-

NABILA SIRDAMI 1. Kepada Tika (kanada), apakah pada global budget biaya physicians sudah termasuk? Ataukah jasa physicians termasuk dari fee for service saja? Jawab : Global budget is a fixed maximum expenditure, typically set by government, for a defined set of health-care services. The size of the budget may be set by an assessment of projected health needs or determined relative to an objective metric (such as a proportion of gross domestic product). Institutional providers such as hospitals may be given individual budgets each year and be required to work within them. If other individual providers like physicians are paid fee-for-service, additional means may be needed to limit spending for those services. Jadi Anggaran global adalah pengeluaran tetap maksimal, biasanya ditetapkan oleh pemerintah, untuk satu set didefinisikan layanan kesehatan. Ukuran anggaran mungkin diatur oleh penilaian diproyeksikan kebutuhan kesehatan atau ditentukan relatif terhadap tujuan metrik (seperti proporsi produk domestik ). Penyedia kelembagaan seperti rumah sakit dapat diberikan anggaran individu setiap tahun dan diminta untuk bekerja dalam diri mereka. Jika penyedia individu lain seperti dokter dibayar fee-for-service, berarti tambahan mungkin diperlukan untuk membatasi pengeluaran untuk layanan tersebut. Jadi dari bagian provincial health plan mengatur budget yang dibutuhkan untuk membayar jasa para dokter dan pelaku kesehatan lainnya di wilayah dan rumah sakit yang sudah ditetapkan berdasarkan jasa yang mereka berikan untuk pasien. Global budget khusus untuk rumah sakit yang sudah ditunjuk untuk memakai system pembiayaan di Kanada.

2. Kepada Putri (jepang), bila ada unemployed citizen yang tidak mampu membayar premi, apakah masih bisa dicover dengan subsidi saja? Dan bagaimana proses pembayaran kesehatan pada penduduk yang tidak ter-cover asuransi? Jawab: Para masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk membiayai asuransi kesehatannya. Penduduk yang tidak tercover langsung membayar sendiri biaya kesehatannya.

-

ERVINE 1. Mengapa harus ada sistem kesehatan yang berbeda-beda untuk setiap negara? Bila terdapat sistem yang terbaik, mengapa tidak digunakan secara global? Jawab : Karena system yang diterapkan oleh setiap Negara disesuaikan dengan kondisi dan keadaan pemerintah serta masyarakat.

-

HUTOMO W. 1. Jepang : Berapa % warga jepang yang tercover asuransi kesehatan? Jawab : Seluruh penduduk Jepang tercover asuransi kesehatan     Society Managed Insurance Plan mengcover 26% dari total penduduk Government Managed Insurance Plan mengcover 30% dari total penduduk Mutual Aid Associations mengcover 9% dari total penduduk Citizens Health Insurance Plan mengcover 35% dari total penduduk

2. Jepang, Kanada, Jerman : berapa banyak biaya potongan dari gaji untuk asuransi kesehatan? Apakah semuanya sama? Jawaban : Tidak sama 1. Jepang  Employed-Based Insurance. Sistem pembiayaan pada jenis asuransi ini berasal dari dua belah pihak, yaitu pekerja dan pemberi kerja, yang secara umum kontribusi pada seluruh jenis asuransi Employer-Based Insurance adalah sebesar ± 8,5% (karena berbeda pada setiap perusahan) dari pendapatan peserta yang dibagi rata antara pekerja dan pemberi kerja.  National Health Insurance Kontribusi yang diberikan oleh peserta bergantung pada kemampuan ekonomis masing-masing peserta. Besaran premi yang harus dibayarkan kira-kira dihitung dari gaji peserta, property (asset) dan jumlah keluarga tanggungan. Rata-rata kontribusi yang dibayarkan oleh peserta adalah sebesar 4% dari penghasilan peserta.

Jepang :   Kelebihan : Semua warga tercover assuransi. Peserta tetap harus membayar sebagian dari biaya kesehatannya. .2. Pada Negara Kanada dan Jerman tidak dijelaskan secara detail tentang besarnya iuran yang dipotong dari gaji untuk membayar asuransi - RANI AGITAH 1. harus meleawti GP baru mendapat surat rujukan ke dokter spesialis terkadang hal ini mempersulit warga Negara kanada untuk berobat karena biaya perjalanan yang harus mereka bayar. maka tidak akan bisa kembali ke Social Health Insurance. masyarakat bebas memilih asuransi. kamar rumah sakit yang tidak mewah. Jerman : Kelebihan : dengan banyaknya asuransi yang berkembang di Negara Jerman. sehingga hampir seluruh warga Negara Jerman tercover oleh asuransi. masyarakat bebas memilih pelayanan kesehatan yang diinginkan. dan semua warga tercover oleh asuransi dan mereka mendapat pelayanan kesehatan yang sama . Apa kelebihan dan kekurangan dari sistem kesehatan dari negara-negara (jepang. kanada & jerman? Jawab : Kanada :  Kelebihannya adalah mudah.  Kekurangannya adalah Menunggu antrian yang cukup panjang untuk operasi yang elektif. dan pasien tidak perlu membayar biaya tambahan untuk pelayanan kesehatannya. Kekurangan : sekali peserta mendaftar di Private Health Insurance. masyarakat yang berpenghasilan tinggi justru memilih untuk tidak memilih asuransi. Dengan adanya batasan penghasilan. Kekurangan : co-payment/co-sharing dimana asuransi tidak membayar seluruh biaya kesehatan.

Bagaimana asuransi kesehatan di ketiga negara tersebut terhadap pembayaran terhadap unit pelayanan primer? Jawab: Jerman : kapitasi Jepang dan Kanada : Fee-For-Service 3. Kanada : Unit terkecil nya adalah Klinik Dokter keluarga 3.500 yen bagi yang berpendapatan rendah) perbulan. Pengecualian diberikan kepada pekerja untuk layanan kesehatan yang mencapai cost sharing yang melebihi 64.- M. TAUHID LESTARIO 1. Peserta tetap harus membayar sebagian dari biaya kesehatannya. - VIKO DURADILAN W 1. Adakah unit terkecil pelayanan primer kesehatan di Jepang.000 yen (34. Jepang : Unit terkecilnya adalah Klinik Dokter 2. Di Jepang diterapkan system co-payment/co-sharing dimana asuransi tidak membayar seluruh biaya kesehatan. Maka dari itu biasanya warga Negara yang tidak ingin menunggu lebih lama memilih untuk berobat ke rumah sakit swasta. Apakah pelayanan sistem kesehatan tiap-tiap negara melakukan pembatasan anggaran untuk pasien-pasien tertentu yang membutuhkan perawatan seumur hidup/pasien yang memerlukan biaya pengobatan mahal? Jawab : Tidak ada pembatasan anggaran di pada Negara Kanada dan Jerman. Mengapa pelayanan di negara dengan asuransi kesehatan sebaik ketiga negara tersebut masih mengalami “antrian” sehingga pasien berobat ke praktik pribadi? Jawab : Sebelumnya yang mengalami antrian panjang hanya terjadi di Kanada. Kanada dan German? (pelayanan primer seperrti puskesmas jika di indonesia) Jawab: 1. maka keseluruhan biaya ditanggung asuransi. karena di kanada dibagi berdasarkan tingkat emergency daripada kasus dan penyakit yang dialami oleh penduduk. Jerman : Unit terkecilnya adalah primary care physicians 2. .

3. 5. pembiayaan kesehatan di Jerman adalah multiple collector yang secara umum terbagi menjadi 2 yaittu Social Health Insurance dan Private Health Insurance. Kedua tipe asuransi ini memiliki bermacam-macam asuransi. Accessibility: Semua masyarakat yang terasuransi mempunyai akses ke fasilitas-fasilitas kesehatan. dokter. 4. Bagaimana sistem kerrja asuransi-asuransi tersebut.- ABDULLAH FIKRI 1. Universality: Sermua warga yang terasuransi adalah mempunyai level yang sama dalam pelayanan kesehatan. Seperti yang telah dijelaskan presentan. 2. Dari sistem kesehatan di Kanada yang seluruh asuransi pembiayaannya didapat dari pajak. Portability: Warga yang pindah ke propinsi lain atau ke perbatasan lain masih terikat untuk mendapatkan asuransi kesehatan dari daerah asal mereka sampai waktu yang ditentukan. apakah semua masyarakat memiliki hak pelayanan kesehatan yang sama? Ataukah pelayanan yang didapat sesuai dengan penghasilan? Jawab : Masyarakat kanada menjunjung lima prinsip dalam system kesehatan mereka yaitu: 1. Public Administration: Semua administrasi dari asuransi kesehatan propinsi harus dijalankan oleh kebijakan publik non-profit. apakah bersaing atau bekerja sama dalam mengumulkan ke satu regional? . - SABRINA IMANIA 1. dan semua dokter rumah sakit dll harus menyediakan pelayanan yang masuk akal untuk masyarakatnya. Comprehensiveness: Semua servis kesehatan termasuk rumah sakit. dah ahli bedah gigi harus mendapat jasa asuransi yang dibiayai oleh provincial health plan. hal ini juga berlaku untuk warga yang pindah kewarganegaraan. Mereka juga harus di audit oleh pihak propinsi maupun perbatasan mengenai catatan kesehatan masing-masing penduduk.

Namun sesama Private Health Insurance dapat saling bersaing. dimasukkan ke dalam national health insurance dengan income based premium. Jawab: Para masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk membiayai asuransi kesehatannya. masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Society Managed Insurance Plan tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah karena pesertanya merupakan para pekerja dari perusahaan-perusahan besar sehingga dianggap dapat mengatur Sistem Kesehatan para pegawainya secara mandiri. tetapi bukan untuk keuntungan (competing but not-for-profit). Social Health Insurance tidak bersaing dengan Private Health Insurance karena sistem keanggotaan yang berbeda. - DWI DAMAYANTI 1. Apakah sistem asuransi kesehatan di jerman dan kanada mempunyai sistem subsidi juga seperti yang ada di Jepang? Jawab : . Mengapa general tax sudsidies dipegang oleh goverment managed insurance plans dan citizen health insurance plan Jawab : Government Managed Insurance Plan mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar 13% dari total pengeluaran pemerintah untuk belanja kesehatan. - MARETHA 1. Pada asuransi di jepang. - MARINI 1. sehingga sampai tahun 2005 terdapat kurang lebih 300 sickness fund yang ada di Jerman. bisakah anda lebih menjelaskan dengan detail maksudnya.Jawab Pemerintah Jerman mengizinkan Private Health Insurance untuk terus berkembang. sedangkan National Health Insurance mendapatkan subdisi dari pemerintah sebesar 50% dari total pengeluaran pemerintah untuk belanja kesehatan.

Bagaimana peranan asuransi swasta dalam menunjang sistem kesehatan di Negara Jepang & Kanada? Jawab : Di Kanada asuransi swasta tidak begitu berperan karena warga merasa asuransi yang dibiayai Negara sudah cukup. apakah pengguna employed based insurance & Nasional Health Insurance mendapatkan fasilitas kesehatan yang sama? Jawab : Tidak Sama 1. Di Jepang Asuransi Swasta lebih di pegang oleh Perusahaan Besar yang termasuk di dalam Society managed Insurance Plan. Apa kriteria lain untuk masuk dalam cover social health insurance di Germany selain L 50jt. Setiap pekerja yang memiliki penghasilan kurang dari €4. - ANDANA HARIS R 1. sedangkan yang berpenghasilan lebih bebas memilih untuk masuk menjadi Social Health Insurance atau Private Health Insurance. 2. 2. Untuk negara Jepang. untuk warga yang tidak bekerja pensiun dan anak 15 tahun juga untuk warga negara baru atau imigran. Bagaimana pemerintah kanada membagikan generral tax-ya ke setiap provinsi? Berdasarkan jumlah penduduknya? Jawab : General tax dibayar berdasarkan gaji yang dimiliki oleh warganegaranya. Empolyed Based Insurance : . - RIZKY SEPSARIANTO 1.422. barang mewah yang dimiliki dan rumah tempa tinggal yang ditinggali. meskipun demikian imigran gelap tetap tercover asuransi.237.80) wajib mengikuti Social Health Insurance.Kanada dan Jerman : Ada. Suami yang tidak memiliki pekerjaan beserta anak-anaknya masuk ter-cover Social Health Insurance tanpa ada charge.? Jawab: Kriteria untuk masuk ke dalam Social Health Insurance yang pasti adalah warga Negara Jerman yang legal.50 (US$ 5.

biaya akan ditanggung seluruhnya oleh asuransi (Sama seperti yang berlaku pada Employe Based Insurance yaitu 63. maka seluruh biaya akan ditanggung oleh asuransi . mulai dari sakit secara umum mapun khusus. Pengecualian diberikan kepada pekerja untuk layanan kesehatan yang mencapai cost sharing yang melebihi 64. namun jika melewati batas tersebut. maka keseluruhan biaya ditanggung asuransi. 2. aborsi. yang jika melebihi batas tersebut. perawatan gigi. cedera akibat mabuk dan berkelahi. persalinan sampai dengan kematian dan pemakaman peserta atau tertanggung.000 yen atau 35. Bahkan sampai dengan layanan kesehatan yang tidak termasuk dalam bentuk pelayanan dalam asuransi dapat diberikan kepada peserta maupun tertanggung dengan pengaturan yang lebih lanjut dan adanya pengenaan cost sharing atas layanan yang diterima oleh peserta maupun tertanggung. Layanan yang diberikan juga cukup lengkap seperti halnya asuransi Employer Based Insurance. bedah kosmetik. yaitu:    70% dari total biaya bayi dan anak-anak sekolah pra-SD. karena tidak seluruh jenis obat di tanggung oleh asuransi ini.Benefit yang didapatkan dari asuransi ini terbilang cukup lengkap mulai dari pelayanan kesehatan rawat jalan maupun rawat inap. National Health Insurance Asuransi ini juga memberikan benefit yang cukup besar.500 yen bagi yang berpendapatan rendah) perbulan. diberikan kepada peserta maupun tertanggung. pelayanan bagi penyakit yang mengharuskan treatment khusus.400 yen bagi peserta dengan pendapatan rendah). Benefit yang diterima oleh peserta adalah sebesar 80% dari total biaya dan untuk tertanggung dibagi menjadi 2 yaitu 80% untuk layanan rawat inap dan 70% untuk layanan rawat jalan. ambulans. vaksinasi. Kecelakaan lalu lintas sampai batas maksimal tertentu menjadi beban peserta.000 yen (34. 30% untuk anak-anak sekolah dasar sampai 69 tahun 10% untuk usia mereka 70-74 tahun Artinya peserta memberikan cost sharing sebesar sisanya dan ada kemungkinn tambahan untuk biaya obat-obatan. kelahiran sampai dengan pelayanan pemakaman. layanan tambahan dalam pelayanan kesehatan. Namun benefit yang diberikan tidak mencakup orthodontiks.

Bahkan sampai dengan layanan kesehatan yang tidak termasuk dalam bentuk pelayanan dalam asuransi dapat diberikan kepada peserta maupun tertanggung dengan pengaturan yang lebih lanjut dan adanya pengenaan cost sharing atas layanan yang diterima oleh peserta maupun tertanggung. Benefit yang diterima oleh peserta adalah sebesar 80% dari total biaya dan untuk tertanggung dibagi menjadi 2 yaitu 80% untuk layanan rawat inap dan 70% untuk layanan rawat jalan. Empolyed Based Insurance : Benefit yang didapatkan dari asuransi ini terbilang cukup lengkap mulai dari pelayanan kesehatan rawat jalan maupun rawat inap. kelahiran sampai dengan pelayanan pemakaman. perbedaannya dari aspek apa saja? Jawab: Kanada : Single Collector Single Payer Jepang : Multi Collector Single Payer Jerman : Multi Collector Single Payer 2. Dari ketiga-tiga sistem kesehatan tersebut. layanan tambahan dalam pelayanan kesehatan. Pengecualian diberikan kepada pekerja untuk layanan kesehatan yang . pelayanan bagi penyakit yang mengharuskan treatment khusus. goverment managed insurance plan dan citizens health insurance plan) Jawab : Tentu saja ada perbedaan. diberikan kepada peserta maupun tertanggung. jamkesmas. Apa yang mau dianaisis dari ketiga sistem kesehatan ini dan apa sebenarnya yang mau disimpulkan? Jawab : Kesimpulan yang dapat diambil dari ketiga Negara tersebut adalah bagaimana alur pelayanan kesehatan yang dilaksanakan dan system kerja asuransi di setiap Negara. apakah ada perbedaan perlakuan/tindakan kesehatan untuk setiap jenis tanggungan asuransinya? Misal di Indonesia. Pada negara jepang. 1. - JOANDE NECISA 1. ambulans.- NUR LIYANA BI ALIAS 1. Nah dijepang apa beda untuk setiap yang dijelaskan tadi (antara society manage insurance plan. askes dsb beda pengobatan.

National Health Insurance Jenis asuransi ini dibagi menjadi 2.mencapai cost sharing yang melebihi 64. karena tidak seluruh jenis obat di tanggung oleh asuransi ini. bedah kosmetik. Kecelakaan lalu lintas sampai batas maksimal tertentu menjadi beban peserta. dimana skema pembiayaan dan pemberian benefit disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. maka keseluruhan biaya ditanggung asuransi.000 yen atau 35. single collector single payerr dan single collectorr multi payer. vaksinasi. aborsi. mulai dari sakit secara umum mapun khusus. persalinan sampai dengan kematian dan pemakaman peserta atau tertanggung. sistem mana yang dapat memanfaatkan masyarakat secara maksimum Jawab : . Apa beda dari sistem multi collecttor-single payer. Asuransi ini memberikan benefit yang cukup besar. perawatan gigi. biaya akan ditanggung seluruhnya oleh asuransi (Sama seperti yang berlaku pada Employe Based Insurance yaitu 63.500 yen bagi yang berpendapatan rendah) perbulan. 30% untuk anak-anak sekolah dasar sampai 69 tahun 10% untuk usia mereka 70-74 tahun Artinya peserta memberikan cost sharing sebesar sisanya dan ada kemungkinn tambahan untuk biaya obat-obatan. Layanan yang diberikan juga cukup lengkap seperti halnya asuransi Employer Based Insurance. cedera akibat mabuk dan berkelahi. yaitu : • • National Health Insurance untuk tiap kota National Health Insurance Union Tiap-tiap kota memiliki kewenangan untuk mengatur pelaksanaan jenis asuransi ini. Namun secara umum. maka seluruh biaya akan ditanggung oleh asuransi - C. namun jika melewati batas tersebut. yang jika melebihi batas tersebut.000 yen (34. yaitu:    70% dari total biaya bayi dan anak-anak sekolah pra-SD. 2.400 yen bagi peserta dengan pendapatan rendah). Namun benefit yang diberikan tidak mencakup orthodontiks. SREE 1.

payroll tax). Sistem pembayar tunggal merupakan suatu bentuk „monopsoni‟. Jepang :  Ada system co-payment/co-sharing dimana asuransi tidak membayar seluruh biaya kesehatan. pemerintah. . harus meleawti GP baru mendapat surat rujukan ke dokter spesialis terkadang hal ini mempersulit warga Negara kanada untuk berobat karena biaya perjalanan yang harus mereka bayar. Apa saja kelemahan-kelemahan yang terdapat pada ketiga sistem kesehatan negara tersebut? Jawab : Kanada :  Menunggu antrian yang cukup panjang untuk operasi yang elektif. karena hanya terdapat sebuah pembeli (pemerintah) dan sejumlah penjual pelayanan kesehatan. Peserta tetap harus membayar sebagian dari biaya kesehatannya. Dengan adanya batasan penghasilan. maka tidak akan bisa kembali ke Social Health Insurance. atau nirlaba - AHMAD SYAUKAT 1. kamar rumah sakit yang tidak mewah.Pembayar Tunggal (Single Payer): Pemerintah memberikan asuransi kepada semua warga dan membayar semua pengeluaran kesehatan. Kemudian warga melengkapinya dengan membeli pelayanan kesehatan tambahan di sektor swasta. umum (general taxation) atau pajak khusus (misalnya. Sistem Ganda (Two-Tier): Dalam sistem ganda (dual health care system). masyarakat yang berpenghasilan tinggi justru memilih untuk tidak memilih asuransi. pemerintah menyediakan pelayanan kesehatan atau memberikan cakupan asuransi katastrofik atau cakupan minimal untuk semua warga. Biaya kesehatan berasal dari anggaran pemerintah yang diperoleh dari pajak. baik melalui asuransi sukarela atau membayar langsung (direct payment) Mandat Asuransi: Pemerintah memberikan mandat (mewajibkan) agar semua warga memiliki asuransi dari perusahaan asuransi swasta. Jerman :  Sekali peserta mendaftar di Private Health Insurance. meskipun mungkin terdapat copayment dan coinsurance (Tabel 1).

Apakah sistem kesehatan di Jepang dan Kanada mempunyai asuransi untuk warga asing/imigrant? Seperti Jerman? Jawab:  Jepang National Health Insurance juga berlaku bagi warga negara asing yang tinggal ≥1 tahun. Yang mana yang lebih baik untuk diterapkan/dicontoh negara di indonesia? Jawab : Menurut kami yang lebih mungkin di terapkan di Indonesia adalah Sistem Kesehatan di Jerman atau di Jepang. Pada sistem Asuransi di Jepang. artinya peserta yang melakukan perpindahan kota tempat tinggal harus menghapuskan kepesertaan mereka di kota yang lama dan kemudian mendaftarkan kepesertaan yang baru di kota tempat tinggal barunya. Kepesertaan asuransi ini disesuaikan dengan kota tempat tinggal peserta. - SARDIMON 1. atau pensiunan yang berasal dari perusahaan itu saja? Jawab : . para pensiunan di subsdi dari “employed based insurance” bagaimana cara pembagiannya. Bagi warga negara asing setiap melakukan perpindahan kota tinggal.2. bagi para warga negara asing yang memiliki gaijin card dapat menerima layanan asuransi National Health Insurance dengan mendaftarkan diri mereka di kantor jaminan sosial di kota yang ditinggali. Di beri waktu 3 bulan sebagai warga Negara. Apakah yang ditanggung itu semua yang pensiun.  Kanada Semua warga yang tinggal di Negara Kanada tercover oleh asuransi. mendapatkan atau pindah pekerjaan dan meninggalkan Jepang harus selalu melapor ke Kantor Jaminan Sosial. - MARIAM 1.

Society Managed Insurance Plan tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah karena pesertanya merupakan para pekerja dari perushaan-perusahan besar sehingga dianggap dapat mengatur Sistem Kesehatannya secara mandiri. Apa sudah sebaik seperti sistem rumah sakit yang ada di jepang. - SELVIANA DIAN PRATIWI 1. sudah ada peningkatan dilihat dari bertambahnya jumlah penduduk yang tercover oleh asuransi. asuransinya dimasukkan ke jenis employed insurance atau national health insurance? (untuk sitem kesehatan jepang) Jawab: Masuk ke jenis National Health Insurance - DIMAS A. kanada dan jerman? (sistem asuransi kesehatan) Jawab : Sistem asuransi kesehatan yang sekarang diterapkan di Indonesia belum sebaik system yang diterapkan di ketiga Negara tersebut. Namun. Berapa persen government mensubsidi biaya insurance untuk masing masing government managed insurance planed & national insurance plan di jepang? Jawab : Government Managed Insurance Plan mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar 13% dari total pengeluaran pemerintah untuk belanja kesehatan. Pada sistem kesehatan Jerman. - ALWIN 1. Bagaimana menurut anda sistem yang ada di negara sendiri di indonesia.S. sedangkan National Health Insurance mendapatkan subdisi dari pemerintah sebesar 50% dari total pengeluaran pemerintah untuk belanja kesehatan. sick fund yang terkumpul apakah termasuk dari swasta? .Employed Based Insurance memberikan kontribusi ke Citizens Health Insurance Plan untuk mensubsidi semua pensiunan yang berasal dari Employed Based Insurance - PRAYUDA TRI SUKARDI 1. 1. Jika orang yang pekerja telah pensiun.

namun tetap diperbolehkan langsung berobat ke ambulatory care specialist tanpa rujukan dari primary care physician. Pasien yang berobat ke primary care physician bisa dirujuk ke ambulatory care specialist. . Apakah dari ke-tiga asuransi tersebut mengcover seluruh biaya kesehatan masyarakat. bisa ke private spesialis? Untuk pengobatan dengan spesialis di kanada apa ada insurance sendiri keprivate sendiri? Atau menggunakan hanya dapat free for service? Jawab : Pasien tidak boleh langsusng pergi ke dokter spesialis karena alur kesehatan di kanada semua harus melalui dokter keluarga dari wilayah daerah masing-masing dimana mereka tinggal. karena sickness fund terdiri dari Private Health Insurance dan Social Health Insurance. semahal apapun biayanya? Atau terdapat batasan waktu maupun biaya? Jawab : Kanada dan Jerman: tidak ada batasan dalam pembiayaan pelayanan kesehatan namun di Jerman. apabila terjadi pelayanan kesehatan jangka panjang maka akan di cover oleh asuransi yang terpisah. Semua pembiayaan ditanggung oleh asuransi kesehatan nasional. - OKTA KURNIAWAN SAPUTRA 1. 2. Bagaimana dengan sistem specialisnya apa sama dengan kanada. Ambulatory care physician dilarang mengobati pasien di rumah sakit dan hospital-based physician tidak memiliki praktek pribadi untuk mengobati pasien di luar rumah sakit. Jika dokter keluarga mereka tidak bisa menangani atau pasien memang perlu untuk dirujuk untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif maka pasien akan mendapat surat rujukan dari dokter umum menuju dokter spesialis yang ditentukan oleh dokter umum tersebut. Di Jerman terdapat perbedaan yang kuat antara ambulatory care physician dan hospital-based physician. Namun jika warga tersebut memilih ke dokter di rumah sakit swasta maka warga tersebut dapat membayar dengan uang pribadi.Jawab: Ya.

Pengecualian diberikan kepada pekerja untuk layanan kesehatan yang mencapai cost sharing yang melebihi 64.Di Jepang diterapkan system co-payment/co-sharing dimana asuransi tidak membayar seluruh biaya kesehatan.000 yen (34. Di Kanada. maka keseluruhan biaya ditanggung asuransi. bagaimana sistem pemungutan (tax) masyarakat yang berasal dari sektor informal? Jawab : General tax dibayar berdasarkan gaji yang dimiliki oleh warga negaranya. meskipun warga Negara tidak bekerja atau tidak memiliki pekerjaan akan dicover oleh asuransi. Bagaimana warga negara Kanada yang tidak memiliki rekening tabungan/pekerjaan/pensiunan? Tercover/tidak? Apakah tidak perlu membayar pajak/premi/iuran sama sekali? Jawab : Semua warga Negara memiliki hak yang sama dalam hal pengobatan. barang mewah yang dimiliki dan rumah tempa tinggal yang ditinggali. Adakah sistem kesehatan indonesia yang lebih unggul dari ke-3 negara yang mempunyai sistem kesehatan terbaik di dunia? Jawab : Tidak Ada - RATIH 1. Peserta tetap harus membayar sebagian dari biaya kesehatannya. - ANDWI 1. Karena Kanada memiliki dana subsidi dari Negara untuk membiayai warga Negara yang tidak bekerja.500 yen bagi yang berpendapatan rendah) perbulan. Jenis sistem kesehatan yang mana yang sesuai dengan sistem kesehatan/yang dapat diterapkan di indonesia dari ketiga jenis sistem kesehatan tsb (jepang. - KARINA 1. - APRILIZA RALASATI 1. jerman dan kanada) Jawab : .

Self employed &retures. Sickness fund c. negosiasi diadakan di tingkat pusat. - ETIKA RAHMI Untuk sistem kesehatan di jerman. Representative of the nation‟s health providers b. 10% dari sisa penduduk yang masuk ke mutual aud insurance itu masuk dalam kategori mana? Jawab : Mutual Aid Insurance adalah salah satu badan asuransi yang termasuk dalam Employed Based Insurance. 2. Different level of government Berdasarkan guidelines yang telah dibuat oleh concerted action. Berapa besar kapitasi yang diberikan kepada GP untuk semua yang ia cover? Jawab: Jumlah kapitasi yang diberikan untuk physician diatur oleh concerted action. Dijepang ada employed based. Berapa orang yang dicoverr tia GP? Jawaban: Setiap physician (ambulatory care physician yang bekerja sebagai primary care physician) bertanggung jawab terhadap satu regional di tempatnya bekerja. Employers d. tarif rumah sakit. Concerted action merupakan badan yang membuat panduan biaya jasa dokter. 1. Asuransi ini mengcover seluruh pegawai negeri di Jepang (PNS di Jepang) 2. lalu mutual aid insurance itu pesertanya siapa? . regional physicians association. harga obat-obatan dan suplai lainnya yang terdiri dari: a. Unions e. regional. Mengenai sistem asuransi di Jepang. dan rumah sakit untuk menentukan jasa dokter dan tarif rumah sakit - RHIDA SARLY AMALIA 1.Menurut kami yang lebih mungkin di terapkan di Indonesia adalah Sistem Kesehatan di Jerman atau di Jepang. dan lokal antara sickness fund di regional tersebut.

- NURIS K. Employers d. Unions e. Representative of the nation‟s health providers b. negosiasi diadakan di tingkat pusat. dan rumah sakit untuk menentukan jasa dokter dan tarif rumah sakit. regional. Jika dokter keluarga mereka tidak bisa menangani atau pasien memang perlu untuk dirujuk untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif maka pasien akan mendapat surat rujukan dari dokter umum menuju dokter spesialis yang ditentukan oleh dokter umum tersebut. Apakah merreka membayar mandiri atau mereka tetap ditanggung oleh pemerintah? Jawab : Pasien tidak boleh langsung pergi ke dokter spesialis karena alur kesehatan di kanada semua harus melalui dokter keluarga dari wilayah daerah masing-masing dimana mereka tinggal. 1. regional physicians association. tarif rumah sakit. harga obat-obatan dan suplai lainnya yang terdiri dari: a.Jawab : Mutual Aid Insurance mengcover seluruh pegawai negeri di Jepang (PNS di Jepang) - GERRY IRAWAN 1.I. Untuk sistem kesehatan negara kanada. Bagaimana concerted action at the region action di Jerman mendistribusikan dana ke social health? (doga) &Hospital (RS)? Jawab Concerted action merupakan badan yang membuat panduan biaya jasa dokter. Different level of government Berdasarkan guidelines yang telah dibuat oleh concerted action. . bagaimana tentang pasien yang lebih memilih langsung ke dokter spesialis. Sickness fund c. dan lokal antara sickness fund di regional tersebut.

40 Tahun 2004 tidak dapat dipenuhi oleh Pemerintah. Pembentukan dengan Undang-undang (Pasal 5 ayat (1) PEMBENTUKAN Berdasarkan ketentuan Pasal 52 ayat (2) UU No. 40 Tahun 2004 diundangkan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah: 1. DPR RI dan Pemerintah mengakhiri pembahasan RUU tentang BPJS pada Sidang Paripurna DPR RI tanggal 28 Oktober 2011. Badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial (Pasal 1 angka 6) 2. batas waktu paling lambat untuk penyesuaian semua ketentuan yang mengatur mengenai BPJS dengan UU No. Apakah sistem pembayaran kesehatan di Indonesia dapat mengaplikasikan sistem pembayaran luar negeri dalam menghadapi 1 Januari 2014? Jawab: Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS pada tanggal 25 November 2011. RUU tentang BPJS tidak selesai dirumuskan. 40 Tahun 2004 adalah tanggal 19 Oktober 2009. . RUU tentang BPJS disetujui untuk disahkan menjadi Undang-undang. Badan hukum nirlaba (Pasal 4 dan Penjelasan Umum) 3. Pemerintah mengundangkan UU No. Batas waktu penetapan UU tentang BPJS yang ditentukan dalam UU No. DPR RI menyampaikan RUU tentang BPJS kepada Presiden pada tanggal 7 November 2011. 40 Tahun 2004. yaitu 5 tahun sejak UU No. 40 Tahun 2004 tentang SJSN.- REZKY OKTARIANTI 1. DPR telah menyampaikan RUU tentang BPJS kepada Pemerintah pada 8 Oktober 2010 untuk dibahas bersama Pemerintah. DPR RI mengambil inisiatif menyelesaikan masalah ini melalui Program Legislasi Nasional 2010 untuk merancang RUU tentang BPJS.


(2) BPJS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah: a.
 (2) BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) huruf b
 menyelenggarakan program: a. . B-540/m.tanggal 7 November 2011) 4. jaminan kematian. Konsep RUU BPJS • Tim dan Kelompok Kerja Penyusun Peraturan Perundang-undangan Pelaksanaan • UU No. jaminan kecelakaan kerja b. Pembentukan RUU Inisiatif Pemerintah
 1. Konsep RUU tentang BPJS inisiatif DPR RI 2010 • Tim Pansus RUU tentang BPJS . Pembentukan RUU Inisiatif DPR RI
 2010 . UU No.2011 1. Pembentukan RUU BPJS a. Pasal 6 (1) BPJS Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) huruf a
 menyelenggarakan program jaminan kesehatan.Periode Tahun 2007-2009 14A/KEP/MENKO/KESRA/VI/2006 Izin Prakarsa Presiden No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS b. BPJS Ketenagakerjaan.Sesneg/D-4/10/2007. tanggal 2 Oktober 2007 . Naskah Akademik RUU BPJS 2. SK Menko Kesra No. RUU tentang BPJS (Draft Akhir . 24 Tahun 2011 tentang BPJS Pasal 5 (1) Berdasarkan Undang-Undang ini dibentuk BPJS.Petikan UU No. jaminan hari tua c. DIM RUU tentang BPJS dari Pemerintah 3.Program Legislasi Nasional 2. jaminan pension d. BPJS Kesehatan b. 40 Tahun 2004 .

TRANSFORMASI BPJS 1. bila turis asing yang sedang berlibur di negara tersebut selama 1 minggu. termasuk menerima peserta baru (Pasal 62 ayat (2) huruf d UU BPJS) 3. - EVI FITRIANA 1. PT ASKES (Persero) • berubah menjadi BPJS Kesehatan dan mulai beroperasi menyelenggarakan program jaminan kesehatan pada tanggal 1 Januari 2014 (Pasal 60 ayat (1) UU BPJS) 2. Kanada dan Jerman mengcover asuransi kesehatan orang yang sedang berkunjung ke negaranya dalam periode waktu tertentu? Misalnya.3. Apakah pemerintah ketiga negara tersebut juga menanggung biayanya? Adakah syarat yang harus dipenuhi oleh turis tersebut untuk mendapatkan “asuransi kesehatan sementara” disana? Jawab :  Jepang . PT (Persero) JAMSOSTEK • • berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada tanggal 1 Januari 2014 (Pasal 62 ayat (1) UU BPJS) BPJS Ketenagakerjaan paling lambat mulai beroperasi pada tanggal 1 Juli 2015. Bagaimana negara Jepang. PT TASPEN (Persero) • menyelesaikan pengalihan program THT dan program pembayaran pensiun ke BPJS Ketenagakerjaan paling lambat tahun 2029 (Pasal 65 ayat (1) UU BPJS) Proses selanjutnya adalah pembubaran PT ASKES (Persero) dan PT (Persero) JAMSOSTEK tanpa likuidasi. PT (Persero) ASABRI • menyelesaikan pengalihan program ASABRI dan program pembayaran pensiun ke BPJS Ketenagakerjaan paling lambat tahun 2029 (Pasal 65 ayat (1) UU BPJS) 4. Sedangkan PT (Persero) ASABRI dan PT TASPEN (Persero) tidak secara tegas ditentukan dalam UU BPJS. tiba-tiba mengalami sakit.

Apakah dokterr keluarga yang berrtanggung jawab akan menanggung kapitasi? Jawab: Pasien bisa dirujuk ke rumah sakit oleh ambulatory care physician yang merupakan primary care physician. YUSUF FATHONI 1. Kepesertaan asuransi ini disesuaikan dengan kota tempat tinggal peserta.Turis asing National Health Insurance berlaku bagi warga negara asing yang tinggal ≥1 tahun. . bagi para warga negara asing yang memiliki gaijin card dapat menerima layanan asuransi National Health Insurance dengan mendaftarkan diri mereka di kantor jaminan sosial di kota yang ditinggali. artinya peserta yang melakukan perpindahan kota tempat tinggal harus menghapuskan kepesertaan mereka di kota yang lama dan kemudian mendaftarkan kepesertaan yang baru di kota tempat tinggal barunya. maka biaya akan diambil dari spending cap di regional tempat pasien dan ambulatory care physician berada. Apakah di ketiga negara tersebut ada puskesmas seperti di Indonesia? Apa bedanya? Jawab: Di ketiga Negara tersebut tidak ada Puskesmas seperti yang ada di Indonesia - M. apabila telah dilakukan tindakan oleh ambulatory care physician sebelum dirujuk. Apabila pasien sampai dirujuk ke RS. Untuk sistem pembiayaannya. Bagi warga negara asing setiap melakukan perpindahan kota tinggal.  Kanada Turis yang berkunjung kurang dari 3 bulan tidak akan mendapat asuransi di Negara Kanada. 2. mendapatkan atau pindah pekerjaan dan meninggalkan Jepang harus selalu melapor ke Kantor Jaminan Sosial.  Jerman Turis yang berkunjung selama 1 minggu tidak akan mendapat asuransi di Negara Jerman.

Inpatient and outpatient hospital care d. Sick leave compensation i. Apakah dokter keluarga akan kena potongan? Jawab: Kalau pasien berobat ke ambulatory care physician. Specialis / Pelayanan Primer . penganiayaan dll. Karena Social Health Insurance menanggung biaya: a. - SISCA YULISTIANA 1. Disini gobal budget untuk membiayai sarana rumah sakit dan para tenaga kesehatan yang dimiliki oleh rumah sakit yang dibiayai oleh Negara. Rehabilitation e. Dental care g. Pada sistem kesehatan di Kanada. Physician service c. Mohon dijelaskan lebih lanjut. Mental health care f. maka pembiayaan akan ditanggung asuransi. kalau yang saya tanggap adalah dari sistem pembayaran Global Budget itu alurnya ke RS sedangkan free for service ke dr. Bila terjadi kasus trauma seperti KLL. Sedangkan fee for service disini adalah jasa para dokter keluarga yang sudah dilakukan untuk pasiennya. Prescription drugs h. atas apa yang sudah mereka lakukan untuk mengobati .2. Preventive service b. Domestic nursing care 3. maka pembiayaan akan dipotong dari spending cap. Pada pertanyaan no 2. nah apakah itu sudah ketetapan atau boleh rakyat dengan sistem pembayaan free for service boleh beroat ke RS dan sebaliknya? Jawab: Provincial health plan perencanaan kesehatan propinsi memperkirakan dan mengitung besar pengeluaran expenditures yang harus dikeluarkan olehnya untuk global budgetnya. apakah ditanggung oleh asuransi? (sistem kesehatan Jerman) Jawab: Apabila terjadi kasus diatas.

Disini biaya yang dikeluarkan untuk membiayai jasa para dokter dinegosiasikan oleh pemerintah propinsi dan asosiasi badan medis propinsi Para dokter yang mengikuti program ini harus menerima pembayaran penuh dan tidak dapat menerima bayaran langsung ke pasien sebagai biaya tambahan. . Hanya dokter umum. Dan warga Negara kanada boleh langsung ke rumah sakit namun tidak boleh langsung bertemu dengan dokter spesialis.pasiennya.