P. 1
Pasar (Ekonomi) x3

Pasar (Ekonomi) x3

5.0

|Views: 12,110|Likes:
Published by winar7o

More info:

Published by: winar7o on Apr 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

Guru Pembimbing : Tahun Ajaran 2008 / 2009 SMA Xaverius 3 Jl. Kolonel Atmo No. 735 / 132 Telp.

(0711)313082 Palembang

Daftar Isi

Jenis – jenis pasar : 1. Berdasarkan wujudnya, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut. a. Pasar konkret (pasar nyata) Pasar konkret (pasar nyata) merupakan pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secara langsung antara penjual dan pembeli. Contoh :

Karena, gambar di atas menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli secara langsung. b. Pasar abstrak (pasar tidak nyata) Pasar abstrak (pasar tidak nyata) merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli, baik secara tatap muka maupun tidak. Contoh :

Karena, gambar di atas tidak menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli secara langsung.

2. Berdasarkan waktu terjadinya, pasar dibedakan menjadi lima, yaitu sebagai berikut. a. Pasar harian Pasar harian merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap hari.

Contoh :

Karena, pasar tersebut melakukan aktivitas nya setiap hari. b. Pasar mingguan Pasar mingguan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Contoh : Karena, c. Pasar bulanan Pasar bulanan, merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu bulan sekali. Dalam satu aktivitas. Contoh : Karena, d. Pasar tahunan Pasar tahunan merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu tahun sekali. Kejadian pasar ini biasanya lebih dari satu bulan. Contoh :

Karena, gambar tersebut merupakan pasar malam yang melakukan aktivitasnya setiap satu tahun sekali. e. Pasar temporer Pasar temporer merupakan pasar yang dapat terjadi sewaktu – waktu dalam waktu yang tidak tentu (tidak rutin). Pasar ini hanya terjadi pada peristiwa tertentu. Contoh :

Karena, 3. Berdasarkan luas jangkaunnya, pasar dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut. a. Pasar lokal Pasar lokal merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah tertentu saja. Contoh :

Karena, b. Pasar nasional Pasar nasional merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah tertentu saja. Contoh :

Karena, c. Pasar internasional Pasar internasional merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai negara. Contoh :

Karena, 4. Berdasarkan hubungannya dengan proses produksi, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut. a. Pasar Output(pasar produk) Pasar output (pasar produk) merupakan pasar yang memperjualbelikan barang – barang hasil produksi (biasanya dalam bentuk barang jadi) Contoh :

Karena, b. Pasar input(pasar faktor produksi) Pasar input (pasar faktor produksi) merupakan pasar yang memperjualbelikan faktor – faktor produksi (sumber daya alam, berupa bahan tambang, hasil pertanian, tanah, tenaga kerja, dan barang modal) Contoh :

Karena, 5. Berdasarkan strukturnya(jumlah penjual dan pembelinya), pasar dibedakan menjadi: a. Pasar persaingan sempurna Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar di mana banyak penjual yang menawarkan barang / jasa yang sama Contoh :

Karena, b. Pasar Oligopoli Pasar oligopoli adalah salah satu bentuk pasar dimana hanya terdapat beberapa produsen atau sedikit perusahaan yang menjual produk – produk yang indentik atau yang mirip satu sama lain. Contoh :

Karena, c. Pasar Monopoli Pasar monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang melayani sedemikian banyak pembeli.

Contoh :

Karena, d. Pasar Duopoli Pasar duopoli adalah struktur pasar dimana penawaran suatu barang hanya di kuasai oleh dua perusahaan. Contoh :

Karena, e. Pasar Persaiangan Monopolistik Pasar persaingan monopolistik adalah suatu struktur pasar dimana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang kurang lebih sama, tetapi dengan berbagai macam variasi

Contoh :

Karena, f. Pasar Monopsoni Pasar monopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh satu orang / badan / lembaga sebagai pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual / produsen sehingga pihak pembeli memiliki kemampuan untuk menetapkan harga. Contoh :

Karena,

g. Pasar Duopsoni Pasar duopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh dua orang / perusahanaan sebagai pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual. Contoh :

Karena, h. Pasar Oligopsoni Pasar oligopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa orang perusahaan sebagai pembeli dengan penwaran dari sejumlah penjual. Contoh :

Karena,

6. Berdasarkan sumber dayanya, pasar dibedakan menjadi : a. Pasar Sumber Daya Alam / Tanah Contoh :

Karena

b. Pasar Sumber Daya Manusia Pasar sumber daya manusia adalah tenaga fisik, keterampilan dan daya pikir yang diperlukan untuk memproduksi barang / jasa. Contoh :

Karena, c. Pasar Sumber Daya Modal Pasar sumber daya modal adalah barang – barang yang dapat di gunakan untuk menghasilkan barang lain. Contoh :

Karena, d. Pasar Sumber Daya Kewirausahaan Contoh :

Karena,

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->