P. 1
Makalah Bahasa Indonesia

Makalah Bahasa Indonesia

|Views: 32|Likes:
Published by risfih
makalah ini mengenai sajian struktur karya ilmiah, untuk referensi tambahan materi kalian yang lagi butuh.
makalah ini mengenai sajian struktur karya ilmiah, untuk referensi tambahan materi kalian yang lagi butuh.

More info:

Published by: risfih on May 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2013

pdf

text

original

MAKALAH BAHASA INDONESIA

“STRUKTUR SAJIAN KARYA ILMIAH”

OLEH : Kelompok 2 Anggota : Citra Mulyana Zainuddin Dedy Arjuna Feni Dwi Fidiah Malinda Fitiya Andani Mantulangi Anita Herni Nufia Sari Riafi Herista Sadatunnisa Semester/Kelas I/B

AKADEMI FARMASI SAMARRINDA TAHUN AJARAN 2012/2013

PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Menjadi pelajar atau mahasiswa memang harus akrab dengan struktur penulisan karya ilmiah. Sebab dalam pelajaran tertentu dan dalam perkuliahan dosen biasa meminta mahasiswanya membuat artikel atau makalah. Apalagi ketika mulai menyusun tesis atau skripsi. Pengetahuan akan struktur bagaimana penulisan karya ilmiah, berperan penting dalam kelancaran penyusunannya. Selain itu dengan mengetahui semua struktur penulisan itu, seoarng pelajar atau mahasiswa belajar bagaimana berpikir secara logika. B. RUMUSAN MASALAH 1. Struktur penulisan karya ilmiah mau tidak mau mengajarkan kepada setiap orang yang mempelajarinya untuk berpikir secara ilmiah. 2. berpikir secara ilmiah, semakin kritis mereka dalam melihat berbagai persoalan yang ada di lingkungannya. 3. Ketika mereka akan menarik satu kesimpulan dari satu masalah, mereka akan menggunakan logika berpikir karya ilmiah. 4. Pada saat nanti mereka menginjak jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mereka akan terbiasa dengan apa yang disebut berpikir secara ilmiah. 5. Indonesia membutuhkan orang-orang kritis yang bisa diajak berpikir secara ilmiah dengan menggunakan logika berpikir dalam suatu penelitian. 6. Lambat dalam berpikir dan lambat dalam mengambil keputusan. 7. Dari penelitian hal yang sederhana itu nantinya akan lahir maha karya penelitian yang akan sangat bermanfaat bagi umat manusia.

C. TUJUAN Ajang-ajang bergengsi seperti LKTM (lomba karya tulis Ilmiah), LKTIP (lomba karya tulis inovetif produktif), PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), menuntut mahasiswa akrab dengan sistematika maupun metode penulisan karya ilmiah. Lomba karya ilmiah tingkat SMP dan SMA juga memberikan peluang bagi para pelajar untuk menggunakan kecerdasan mereka dalam melihat dan mulai menulis dengan metode ilmiah.

PEMBAHASAN

Karya ilmiah terbagi menjadi dua, yaitu karya ilmiah yang bersifat formal dan nonformal. Dimana karya ilmiah yang bersifat formal antara lain : 1. Laporan penelitian a. Tugas Akhir, laporan akhir untuk mendatkan Diploma biasanya yang berisi 50 halaman.

b. Skripsi, laporan akhir untuk mendapatkan gelar Sarjana (S1) yang berisi 80 halaman. c. Tesis, laporan akhir untuk mendapatkan gelar Magister (S2) yang berisi 120 halaman. d. Disertasi, laporan akhir untuk mendapatkan gelar Doktor (S3) yang berisi 150 halaman. 10 sampai 20 halaman.

2. Jurnal penelitian, adalah penelitian singkat yang berisi

3. Makalah, terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (isi/pembahasan), dan bagian akhir (penutup). Biasanya berisi 5 sampai 10 halaman.

Sedangkan karya ilmiah yang bersifat nonformal misalnya artikel, buku diktat. modul, dan lain-lain.

Struktur Penulisan Skripsi Untuk seorang mahasiswa, struktur penulisan skripsinya hampir sama dengan struktur penulisan karya yang bersifat ilmiah lainnya. Beberapa jurusan/fakultas di universitas meminta mahasiswanya menyusun proposal skripsi sebelum penelitian, namun ada pula yang langsung masuk ke bagian BAB. Pada dasarnya proposal skripsi sudah mencakup BAB I, II, dan III. Hanya penulisannya saja yang ditulis mengalir. Meski tidak jauh berbeda dengan proposal, saat menyusun BAB I, II, dan III tetap dimungkinkan ada revisi.

Struktur Penulisan Karya Ilmiah

Adapun struktur penulisan karya ilmiah skripsi adalah berikut:

1. Halaman Judul a. Tulisan terletak di tengah halaman, terdiri dari : * Logo universitas * Judul * Kata Skripsi * Keterangan skripsi seperti “sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar

Diploma Farmasi“ * Kata Oleh: * Nama * Nomor Induk Mahasiswa * Jurusan * Fakultas * Universitas * Tahun penerbitan 2. Pernyataan Keaslian Skripsi Pada halaman ini mahasiswa membuat pernyataan yang menerangkan tentang keaslian skripsi, bukan hasil plagiatisme dan pencantuman sumber pustaka sudah ditulis dengan benar. Pada bagian bawah diberi tanggal dan nama terang yang ditandatangani. 3. Abstrak Terdiri dari 200-400 kata (sesuai panduan di jurusan), menuliskan gambaran ringkas dari skripsi. Pada bagain terahir dituliskan keyword/kata kunci. 4. Pengesahan Skripsi dinyatakan sah bila telah ditandatangani oleh : penulis, panitia ujian, penguji, dan pembimbing, serta dibubuhi cap oleh pihak yang berwenang seperti dekan dan ketua jurusan. 5. Kata Pengantar Kata pengantar lebih menonjolkan subjektifikas. Bisa berupa ungkapan syukur penulis dan ucapan terimakasi kepada pihak-pihak yang telah membantu hingga

tersusunnya skripsi. Kadang dicantumkan pernyataan bahwa skripsinya masih jauh dari sempurna sehingga menerima saran dan kritik. 6. Daftar Isi Daftar isi berfungsi untuk mempermudah seseorang mengetahui sub bab apa saja yang terdapat dalam skripsi dan mempermudah seseorang untuk menemukan sub bab yang dicari. 7. Daftar Tabel Menuliskan judul tabel dan halaman tabel tersebut berada. 8. Daftar Gambar Menuliskan judul gambar dan halaman gambar tersebut berada. 9. Daftar Lampiran Lampiran berada di halaman terahir. Kadang kala lampiran 1 terdiri dari lebih dari 1 halaman. Oleh karenanya daftar lampiran dan pemberian halamannya wajib disertakan untuk mempermudah pencarian. 10. BAB I : PENDAHULUAN A. JUDUL B. LATAR BELAKANG MASALAH C. PERMASALAHAN D. PENEGASAN ISTILAH E. TUJUAN PENELITIAN F. MANFAAT PENELITIAN

11. BAB II : TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS A. TINJAUAN PUSTAKA B. HIPOTESIS 12. BAB III : METODE PENELITIAN A. LOKASI DAN WAKTU PENELITIAN B. BAHAN DAN ALAT PENELITIAN C. VARIABEL PENELITIAN D. RANCANGAN PENELITIAN E. LANGKAH KERJA F. METODE PENGUMPULAN DATA G. METODE ANALISA DATA 13. BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. HASIL PENELITIAN Saat penelitian, dilakukan pencatatan data sebagaimana yang ditentukan dalam metode pengumpulan data pada proposal. Data kemudian analisis dengan metode seperti yang direncanakan dalam proposal. Analisis data bisa secara manual, maupun dengan bantuan komputer. B. PEMBAHASAN Pembahasan ditulis berdasarkan hasil analisis data. Diperlukan pustaka-pustaka yang berkaitan dengan skripsi untuk membahas kesesuaian antara data hasil penelitian dengan hipotesis. Ada atau tidaknya kesesuaian harus disertai dengan penjelasan dan teori yang telah ada sebelumnya.

14. BAB V : SIMPULAN DAN SARAN A. SIMPULAN Menuliskan garis besar hasil penelitian. Ditulis secara ringkas dan jelas. B. SARAN Memuat saran penulis terhadap lembaga, masyarakat, pemerintah, maupun penulis selanjutnya yang berhubungan dengan tindak lanjut dari apa yang telah diterangkan dalam simpulan. 15. DAFTAR PUSTAKA Semua pustaka yang dituliskan dalam skripsi dituliskan sumber pustakannya pada daftar pustaka. Kelalaian yang menyebabkan tidak dicantumkannya pustaka yang dikutip dalam skripsi bisa membuat penulisnya dianggap sebagai plagiator. 16. LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampiran merupakan bagian paling belakang dari skruktur penulisan karya ilmiah. Penomoran halamannya tinggal melanjutkan halaman sebelumnya. B. PENUTUP A. SIMPULAN Karya ilmiah terbagi menjadi dua, yaitu karya ilmiah yang bersifat formal dan nonformal. Dimana karya ilmiah yang bersifat formal antara lain laporan penelitian (tugas Akhir, skripsi, tesis, disertasi), jurnal penelitian, dan makalah. Sedangkan karya ilmiah yang bersifat nonformal misalnya artikel, buku diktat. modul, dan lainlain.

Secara sistematis karya ilmiah terdiri dari halam judul, halaman pengesahan, daftar isi, daftar tabel, daftar lampiran, kata pengantar, abstrak, bab pendahuluan, bab teori, bab metode penelitian, bab hasil penelitian dan pembahasan yang merupakan bagian inti, bab penutup, daftar pustaka, dan lampiran.

B. SARAN Dalam penulisan laporan penelitian, setiap universitas memiliki struktur yang berbeda-beda, sedangkan yang dituliskan di atas hanyalah secara umum saja. Sebaiknya sebelum mengerjakan laporan penelitian, lebih baik menunggu saran pembimbing yang bersangkutan.

DAFTAR PUSTAKA

Ahira, Anne. (---). “Mengenal Struktur Penulisan Karya Ilmiah” dalam http://www.anneahira.com/struktur-penulisan-karya-ilmiah.htm diakses tanggal 8 Desember 2012 pukul 21.37 WITA.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->