P. 1
...Jenis-Jenis Pondasi Dangkal...

...Jenis-Jenis Pondasi Dangkal...

|Views: 234|Likes:
Published by Erlyn Rhieriey
Pondasi Dangkal dipakai untuk bangunan bertanah keras atau bangunan-bangunan sederhana.
Pondasi Dangkal dipakai untuk bangunan bertanah keras atau bangunan-bangunan sederhana.

More info:

Published by: Erlyn Rhieriey on May 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/01/2015

$4.99

USD

pdf

text

original

JENIS-JENIS JENIS PONDASI DANGKAL Jenis-jenis jenis pondasi dangkal antara lain sebagai berikut.

Pondasi Memanjang • Pondasi yang digunakan untuk mendukung dinding memanjang atau untuk mendukung sederetan kolom yang berjarak dekat, karena bila dipakai pondasi telapak sisi-sisinya sisi akan berimpit satu sama lain. • Beban dinding dianggap sebagai beban garis persatuan panjang.

Pondasi Telapak Terpisah • Pondasi yang berdiri sendiri dalam mendukung kolom. • Beban-beban beban kolom dianggap sebagai beban titik.

Batu belah di daerah tertentu sulit dicari . Pondasi Batu Kali Pondasi ini digunakan pada bangunan sederhana yang kondisi tanah aslinya cukup baik. pemasangannya pun membutuhkan waktu yang lama serta tidak memiliki kekuatan yang bisa diandalkan. Semen PC (abu-abu). Dengan lebar tapak sama dengan tingginya. . Pasir pasang. misalnya pada teras.Membuat pondasi ini memerlukan cost besar (bila sesuai kondisi pertama) .Pelaksanaan pondasi mudah. pondasi ini tetap digunakanuntuk menahan beban ringan.Pondasi ini memerlukan biaya lebih mahal jika untuk rumah bertingkat.Namun. Kebutuhan bahan baku untuk pondasi ini adalah : Batu belah (batu kali/guning). . Biasanya kedalaman pondasi ini antara 60 . .Akan tetapi. • Kelebihan : .Batu belah mudah didapat.Selain mahal.80 cm.Waktu pengerjaan pondasi cepat. • Kekurangan : .Pondasi Rollag Bata Pada awalnya pondasi rollag bata merupakan pondasi yang diaplikasikan untuk menopang berat beban pada bangunan. pada saat ini pondasi rollag bata telah lama ditinggalkan.

.Pondasi Tapak (Foot Plate) Pondasi yang biasa digunakan untuk bangunan bertingkat atau bangunan di atas tanah lembek. Pengaplikasiannya juga dapat langsung menggunakan sloof beton dengan dimensi tertentu untuk kepentingan pemasangan dinding.Pondasi ini lebih murah bila dihitung dari sisi biaya. Pondasi tapak ini dapat dikombinasikan dengan pondasi batu belah/kali. .Galian tanah lebih sedikit (hanya pada kolom struktur saja). Pondasi ini terbuat dari beton bertulang dan letaknya tepat di bawah kolom/tiang dan kedalamannya sampai pada tanah keras. . Kebutuhan Bahannya adalah: Batu pecah Pasir beton Semen PC Besi beton Papan kayu sebagai bekisting (papan cetakan) • Kelebihan : . Pondasi ini juga dapat dipersiapkan untuk bangunan di tanah sempit yang akan dikembangkan ke atas.Untuk bangunan bertingkat penggunaan pondasi foot plate lebih handal daripada pondasi batu belah.

Karena itu luas penampang tersebut dibagi dengan cara memanjangkan lajur agar tidak terlalu melebar Pondasi ini lebih kuat jika dibanding dua jenis pondasi dangkal lainnya.Diperlukan pemahaman terhadap ilmu struktur.• Kekurangan : .Diperlukan waktu pengerjaan lebih lama (harus menunggu beton kering/sesuai umur beton).Harus dipersiapkan bekisting atau cetakan terlebih dulu (Persiapan lebih lama). Ini disebabkan seluruhnya terbuat dari beton bertulang. . Harganya lebih murah dibandingkan dengan pondasi batu kali untuk bangunan rumah bertingkat.Tidak semua tukang bisa mengerjakannya. atau memang sudah ada rencana pengembangan rumah ke atas. yaitu 70 . .120 cm. . Pondasi Pelat Beton lajur Pondasi pelat beton lajur atau jalur digunakan bila luas penampang yang menggunakan pondasi pelat setempat terlalu besar. . Ini disebabkan fungsi pondasi pelat lajur adalah menggantikan pondasi batu belah bila batu belah sulit didapat.Pekerjaan rangka besi dibuat dari awal dan harus selesai setelah dilakukan galian tanah. . Ukuran lebar pondasi pelat lajur sama dengan lebar bawah pondasi batu kali.

Pondasi ini lebih murah bila dihitung dari sisi biaya.Harus dipersiapkan bekisting atau cetakan terlebih dulu (Persiapan lebih lama). .• Kelebihan : . • Kekurangan : . . ledakan dan lain-lain. .Pekerjaan rangka besi dibuat dari awal dan harus selesai setelah dilakukan galian tanah.Diperlukan waktu pengerjaan lebih lama (harus menunggu beton kering/ sesuai umur beton).Galian tanah lebih sedikit karena hanya berada di titik yang terdapat kolom strukturnya. angin. . .Diperlukan pemahaman terhadap ilmu struktur. .Penggunaannya pada bangunan bertingkat lebih handal dibanding pondasi batu belah. .Tidak semua tukang bisa mengerjakannya. baik sebagai penopang beban vertikal maupun gaya horizontal seperti gempa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->