/pasar/tempat usaha hotel dan lain-lain. pengawetan buah. cat.” Tetapi akibat kegiatan manusia. 2000 disebutkan bahwa “Kerusakan/pencemaran tanah untuk produksi biomassa adalah berubahnya sifat dasar tanah yang melampaui kriteriabaku kerusakan tanah”. bubur yang berasal dari proses pengolahan. Misalnya sisa pengolahan pabrik gula. dsb. kelembagaan misalnya kantor-kantor pemerintahan dan swasta. Limbah padat berbentuk sampah anorganik. Limbah industri yang padat atau limbah padat yang adalah hasil buangan industri berupa padatan. Sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian tanah sehingga bisa mendukung kehidupan di muka bumi ini. dampaknya dan cara penanggulangannya 22/05/2012 2 Komentar Menurut Peraturan Pemerintah RI No. manufaktur. ikan daging dll. banyak terjadi kerusakan tanah. oli. tinja. Jenis sampah ini tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme (non-biodegradable). Dalam makalah ini kita akan melihat beberapa hal tentang. bisa berupa limbah padat dan cair. Kita ketahui rantai makanan bermula dari tumbuhan. sebagian besar makanan kita berasal dari permukaan tanah. Limbah cair berbentuk. kertas. misalnya kantong plastik. limbah industri. pencemaran tanah pun merupakan akibat kegiatan manusia. dampaknya. deterjen. dan wisata. Limbah domestik Limbah domestik yang bisa menyebabkan pencemaran tanah bisa berasal dari daerah: pemukiman penduduk. bekas botol plastik air mineral. 2. rayon. Limbah cair yang adalah hasil pengolahan dalam suatu proses produksi. 2. Pencemaran tanah bisa disebabkan limbah domestik. bekas kaleng minuman. Limbah industri Limbah industri yang bisa menyebabkan pencemaran tanah berasal dari daerah: pabrik. lumpur.

Timbunan sampah bisa menghasilkan gas nitrogen dan asam sulfida. Dampak Pencemaran Tanah Timbunan sampah yang berasal dari limbah domestik dapat mengganggu/ mencemari karena: lindi (air sampah). misalnya pupuk urea. cat. inilah salah satunya yang disebutkan sebagai pencemaran tanah. adalah limbah cair rumah tangga. oli bekas. bau dan estetika. arsen dan boron adalah zat hasil dari proses industri pelapisan logam Limbah pertanian Limbah pertanian yang bisa menyebabkan pencemaran tanah merupakan sisa-sisa pupuk sintetik untuk menyuburkan tanah/tanaman. yang menyebabkan kesuburan tanah berkurang dan tidak dapat ditanami jenis tanaman tertentu karena hara tanah semakin berkurang. khrom. arsen dan boron adalah limbah cair yang sangat beracun terhadap mikroorganisme. timbal. misalnya DDT. Pestisida yang digunakan bukan saja mematikan hama tanaman tetapi juga mikroorga-nisme . perak. timbal. Tertimbunnya limbah ini dalam jangka waktu lama menyebabkan permukaan tanah menjadi rusak dan air yang meresap ke dalam tanah terkontaminasi bakteri tertentu dan berakibat turunnya kualitas air tanah pada musim kemarau oleh karena telah terjadinya pencemaran tanah. Yang menyebabkan lapisan tanah tidak dapat ditembus oleh akar tanaman dan tidak tembus air adalah Sampah anorganik tidak ter-biodegradasi. deterjen. Pupuk yang digunakan secara terus menerus dalam pertanian akan merusak struktur tanah. khrom. chrom dan arsen pada timbunan sampah bisa timbulkan pencemaran tanah / gangguan terhadap bio tanah. peresapannya kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah dan zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat membunuh mikro-organisme di dalam tanah. merusak struktur permukaan dan tekstur tanah. tumbuhan. Timbunan sampah juga menutupi permukaan tanah sehingga tanah tidak bisa dimanfaatkan. Dalam kondisi ini tanpa disadari justru pupuk juga mengakibatkan pencemaran tanah. Timbunan yang mengering akan dapat mengundang bahaya kebakaran. pestisida pemberantashama tanaman. Tembaga. adanya zat mercury. Sisa hasil industri pelapisan logam yang mengandung zat-zat seperti tembaga. Padatan. Peresapannya ke dalam tanah akan mengakibatkan kematian bagi mikroorganisme yang memiliki fungsi sangat penting terhadap kesuburan tanah dan dalam hal ini pun menyebabkan pencemaran tanah. perak.pengolahan industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya. Limbah lainnya adalah oksida logam. sehingga peresapan air dan mineral yang dapat menyuburkan tanah hilang dan jumlah mikroorganisme di dalam tanahpun akan berkurang. baik yang terlarut maupun tidak menjadi racun di permukaan tanah. lumpur. Tinja. oleh sebab itu tanaman sulit tumbuh dan bahkan mati sebab tidak mendapatkan makanan untuk berkembang. Adanya reaksi kimia yang menghasilkan gas tertentu menyebabkan penimbunan limbah padat ini busuk yang selain menyebabkan pencemaran tanah juga menimbulkan bau di sekitarnya karena . bubur yang berasal dari proses pengolahan adalah limbah padat hasil buangan industri.

sehingga di dalamnya banyak terdapat gunung-gunung berapi yang mampu mengembalikan permukaan muda kembali yang kaya akan unsur hara. Cara Menanggulangi Pencemaran Tanah Penanganan khusus terhadap limbah domestik yang berjumlah sangat banyak diperlukan agar tidak mencemari tanah. Sedangkan kegiatan pertambangan menyebabkan kerusakan tanah. Akan sangat baik jika setiap rumah tangga bisa memisahkan sampah atau limbah atas dua bagian yakni organik dan anorganik dalam dua wadah berbeda sebelum diangkut ketempat pembuangan akhir. Padahal kesuburan tanah tergantung pada jumlah organisme di dalamnya. Selain pencemaran tanah penggunaan pestisida yang terus menerus akan mengakibatkan hama tanaman kebal terhadap pestisida tersebut. kesuburan tanah Indonesia banyak yang digunakan sesuai aturan yang berlaku tanpa memperhatikan dampak jangka panjang yang dihasilkan dari pengolahan tanah tersebut. Pertama sampah tersebut kita pisahkan ke dalam sampah organik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme (biodegradable) dan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme (nonbiodegradable). Limbah industri harus diolah dalam pengolahan limbah. pencemaran tanah dan badan air yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil/produk pertanian.yang berguna di dalam tanah. dibuat kompos. kemudian kita tutup dengan tanah sehingga terdapat permukaan tanah yang dapat kita pakai lagi. Kerusakan akibat kegiatan pertambangan adalah berubah atau hilangnya . Salah satunya adalah penyelenggaraan pembangunan Pembangunan kawasan industri di daerah-daerah pertanian dan sekitarnya menyebabkan berkurangnya luas areal pertanian. sebelum dibuang kesungai atau kelaut. Salah satu kekayaan tersebut. Sampah anorganik yang tidak dapat diurai oleh mikroorganisme. Indonesia memiliki tanah yang sangat subur karena berada di kawasan yang umurnya masih muda. terganggunya kenyamanan dan kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. BAB I PENDAHULUAN A. Cara penanganan yang terbaik dengan daur ulang. Kurangilah penggunaan bahan-bahan yang tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme (nonbiodegradable). misalnya dijadikan bahan urukan. Latar Belakang Semua orang pasti tahu bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. serta kekeringan. Kurangilah penggunaan pupuk sintetik dan berbagai bahan kimia untuk pemberantasanhama seperti pestisida. Salah satu contohnya adalah dengan mengganti plastik sebagai bahan kemasan/pembungkus dengan bahan yang ramah lingkungan seperti dengan daun pisang atau daun jati. khusus kotoran hewan dapat dibuat biogas dll sehingga dalam hal ini bukan pencemaran tanah yang terjadi tetapi proses pembusukan organik yang alami. erosi dan sedimentasi. Akan tetapi seiring berjalannya waktu. Sampah organik yang terbiodegradasi bisa diolah.

Pencemaran Tanah mempunyai hubungan yang erat baik dengan pencemaran udara maupun dengan pencemaran air. Bagaimana cara menanggulangi pencemaran tanah? C. Selain itu di dalam tanah ini juga terdapat air dan udara. sampah rumah tangga. makan sumber pencemar udara dan sumber pencemar air pada umumnya juga merupakan sumber pencemar tanah. tumbuh-tumbuhan bermacam-macam hewan dan mikroorganisme. logam berat dalam limbah industri. BAB II PEMBAHASAN A. Tanah yang dimaksud adalah bagian permukaan bumi yang dihuni oleh banyak makhluk hidup terutama manusia. Apakah pencemaran tanah itu? 2. oksida belerang yang menjadi bahan pencemar udara yang larut dalam air hujan dan turun ke tanah dapat menyebabkan terjadinya hujan asam sehingga menimbulkan terjadinya pencemaran pada tanah. Sebagai bahan kajian para mahasiswa mengenai Pencemaran Tanah. jatuh ke tanah sehingga menimbulkan pencemaran tanah. Dari pembahasan tersebut di atas. penggunaan pestisida. B. B. air danau dan air payau) dapat masuk ke dalam tanah dan dapat menyebabkan Pencemaran Tanah. Zat beracun tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhaan atau dapat mencemariarus air tanah dan udara di atasnya. Sumber Bahan Pencemaran Tanah Karena pencemar tanah mempunyai hubungan erat dengan pencemaran udara dan pencemaran air. Rumusan Masalah Masalah yang dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut: 1. Air permukaan tanah yang mengandung bahan pencemar misalnya tercemari zat radioaktif. atau air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat. Sebagai contoh gas-gas oksida karbon.Pencemaran tanah biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industry atau fasilitas komersial. Dengan demikian maka Lingkungan Hidup yang paling banyak dan mudah tercemar adalah Tanah. maka sumber bahan pencemar tanah dapat dikelompokkan juga menjadi sumber pencemar yang berasal dari: . Sebagai cara untuk mencari berbagai cara untuk menanggulangi dampak pencemaran. sisa-sisa pupuk dan pestisida dari daerah pertanian. Bahan Pencemar yang terdapat di udara larut dan terbawa oleh air hujan. terutama pertambangan yang dilakukan secara terbuka (opened mining) meninggalkan lubang-lubang besar di permukaan bumi. SUMBER DAN KOMPONEN BAHAN PENCEMAR TANAH 1. PENGERTIAN PENCEMARAN TANAH Pencemaran tanah merupakan keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Demikian pula bahan pencemar dalam air permukaan tanah (air sungai. akhirnya juga dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada tanah daerah tempat air permukaan ataupun tanah daerah yang dilalui air permukaan tanah yang tercemar tersebut. limbah deterjen. 2. Tujuan Makalah ini ditulis dengan tujuan sebagai berikut: 1.bentuk permukaan bumi (landscape). limbah rumah sakit. oksida nitrogen. air selokan. zat kimia.Pencemaran yang masuk kedalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. masuknya air permukaan tanah tercemar dalam lapisan subpermukaan.

walaupun memang ada tumbuhan dan hewan yang hidup di laut. dan limbah pertanian. Kita ketahui rantai makanan bermula dari tumbuhan. b) Senyawa organik dan senyawa anorganik yang tidak dapat dimusnahkan/ diuraikan oleh mikroorganisme seperti plastik. f. pencemaran tanah pun merupakan akibat kegiatan manusia. oksida belerang (SO2 dan SO3). Sebagaimana pencemaran air dan udara. Pb. serat. d) Pencemar berupa logam-logam berat yang dihasilkan dari limbah industri seperti Hg. d. Pencemaran tanah bisa disebabkan limbah domestik.a. keramik. bau dan estetika. tumbuhan. kaleng-kaleng dan bekas bahan bangunan. Yang menyebabkan lapisan tanah tidak dapat ditembus oleh akar tanaman dan tidak tembus air adalah Sampah anorganik tidak terbiodegradasi. adanya zat mercury. e) Zat radioaktif yang dihasilkan dari PLTN. Komponen Bahan Pencemaran Tanah Komponen-komponen bahan pencemar yang diperoleh dari sumber-sumber bahan pencemaran tersebut di atas antara lain berupa: a) Senyawa organik yang dapat membusuk karena diuraikan oleh mikroorganisme. tumbuh-tumbuhan dan hewan yang mati. c) Pencemar Udara berupa gas yang larut dalam air hujan seperti oksida nitrogen (NO dan NO2). seperti sisa-sisa makanan. menghasilkan hujan asam yang akan menyebabkan tanah bersifat asam dan merusak kesuburan tanah/ tanaman. Penyebab Pencemaran Tanah Tanah adalah bagian penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. merusak struktur permukaan dan tekstur tanah. D. Dampak Pencemaran Tanah Timbunan sampah yang berasal dari limbah domestik dapat mengganggu/ mencemari karena: lindi (air sampah). b. sebagian besar makanan kita berasal dari permukaan tanah. Sampah rumah tangga. Timbunan sampah bisa menghasilkan gas nitrogen dan asam sulfida. Limbah lainnya adalah oksida logam. Zn. Manusia. baik yang terlarut maupun tidak menjadi racun di permukaan tanah. C. e. reaktor atom atau dari percobaan lain yang menggunakan atau menghasikan zat radioaktif. daun. limbah industri. Timbunan sampah juga menutupi permukaan tanah sehingga tanah tidak bisa dimanfaatkan. oksida karbon (CO dan CO2). Sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian tanah sehingga bisa mendukung kehidupan di muka bumi ini. sehingga peresapan air dan mineral yang dapat menyuburkan tanah hilang dan jumlah mikroorganisme di dalam . c. chrom dan arsen pada timbunan sampah bisa timbulkan pencemaran tanah / gangguan terhadap bio tanah. Gunung merapi yang meletus dan asap kendaraan bermotor Bahan polimer dan bahan yang sukar terurai Limbah pertanian Limbah reactor atom/PLTN Limbah industri 2. sampah pasar dan sampah rumah sakit. Cd dapat mencemari tanah. menyebabkan tanah menjadi kurang subur. hewan hidup dari tumbuhan.

arsen dan boron adalah limbah cair yang sangat beracun terhadap mikroorganisme. Selain pencemaran tanah penggunaan pestisida yang terus menerus akan mengakibatkan hama tanaman kebal terhadap pestisida tersebut. Adanya reaksi kimia yang menghasilkan gas tertentu menyebabkan penimbunan limbah padat ini busuk yang selain menyebabkan pencemaran tanah juga menimbulkan bau di sekitarnya karena limbah padat yang telah membusuk ini menguap dan baunya dibawa oleh angin sehingga lingkungan disekitarnya menjadi bau.khrom. Zat kimia diatas bila . Tinja. E. oleh sebab itu tanaman sulit tumbuh dan bahkan mati sebab tidak mendapatkan makanan untuk berkembang. yang menyebabkan kesuburan tanah berkurang dan tidak dapat ditanami jenis tanaman tertentu karena hara tanah semakin berkurang. letih.tanahpun akan berkurang. inilah salah satunya yang disebutkan sebagai pencemaran tanah. Padahal kesuburan tanah tergantung pada jumlah organisme di dalamnya. Kromium . lumpur. Pestisida yang digunakan bukan saja mematikan hama tanaman tetapi juga mikroorga-nisme yang berguna di dalam tanah. Organofosfat dan karmabat menyebabkan ganguan pada saraf otot. berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. bubur yang berasal dari proses pengolahan adalah limbah padat hasil buangan industri. Peresapannya ke dalam tanah akan mengakibatkan kematian bagi mikroorganisme yang memiliki fungsi sangat penting terhadap kesuburan tanah dan dalam hal ini pun menyebabkan pencemaran tanah. Sisa hasil industri pelapisan logam yang mengandung zat-zat seperti tembaga. adalah limbah cair rumah tangga. Dalam kondisi ini tanpa disadari justru pupuk juga mengakibatkan pencemaran tanah. deterjen. perak. Dampak Pada Kesehatan Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung . cat. pusing. oli bekas. Pupuk yang digunakan secara terus menerus dalam pertanian akan merusak struktur tanah. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. peresapannya kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah dan zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat membunuh mikro-organisme di dalam tanah. serta kerusakan ginjal. Padatan. karena dapat menyebabkan kerusakan otak . Ada beberapa macam dampak pada kesehatan seperti sakit kepala. dan mungkin tidak bias di Obati. jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. timbal. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak. Tertimbunnya limbah ini dalam jangka waktu lama menyebabkan permukaan tanah menjadi rusak dan air yang meresap ke dalam tanah terkontaminasi bakteri tertentu dan berakibat turunnya kualitas air tanah pada musim kemarau oleh karena telah terjadinya pencemaran tanah. Merkuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Timbunan yang mengering akan dapat mengundang bahaya kebakaran. iritasi mata dan ruam kulit.

Sedangkan Bioremediasi dengan cara proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur. kacamata. Menggunakan musuh alami untuk hama 4. menimbulkan pencemaran tanah dapat menyebabkan kematian. Menggunakan alat-alat pelindung seperti masker. zat kimia. .dosis yang bayak. Simpulan Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Memilih varietas tanaman yang tahan hama 3. BAB III PENUTUP A. baru kita lakukan tindakan penanggulangan. bakteri). Hati -hati dalam penyimpanan 4. tetapi hama tanah mengakibatkan hasil produksi menurun. pengaturan jenis tanaman dan waktu tanam 2. Remediasi yaitu dengan cara membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Cara yang dapat ditempuh ialah : 1. Cara ini merupakan yang paling baik hasilnya. Namun demikian pada dasarnya kita semua sependapat bahwa tindakan pencegahan lebih baik dan lebih diutamakan dilakukan sebelum pencemaran terjadi. Memahami kegiatan pestisida yang bersangkutan 2. apabila pencemaran sudah terjadi baik secara alami maupun akibat aktivisas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). penggunaan pestisida. Menggunakan horlmon serangga 5. Memamfaatkan daya tarik seks untuk serangga Disamping itu juga kita perlu : 1. kecelakaan kendaraan pengangkut minyak. Pencegahan dan Penanggulangan Bahan Pencemar Tanah Pencegahan dan penanggulangan merupakan dua tindakan yang tidak dapat dipisah-pisahkan dalam arti biasanya kedua tindakan ini dilakukan untuk saling menunjang. atau limbah. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. Ada beberapa cara untuk mengurangi dampak dari pencemaran tanah. Mengikuti petunjuk pemakaian 3. apabila tindakan pencegahan sudah tidak dapat dilakukan. Penanganan pestisida sebagai pencemar tanah ialah dengan tidak menggunakannya. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. Pemandulan (sterilisasi) 6. F. diantaranya dengan remediasi dan bioremidiasi. maka dilakukan langkah tindakan. dan pakaian.

com/2010/03/makalah-pencemaran-tanah. Selain itu. Saran Untuk lebih memahami semua tentang pencemaran tanah. disarankan para pembaca mencari referensi lain yang berkaitan dengan materi pada makalah ini. DAFTAR PUSTAKA http://danielyn.com/2011/03/makalah-pencemaran-lingkungan. semoga dapat membantu anda dalam pembuatan makalah.html Demikianlah Makalah Pencemaran Tanah yang saya punya.com/2012/05/makalah-pencemaran-tanah. Terima Kasih Sahabat !!! .blogspot. diharapkan para pembaca setelah membaca makalah ini mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari menjaga kelestarian bumi ini.html http://informazioniunique.blogspot.html http://mapegounhalu.B.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful