Kelompok 3

Hubungan professional dalam pemberian pelayanan keperawatan merupakan standar dari hubungan antara pemberi pelayanan keperawatan (tim kesehatan) dan penerima pelayanan keperawatan (klien dan keluarga).1997 dalam Elisabeth & Kathleen.2003 . Cameron.

a. meningkatkan hubungan antara perawat diruangan. menyusun POA bulan berikut. Dimana tujuan dari rapat keperawatan antara lain adalah mengidentifikasi keberhasilan tindakan keperawatan. informasi/ perkembangan IPTEK. . mendiskusikan penyelesaian masalah. dan lain-lain. Rapat Keperawatan Rapat tim kesehatan adalah suatu media komunikasi untuk menyampaikan informasi permasalahan yang ditemukan pada klien. mengidentifikasi hambatan-hambatan yang ditemukan. evaluasi hasil kerja secara keseluruan.

Syarat dalam rapat keperawatan antara lain dipimpin oleh kepala ruangan dan peserta rapat seluruh perawat ruangan tanpa mengganggu kegiatan ruangan waktunya kurang lebih 60 menit dan dilakukan setiap awal bulan setelah evaluasi bulan sebelumnya dan dilakukan diruangan. .

kasus pasien yang meningal. kasus pasien yang tidak ada perkembangan. . Case Conference Case conference adalah diskusi kelompok tentang kasus asuhan keperawatan klien dan keluarga. kasus pasien dengan masalah yang jarang ditemukan. Dilakukan dua kali perbulan dan kasusnya bergantian antar tim.b. kasus pasien pulang. Topik atau isi dari kasus yang disampaikan adalah kasus pasien baru.

. meningkatkan koordinasi dalam rencana pemberian asuahan keperawatan. Syarat dalam case conference dipimpin oleh ketua tim atau kepala ruangan peserta case conference seluruh perawat ruangan tanpa menganggu kegiatan ruangan. mendiskusikan alternatif penyelesaian masalah asuhan keperawatan. waktunya 30-60 menit dan dilakukan 2 kali sebulan atau disesuaikan dengan kondisi penjadwalan masing-masing tim.Tujuan dari case coference antara lain adalah mengenal kasus dan permasalahan. meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam menangani kasus.

Rapat Tim Kesehatan Rapat tim kesehatan adalah media komunikasi antara tim kesehatan (rapat multidisiplin) untuk membahas manajerial ruang MPKP. mengurangi kesalahan informasi antar tim kesehatan. meningkatkan koordinasi antara tim kesehatan. Fokus pembicaraan rapat ini membahas hal-hal yang terkait dengan manajerial. . meningkatkan kesinambungan pemberian pelayanan kesehatan. Tujuan dari rapat tim kesehatan antara lain menyamakan persepsi tehadap informasi yang didapatkan dari masalah yang ditemukan khususnya masalah manajerial.c.

. dan ketua tim bertangung jawab melakukan kolaborasi serta mendampingi dokter saat melakukan pemeriksaan dan menyampaikan informasi tentang pasien. meningkatkan koordinasi dalam pemberian pelayanan kesehatan. meningkatkan kesinambungan pemberian pelayanan kesehatan. Kolaborasi Dokter Visit dokter adalah kunjungan dokter ke ruangan untuk melakuakan pemeriksaan kesehatan pasien. Tujuan dari visit dokter antara lain meningkatkan pemberian pelayanan kesehatan.d.