P. 1
Pengertian Mesin Bor shunt.doc

Pengertian Mesin Bor shunt.doc

|Views: 1,209|Likes:
Published by Bor Tu
gitu deh
gitu deh

More info:

Published by: Bor Tu on May 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/02/2014

pdf

text

original

Pengertian Mesin Bor A.

DEFINISI MESIN BOR Mesin bor adalah suatu jenis mesin gerakanya memutarkan alat pemotong yang arah pemakanan mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan). Sedangkan Pengeboran adalah operasi menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam lembaran-kerja dengan menggunakan pemotong berputar yang disebut BOR. B.JENIS-JENIS MESIN BOR 1.Mesin bor meja Mesin bor meja adalah mesin bor yang diletakkan diatas meja. Mesin ini digunakan untuk membuat lobang benda kerja dengan diameter kecil (terbatas sampai dengan diameter 16 mm). Prinsip kerja mesin bor meja adalah putaran motor listrik diteruskan ke poros mesin sehingga poros berputar. Selanjutnya poros berputar yang sekaligus sebagai pemegang mata bor dapat digerakkan naik turun dengan bantuan roda gigi lurus dan gigi rack yang dapat mengatur tekanan pemakanan saat pengeboran. 2. Mesin bor tangan (pistol) Mesin bor tangan adalah mesin bor yang pengoperasiannya dengan menggunakan tangan dan bentuknya mirip pistol. Mesin bor tangan biasanya digunakan untuk melubangi kayu, tembokmaupun pelat logam. Khusus Mesin bor ini selain digunakan untuk membuat lubang juga bisa digunakan untuk mengencangkan baut maupun melepas baut karena dilengkapi 2 putaran yaitu kanan dan kiri. Mesin bor ini tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, kapasitas dan juga fungsinya masing-masing. 3. Mesin bor Radial Mesin bor radial khusus dirancang untuk pengeboran benda-benda kerja yang besar dan berat. Mesin ini langsung dipasang pada lantai, sedangkan meja mesin telah terpasang secara permanen pada landasan atau alas mesin.. Pada mesin ini benda kerja tidak bergerak. Untuk mencapai proses pengeboran terhadap benda kerja, poros utama yang digeser kekanan dan kekiri serta dapat digerakkan naik turun melalui perputaran batang berulir. 4.Mesin Bor Tegak (Vertical Drilling Machine) Digunakan untuk mengerjakan benda kerja dengan ukuran yang lebih besar, dimana proses pemakanan dari mata bor dapat dikendalikan secara otomatis naik turun. Pada proses pengeboran, poros utamanya digerakkan naik turun sesuai kebutuhan. Meja dapat diputar 3600 ,

Kecepatan dapat dikendalikan dengan cara memasang tahanan dalam susunan seri dengan dinamo (kecepatan berkurang) atau dengan memasang tahanan pada arus medan (kecepatan bertambah). Karakteristik yang diukur yaitu karateristik torsi (mis: torsi sebagai fungsi kecepatan) dan karakteristik efisiensi (efisiensi sebagai fungsi daya output).mejanya diikat bersama sumbu berulir pada batang mesin. sehingga lebih cepat. Mesin bor jenis ini biasanya dirancang untuk pengeboran benda-benda kerja yang besar dan berat. 6. Untuk mendapatkan ukuran ketelitian yang tinggi tersebut digunakan meja kombinasi yang dapat diatur dalam arah memanjang dan arah melintang dengan bantuan sistem optik.Mesin bor berporos (mesin bor gang) Mesin bor ini mempunyai lebih dari satu spindel.E. seperti peralatan mesin. sehingga mejanya dapat digerakkan naik turun dengan menggerakkan engkol. .Mesin bor koordinat Mesin bor koordinat pada dasarnya sama prinsipnya dengan mesin bor yang lainnya.untuk produksi masal terdapat 20 atau lebih spindel dengan sebuah kepala penggerak. biasanya sebuah meja dengan empat spindel. Mesin bor lantai disebut juga mesin bor kolom. Mesin bor koordinat digunakan untuk membuat/membesarkan lobang dengan jarak titik pusat dan diameter lobang antara masing-masingnya memiliki ukuran dan ketelitian yang tinggi. Jenis lain mesin bor lantai ini adalah mesin bor yang mejanya disangga dengan batang pendukung. Berikut tentang kecepatan motor shunt (E. 7. Ketelitian dan ketepatan ukuran dengan sisitem optik dapat diatur sampai mencapai toleransi 0.Mesin bor lantai Mesin bor lantai adalah mesin bor yang dipasang pada lantai. Perbedaannya terdapat pada sistem pengaturan posisi pengeboran. Mesin ini digunakan untuk melakukan beberapa operasi sekaligus.. 1997): 1. lihat Gambar 4) dan oleh karena itu cocok untuk penggunaan komersial dengan beban awal yang rendah.T. 2.001 mm. 5. Kecepatan pada prakteknya konstan tidak tergantung pada beban (hingga torsi tertentu setelah kecepatannya berkurang.

seperti terlihat pada gambar di bawah ini: Volt Tahanan Rv digunakan kalau sehandainya dikehendaki pengaturan arus medan. kopel putar motor shunt akan berkurang. Sehingga motor dengan penguatan ini suplai tegangan yang menuju ke belitan jangkar sama dengan tegangan suplai yang menuju ke belitan penguatannya. kecepatan dapat diatur dengan perubahan tegangan dan dengan tahanan. Gambar Rangkaian motor penguatan paralel Kelebihan : 1. untuk arus masuk yang sama torsi mula motor tidak setinggi torsi motor seri.Belitan penguat medan pada motor DC shunt terhubung jajar dengan belitan jangkar. 2. Tetapi disini harus diperhatikan bahwa pada arus medan lemah. Jika arus medan dibuat konstan. Motor paralel Motor paralel atau motor shunt adalah jenis motor arus searah yang penguatannya diparalel dengan belitan jangkarnya. maka kecepatan putar motor hampir tidak dipengaruhi oleh pertambahan beban lebih kuran dari 8 % dari kecepatan putaran nominal. .

If dan Rsh = belitan penguat shunt Ini adalah tipe motor yang paling umum.Mempunyai torsi yang besar sehingga dapat dengan mudah menggerakkan motor pada saat start saat Full Load. •Besar hambatan pada motor DC shunt umumnya besar.com/mgktvngngone/karakteristik-tanpa-beban-dan-berbeban-motor-dc-serta-aplikasimotor-dc/ B. Motor shunt mempunyai pengaturan kecepatan yang baik dan digolongkan sebagai motor kecepatan konstan walaupun kecepatannya agak berkurang sedikit dengan bertambahnya beban. Berkurangnya ggl lawan dengan bertambanya beban memugkinkan arus jangkar . dan praktis fluksi medan adalah konstan. medan seri terhubung seri dengan jangkar dan medan shunt terhubung parallel dengan jangkar . Jika beban ditambahkan pada motor shunt. karakteristik motor shunt mirip dengan motor dengan penguat terpisah. Cara hubungannya yaitu medan shunt dihubungkan langsung pada terminal sehingga paralel dengan rangkaian jangkar. Ggl lawan langsung berkurang karena ia bergantung pada kecepatan.http://hakimsimanjuntak. http://prezi. sehingga tidak dapat menggerakkan motor pada saat start saat Full Load. •Mempunyai regulasi kecepatan yang sangat baik.com/2013/03/motor-dc. •Umumnya berdaya kecil. dimana Ia = I . kecepatan motor langsung cenderung menjadi lambat. Tahanan geser medan biasanya dihubungkan seri dengan medan.blogspot. •Mempunyai torsi pada saat start yang tidak sebesar motor DC seri.html Pada kondisi tanpa beban. Motor DC Penguat Shunt Persamaan tegangannya E = Vt – Ia Ra.

Motor DC Shunt. Sedangkan kelemahannya yaitu daya keluaran yang dihasilkan kecil karena arus penguatnya kecil.bertambah sehingga memberikan kopel yang besar untuk setiap beban yang bertambah. Pada tegangan jepit konstan. sama sekali tidak boleh dibuka.scribd.com/doc/40515739/Dasar-Teknik-Tenaga-Listrik#download 1. Kelebihan dari Motor DC jenis ini yaitu tidak terlalu membutuhkan banyak ruangan karena diameter kawat kecil. 2. Motor DC jenis ini mempunyai ciri kumparan penguat medan diparalel terhadap kumparan armatur. motor ini mempunyai putaran yang hampir konstan walaupun terjadi perubahan beban . Hilangnya fluksi medan menyebabkan kecepatan motor naik hingga kesuatu harga tinggi yang dapat membahayakan. Ia Ra lebih besar yang berarti ggl lawan tidak kembali pada harga semula tetapi tetap pada harga yang lebih rendah. Seperti dibuktikan pada persamaan diatas Kecepatan dasar motor shunt adalah kecepatan medan penuh.1 Motor Shunt Motor shunt mempunyai kecapatan hampir konstan. Bertambahnya arus jangkar menyebabkan penurunan. http://www. yang perlu diperhatikan adalah bahwa rangkaian medan shunt motor yang sedang berjalan tanpa beban.

8 CHARACTERISTICS OF SHUNT OR SEPARATELY EXCITED DC MOTOR . http://azzahratunnisa.com/2009/05/27/jenis-jenis-motor-dc/ 5.wordpress. kumparan medan dihubungkan paralel dengan angker.Gambar 2.1 Rangkain Motor Shunt Pada motor penguat shunt.

26) can be written as follows: Since F is constant for a DC shunt motor. the field winding is supplied from a constant voltage.2(b). The torque of any DC shunt motor is expressed by Equation (5.19 DC SHUNT MOTOR STARTER DESIGN A shunt motor with n resistance elements. respectively. Let . The speed versus armature current and torque versus armature current are shown in Figures 5. So the field flux remains constant. http://my.2(a) and 5. IaRa is also small.safaribooksonline.22.15). Equation (5. (n + 1) steps or (n + 1) studs has been shown in Figure 5.com/book/electrical-engineering/9788131760901/5-dcmotors/navpoint-215 5. Figure 5. Using Equation (5. Thus.2). the shunt and separately excited DC machine have the same characteristic.2 Characteristics of a Shunt or Separately Excited DC Motor Let Tg be the gross torque and Tsh be the useful torque or shaft torque. we have Since Ra is very small.For shunt and separately excited DC motors.

Figure 5. the total armature circuit resistance. the armature current starts decreasing from Ia1. R1. counter emf develops and. When the current has dropped to minimum current Ia2. the motor accelerates. should be equal to With the handle on stud 1. as a result.22 Starter Resistance for DC Shunt Motor At the instant when the motor is switched on. then the counter emf with the handle on stud 1 is given by .where Ra is the armature resistance including brushes.

the resistance r1 is cut out by moving the handle to stud 2.At stud 1. . Dimmer m e r u p a k a n s a l a h s a t u a l a t k o n t r o l y a n g d i g u n a k a n u n t u k mengatur intensitas cahaya lampu dalam sistem penerangan. the speed and. At stud 2. therefore. Ea1 do not change. the current shoots up again to Ia1. just after r1 is cut out. as soon as the current drops to Ia2. Dimmer telah banyak dipergunakan dirumah tangga. During the notching up process from stud 1 to stud 2. dunia usaha maupun industri.

akan lebih baik jika merancang dimmer yang menggunakan teknologi otomatis. D immer otomatis iniakan bekerja baik jika keadaan intensitas cahaya luar ruangan semakin gelap makaintensitas cahaya lampu akan semakin terang menerangangi lingkup ruangan yangtidak terdeteksi oleh sensor .Dimmer yang adadipasaran saat ini dan digunakan oleh masyarakat masih menggunakan teknologiyang tidak otomatis ( semi automatic ) d a n m e m i l i k i k e k u r a n g a n a n t a r a l a i n : dalam mengatur intensitas cahaya masih memerlukan campur tangan manusia dan pontensiometer yang mempunyai nilai masa pakai akibat gaya gesek mekanik sehingga menjadi kurang efesien dan efektif. Dengan demikian.Untuk mengatasi dan menyempurnakan kekurangan diatas dengan tidak menghilangkan prinsip kerja dimmer yang mengatur arus ke gerbang gate maka. dimmer mempunyai prinsip kerja mengatur arus input ke gate agar tegangan breakovernya semakin besar dan men -triger triac hinggalampu menyala masih menggunakan potensiometer . kita perlu menerapkan teknologi . Dimmer yang dirancang agar intensitas cahaya luar ruangan berlawanan dengan k e a d a a n intensitas cahaya dalam ruangan atau lampu. Dimmer mempunyai prinsip kerja seperti ini disebut dengan dimmer otomatis. Karena pada umunya pada dimmer yang tidak otomatis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->